Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 1 Gemar Membaca


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : SDN Nusa
Kelas / Semester           : I (Satu) / 1
Tema                             : 2. Kegemaranku
Sub Tema                      : 4. Gemar Membaca
Pembelajaran               : 1
Alokasi Waktu              : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

Mapel/ Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
1.3  MenerimakeberagamankarakteristikindividusebagaianugerahTuhan  Yang MahaEsa di rumah
2.3  Menampilkankebersamaandalamkeberagamankarakteristikindividu di  rumah.
3.3  Mengidentifikasikeberagamankarateristikindividu di rumah.
4.3  Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.

1.3.1 Berperilaku syukur atas keberagaman karakteristik individu di rumah.
2.3.1 Menunjukkan cara bersikap menghormati keberagaman individu di lingkungan rumah
3.3.1 Menyebutkanbacaan kegemaran anggota keluarga di rumah
4.3.1 Menceritakan pengalaman membaca bersama anggota keluarganya

Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskankegiatanpersiapanmembacapermulaan (caradudukwajardanbaik, jarakantaramatadanbuku, caramemegangbuku, caramembalikhalamanbuku, gerakanmatadarikirikekanan, memilihtempatdengancahaya yang
terang, danetikamembacabuku) dengancara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.

3.2.1 Membandingkanposisiduduk yang baiksaatmembaca






4.2.1 Memperagakan posisi duduk yang baik saat membaca
SBdP
3.4  Mengenalbahanalamdalamberkarya.
4.4  Membuatkaryadaribahanalam.

3.4.1 Memilihberbagaimacambahanalamdi sekitar untukkaryaseni
4.4.1 Membuat kartu kata dengan hiasan bahan alam.

Karakter : Toleransi, Percaya Diri, dan Santun.

C.    TUJUAN PEMBALAJARAN
1.      Melalui gambar kegiatan membaca bersama keluarga, siswa mampu berperilaku syukur atas keberagaman karakteristik individu di rumah dengan baik.
2.      Melalui gambar kegiatan membaca bersama keluarga, siswa mampu menunjukkan cara bersikap menghormati keberagaman individu di lingkungan rumah denganbaik.
3.      Melalui gambar kegiatan membaca bersama keluarga, siswa dapat menyebutkan bacaan kegemaran anggota keluarga di rumah dengan benar.
4.      Melalui gambarkegiatan membaca bersama keluarga, siswa mampu menceritakan pengalaman membaca bersama anggota keluarganya dengan tepat.
5.      Melalui gambar posisi duduk, siswa dapat membandingkan posisi duduk yang baik saat membaca dengan benar.
6.      Melalui contoh posisi duduk yang baik, siswa mampu memperagakan posisi duduk yang baik saat membaca dengan benar.
7.      Melalui contoh kartu kata dari bahan alam, siswa dapat memilih berbagai macam bahan alam di sekitar untuk karya seni dengan benar.
8.      Melalui contoh kartu kata dari bahan alam, siswa mampu membuat kartu kata dengan hiasan bahan alam dengan benar.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Pengalaman membaca bersama orang tua
2.      Membaca kata sederhana
3.      Bahan alam untuk karya seni

E.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model              : I. Demonstrasi
1.      Tahap Persiapan
a.       Rumuskan tujuan yang harus dicapai
b.      Persiapkan langkah – langkah demonstrasi yang akan dilakukan
c.       Uji coba
2.      Tahap Pelaksanaan
a.       Pembukaan : Menjelaskan tugas yang harus dilaksanakan
b.      Pelaksanaan demonstrasi
3.      Tahap Pengakhiran
a.       Memberikan tugas yang berkaitan
b.      Membuat kesimpulan
                         II. Think Pair Share
1.      Think (Berpikir)
2.      Pair (Berpasangan)
3.      Share (Berbagi)

Metode            : Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab
F.     MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.      Teks Cerita “Aku Suka Membaca”
2.      Teks cerita “Membaca Bersama Keluarga”
3.      Gambar posisi duduk saat sedang membaca
4.      Kata bergambar
5.      Bahan kerajinan dari alam
G.    SUMBER BELAJAR
1.      Adellina ,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Guru: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta: KEMENDIKBUD.
2.      Adellina ,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Siswa: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta: KEMENDIKBUD.

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatanPembelajaran
Alokasiwaktu
Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris sebelum masuk kelas (Disiplin)
2.      salah satu siswa memimpin doa.(religius)
3.      Presensi siswa.
4.      Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. (Nasionalis)
06.45 – 07.00
(15 menit)
Pendahuluan
1.   Pembiasaan membaca dimulai dengan gurumenceritakan tentang kisah teladantokoh IndonesiaMohammad Hatta.(Tanggung jawab, Santun)
Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuankegiatan literasi dan mengajak siswamendiskusikanpertanyaan-pertanyaan berikut:
- apa yang tergambar pada sampul buku?
- buku ini menceritakan apa?
- pernahkah kamu membaca buku berjudul seperti ini?
- apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
2.   Guru membacakan cerita pada buku dan menunjukkan
cara duduk yang baik saat membaca. Siswa menyimak dengan
seksama.
3.   Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan
kesimpulan / ringkasan cerita. (literasi)
4.   Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran.
5.   Apersepsi :
a.       Apakah kalian memperhatikan saat guru membaca cerita tadi ?
b.      Bagaimana cara duduk saat membaca buku ?
6.        Guru memberikan motivasi dengan mencontohkan tepuk diam, selanjutnya diikuti siswa.
7.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
07.00 – 07.25
(25Menit)
KegiatanInti
Tahap Persiapan
1.      Guru menunjukkan gambar posisi duduk siswa yang sedang membaca.
2.      Siswa mengamati gambar. (mengamati)
3.      Siswa bertanya tentang gambar tersebut. (menanya)
4.      Guru menjelaskan tentang pentingnya posisi duduk yang baik saat membaca.
5.      Guru bertanya pada siswa,” Apakah kalian sudah membaca bersama anggota keluarga ?”, “Apa bacaan kesukaan anggota keluarga kalian ?”
6.      Siswa menceritakan tentang pengalaman membaca di rumah sambil menunjukkan foto. (mengkomunikasikan) (percaya diri)
7.      Siswa berkelompok 3-4 anggota.
8.      Siswa bersama guru membaca cerita yang ada pada gambar (buku siswa) dengan posisi duduk yang benar.(mencoba)
9.      Setiap kelompok berlatih posisi duduk yang baik saat membaca.(menalar)
Tahap Pelaksanaan
10.  Guru meminta siswa mendemonstrasikan hasil latihannya.
11.  Setiap kelompok mendemonstrasikan hasil latihan di depan kelas. Guru memberikan penguatan. (mengkomunikasikan)
Tahap Pengakhiran
12.  Siswa membaca kata bergambar yang ada di buku siswa dengan posisi duduk yang tepat hingga terbiasa.
13.  Siswa memasangkan gambar dengan kata yang tepat.
14.  Siswa bersama guru menyimpulkan posisi duduk yang baik dan mengoreksi jawaban measangkan gambar dengan kata.

Think
15.  Siswa ditunjukan karya senikartu kata.(mengamati)
16.  Siswa bertanya dan menebak bahan bahan alam yang digunakan untuk menghias kartu tersebut.(menanya)
17.  Siswa mengeluarkan bahan bahan alam yang sudah dikumpulkan di rumah.(Tanggung jawab)
Pair
18.  Siswa berpasangan dengan teman semeja menghias kartu huruf dengan bahan bahan yang sudah dibawa.(menalar)(Gotong royong)
Share
19.  Siswa berpasangan menampilkan hasil karyanya. (mengkomunikasikan)
07.25 – 09.35
(130Menit)
Penutup
1.   Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.   siswa mengerjakan evaluasi.
3.   Guru melakukan refleksi hasil pembelajaran dan evaluasi.
4.   Guru memberikan tindak lanjut (pengayaan dan remedial).
5.   Guru memberitahukan materi selanjutnya.
6.   Doa sebagai penutup pembelajaran
09.35 – 09.55
(20 Menit)
I. PENILAIAN
1.         TeknikPenilaian
1)        Tes:
Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP
2)        Non tes
a)        Spiritual               : bersyukur, berdoa
b)        Sosial                   : Toleransi
c)        Keterampilan       :
Bahasa Indonesia       : memperagakan posisi duduk yang baik saat membaca
PPKn                          : menceritakanpengalaman membaca bersama anggota keluarga
SBdP                          : Membuat kartu kata dengan hiasan dari benda alam di sekitar
2.         Jenis Penilaian: tertulis, unjuk kerja, pengamatan
3.         BentukPenilaian
Tes                          : Pilihan Ganda
Non tes                    : Skalapenilaiandenganrubrik

No comments:

Post a Comment