Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 9 June 2018

RPP Kurtilas Revisi Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga Pembelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       : SD NUSA BANGSA
Kelas/Semester           : I / I
Tema/Subtema           : Kegemaranku / Gemar Berolahraga
Pembelajaran ke-       : 6
Alokasi Waktu           : 1 hari (5 JP)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.5    Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana)
3.5.1 Menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan
3.5.2  Memasangkan kosakata nama jenis olahraga dengan gambar jenis olahraga yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh
4.5Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
4.5.1     Melafalkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
4.5.2    Melafalkan manfaat berbagai jenis olahraga untuk memelihara kesehatan dengan tepat

PPKN
Kompetensi Dasar
Indikator
1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.2.1 Mempraktikan Berdoa sesudah dan sebelum melakukan kegiatan

2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.1 Menunjukkan kosakata tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan rumah
3.2.3 Menunjukkan manfaat melakukan hal-hal yang boleh dilakukan di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.1Memeragakancara melakukan kegiatan yang boleh dilakukan di rumah

Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang meibatkan bilangan cacah  sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
3.4.1 Menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan bantuan benda konkret berupa gambar

3.4.2 Menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dari soal cerita dengan teknik tanpa menyimpan

4.4Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
4.4.1 Menyelesaikan masalah operasi penjumlahan sesuai dengan gambar yang disajikan

4.4.2 Melafalkan operasi penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10


C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dihadapkan dengan kosakata ragam jenis olahraga, siswa dapat menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga kegemaran dengan tepat
2.      Dihadapkan dengan gambar ragam jenis olahraga, siswa dapat memasangkan kosakata nama jenis olahraga dengan gambar jenis olahragadengan tepat
3.      Dihadapkan dengan gambar ragam jenis olahraga, siwa mampu melafalkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga kegemaran dengan tepat.
4.      Dihadapkan dengan gambar ragam jenis olahraga, siwa mampu melafalkan manfaat berbagai jenis olahraga kegemaran dengan tepat.
5.      Melalui pembiasaan doa saat awal pembelajaran, siswa mampumempraktikan berdoa sesudah melakukan kegiatan dengan baik.
6.      Melalui pembiasaan doa saat akhir pembelajaran, siswa mampumempraktikan berdoa setelah melakukan kegiatan dengan baik.
7.      Melalui presentasi hasil diskusi, siswa mampumenunjukkan perilaku percaya diri dengan baik.
8.      Dihadapkan dengan teks bacaan sepak bola, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang hal-hal yang boleh dilakukan rumah dengan tepat.
9.      Dihadapkan dengan teks bacaan sepak bola, siswa dapat menunjukkan manfaat melakukan hal-hal yang boleh dilakukan di rumah dengan tepat.
10.  Dihadapkan dengan teks bacaan sepak bola, siswa mampu memeragakancara melakukan kegiatan yang boleh dilakukan di rumah dengan tepat.
11.  Dihadapkan dengan gambar ragam jenis olahraga, siswa dapat menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan benar.
12.  Dihadapan dengan soal cerita olahraga, siswa dapat menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 tanpa teknik menyimpan dengan benar.
13.  Dihadapkan dengan gambar ragam jenis olahraga, siswa mampu menyelesaikan masalah operasi penjumlahan sesuai dengan gambar yang disajikan degan benar.
14.  Dihadapan dengan soal cerita olahraga, siswa mampu melafalkan operasi penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10dengan benar.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Nasionalis, religius, integritas, mandiri, Percaya diri, disiplin, dan bekerja sama



D.    Materi Pembelajaran
1.      Jenis-jenis Olahraga
2.      Kosakata nama jenis-jenis olahraga
3.      Manfaat dari jenis-jenis olahraga bagi kesehatan tubuh
4.      Contoh hal-hal yang boleh dilakukan di rumah
5.       Manfaat-manfaat dari melakukan hal-hal yang boleh dilakukan di rumah
6.      Cara memahami sebuah cerita matematika
7.      Cara menyelesaikan operasi penjumlahan yang terdapat dalam soal cerita matematika yang hasil bilangannya kurang dari 10 dengan tknik tanpa menyimpan
8.      Cara melafalkan operasi penjulmahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10

E.     Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran                :Think, Pair, and Share
2.      Pendekatan Pembelajaran       : Pendekatan Saintifik
3.      Metode Pembelajaran             : Tanya jawab, diskusi, ceramah

F.     Media Pembelajaran
Gambar jenis-jenis olahraga
Kartu kata
Kartu Angka

G.    Sumber Belajar
1.      Adellina, Novillia.dkk. 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Adellina, Novillia,dkk. 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.      Siswa masuk ke dalam kelas urut sesuai barisan. (Disiplin)
3.      Siswa menyalami guru di depan kelas. (santun)
4.      Siswa bersama guru membaca Asmaul Husna bersama-sama (religius)
5.      Guru memberikan kepada siswa untuk membaca buku bacaan yang tersedia di pojok baca (literasi membaca)
6.      Guru menyiapkan media dan alat pembelajaran
15 menit
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan membuka pembelajaran
2.      Guru mengajak siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (religius)
3.      Guru melakaukan pengondisian awal siswa (presensi kehadiran siswa, menanyakan piket, mengatur tempat duduk)(disiplin)
4.      Guru mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan,.
5.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Jika kau suka hati”(menggerakan anggota tubuh)
6.      Guru memberikan motivasi dengan, siapa yang suka menggerakan tubuh dan berolahraga?
7.      Guru menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
8.      Guru menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan hari
15 menit
Kegiatan Inti
Fase 1: Think
1.      Siswa mengamati gambar berbagai jenis olahraga kegemaran yang disajikan guru (mengamati)
2.      Siswa dengan bimbingan guru menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut dari hasil pengamatan gambar. (menanya)
3.      Siswa membaca nyaring teks bacaan Olahraga Kegemaran secara bergantian (mengumpulkan informasi)
4.      Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
» Apakah yang kamu ketahui tentang olah raga tolak peluru?
 » Apakah yang kamu ketahui tentang olah raga lari gawang?
5.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. (Mengolah informasi)
6.      Guru melakukan umpan balik dengan menceritakan tentang kegemarannya dalam berolahraga.
Fase 2: Pair
7.      Siswa dengan bimbingan guru membentuk kelompok, Setiap kelompok terdiri dari 2 anak berpasangan.
8.      Guru membagikan LKPD kepada siswa.
9.      Siswa bersama teman kelompoknya berdiskusi tentang LKPD yang di bagikan guru berupa memasangkan gambar jenis olahraga olahraga kegemaran dengan kosakata jenis olahraga olahraga kegemaran (mengumpulkan informasi)(kerja sama)
10.  Siswa memilih 1 olahraga yang paling di gemari, kemudian menulikan manfaat-manfaat dari kegemaran olahraga tersebut. (mandiri)
11.  Guru berkeliling membimbing tiap kelompok siswa berdiskusi.
Fase 3: Share
12.  Setelah selesai, 2 perwakilan kelompok maju ke depan, yang perwakilan pertama mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok tentang memasangkan gambar dengan kosakata yang tepat, perwakilan kedua menceritakan tentang manfaat olahraga yang sudah dipilihnya. (mengkomunikasikan)
13.  Siswa dari kelompok lain menanggapi presentasi siswa. (integritas)
14.  Guru reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
15.  Guru memberi penguatan materi kepada siswa

Fase 1: Think
16.  Siswa mengamati gambar berbagai jenis olahraga kegemaran yang disajikan guru (mengamati)
17.  Siswa dengan bimbingan guru menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut dari hasil pengamatan gambar. (menanya)
18.  Siswa membaca nyaring teks bacaan sepak bola secara bergantian(mengumpulkan informasi)
19.  Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
» Apa yang harus dilakukan oleh tim yang kalah?
 » Apa yang dilakukan apabila memenangkan pertandingan?
»Apa manfaat sikap ikhlas meerima kekalahan?
20.  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. (Mengolah informasi)
21.  Guru melakukan umpan balik dengan menceritakan tentang kegemarannya dalam berolahraga.
22.  Siswa dibimbing guru menjumlahkan pemain sepak bola yang ada pada bacaan tersebut. (mengolah informasi)
23.  Siswa dibimbing guru melafalkan operasi penjumlahan yang ada pada teks bacaan sepak bola. (mengolah informasi)

Fase 2: Phair
24.  Siswa dengan bimbingan guru membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2 anak berpasangan.
25.  Guru membagikan LKPD kepada siswa.
26.  Siswa bersama teman kelompoknyaberdiskusi tentang LKPD yang di bagikan guru berupa menyebutkan tindakan-tindakan yang harus dilakukan saat di rumah dan menyelesaikan operasi penjumlahan yang ada pada cerita(mengumpulkan informasi)(kerja sama)
27.  Guru berkeliling membimbing tiap kelompok siswa berdiskusi.


Fase 3: Share
28.  Setelah selesai, 2 perwakilan kelompok maju ke depan, yang perwakilan pertama mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok tentang apa yang harus dilakukan di rumah dan perwakilan kedua menyelesaikan operasi penjumlahan di papan tulis. (mengkomunikasikan)
29.  Siswa dari kelompok lain menanggapi presentasi siswa. (integritas)
30.  Guru reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
31.  Guru memberi penguatan materi kepada siswa
120menit
Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran
2.      Guru melakukan umpan balik kepada siswa dengan memberi kesempatan mengajukkan pertanyaan jika ada hal-hal yang belum diketahui.
3.      Guru melakukan tindak lanjut (pengayaan dan remidial).
4.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
5.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu daerah
6.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
7.      Guru memberikan salam penutup.
30 menit

I.       Penilaian
1.      Sikap spiritual
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Pengamatan
c.       Bentuk      : Jurnal sikap spiritual
2.      Sikap sosial
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Pengamatan
c.       Bentuk      : Jurnal sikap sosial
3.      Pengetahuan
a.       Teknik       : Tes
b.      Jenis          : Tes tertulis
c.       Bentuk      : Pilihan ganda, isian singkat
4.      Keterampilan
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Unjuk Kerja
c.       Bentuk      : Rubrik dengan rating scale

Mengetahui
Kepala






.............................
Guru Kelas I






No comments:

Post a Comment