Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Gemar bernyanyi dan Menari


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :  _________________________________
Kelas / Semester              :  I (Satu) / 1
Sub Tema 2                      :  Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran                  :  4
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)



A.          KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.           KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
KompetensiDasar (KD)
IndikatorPencapaianKompetensi
3.11   Mengenalpuisianak/ syairlagu (berisiungkapankekaguman, kebanggaan, hormatkepada orang tua, kasihsayang, ataupersahabatan) yang diperdengarkandengantujuanuntukkesenangan.
3.11.1   Mengidentifikasiungkapansayangataupersahabatandalamsebuahpuisi/syairlagu yang diperdengarkandengantepat
4.11   Melisankanpuisianakatausyairlagu (berisiungkapankekaguman, kebanggaan, hormatkepada orang tua, kasihsayang, ataupersahabatan) sebagaibentukungkapandiri.
4.11.1            Mengekspresikankembaliungkapansayangataupersahabatandalamsebuahpuisi/syairlagu yang telahdidengardengantepat

SBDP
KompetensiDasar (KD)
IndikatorPencapaianKompetensi
3.3      Memahamigerakanggotatubuhmelaluitari
3.3.2            Membedakangerakcepatdanlambatanggotatubuhdalamsuatugeraktari
4.3      Meragakangerakanggotatubuhmelaluitari
4.3.2            Memeragakangerakcepatdanlambatanggotatubuhdalamsuatugeraktari

C.          TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan bergerak sesuai dengan syair lagu “Kepala Pundak Lutut Kaki” yang dinyanyikan dengan irama lambat, sedang, hingga cepat, siswa dapat membedakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat.
¡  Melalui kegiatan menari “Kepala Pundak, Lutut, Kaki” siswa dapat memeragakan gerak cepat dan lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari dengan tepat dan percaya diri.
¡  Dengan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan syair lagu “Terima Kasihku” siswa dapat mengidentifikasi ungkapan sayang dalam sebuah syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
¡  Dengan membuat kartu ucapan terima kasih, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat.

D.          MATERI PEMBELAJARAN
¡  Bernyanyi dan menari lagu Kepala Pundak Lutut Kaki dengan gerakan lambat dan cepat
¡  Mengenal dan menyanyikan lagu Terima Kasihku

E.           METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Tematik dan Saintifik
¡  Model              :  demonstrasi
Sintak
1.      Perencanaan
a.       Merumuskan tujuan
b.      Menetapkan garis garis besar langkah langkah demonstrasi yang akan dilakukan
c.       Memperhitungkan waktu yang dibutuhkan
d.      Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
2.      Pelaksanaan
a.       Memulai demonstrasi
b.      Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya
c.       Membuat penilaian dari kegiatan demonstrasi siswa
3.      Tindak lanjut
a.       Pemberian tugas
b.      Penilaian hasil demonstrasi
¡  Metode            :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.           MEDIA
1.      Gambar bermain sambil ber olahraga
2.      Gambar sikap duduk yang baik
3.      Gambar kolase

G.          SUMBER BELAJAR
1.        Adellina, Novilia. Dkk.Kegemaranku : buku guru / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Hal. 110 
2.        Adellina, Novilia. Dkk.Kegemaranku / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016.  Hal. 135
H.          LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
Kegiatan Pra Pemblajaran
1.      Siswa berbaris di depan kelas (Karakter : Disiplin)
2.      Siswa secara urut memasuki kelas(Karakter :Disiplin)
3.      Siswa menyalami guru di depan kelas (Karakter :Santun)
4.      Siswa menyanyikan lagu indonesia raya (PPK:Nasionalis)
5.      Siswa menyimak buku yang diceritakan guru (Literasi)

10 menit

Kegiatan Awal
6.      Guru menyapasiswadanmengondisikankelas agar siapuntukbelajar.
7.      Seorangsiswadimintauntukmemimpindoa. (Integritas : membiasakansikapsantun, religiusdanhormat)
8.      Guru mengingatkansiswatentangpelajaransebelumnyadanmengaitkandenganpelajaran yang akandisampaikan.
9.      Guru menjelaskankegiatan yang akandilakukandantujuankegiatanbelajar.


Inti
Mengamati
1.      Guru memberikesempatankepadasiswauntukmelakukantanyajawabtentangsikap yang baiksaatmenggambar. (Karakter : Mandirimenumbuhkan rasa ingintahu)
2.      Siswamempraktikkanposisiduduk, memegangpensil, meletakkanbuku, danjarak yang tepatantaramatadan media menggambar.
3.      Guru mengingatkansiswauntukmenggambar di tempat yang terang
4.      Siswamempraktikkankembalikegiatanpersiapanmenulisdenganmemperhatikanposisicahaya yang benar.
Menulis
5.      Siswamelakukankegiatanmencetakkelimajarinya di bukusiswadenganbenar. (Kegiatanliterasi)
6.      Selainmencetakdenganjari, guru mengenalkantehnikmencetakmenggunakanobyek lain.
7.      Siswabertanyajawabtentangtehnikmencetakobyekmenjadisebuahgambar.
Berkreasi
8.      Siswamengambilkertasgambardanperalatanmenggambarnya.
9.      Siswamemilihobyek yang akandicetak di ataskertasgambar.
10.   Siswadapatmemilihmewarnaigambardengantehnikkolaseataupunmelukisnyadenganjari.
11.   Siswamembasahiujungjarinyadengan cat air lalumengaplikasikannya di ataskertasgambar. Setiapjarimewakilisatuwarna agar warnataktercampur. Beberapa kali siswamenyelupkanjarinyakedalam cat air danmengaplikasikannyapadagambar yang telahdicetak di ataskertasgambar. Siswabebasberkreasimenggunakanimajinasinyauntukmewarnaiobyekgambar. Setelahselesai, kertasdibiarkanterbukahingga cat mengeringdansiswamenyucitanganhinggabersih. (PPK Integritas : kejujuran, keteladanan, kesantunan)
12.   Siswabertanyajawabbersama guru, lalumenyimpulkanbahwamerekabarusajamenggambardengantehnikmencetakdanmewarnainyamenggunakanjari.
13.   Siswamendengarkanpenjelasan guru bahwamerekaakanmewarnaigambar yang telahmerekacetakdengantehnikkolase.
14.   Kegiataninidilakukansecaraberkelompoksambilbermain.
15.   Sebelummemulaipermainan, guru membagisiswakedalamempatkelompok.
16.   Sambil bertanya jawab, guru menjelaskan bahwa:
-       Masing-masing kelompok memiliki pos sesuai nama benda yang ada di gambar.
-       Di setiap pos terdapat dua titik. Di titik pertama tersedia karton manila dengan gambar sebuah benda yang besar (gambar boleh disesuaikan dengan kesukaan siswa). Karton manila ditempel di papan tulis atau dinding kelas. Pada arah berseberangan (posisi awal masing-masing kelompok) tersedia lem dan sobekan kertas untuk ditempelkan pada gambar yang tersedia.
-       Siswa berjalan dari tempat duduk kelompok mengambil sobekan kertas ke tempat gambar untuk menempelkan kertas.
-       Guru mengingatkan bahwa gambar tidak boleh melampaui garis, tertutup rapat, dan rapi.
-       Sebelum memulai kegiatan beberapa siswa mengulang penjelasan guru.
17.   Siswadudukrapiberkelompok di dekatwadah yang berisisobekankertasdanlemberdasarkelompok. Ketika aba-aba tandamulaidibunyikan, siswaterdepanmengambilsehelaisobekankertas, membubuhilem, danberjalanmenujugambar. Lalumenempelkansobekankertastersebut di atasgambardansegerakembalikekelompoknya. Siswakeduamelakukanhal yang sama, bergantianhinggaurutanberikutnya. Permainanberakhirsaat guru membunyikan aba-aba tandausai. Siswasalingmemotivasianggotakelompoknya. (Karakter disiplin , bekerjasama)  (PPK :gotong royong)
18.   Setelah selesai guru meminta siswa maju untuk menunjukkan hasil pekerjaan kelompok (Karakter :percaya diri)

Penutup
1.      Siswabersama guru membuatsimpulanterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakanselamasatupembelajaran
2.      Guru memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran
3.      Siswamengerjakanevaluasitertulis
4.      Guru memberikantindaklanjut (remidial/pengayaan)
5.      Guru menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnyayaitupembelajaran 5
6.      Siswaberdoamenurut agama dankeyakinanmasing-masing(PPK Integritas : membiasakansikapsantun, religiusdanhormat)


       I.            Penilaian
PJOK
RANAH
TEKNIK
JENIS
BENTUK
Pengetahuan
Tes
Testulis
Isiansingkat
Keterampilan
Non tes
Unjukkerja
Rubrik

Bahasa Indonesia
RANAH
TEKNIK
JENIS
BENTUK
Pengetahuan
Tes
Testulis
Isiansingkat
Keterampilan
Non tes
Unjukkerja
Rubrik

SBdP
RANAH
TEKNIK
JENIS
BENTUK
Pengetahuan
Tes
Testulis
Isiansingkat
Keterampilan
Non tes
Unjukkerja
Rubrik


No comments:

Post a Comment