RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN Nusa
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema : 2. Kegemaranku
Sub Tema : 4. Gemar Membaca
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
Mapel/ Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
1.3
MenerimakeberagamankarakteristikindividusebagaianugerahTuhan Yang MahaEsa di rumah
2.3
Menampilkankebersamaandalamkeberagamankarakteristikindividu di rumah.
3.3
Mengidentifikasikeberagamankarateristikindividu di rumah.
4.3
Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik
individu di rumah.
|
1.3.1 Berperilaku syukur atas keberagaman
karakteristik individu di rumah.
2.3.1 Menunjukkan cara bersikap menghormati
keberagaman individu di lingkungan rumah
3.3.1 Menyebutkanbacaan kegemaran anggota keluarga
di rumah
4.3.1 Menceritakan pengalaman membaca bersama
anggota keluarganya
|
Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskankegiatanpersiapanmembacapermulaan
(caradudukwajardanbaik, jarakantaramatadanbuku, caramemegangbuku,
caramembalikhalamanbuku, gerakanmatadarikirikekanan,
memilihtempatdengancahaya yang
terang, danetikamembacabuku) dengancara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar
dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik
halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya
yang terang) dengan benar.
|
3.2.1 Membandingkanposisiduduk yang baiksaatmembaca
4.2.1 Memperagakan posisi duduk yang
baik saat membaca
|
SBdP
3.4
Mengenalbahanalamdalamberkarya.
4.4
Membuatkaryadaribahanalam.
|
3.4.1 Memilihberbagaimacambahanalamdi
sekitar untukkaryaseni
4.4.1 Membuat kartu kata dengan hiasan bahan alam.
|
Karakter : Toleransi, Percaya Diri, dan Santun.
C.
TUJUAN PEMBALAJARAN
1.
Melalui gambar kegiatan
membaca bersama keluarga, siswa mampu berperilaku syukur atas keberagaman
karakteristik individu di rumah dengan baik.
2.
Melalui gambar kegiatan
membaca bersama keluarga, siswa mampu menunjukkan cara
bersikap menghormati keberagaman individu di lingkungan rumah denganbaik.
3.
Melalui gambar kegiatan
membaca bersama keluarga, siswa dapat menyebutkan bacaan kegemaran anggota
keluarga di rumah dengan benar.
4.
Melalui gambarkegiatan membaca
bersama keluarga, siswa mampu menceritakan pengalaman membaca bersama anggota
keluarganya dengan tepat.
5.
Melalui gambar posisi
duduk, siswa dapat membandingkan posisi duduk yang baik saat membaca dengan
benar.
6.
Melalui contoh posisi
duduk yang baik, siswa mampu memperagakan posisi duduk yang baik saat membaca
dengan benar.
7.
Melalui contoh kartu
kata dari bahan alam, siswa dapat memilih berbagai macam bahan alam di sekitar
untuk karya seni dengan benar.
8.
Melalui contoh kartu
kata dari bahan alam, siswa mampu membuat kartu kata dengan hiasan bahan alam
dengan benar.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengalaman membaca
bersama orang tua
2.
Membaca kata sederhana
3.
Bahan alam untuk karya
seni
E.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model :
I. Demonstrasi
1.
Tahap Persiapan
a.
Rumuskan tujuan yang harus dicapai
b.
Persiapkan langkah – langkah demonstrasi yang akan dilakukan
c.
Uji coba
2.
Tahap Pelaksanaan
a.
Pembukaan : Menjelaskan tugas yang harus dilaksanakan
b.
Pelaksanaan demonstrasi
3.
Tahap Pengakhiran
a.
Memberikan tugas yang
berkaitan
b.
Membuat kesimpulan
II. Think
Pair Share
1.
Think (Berpikir)
2.
Pair (Berpasangan)
3.
Share (Berbagi)
Metode :
Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab
F.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Teks Cerita “Aku Suka
Membaca”
2.
Teks cerita “Membaca
Bersama Keluarga”
3.
Gambar posisi duduk
saat sedang membaca
4.
Kata bergambar
5.
Bahan kerajinan dari
alam
G.
SUMBER BELAJAR
1.
Adellina
,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Guru: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta:
KEMENDIKBUD.
2.
Adellina
,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Siswa: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta:
KEMENDIKBUD.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatanPembelajaran
|
Alokasiwaktu
|
Pra Kegiatan
|
1. Siswa
berbaris sebelum masuk kelas (Disiplin)
2. salah satu siswa memimpin doa.(religius)
3. Presensi siswa.
4.
Menyanyikan Lagu
Indonesia Raya. (Nasionalis)
|
06.45 – 07.00
(15 menit)
|
Pendahuluan
|
1.
Pembiasaan membaca dimulai
dengan gurumenceritakan tentang kisah teladantokoh IndonesiaMohammad Hatta.(Tanggung
jawab, Santun)
Sebelum
membacakan buku, guru menjelaskan tujuankegiatan literasi dan mengajak
siswamendiskusikanpertanyaan-pertanyaan berikut:
-
apa yang tergambar pada sampul buku?
-
buku ini menceritakan apa?
-
pernahkah kamu membaca buku berjudul seperti ini?
-
apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
2.
Guru membacakan
cerita pada buku dan menunjukkan
cara
duduk yang baik saat membaca. Siswa menyimak dengan
seksama.
3.
Setelah guru
membacakan buku, siswa diminta menuliskan
kesimpulan
/ ringkasan cerita. (literasi)
4. Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran.
5. Apersepsi :
a. Apakah
kalian memperhatikan saat guru membaca cerita tadi ?
b. Bagaimana
cara duduk saat membaca buku ?
6.
Guru
memberikan motivasi dengan mencontohkan tepuk diam,
selanjutnya diikuti siswa.
7.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
07.00 – 07.25
(25Menit)
|
KegiatanInti
|
Tahap Persiapan
1.
Guru menunjukkan
gambar posisi duduk siswa yang sedang membaca.
2.
Siswa mengamati
gambar. (mengamati)
3.
Siswa bertanya
tentang gambar tersebut. (menanya)
4.
Guru menjelaskan
tentang pentingnya posisi duduk yang baik saat membaca.
5.
Guru bertanya pada
siswa,” Apakah kalian sudah membaca bersama anggota keluarga ?”, “Apa bacaan
kesukaan anggota keluarga kalian ?”
6.
Siswa menceritakan
tentang pengalaman membaca di rumah sambil menunjukkan foto. (mengkomunikasikan)
(percaya diri)
7.
Siswa berkelompok 3-4
anggota.
8.
Siswa bersama guru
membaca cerita yang ada pada gambar (buku siswa) dengan posisi duduk yang
benar.(mencoba)
9.
Setiap kelompok
berlatih posisi duduk yang baik saat membaca.(menalar)
Tahap Pelaksanaan
10. Guru
meminta siswa mendemonstrasikan hasil latihannya.
11. Setiap
kelompok mendemonstrasikan hasil latihan di depan kelas. Guru memberikan
penguatan. (mengkomunikasikan)
Tahap Pengakhiran
12. Siswa
membaca kata bergambar yang ada di buku siswa dengan posisi duduk yang tepat
hingga terbiasa.
13. Siswa
memasangkan gambar dengan kata yang tepat.
14. Siswa
bersama guru menyimpulkan posisi duduk yang baik dan mengoreksi jawaban
measangkan gambar dengan kata.
Think
15. Siswa
ditunjukan karya senikartu kata.(mengamati)
16. Siswa
bertanya dan menebak bahan bahan alam yang digunakan untuk menghias kartu
tersebut.(menanya)
17. Siswa
mengeluarkan bahan bahan alam yang sudah dikumpulkan di rumah.(Tanggung
jawab)
Pair
18. Siswa
berpasangan dengan teman semeja menghias kartu huruf dengan bahan bahan yang
sudah dibawa.(menalar)(Gotong royong)
Share
19. Siswa
berpasangan menampilkan hasil karyanya. (mengkomunikasikan)
|
07.25 – 09.35
(130Menit)
|
Penutup
|
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan hasil
pembelajaran.
2. siswa mengerjakan evaluasi.
3. Guru melakukan refleksi hasil pembelajaran dan
evaluasi.
4. Guru memberikan tindak lanjut (pengayaan dan
remedial).
5. Guru memberitahukan materi selanjutnya.
6. Doa
sebagai penutup pembelajaran
|
09.35
– 09.55
(20
Menit)
|
I. PENILAIAN
1.
TeknikPenilaian
1)
Tes:
Bahasa Indonesia,
PPKn, SBdP
2)
Non
tes
a)
Spiritual :
bersyukur, berdoa
b)
Sosial :
Toleransi
c)
Keterampilan :
Bahasa Indonesia :
memperagakan posisi duduk yang baik saat membaca
PPKn :
menceritakanpengalaman
membaca bersama anggota keluarga
SBdP :
Membuat kartu kata dengan hiasan dari benda alam di sekitar
2.
Jenis Penilaian: tertulis,
unjuk kerja, pengamatan
3.
BentukPenilaian
Tes : Pilihan
Ganda
Non tes :
Skalapenilaiandenganrubrik
No comments:
Post a Comment