RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN Nusa
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema :
2. Kegemaranku
Subtema :
3. Gemar Menggambar
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2 Mengemukakan
kegiatanpersiapan menulispermulaan (cara duduk,cara memegang pensil,
caramenggerakkan pensil, carameletakkan buku, jarakantara mata dan buku,pemilihan
tempat dengancahaya yang terang) yangbenar secara lisan.
|
3.2.1 Menyebutkan
cara duduk yang benar saatakan menulis.
3.2.2 Menjelaskan
cara duduk yang benar saat menulis.
|
4.2 Mempraktikkan
kegiatanpersiapan menulispermulaan (cara duduk,cara memegang pensil,
carameletakkan buku, jarakantara mata dan buku,gerakan tangan
atasbawah,kiri-kanan, latihanpelenturan gerakan tangandengan gerakan
menulisdi udara/pasir/ meja,melemaskan jari denganmewarnai,
menjiplak,menggambar, membuatgaris tegak, miring, lurus,dan lengkung,
menjiplakberbagai bentuk gambar,lingkaran, dan bentuk hurufdi tempat
bercahaya terang)dengan benar.
|
4.2.1 Mendemonstrasikan
cara duduk yang benar saat akan menulis.
|
SBdP
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Mengenal karya
ekspresidua dan tiga dimensi.
|
3.1.1 Mengidentifikasialat
yang digunakanuntukmembuatkaryacetak.
3.1.2 Menyebutkan
bahan yang digunakan untuk membuat karya cetak.
|
4.1 Membuat karya
ekspresidua dan tiga dimensi.
|
4.1.1 Menggambar
menggunakan salah satu alat menggambar.
4.1.2 Menggambar
ekspresi menggunakan teknik cetak.
|
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.3 Menerima
keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
rumah
|
1.3.1 Menerima keberagaman sebagai anugerah tuhan
1.3.2 Bersyukur atas keberagaman
|
2.3 Menampilkan
kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
|
2.3.1
Toleransidalamkeberagaman
2.3.2 menghargaiperbedaan
|
3.3
Mengidentifikasikeberagaman karateristikindividu di rumah.
|
3.3.2 Menggali
data tentanggambarkesukaandarianggotakeluarga di rumah
3.3.1 Menentukangambarkesukaandarianggotakeluarga
di rumah
|
4.3 Menceritakan
pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristikindividu di rumah.
|
4.3.1 Menuliskan
gambar kesukaan masing-masing anggota keluarga di rumah.
4.3.2 Menceritakanpengalamanmengenaigambarkesukaanmasing-masinganggotakeluarga
di rumah
|
Karakter :Disiplin, Kerjasama,
percayadiri
C.
TujuanPembelajaran
1. Setelah mengamati gambar
posisi duduk yang benar, siswa dapat menyebutkan cara duduk yang benar saat
menulis dengan tepat.
2. Setelah mengamati gambar
posisi duduk yang benar, siswa menjelaskan cara duduk yang
benar saat menulis dengan tepat.
3. Setelah mengamati gambar posisi duduk yang benar, siswa dapat meniru
cara duduk yang benar saat akan menulis dengan tepat.
4. Setelah mengamati gambar posisi duduk yang benar, siswa dapat
mencontohkan cara duduk yang tepat saat menulis dengan disiplin.
5. Dengan mengamati gambar alat menggambar, siswa mampu mengidentifikasi
alat yang digunakan untuk membuat karya cetak dengan percaya diri.
6. Dengan mengamati gambar bahan menggambar teknik cetak, siswa mampu
menyebutkan bahan yang digunakan untuk membuat karya cetak dengan percaya diri.
7. Setelah mengamati gambar alat menggambar, siswa mampu menggambar
menggunakan salah satu alat menggambar dengan percaya diri.
8. Setelah mengamati gambar bahan menggambar teknik cetak, siswa mampu
menggambar ekspresi menggunakan teknik cetak dengan percaya diri.
9.
Melalui
kegiatan membaca teks “keluarga udin”
diharapkan siswa mampu menumbuhkan sikap toleransi .
10.
Melalui
kegiatan membaca teks “keluarga udin”
diharapkan siswa mau bersyukur atas keberagaman bangsa sebagai anugrah Tuhan
YME.
11. Setelah membaca teks “Keluarga Udin”, siswa mampu menggali data tentang
gambar kesukaan dari anggota keluarga di rumah dengan benar.
12. Setelah membaca teks “Keluarga Udin”, siswa dapat menentukan gambar
kesukaan dari anggota keluarga di rumah dengan tepat.
13. Setelah membaca teks “Keluarga Udin”, siswa mampu menuliskan gambar
kesukaan masing-masing anggota keluarga di rumah dengan tepat.
14. Setelah membaca teks “Keluarga Udin”, siswa dapat menceritakan
pengalaman mengenai
gambar kesukaan masing-masinganggota keluarga di rumah dengan percaya diri.
D. MateriPembelajaran
1.
Cara
duduk yang benar saat akan menulis
2.
Karya
ekspresi teknik cetak
3.
Karakteristik
individu di rumah
E. MetodePembelajaran
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, menalar, mengomunikasikan)
Model : PBL (Problem Based Learning)
Metode : Tanya jawab, pengamatan, diskusi,
ceramah
F. Media Pembelajaran
1.
Gambar :
gambar posisi duduk yang benar, gambar posisi duduk yang salah gambar alat
menggambar, gambar bahan menggambar teknik cetak
2.
Teks bacaan :
teks “Keluarga Udin:
3.
Alat :
pensil, penghapus, daun kering, pensil warna/spidol warna.
4.
Video : Lagu “duduk
yang manis”
5.
Slide Power Point
G. SumberBelajar
1.
Buku
siswa : Adellina, Novilia., dkk. 2016.
Buku Guru Kelas I Tema 2Kegemaranku. Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
2.
Buku
guru : Adellina, Novilia., dkk. 2016.
Buku Siswa Kelas I Tema 2Kegemaranku.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
H.
Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan Pra Pemblajaran
1)
Siswa berbaris di
depan kelas (Karakter
: Disiplin)
2)
Siswa secara urut
memasuki kelas(Karakter
:Disiplin)
3) Siswa menyalami guru di depan kelas (Karakter :Santun)
4)
Siswa menyanyikan
lagu indonesia raya (PPK:Nasionalis)
5)
Siswa menyimak buku
yang diceritakan guru , siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan
cerita pada selembar kertas berwarna.(Literasi)
Kegiatan
Awal
1. Guru memberikan salam dan menanyakankabarsiswa.
2. Guru mengajak siswa berdoa dengandipimpinolehsalahseorangsiswa.(Integritas : membiasakansikapsantun, religiusdanhormat)
3. Guru melakukan presensikehadiransiswa.(Karakter :Disiplin)
4. Guru menampilkan video lagu “duduk yang manis”
5.
Guru memberikanapersepsikepadasiswa :
-
Anak-anakkalian kalau di rumah belajar atau tidak?
-
Seperti apa posisi kalian jika sedang belajar?
6.
Guru memotivasisiswabahwa“ Jika kita belajar sebaiknya
dengan posisi duduk agar badan tidak mudah lelah dan tetap sehat.”
7. Guru memintasiswauntukmemeriksakerapiandiridankebersihankelas.
8. Gurumenjelaskan tentangtujuan,
manfaatdanaktivitaspembelajaran yang akandilakukan.
|
Jam 06.45-07.00
15 menit
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Tahap 1: OrientasiTerhadap Masalah
1.
Siswa mengawali pembelajaran dengan mengamati gambar
seorang anak yang sedang duduk dengan posisi benar untukmenulis.(mengamati)
2.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang gambar yang
ditampilkan.
-
Gambar apakah ini?
-
Apa yang sedang dilakukan anak tersebut?
-
Bagaimana posisi kakinya, posisibadannya, posisi kepalanya,
dan posisi tangannya?
(menanya)
Tahap 2 : Organisasi Belajar
3.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang posisi tubuh yang
ditampilkan pada gambar. (mengumpulkan informasi)
4.
Siswa kembali bertanya jawab dengan guru tentang gambar
yang ditampilkan.
-
Mengapa badan harus tegak lurus?
-
Bagaimana seharusnya posisi duduk yang benar?
-
Bagian kaki harus diletakkan dan seperti apa posisinya?
(menanya)
Tahap 3 : Penyelidikan
Individual MaupunKelompok
5.
Siswa mengamati gambar seorang anak yang sedang duduk
dengan posisi salahyang baru disajikan oleh guru. (menanya)
6.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang gambar seorang anak
yang sedang duduk dengan posisi salah.(mengumpulkan informasi)
7.
Siswa membandingkan kedua gambar tersebut. (menalar)(PPK :mandiri)
Tahap 4 : Pengembangan dan Penyajian Hasil Penyelesaian Masalah
8.
Siswa menyebutkan posisi yang baik saatmenulis,
menggambar, dan belajar di sekolah maupun di rumah. (mengomunikasikan)(PPK
:mandiri)
9.
Siswa mempraktikkan posisi duduk yang benar. Denganaba-aba
dari guru, siswa mengambil posisi duduk dengan badan tegakseolah-olah akan
mulai menulis.Guru memulai dengan menghitung satu, dua, tiga. Posisi awal
siswa dimulai dengan berdiri. Hitungan satu siswa duduk di kursi. Hitungan
dua menegakkan badan. Hitungan tiga meletakkan tangan di atas meja.(mencoba)(Karakter
:percaya diri)
10.
Siswa melakukan kegiatan ini berulang kali hingga terbiasa
duduk denganmenegakkan badan dan tangan di atas meja.(mencoba)(Karakter
:percaya diri)
11.
Siswa mengerjakan LKPD secara individu. (mencoba)(PPK :mandiri)
Tahap 5 : Analisis dan Evaluasi Proses Penyelesaian Masalah
12.
Siswa berpasangan dan saling mengamatiposisi duduk
temannya dengan benar.(mengamati)(PPK : Gotong-royong)(Karakter
:bekerjasama)
13.
Siswa pertama mempraktikkan posisi duduk, sementara siswa
kedua yangmemberikan aba-aba satu, dua, tiga. Lakukan secara bergantian.(mencoba)(PPK :
Gotong-royong)(Karakter :bekerjasama)
14.
Setelah siswa dapat duduk dengan posisi yang benar,
mintalah siswamengayunkan tangan di atas meja dengan jari telunjuk dan
jempolbergerak menarik garis lurus, membuat bulatan, dan
mencoret-coret(gerakan menulis di udara).(mencoba)
15.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan bahwa:
-
Untuk mulai menulis, posisi duduk harus dilakukan dengan
baik dan benar.
-
Tegakkan badan dan kepala agar tubuh tidak mudah lelah
dantetap sehat.
(menalar)
Tahap 1: OrientasiTerhadap Masalah
16.
Siswa menyimak penjelasan guru bahwa Tuhan Maha Indah dan
menyukai keindahan. (mengamati)(PPK
: religius)
17.
Siswa bertanya jawab bersama siswa tentang menggambar.
-
Siapa yang suka menggambar?
-
Apa saja obyek yang biasa digambar?
-
Apa saja alat yang digunakan untuk menggambar?
-
Bagaimana rasanya setelah selesai menggambar?
-
Apa manfaat menggambar?
(menanya)
18.
Siswa mengamati gambar tentang alat dan bahan menggambar
yangtertera pada Buku Siswa halaman 107.(mengamati)
Tahap 2 : Organisasi Belajar
19.
Siswa menyebutkan alat dan bahan menggambar yang sudah
mereka kenal dan menjelaskan kegunaannya. Siswa yang lain mendengarkandengan
tertib.(mengomunikasikan)(Karakter :percaya diri)
20.
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bermacam-macam
peralatan menggambar selain pensil warna dan krayon yang biasadigunakan siswa
beserta manfaatnya. Misalnya pensil warna, krayon,cat air untuk menggambar
dan mewarnai gambar. Buku gambar, kertas,kanvas, adalah wadah untuk
menggambar. Kuas digunakan untukmenggambar menggunakan cat air. Daun, buah,
jari, dan pola berbagaibentuk dapat digunakan untuk mencetak gambar.(mengumpulkan
informasi)
Tahap 3 : Penyelidikan
Individual MaupunKelompok
21.
Siswa menjawab pertanyaan guru, apakah mereka ingin
mencetak gambar?Gambar apa yang ingin mereka cetak?
22.
Siswa mengidentifikasi gambar dan bahan yang akan
digunakan untukmembuat karya cetak dua dimensi.(menalar)
23.
Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mencetak gambar
dapat dilakukanmenggunakan bahan-bahan alam yang tersedia di sekitar.(mengumpulkan
informasi)
24.
Siswa mengamati beberapa gambar ekspresi yang menggunakan
teknikmencetak. Siswa memahami gambar-gambar tersebut dibuat denganhasil
mencetak. Ada yang dicetak dengan potongan buah, cetakan jaritangan, cetakan
daun-daun, dan berbagai cetakan aneka bentuk.(mengamati)
Tahap 4 : Pengembangan dan Penyajian Hasil Penyelesaian Masalah
25.
Siswa menyebutkan berbagai bahan alam yang dapatdimanfaatkan
untuk mencetak.(mengomunikasikan)(Karakter :percaya diri)
26.
Siswa menggambar menggunakan cetakan daun pada LKPD. (mencoba)(PPK :mandiri)
Tahap 5 : Analisis dan Evaluasi Proses Penyelesaian Masalah
27.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan bahwa:
-
Gambar ekspresi menggunakan teknik mencetak ada yang
dicetak dengan potongan buah, cetakan jari tangan, cetakan daun-daun, dan
berbagai cetakan aneka bentuk.
(menalar)
Tahap 1: OrientasiTerhadap Masalah
28.
Siswa mengamati teks bacaan Keluarga Udin pada Buku Siswa
halaman 112. (mengamati)(kegiatan literasi)
29.
Siswa dan guru bertanya jawab gambar kesukaan keluarga
Udin.
-
Siapa yang suka menggambar?
-
Apa gambar kesukaan Udin?
-
Apakah gambar kesukaan ayah, ibu, adik/kakak Udin?
(menanya)
Tahap 2 : Organisasi Belajar
30. Siswa mendiskusikan
dengan guru gambar kesukaan anggota keluarga di rumah. (mengumpulkan informasi)
Tahap 3 : Penyelidikan
Individual MaupunKelompok
31. Siswa menuliskan
nama-nama gambar yang disukai oleh anggotakeluarga mereka di buku tulis.(mencoba)
Tahap 4 : Pengembangan dan Penyajian Hasil Penyelesaian Masalah
32. Siswa berlatih
memasangkan gambar anggota keluarga dengan gambarkesukaannya pada LKPD.(mencoba)
Tahap 5 : Analisis dan Evaluasi Proses Penyelesaian Masalah
33.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan bahwa:
-
Siswa memiliki kesukaan masing-masing dan harus salingmenghargai.
Ada yang suka menggambar, ada yang tidak. Ada yangsuka gambar bunga, mobil, binatang,
rumah, dan lain-lain.
-
Tuhanmenciptakan banyak keindahan dan berbagai bahan alam
untuk kita nikmati.
-
Kita dapat memanfaatkan bahan alam yang tersedia di
sekitar untuk membuat karya.
(menalar)
|
110 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.
Guru memberikan pesan moral bahwa siswa harus menghargai
perbedaan karakteristik setiap individu.
3.
Siswa mengerjakan lembar evaluasi.
4.
Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran
yang telah berlangsung:
-
Apa saja yang telah dipahami siswa?
-
Apa yang belum dipahami siswa?
-
Bagaimana perasaan selama pembelajaran?
5.
Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap
Disiplin, kerjasama, dan syukur
6.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas
pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan
bersama orangtua, yaitu: membuat cetakan gambar dari bahan yang ada di rumah.
7.
Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang
siswa.. (PPK Integritas : membiasakan sikap santun,
religius dan hormat)
|
15 menit
|
I. Penilaian
1.
Lingkup Penilaian : Sikap, Pengetahuan,
Keterampilan
2.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
Sikap : Observasi
b.
Penilaian
Pengetahuan : Tes tertulis
c.
Penilaian
Keterampilan : Kinerja
3.
Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
Sikap : Rubrik
pengamatan (terlampir)
b.
Penilaian
Pengetahuan : Isian singkat (terlampir)
c.
Penilaian
Keterampilan : Rubrik pengamatan (terlampir)
donlod file dong
ReplyDelete