Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1 Gemar Menggambar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan          :  SDN Nusa
Kelas / Semester              :  I (Satu) / 1
Tema                                : 2. Kegemaranku
Subtema                           : 3. Gemar Menggambar
Pembelajaran                  :  1
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (5 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2 Mengemukakan kegiatanpersiapan menulispermulaan (cara duduk,cara memegang pensil, caramenggerakkan pensil, carameletakkan buku, jarakantara mata dan buku,pemilihan tempat dengancahaya yang terang) yangbenar secara lisan.
3.2.1 Menyebutkan cara duduk yang benar saatakan menulis.
3.2.2 Menjelaskan cara duduk yang benar saat menulis.
4.2 Mempraktikkan kegiatanpersiapan menulispermulaan (cara duduk,cara memegang pensil, carameletakkan buku, jarakantara mata dan buku,gerakan tangan atasbawah,kiri-kanan, latihanpelenturan gerakan tangandengan gerakan menulisdi udara/pasir/ meja,melemaskan jari denganmewarnai, menjiplak,menggambar, membuatgaris tegak, miring, lurus,dan lengkung, menjiplakberbagai bentuk gambar,lingkaran, dan bentuk hurufdi tempat bercahaya terang)dengan benar.
4.2.1 Mendemonstrasikan cara duduk yang benar saat akan menulis.


SBdP
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1 Mengenal karya ekspresidua dan tiga dimensi.
3.1.1 Mengidentifikasialat yang digunakanuntukmembuatkaryacetak.
3.1.2 Menyebutkan bahan yang digunakan untuk membuat karya cetak.
4.1 Membuat karya ekspresidua dan tiga dimensi.
4.1.1 Menggambar menggunakan salah satu alat menggambar.
4.1.2 Menggambar ekspresi menggunakan teknik cetak.

PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah
1.3.1 Menerima keberagaman sebagai anugerah tuhan
1.3.2 Bersyukur atas keberagaman
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
2.3.1  Toleransidalamkeberagaman
2.3.2  menghargaiperbedaan

3.3 Mengidentifikasikeberagaman karateristikindividu di rumah.
3.3.2 Menggali data tentanggambarkesukaandarianggotakeluarga di rumah
3.3.1 Menentukangambarkesukaandarianggotakeluarga di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristikindividu di rumah.
4.3.1 Menuliskan gambar kesukaan masing-masing anggota keluarga di rumah.
4.3.2 Menceritakanpengalamanmengenaigambarkesukaanmasing-masinganggotakeluarga di rumah
Karakter :Disiplin, Kerjasama, percayadiri
C.    TujuanPembelajaran
1.      Setelah mengamati gambar posisi duduk yang benar, siswa dapat menyebutkan cara duduk yang benar saat menulis dengan tepat.
2.      Setelah mengamati gambar posisi duduk yang benar, siswa menjelaskan cara duduk yang benar saat menulis dengan tepat.
3.      Setelah mengamati gambar posisi duduk yang benar, siswa dapat meniru cara duduk yang benar saat akan menulis dengan tepat.
4.      Setelah mengamati gambar posisi duduk yang benar, siswa dapat mencontohkan cara duduk yang tepat saat menulis dengan disiplin.
5.      Dengan mengamati gambar alat menggambar, siswa mampu mengidentifikasi alat yang digunakan untuk membuat karya cetak dengan percaya diri.
6.      Dengan mengamati gambar bahan menggambar teknik cetak, siswa mampu menyebutkan bahan yang digunakan untuk membuat karya cetak dengan percaya diri.
7.      Setelah mengamati gambar alat menggambar, siswa mampu menggambar menggunakan salah satu alat menggambar dengan percaya diri.
8.      Setelah mengamati gambar bahan menggambar teknik cetak, siswa mampu menggambar ekspresi menggunakan teknik cetak dengan percaya diri.
9.      Melalui kegiatan membaca  teks “keluarga udin” diharapkan siswa mampu menumbuhkan sikap toleransi .
10.  Melalui kegiatan membaca  teks “keluarga udin” diharapkan siswa mau bersyukur atas keberagaman bangsa sebagai anugrah Tuhan YME.
11.  Setelah membaca teks “Keluarga Udin”, siswa mampu menggali data tentang gambar kesukaan dari anggota keluarga di rumah dengan benar.
12.  Setelah membaca teks “Keluarga Udin”, siswa dapat menentukan gambar kesukaan dari anggota keluarga di rumah dengan tepat.
13.  Setelah membaca teks “Keluarga Udin”, siswa mampu menuliskan gambar kesukaan masing-masing anggota keluarga di rumah dengan tepat.
14.  Setelah membaca teks “Keluarga Udin”, siswa dapat menceritakan pengalaman mengenai gambar kesukaan masing-masinganggota keluarga di rumah dengan percaya diri.

D.    MateriPembelajaran
1.      Cara duduk yang benar saat akan menulis
2.      Karya ekspresi teknik cetak
3.      Karakteristik individu di rumah

E.     MetodePembelajaran
Pendekatan      : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengomunikasikan)
Model              : PBL (Problem Based Learning)
Metode            : Tanya jawab, pengamatan, diskusi, ceramah

F.     Media Pembelajaran
1.      Gambar           : gambar posisi duduk yang benar, gambar posisi duduk yang salah gambar alat menggambar, gambar bahan menggambar teknik cetak
2.      Teks bacaan    : teks “Keluarga Udin:
3.      Alat                 : pensil, penghapus, daun kering, pensil warna/spidol warna.
4.      Video              : Lagu “duduk yang manis
5.      Slide Power Point

G.    SumberBelajar
1.      Buku siswa     : Adellina, Novilia., dkk. 2016. Buku Guru Kelas I Tema 2Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Buku guru       : Adellina, Novilia., dkk. 2016. Buku Siswa Kelas I Tema 2Kegemaranku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

H.    Langkah-langkahPembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Kegiatan Pra Pemblajaran
1)      Siswa berbaris di depan kelas (Karakter : Disiplin)
2)      Siswa secara urut memasuki kelas(Karakter :Disiplin)
3)      Siswa menyalami guru di depan kelas (Karakter :Santun)
4)      Siswa menyanyikan lagu indonesia raya (PPK:Nasionalis)
5)      Siswa menyimak buku yang diceritakan guru , siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.(Literasi)

Kegiatan Awal
1.      Guru memberikan salam dan menanyakankabarsiswa.
2.      Guru mengajak siswa berdoa dengandipimpinolehsalahseorangsiswa.(Integritas : membiasakansikapsantun, religiusdanhormat)
3.      Guru melakukan presensikehadiransiswa.(Karakter :Disiplin)
4.      Guru menampilkan video lagu “duduk yang manis”
5.      Guru memberikanapersepsikepadasiswa :
-          Anak-anakkalian kalau di rumah belajar atau tidak?
-          Seperti apa posisi kalian jika sedang belajar?
6.      Guru memotivasisiswabahwa“ Jika kita belajar sebaiknya dengan posisi duduk agar badan tidak mudah lelah dan tetap sehat.
7.      Guru memintasiswauntukmemeriksakerapiandiridankebersihankelas.
8.      Gurumenjelaskan tentangtujuan, manfaatdanaktivitaspembelajaran yang akandilakukan.
Jam 06.45-07.00
15 menit







15 menit
Kegiatan Inti
Tahap 1: OrientasiTerhadap Masalah
1.      Siswa mengawali pembelajaran dengan mengamati gambar seorang anak yang sedang duduk dengan posisi benar untukmenulis.(mengamati)
2.      Siswa bertanya jawab dengan guru tentang gambar yang ditampilkan.
-          Gambar apakah ini?
-          Apa yang sedang dilakukan anak tersebut?
-          Bagaimana posisi kakinya, posisibadannya, posisi kepalanya, dan posisi tangannya?
(menanya)
Tahap 2 : Organisasi Belajar
3.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang posisi tubuh yang ditampilkan pada gambar. (mengumpulkan informasi)
4.      Siswa kembali bertanya jawab dengan guru tentang gambar yang ditampilkan.
-          Mengapa badan harus tegak lurus?
-          Bagaimana seharusnya posisi duduk yang benar?
-          Bagian kaki harus diletakkan dan seperti apa posisinya?
(menanya)
Tahap 3 : Penyelidikan Individual MaupunKelompok
5.      Siswa mengamati gambar seorang anak yang sedang duduk dengan posisi salahyang baru disajikan oleh guru. (menanya)
6.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang gambar seorang anak yang sedang duduk dengan posisi salah.(mengumpulkan informasi)
7.      Siswa membandingkan kedua gambar tersebut. (menalar)(PPK :mandiri)
Tahap 4 : Pengembangan dan Penyajian Hasil Penyelesaian Masalah
8.      Siswa menyebutkan posisi yang baik saatmenulis, menggambar, dan belajar di sekolah maupun di rumah. (mengomunikasikan)(PPK :mandiri)
9.      Siswa mempraktikkan posisi duduk yang benar. Denganaba-aba dari guru, siswa mengambil posisi duduk dengan badan tegakseolah-olah akan mulai menulis.Guru memulai dengan menghitung satu, dua, tiga. Posisi awal siswa dimulai dengan berdiri. Hitungan satu siswa duduk di kursi. Hitungan dua menegakkan badan. Hitungan tiga meletakkan tangan di atas meja.(mencoba)(Karakter :percaya diri)
10.  Siswa melakukan kegiatan ini berulang kali hingga terbiasa duduk denganmenegakkan badan dan tangan di atas meja.(mencoba)(Karakter :percaya diri)
11.  Siswa mengerjakan LKPD secara individu. (mencoba)(PPK :mandiri)
Tahap 5 : Analisis dan Evaluasi Proses Penyelesaian Masalah
12.  Siswa berpasangan dan saling mengamatiposisi duduk temannya dengan benar.(mengamati)(PPK : Gotong-royong)(Karakter :bekerjasama)
13.  Siswa pertama mempraktikkan posisi duduk, sementara siswa kedua yangmemberikan aba-aba satu, dua, tiga. Lakukan secara bergantian.(mencoba)(PPK : Gotong-royong)(Karakter :bekerjasama)
14.  Setelah siswa dapat duduk dengan posisi yang benar, mintalah siswamengayunkan tangan di atas meja dengan jari telunjuk dan jempolbergerak menarik garis lurus, membuat bulatan, dan mencoret-coret(gerakan menulis di udara).(mencoba)
15.  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan bahwa:
-          Untuk mulai menulis, posisi duduk harus dilakukan dengan baik dan benar.
-          Tegakkan badan dan kepala agar tubuh tidak mudah lelah dantetap sehat.
(menalar)
Tahap 1: OrientasiTerhadap Masalah
16.  Siswa menyimak penjelasan guru bahwa Tuhan Maha Indah dan menyukai keindahan. (mengamati)(PPK : religius)
17.  Siswa bertanya jawab bersama siswa tentang menggambar.
-          Siapa yang suka menggambar?
-          Apa saja obyek yang biasa digambar?
-          Apa saja alat yang digunakan untuk menggambar?
-          Bagaimana rasanya setelah selesai menggambar?
-          Apa manfaat menggambar?
(menanya)
18.  Siswa mengamati gambar tentang alat dan bahan menggambar yangtertera pada Buku Siswa halaman 107.(mengamati)
Tahap 2 : Organisasi Belajar
19.  Siswa menyebutkan alat dan bahan menggambar yang sudah mereka kenal dan menjelaskan kegunaannya. Siswa yang lain mendengarkandengan tertib.(mengomunikasikan)(Karakter :percaya diri)
20.  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bermacam-macam peralatan menggambar selain pensil warna dan krayon yang biasadigunakan siswa beserta manfaatnya. Misalnya pensil warna, krayon,cat air untuk menggambar dan mewarnai gambar. Buku gambar, kertas,kanvas, adalah wadah untuk menggambar. Kuas digunakan untukmenggambar menggunakan cat air. Daun, buah, jari, dan pola berbagaibentuk dapat digunakan untuk mencetak gambar.(mengumpulkan informasi)
Tahap 3 : Penyelidikan Individual MaupunKelompok
21.  Siswa menjawab pertanyaan guru, apakah mereka ingin mencetak gambar?Gambar apa yang ingin mereka cetak?
22.  Siswa mengidentifikasi gambar dan bahan yang akan digunakan untukmembuat karya cetak dua dimensi.(menalar)
23.  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mencetak gambar dapat dilakukanmenggunakan bahan-bahan alam yang tersedia di sekitar.(mengumpulkan informasi)
24.  Siswa mengamati beberapa gambar ekspresi yang menggunakan teknikmencetak. Siswa memahami gambar-gambar tersebut dibuat denganhasil mencetak. Ada yang dicetak dengan potongan buah, cetakan jaritangan, cetakan daun-daun, dan berbagai cetakan aneka bentuk.(mengamati)
Tahap 4 : Pengembangan dan Penyajian Hasil Penyelesaian Masalah
25.  Siswa menyebutkan berbagai bahan alam yang dapatdimanfaatkan untuk mencetak.(mengomunikasikan)(Karakter :percaya diri)
26.  Siswa menggambar menggunakan cetakan daun pada LKPD. (mencoba)(PPK :mandiri)
Tahap 5 : Analisis dan Evaluasi Proses Penyelesaian Masalah
27.  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan bahwa:
-          Gambar ekspresi menggunakan teknik mencetak ada yang dicetak dengan potongan buah, cetakan jari tangan, cetakan daun-daun, dan berbagai cetakan aneka bentuk.
(menalar)
Tahap 1: OrientasiTerhadap Masalah
28.  Siswa mengamati teks bacaan Keluarga Udin pada Buku Siswa halaman 112. (mengamati)(kegiatan literasi)
29.  Siswa dan guru bertanya jawab gambar kesukaan keluarga Udin.
-          Siapa yang suka menggambar?
-          Apa gambar kesukaan Udin?
-          Apakah gambar kesukaan ayah, ibu, adik/kakak Udin?
(menanya)
Tahap 2 : Organisasi Belajar
30.  Siswa mendiskusikan dengan guru gambar kesukaan anggota keluarga di rumah. (mengumpulkan informasi)
Tahap 3 : Penyelidikan Individual MaupunKelompok
31.  Siswa menuliskan nama-nama gambar yang disukai oleh anggotakeluarga mereka di buku tulis.(mencoba)
Tahap 4 : Pengembangan dan Penyajian Hasil Penyelesaian Masalah
32.  Siswa berlatih memasangkan gambar anggota keluarga dengan gambarkesukaannya pada LKPD.(mencoba)
Tahap 5 : Analisis dan Evaluasi Proses Penyelesaian Masalah
33.  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan bahwa:
-          Siswa memiliki kesukaan masing-masing dan harus salingmenghargai. Ada yang suka menggambar, ada yang tidak. Ada yangsuka gambar bunga, mobil, binatang, rumah, dan lain-lain.
-          Tuhanmenciptakan banyak keindahan dan berbagai bahan alam untuk kita nikmati.
-          Kita dapat memanfaatkan bahan alam yang tersedia di sekitar untuk membuat karya.
(menalar)
110 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.      Guru memberikan pesan moral bahwa siswa harus menghargai perbedaan karakteristik setiap individu.
3.      Siswa mengerjakan lembar evaluasi.
4.      Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung:
-          Apa saja yang telah dipahami siswa?
-          Apa yang belum dipahami siswa?
-          Bagaimana perasaan selama pembelajaran?
5.      Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
6.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Termasuk menyampaikan kegiatan bersama orangtua, yaitu: membuat cetakan gambar dari bahan yang ada di rumah.
7.      Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.. (PPK Integritas : membiasakan sikap santun, religius dan hormat)
15 menit

I.       Penilaian
1.    Lingkup Penilaian : Sikap, Pengetahuan, Keterampilan
2.    Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap                   : Observasi
b.      Penilaian Pengetahuan       : Tes tertulis
c.       Penilaian Keterampilan      : Kinerja
3.    Bentuk Instrumen Penilaian
a.       Penilaian Sikap                   : Rubrik pengamatan (terlampir)
b.      Penilaian Pengetahuan       : Isian singkat (terlampir)
c.       Penilaian Keterampilan      : Rubrik pengamatan (terlampir)



1 comment: