RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD NUSA BANGSA
Kelas/Semester : I / I
Tema/Subtema : Kegemaranku / Gemar Berolahraga
Pembelajaran ke- : 6
Alokasi Waktu : 1 hari (5 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks
pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
|
3.5.1
Menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara
kesehatan
3.5.2 Memasangkan kosakata nama jenis olahraga
dengan gambar jenis olahraga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh
|
4.5Mengemukakan penjelasan
tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia
yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
|
4.5.1 Melafalkan kosakata tentang berbagai jenis
olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
4.5.2 Melafalkan manfaat berbagai jenis
olahraga untuk memelihara kesehatan dengan tepat
|
PPKN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang
dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
1.2.1
Mempraktikan Berdoa sesudah dan sebelum melakukan kegiatan
|
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
2.2.1
Menunjukkan perilaku percaya diri
|
3.2
Memahami aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.1
Menunjukkan kosakata tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan
rumah
3.2.3
Menunjukkan manfaat melakukan hal-hal yang boleh dilakukan di rumah
|
4.2
Melakukan kegiatan sesuai aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2.1Memeragakancara
melakukan kegiatan yang boleh dilakukan di rumah
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.4Menjelaskan
dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang meibatkan bilangan
cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan
sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
|
3.4.1
Menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan bantuan
benda konkret berupa gambar
3.4.2
Menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dari soal
cerita dengan teknik tanpa menyimpan
|
4.4Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan
bilangan cacah sampai dengan 99.
|
4.4.1
Menyelesaikan masalah operasi penjumlahan sesuai dengan gambar yang disajikan
4.4.2
Melafalkan operasi penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dihadapkan
dengan kosakata ragam jenis olahraga, siswa dapat menunjukkan gambar tentang berbagai
jenis olahraga kegemaran dengan tepat
2. Dihadapkan
dengan gambar ragam jenis olahraga, siswa dapat memasangkan
kosakata nama jenis olahraga dengan gambar jenis olahragadengan tepat
3. Dihadapkan
dengan gambar ragam jenis olahraga, siwa mampu melafalkan kosakata tentang
berbagai jenis olahraga kegemaran dengan tepat.
4. Dihadapkan
dengan gambar ragam jenis olahraga, siwa mampu melafalkan manfaat berbagai
jenis olahraga kegemaran dengan tepat.
5. Melalui
pembiasaan doa saat awal pembelajaran, siswa mampumempraktikan berdoa
sesudah melakukan kegiatan dengan baik.
6. Melalui
pembiasaan doa saat akhir pembelajaran, siswa mampumempraktikan berdoa
setelah melakukan kegiatan dengan baik.
7. Melalui
presentasi hasil diskusi,
siswa mampumenunjukkan perilaku percaya diri
dengan baik.
8. Dihadapkan
dengan teks bacaan sepak bola, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang hal-hal yang boleh dilakukan rumah dengan
tepat.
9. Dihadapkan
dengan teks bacaan sepak bola, siswa dapat menunjukkan manfaat melakukan
hal-hal yang boleh dilakukan
di rumah dengan tepat.
10. Dihadapkan
dengan teks bacaan sepak bola, siswa mampu memeragakancara melakukan kegiatan yang boleh
dilakukan di rumah dengan tepat.
11.
Dihadapkan dengan
gambar ragam jenis olahraga, siswa dapat menghitung penjumlahan dua bilangan
yang hasil maksimalnya 10 dengan benar.
12. Dihadapan
dengan soal cerita olahraga, siswa dapat menghitung penjumlahan dua bilangan
yang hasil maksimalnya 10 tanpa teknik menyimpan dengan benar.
13. Dihadapkan
dengan gambar ragam jenis olahraga, siswa mampu menyelesaikan masalah operasi
penjumlahan sesuai dengan gambar yang disajikan degan benar.
14. Dihadapan
dengan soal cerita olahraga, siswa mampu melafalkan operasi penjumlahan
bilangan yang hasilnya kurang dari 10dengan benar.
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Nasionalis, religius, integritas, mandiri, Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama
D.
Materi
Pembelajaran
1. Jenis-jenis
Olahraga
2. Kosakata
nama jenis-jenis olahraga
3. Manfaat
dari jenis-jenis olahraga bagi kesehatan tubuh
4. Contoh
hal-hal yang boleh dilakukan di rumah
5. Manfaat-manfaat dari melakukan hal-hal yang
boleh dilakukan di rumah
6. Cara
memahami sebuah cerita matematika
7. Cara
menyelesaikan operasi penjumlahan yang terdapat dalam soal cerita matematika
yang hasil bilangannya kurang dari 10 dengan tknik tanpa menyimpan
8. Cara
melafalkan operasi
penjulmahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10
E.
Metode
Pembelajaran
1. Model
pembelajaran :Think, Pair, and Share
2. Pendekatan
Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
3. Metode
Pembelajaran : Tanya jawab, diskusi,
ceramah
F.
Media
Pembelajaran
Gambar jenis-jenis olahraga
Kartu kata
Kartu Angka
G.
Sumber
Belajar
1. Adellina,
Novillia.dkk. 2017.Buku
Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Adellina,
Novillia,dkk. 2017.Buku
Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pra
Kegiatan
|
1.
Siswa
berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.
Siswa
masuk ke dalam kelas urut sesuai barisan. (Disiplin)
3.
Siswa
menyalami guru di depan kelas. (santun)
4.
Siswa
bersama guru membaca Asmaul Husna bersama-sama (religius)
5.
Guru
memberikan kepada siswa untuk membaca buku bacaan yang tersedia di pojok baca (literasi membaca)
6.
Guru
menyiapkan media dan alat pembelajaran
|
15
menit
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan membuka pembelajaran
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (religius)
3.
Guru
melakaukan pengondisian awal siswa (presensi kehadiran siswa, menanyakan
piket, mengatur tempat duduk)(disiplin)
4.
Guru
mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan
pelajaran yang akan disampaikan,.
5.
Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “Jika kau suka hati”(menggerakan anggota
tubuh)
6.
Guru
memberikan motivasi dengan, siapa yang suka menggerakan tubuh dan
berolahraga?
7.
Guru
menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
8.
Guru
menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan hari
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Fase
1: Think
1.
Siswa
mengamati gambar berbagai jenis olahraga kegemaran yang disajikan guru (mengamati)
2.
Siswa
dengan bimbingan guru menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut
dari hasil pengamatan gambar. (menanya)
3.
Siswa
membaca nyaring teks bacaan Olahraga Kegemaran secara bergantian (mengumpulkan
informasi)
4.
Guru
memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
» Apakah yang
kamu ketahui tentang olah raga tolak peluru?
» Apakah yang kamu ketahui tentang olah raga
lari gawang?
5.
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut. (Mengolah informasi)
6.
Guru
melakukan umpan balik dengan menceritakan tentang kegemarannya dalam
berolahraga.
Fase
2: Pair
7.
Siswa
dengan bimbingan guru membentuk kelompok, Setiap kelompok terdiri dari 2 anak
berpasangan.
8.
Guru
membagikan LKPD kepada siswa.
9.
Siswa
bersama teman kelompoknya berdiskusi tentang LKPD yang di bagikan guru berupa
memasangkan gambar jenis olahraga olahraga kegemaran dengan kosakata jenis
olahraga olahraga kegemaran (mengumpulkan
informasi)(kerja sama)
10.
Siswa
memilih 1 olahraga yang paling di gemari, kemudian menulikan manfaat-manfaat
dari kegemaran olahraga tersebut. (mandiri)
11.
Guru
berkeliling membimbing tiap kelompok siswa berdiskusi.
Fase
3: Share
12. Setelah selesai, 2
perwakilan kelompok maju ke depan, yang perwakilan pertama mempresentasikan
jawaban hasil diskusi kelompok tentang memasangkan gambar dengan kosakata
yang tepat, perwakilan kedua menceritakan tentang manfaat olahraga yang sudah
dipilihnya. (mengkomunikasikan)
13. Siswa dari kelompok
lain menanggapi presentasi siswa. (integritas)
14. Guru reward kepada
siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
15. Guru memberi penguatan
materi kepada siswa
Fase
1: Think
16.
Siswa
mengamati gambar berbagai jenis olahraga kegemaran yang disajikan guru (mengamati)
17.
Siswa
dengan bimbingan guru menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut
dari hasil pengamatan gambar. (menanya)
18.
Siswa
membaca nyaring teks bacaan sepak bola secara bergantian(mengumpulkan
informasi)
19.
Guru
memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
» Apa yang
harus dilakukan oleh tim yang kalah?
» Apa yang dilakukan apabila memenangkan
pertandingan?
»Apa manfaat
sikap ikhlas meerima kekalahan?
20.
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. (Mengolah informasi)
21.
Guru
melakukan umpan balik dengan menceritakan tentang kegemarannya dalam
berolahraga.
22.
Siswa
dibimbing guru menjumlahkan pemain sepak bola yang ada pada bacaan tersebut.
(mengolah informasi)
23.
Siswa
dibimbing guru melafalkan operasi penjumlahan yang ada pada teks bacaan sepak
bola. (mengolah informasi)
Fase
2: Phair
24.
Siswa
dengan bimbingan guru membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2 anak
berpasangan.
25.
Guru
membagikan LKPD kepada siswa.
26.
Siswa
bersama teman kelompoknyaberdiskusi tentang LKPD yang di bagikan guru berupa
menyebutkan tindakan-tindakan yang harus dilakukan saat di rumah dan
menyelesaikan operasi penjumlahan yang ada pada cerita(mengumpulkan
informasi)(kerja sama)
27.
Guru
berkeliling membimbing tiap kelompok siswa berdiskusi.
Fase
3: Share
28.
Setelah
selesai, 2 perwakilan kelompok maju ke depan, yang perwakilan pertama
mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok tentang apa yang harus
dilakukan di rumah dan perwakilan kedua menyelesaikan operasi penjumlahan di
papan tulis. (mengkomunikasikan)
29. Siswa dari kelompok
lain menanggapi presentasi siswa. (integritas)
30. Guru reward kepada
siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
31. Guru memberi penguatan materi
kepada siswa
|
120menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan
guru menyimpulkan materi pelajaran
2.
Guru melakukan umpan
balik kepada siswa dengan memberi kesempatan mengajukkan pertanyaan jika ada
hal-hal yang belum diketahui.
3.
Guru melakukan tindak
lanjut (pengayaan dan remidial).
4.
Guru memberikan tugas
kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
5.
Guru mengajak siswa
menyanyikan lagu daerah
6.
Guru
mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
7.
Guru
memberikan salam penutup.
|
30
menit
|
I.
Penilaian
1. Sikap
spiritual
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Pengamatan
c.
Bentuk : Jurnal sikap
spiritual
2. Sikap
sosial
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Pengamatan
c.
Bentuk : Jurnal sikap
sosial
3. Pengetahuan
a.
Teknik : Tes
b.
Jenis : Tes tertulis
c.
Bentuk : Pilihan ganda, isian singkat
4. Keterampilan
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Unjuk Kerja
c.
Bentuk : Rubrik dengan rating scale
Mengetahui
Kepala
|
|
.............................
Guru Kelas I
|
No comments:
Post a Comment