Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Monday 13 April 2020

Yuk Kepoin Sistem Sekolah di Jerman

Hai Selamat Datang Sobat SD Nusa. Bapak/Ibu Guru serta teman-teman Guru Muda Indonesia. Selamat Membaca Tulisan-tulisan kami ya!

Sistem Sekolah di Jerman

Sistem Sekolah di Jerman


Melihat sistem pendidikan negara lain bukan berarti menganggap sistem pendidikan di negara kita tidak baik, kita perlu menambah wawasan agar pengetahuan kita semakin berkembang. Memahami sistem pendidikan di Jerman dapat memberikan gambaran perbandingan antara Jerman dan negara kita Indonesia dalam melaksanakan pendidikan bagi warga negaranya, tentu saja apabila ada hal baik yang dapat diterima dan yang kurang baik tentu saja tidak perlu kita terima, serta dalam penerapannya perlu kajian ilmiah yang mendalam.

Baca Juga

-  Bagaimana sebenarnya Sekolah di Jerman?

- 5 Blog Pendidikan dengan artikel original survey terbaru kami.

Sistem Pendidikan Nasional Jerman memungkinkan anak-anak memiliki kualifikasi belajar hingga tingkat universitas, terlepas dari status keuangan keluarga mereka. Artinya, negara menjamin pendidikan dapat diraih oleh semua warganya.

Sistem pendidikan Jerman dalam banyak hal berbeda dari yang ada di negara lain, tetapi menghasilkan siswa yang berprestasi. Mayoritas siswa Jerman bersekolah di sekolah umum. Anak-anak berusia tiga hingga enam tahun, dapat mengikuti pembelajaran ditingkat TK dilanjutkan Sekolah Dasar dari Kelas 1 sampai Kelas 4. Setelah itu, sekolah wajib untuk sembilan atau sepuluh tahun.

Grundschule

Grundschule

Dari kelas 1 hingga kelas 4 anak masuk ditingkat sekolah dasar (Grundschule), di mana mata pelajaran yang diajarkan adalah sama untuk semua. Kemudian, setelah kelas 4, mereka dipisahkan sesuai dengan kemampuan akademik dan keinginan keluarga mereka, dan mengikuti salah satu dari tiga jenis sekolah: Hauptschule, Realschule atau Gymnasium. Guru Grundschule merekomendasikan siswa mereka ke sekolah tertentu berdasarkan hal-hal seperti prestasi akademik, kepercayaan diri dan kemampuan untuk bekerja secara mandiri. Namun, di sebagian besar negara bagian, orang tua dapat memiliki keputusan sendiri tentang sekolah mana yang diikuti anak mereka setelah kelas empat (Grundschule).

Hauptschule

Hauptschule

Hauptschule (kelas 5-9). Sekolah ini adalah sekolah utama berasal dari kata “Haupt” yang artinya utama. Pendidikan di Jerman menyelenggarakan wajib belajar Sembilan tahun yakni pada tahap sekolah ini. Hauptschule mengajarkan mata pelajaran yang sama dengan Realschule dan Gimnasium, tetapi dengan pola pembelajaran yang lebih lambat dan dengan beberapa kursus berorientasi kejuruan. Pembelajarannya adalah paruh waktu di sekolah kejuruan yang dikombinasikan dengan pelatihan magang hingga usia 18 tahun. Sekolah ini mempersiapkan siswanya untuk dapat bekerja sesuai dengan keahlian yang dikembangkannya.


Realschule

Realschule

Realschule seperti hal nya sekolah menengah kejuruan, mereka bersekolah  paruh waktu dan sekolah kejuruan yang lebih tinggi. Disini siswa juga mempelajari tentang  fisika, kimia, biologi, matematika, dsb. Sekarang mungkin bagi siswa dengan prestasi akademik tinggi di Realschule untuk beralih ke Gimnasium saat lulus.


Gymnasium

Gymnasium schule

Gymnasium hampir sama dengan SMA, Ujian Kelulusannya disebut Abitur. Apa perbedaan antara kedua diatas?. Gymnasium Mempersiapkan siswa untuk belajar di universitas atau untuk kredensial akademik dan kejuruan ganda. Kurikulum berbeda dari sekolah ke sekolah, tetapi umumnya mencakup bahasa Jerman, matematika, ilmu komputer, fisika, kimia, biologi, geografi, seni (serta kerajinan dan desain), musik, sejarah, filsafat, kewarganegaraan, ilmu sosial, dan beberapa bahasa asing . Dalam beberapa tahun terakhir banyak negara telah mengubah kurikulum sehingga siswa bisa mendapatkan "Abi" di akhir kelas 12. Negara-negara lain membuat transisi tetapi mungkin masih membutuhkan kelas 13.

 

Gesamtschule

Gesamtschule, atau sekolah komprehensif, hanya ditemukan di beberapa negara bagian. Ini menggantikan Hauptschule dan Realschule atau menggabungkan ketiganya sekaligus. Siswa berasal dari semua tingkat kemampuan di kelas 5 hingga 10. Siswa yang secara memuaskan menyelesaikan Gesamtschule sampai kelas 9 menerima sertifikat Hauptschule, sementara mereka yang menyelesaikan sekolah dengan memuaskan sampai kelas 10 menerima sertifikat Realschule.

Berufsschule

Di luar Hauptschule dan Realschule terletak Berufsschule, yang menggabungkan studi akademik paruh waktu dan magang. Keberhasilan penyelesaian program pemagangan mengarah pada sertifikasi dalam perdagangan atau bidang pekerjaan tertentu. Sekolah-sekolah ini berbeda dari yang lain yang disebutkan dalam kontrol yang tidak terletak pada otoritas sekolah lokal dan regional, tetapi dengan pemerintah federal, industri dan serikat pekerja.

Tidak peduli sekolah macam apa yang dihadiri siswa, ia harus menyelesaikan pendidikan minimal sembilan tahun. Seorang siswa yang keluar dari Gimnasium, misalnya, harus mendaftar di Realschule atau Hauptschule hingga sembilan tahun telah selesai. Siswa diharuskan belajar minimal satu bahasa asing selama setidaknya lima tahun. Bahasa asing kedua diperlukan di Gimnasium.

 

Hari sekolah di Jerman

Pelajar Jerman di sekolah umum biasanya bersekolah di pagi hari. Kelas biasanya dimulai antara 7:30 dan 8:15 pagi dan dapat berakhir antara 12 siang dan 1:30 malam. Periode kelas biasanya 45 menit dengan istirahat singkat di antaranya. Namun, dalam beberapa tahun terakhir beberapa sekolah (Ganztagsschule) telah mulai menawarkan hari yang lebih lama. Jam tambahan dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan rumah atau berpartisipasi dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Dengan jam tambahan ada makan siang panas dan ini telah mengharuskan penambahan kafetaria di sekolah-sekolah ini. Mungkin ada banyak pekerjaan rumah dan penekanan berat pada "tiga R" - membaca, menulis dan aRithmatic. Kurikulum berkembang ketika siswa pindah dari Grundschule dan tergantung pada mana dari tiga sekolah menengah yang mereka ikuti.

Tahun Ajaran

Tahun ajaran terdiri dari dua semester dan biasanya dimulai sekitar pertengahan hingga akhir Agustus. Ada istirahat lebih lama saat Natal dan di musim panas. Istirahat yang lebih singkat adalah sekitar Paskah dan di musim gugur. Liburan Natal biasanya 2 minggu dan liburan musim panas sekitar 6 minggu.

Siswa Berkebutuhan Khusus

Ada sekolah yang berbeda untuk siswa dengan kebutuhan khusus yang disebut Sonderschule atau Förderschule. Tergantung pada kebutuhan individu dan ketersediaan sekolah, seorang siswa dapat menghadiri salah satu sekolah khusus. Sekolah-sekolah ini dikelola oleh guru-guru yang terlatih khusus dan umumnya memiliki rasio murid-guru yang lebih kecil daripada sekolah biasa. Beberapa siswa berkebutuhan khusus tidak menghadiri sekolah-sekolah ini dan diintegrasikan ke dalam Hauptschule atau Gesamtschule.

Sekolah swasta

Ada sejumlah jenis sekolah swasta di Jerman. Sekolah-sekolah ini biasanya membebankan biaya kuliah dan dapat menawarkan beragam kursus yang mengarah ke Abitur Jerman serta diploma dan sertifikat lainnya pada akhir studi.

Internat

Internat adalah sekolah asrama Jerman. Ada beberapa ratus di antaranya di Jerman yang menawarkan berbagai program studi. Sebagian besar menawarkan Abitur dan dapat menawarkan kursus khusus tambahan dalam berbagai mata pelajaran atau kegiatan. Ada olahraga Internat, musik Internat serta Internat yang berspesialisasi dalam bidang lain. Ada juga beberapa sekolah asrama terpisah untuk anak laki-laki dan perempuan.

Sekolah Internasional

Beberapa lusin Sekolah Internasional di Jerman biasanya menawarkan kursus dalam bahasa Inggris yang mengarah ke IBO atau diploma atau sertifikat lain yang memungkinkan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau universitas.

Sekolah Paroki

Ada banyak sekolah swasta Protestan dan Katolik yang menawarkan Abitur Jerman standar.

Sekolah Rumah

Pendidikan di rumah adalah ilegal di Jerman. Undang-undang yang mewajibkan siswa untuk bersekolah di sekolah umum atau sekolah swasta yang disetujui telah ditegakkan meskipun menghadapi tantangan.

Pendidikan yang lebih tinggi

Ada beberapa jenis sekolah tingkat universitas. Universitas klasik, dalam tradisi Alexander von Humboldt, menyediakan pendidikan umum yang luas dan siswa biasanya menghadiri mereka hingga enam tahun. Namun, dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi perubahan pada kurikulum yang memungkinkan seorang mahasiswa untuk memperoleh gelar sarjana setelah 4 tahun. Universitas Teknis (Technische Hochschulen) lebih ditujukan untuk melatih siswa untuk karir tertentu dan biasanya dihadiri selama empat tahun. Ada juga Hochschulen untuk seni dan musik.

Ada juga banyak sekolah swasta yang menawarkan berbagai program gelar dalam berbagai mata pelajaran. Banyak dari sekolah-sekolah ini menawarkan pengajaran dalam bahasa Inggris.

Sekolah di Jerman memiliki ciri khusus yakni siswa dipersiapkan untuk dapat bekerja dengan kemahiran yang baik. Kemahiran bekerja mereka dapatkan sudah sejak sekolah. 

Silahkan beri komentar dibawah apabila tulisan ini baik ataupun kurang baik dan jangan lupa share ke facebook, twitter dan media sosial lainnya ya. Terimakasih banyak.


No comments:

Post a Comment