Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday, 9 June 2018

RPP Kurtilas Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan
:
SD NUSA BANGSA
Kelas / semester
:
I / I
Tema
:
2. Kegemaranku
Sub Tema
:
1. Gemar Berolahraga
Pembelajaran
:
3 (Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika)
Alokasi waktu
:
1 hari (5X35 Menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

Mapel/Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah memelihara kesehatan.

3.5.1 menyebutkan kosakata tentang kegemaran berolahraga
3.5.2 memasangkan kalimat rumpang


4.5.1 menceritakan kegunaan alat olahraga (bola, raket, bola kasti)
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2 Mengidentifikasi aturan  yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

1.2.1 Bersyukur
1.2.2 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran
2.2.1 Menunjukan sikap jujur

3.2.1 Mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan saat bermain bersama teman
4.2.1 menceritakan  kebiasaan masing-masing terkait sikap jujur
Matematika
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.

3.4.1 Menjumlahkan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan teknik tanpa menyimpan




4.4.1 Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan yang hasil maksimalnya 10 menggunakan benda konkret

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
           1.       Dengan mengamati gambar tentang kegemaran olahraga, siswa dapat menyebutkan minimal 5 kosakata tentang kegemaran berolahraga dengan tepat
           2.       Dengan  latihan dan bimbingan guru siswa dapat memasangkan kalimat rumpang dengan tepat
           3.       Dengan benda konkret berupa bola, raket dan bola kasti siswa dapat menceritakan kegunaan alat olahraga (bola, raket, bola kasti) dengan benar
           4.       Dengan bimbingan guru secara rutin siswa dapat berperilaku syukur dengan benar
           5.       Dengan bimbingan guru secara rutin siswa dapat berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan santun
           6.       Dengan pemberian contoh tentang sikap jujur dari guru siswa dapat menunjukan sikap jujur dengan baik
           7.       Dengan pemberian contoh mengenai sikap yang harus dilakukan saat bermain bersama teman, siswa dapat mengidentifikasi sikap yang harus dilakukan saat bermain bersama teman dengan tepat
           8.       Dengan bimbingan guru mengenai kebiasaan sikap jujur siswa dapat menceritakan  kebiasaan masing-masing terkait sikap jujur dengan baik
           9.       Dengan bimbingan guru  mengenai penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 siswa dapat menjumlahkan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan teknik tanpa menyimpan dengan tepat
       10.       Dengan menggunakan bola kasti sebagai benda konkret siswa dapat menyelesaikan  masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan yang hasil maksimalnya 10 menggunakan benda konkret dengan tepat

D.    KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1.      Mandiri
2.      Religius
3.      Gotong Royong
4.      Integritas
5.      Nasionalis

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kegemaran Berolahraga
2.      Kejujuran
3.      Penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10

F.     METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                : Problem Based Learning
METODE              : diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah

G.    MEDIA PEMBELAJARAN
Media  
-          Gambar jenis-jenis olahraga di buku siswa
-          Bola, raket, bola kasti
-          teks bacaan “Beni bermain kasti”

Alat Pembelajaran
-          LCD
-          Laptop
-          Speaker
-          Peluit

H.    SUMBER BELAJAR
-          Adellina, Novilia .dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
-          Adellina, Novilia dkk. 2016.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemarankuku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi  Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Kegiatan Pra Pembelajaran
1.      Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa
2.      Siswa diajak berdoa bersama-sama menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Integritas : membiasakan sikap santun, religius dan hormat)
3.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Nasionalis)
4.      Guru mengomunikasikan kehadiran siswa
15 menit
(06.45-07.00)
5.      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
-          Anak-anak, Siapa yang suka bermain?
-          Apa nama permainan yang sering kalian mainkan?
6.      Guru memberikan motivasi dengan memberikan permainan tepuk semangat.
7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
8.      Guru menyampaikan urutan kegiatan yang akan dilakukan siswa
15 menit
(07.00-07.15)
Inti
a.      Orientasi Peserta Didik pada masalah
1.      Siswa mengamati gambar jenis-jenis olahraga pada Buku Siswa (mengamati)
2.      Siswa menyebutkan nama-nama olahraga tersebut.
3.      Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan sebagai berikut.
-          Tahukah kamu jenis-jenis olahraga lainnya?
-          Sebutkan olahraga yang kamu ketahui
-          Olahraga apa yang kau sukai?
-          Mengapa kamu menyukainya?
55 menit
(07.15-08.10)

b.      Mengorganisasikan siswa untuk belajar
4.      Siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami (menanya)
5.      Siswa mengamati benda-benda yang berhubungan dengan Olahraga yang dibawa oleh guru (bola, raket, bola kasti) (mengamati)
6.      Siswa menceritakan benda-benda tersebut  (mencoba)
7.      Siswa menyimak teks bacaan “Beni bermain kasti” (mengamati)
8.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai sikap yang harus dilakukan saat bersama teman (menanya)
9.      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai pentingnya kejujuran
10.  Beberapa siswa secara acak menceritakan kebiasaannya masing-masing terkait sikap jujur (mencoba)
11.  Siswa mengerjakan LKPD secara berpasangan berupa mencari kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang (menalar)
45 menit
(08.10-09.05)

c.       Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok
12.  Guru mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam menjawab LKPD
15 menit
(09.05-09.30)

d.      Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
13.  Siswa menyampaikan hasil diskusi (mengkomunikasikan)
  1. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
  2. Guru bersama siswa merefleksi kegiatan yang telah dilakukan
16.  Siswa menyimak cerita “Bola Kasti Beni” (mengamati)
17.  Siswa memperagakan penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 menggunakan benda konkret yaitu bola kasti (mencoba)
18.  Siswa mengerjakan LKPD secara berpasangan yaitu menjumlahkan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10
19.  Siswa menyampaikan hasil LKPD yang telah dikerjakan (mengkomunikasikan)
20.  Guru bersama siswa merefleksi kegiatan yang telah dilakukan
40 menit
(09.30-10.10)
Penutup
1.      Siswa bersama guru membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran
2.      Guru memberikan umpan balik dan penghargaan terhadap proses dan hasil pembelajaran
3.      Siswa mengerjakan evaluasi tertulis
4.      Guru memberikan  tindak lanjut kepada siswa (pembelajaran remidial/pengayaan)
5.      Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
20 menit
(10.10-10.30)

J.      PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.        
Tes

Pengetahuan (Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika)
b.       
Nontes

1)       
Penilaian sikap


·         Spiritual   : bersyukur, berdoa


·         Sosial       : sikap jujur

2)       
Penilaian Keterampilan


·         Bahasa Indonesia  :  menceritakan kegunaan alat olahraga


·         PPKn : menceritakan kebiasaan masing-masing terkait sikap jujur


·         Matematika : Memecahkan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan yang hasil maksimalnya 10 menggunakan benda konkret
2.      Bentuk Penilaian
Tes                   : isian singkat
Nontes             : skala penilaian dengan rubrik, skala sikap

3.      Instrumen Penilaian
Tes                   : soal pilihan ganda dan isian singkat
Nontes             : ratimg scale disertai rubrik

4.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

, …. Maret 2018
Mengetahui,
Kepala SD NUSA BANGSA



……………………..

Guru Kelas I





No comments:

Post a Comment