Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Thursday 7 June 2018

RPP Kurtilas Kelas 1 Tema 1 Diriku Subtema 3 Aku Merawat Tubuhku Pembelajaran 2 Think Pair Share


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SATUAN PENDIDIKAN          : SDN ......
KELAS/SEMESTER                   : 1 / 1
TEMA                                          : 1. DIRIKU
SUBTEMA                                  : 3. AKU MERAWAT TUBUHKU
PEMBELAJARAN KE-             : 2
ALOKASI WAKTU                   : 5 x 35 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/ pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar

3.2.1 Menunjukkan gambar jarak yang baik antara mata dan media menulis
3.2.2 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat menulis






4.2.1 Mendemonstrasikan jarak yang baik antara mata dan media menulis
4.2.2 Mendemostrasikan pencahayaan yang baik saat menulis

2. PJOK
3.4 Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional
4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional

3.4.1 Menemukenali baris-berbaris dengan sikap berdiri secara lentur dan seimbang



4.4.1 Memperagakan baris-berbaris dengan  sikap berdiri secara lentur dan seimbang

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui gambar tentang sikap saat menulis, siswa dapat menjelaskan  cara mengatur  jarak  mata dengan media menulis dengan baik.
2.      Melalui gambar tentang sikap saat menulis, siswa dapat menjelaskan  cara mengatur  pencahayaan saat menulis dengan baik
3.      Melalui gambar sikap saat menulis,  siswa mampu mendemonstrasikan mengatur jarak mata dengan media menulis dengan baik
4.      Melalui gambar sikap saat menulis,  siswa mampu mendemonstrasikan mengatur pencahayaan saat menulis dengan baik.
5.      Melalui pengamatan gambar contoh baris berbaris siswa  dapat menemukenali baris-berbaris dengan sikap berdiri secara lentur dan seimbang dengan baik.
6.      Setelah kegiatan baris berbaris masuk kelas siswa mampu memperagakan baris-berbaris dengan  sikap berdiri secara lentur dan seimbang dengan baik.
D.    KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1. Religius
2. Nasionalis
3. Mandiri
4. Integritas
5. Gotong Royong
E.     MATERI AJAR
-          Cara duduk dan membaca dengan pencahayaan yang baik
-          Baris berbaris sederhana
F.     STRATEGI PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran       : Saintifik
Metode Pembelajaran             : Diskusi, Demonstrasi, Tanya jawab, ceramah, penugasa
Model Pembelajaran               : Think Pair Share
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Pendahuluan
Pra-Kegiatan
1.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
2.    Menyanyikan lagu Indonesia.
3.    Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
4.    Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 10 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi. Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·      Apa yang tergambar pada sampul buku.
·      Apa judul buku
·      Kira-kira ini menceritakan tentang apa
Kegiatan Awal
5.    Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
6.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
7.    Guru melakukan apersepsi dengan meminta siswa berdiri dengan tegak.
8.    Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
9.    Guru meyampaikan urutan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
15 Menit
Kegiatan Inti
A.     Think (berpikir)
9.         Siswa diajak untuk berkumpul di depan kelas dan mengamati kondisi tubuh masing-masing dan teman-temannya. (mengamati)
10.     Guru bertanya tentang anggota tubuh yang ada pada tubuh manusia dan bagaimana cara merawat tubuh dengan baik. (bertanya)
11.     Guru menjelaskan cara merawat tubuh dengan memerhatikan sikap tubuh seperti cara duduk, cara berdiri. (mengamati)
12.     Siswa mengikuti gerakan guru yang  menunjukkan cara duduk dan berdiri yang baik. (mengamati)
13.     Siswa diajak melakukan pemanasan dengan berjalan-jalan. (mencoba)
14.     Guru memberi instruksi baris berbaris seperti: “siap grak!!”, (mencoba)
B.     Pair (berpasangan)
15.     Siswa dibimbing untuk berpasangan dengan teman yang berada paling dekat dengannya.
16.     Siswa bersama kelompok diminta memperagakan duduk dan baris berbaris di lapangan. (mencoba dan menalar)
17.     Guru membimbing dan mengoreksi kelompok yang memperagakan. (mencoba)
18.     Siswa diminta melakukan latihan dilanjutkan peragaan kembali tanpa bimbingan guru. (mencoba)
C.     Share (berbagi)
19.     Kelompok menunjukan cara duduk dan baris berbaris sederhana yang baik. (mengkomunikasikan)
20.     Guru bersama siswa menganalisis peragaan cara duduk yang baik dan cara baris berbaris yang telah dilakukan.
145 Menit
Penutup
21.     Siswa mampu mengemukakan hasil belajar hari ini
22.     Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
23.     Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
24.     Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pembelajaran 3. Siswa diminta untuk membawa beberapa alat yang digunakan untuk membersihkan tubuh
25.     Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
26.     Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa.
15 Menit

D.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER AJAR
1.      Media                                : gambar duduk yang baik dan benar, gambar baris berbaris
2.      Alat/bahan                         : kertas, gunting
3.      Sumber belajar                  :
-          Hendrifiana, Yusfina.dkk 2017. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Hendrifiana, Yusfina.dkk 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
E.     PENILAIAN
1.      Teknik penilaian                 
1)      Tes
pengetahuan Bahasa Indonesia, dengan tes tertulis.
2)       Non tes
a.    Sikap
a)        Spiritual                 : Bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan.
b)        Sosial                     : Kepedulian, percaya diri, tanggung jawab, disiplin.
b.    Keterampilan
a)        Bahasa Indonesia   :  Memperagakan cara duduk.
b)        PJOK                     :  Memperagakan baris berbaris.
2.      Bentuk penilaian                  : uraian singkat dan rating scale dengan rubrik
1)        Tes                                 : Tertulis
2)        Non tes                          : Observasi, Unjuk Kerja, Produk
3.      Instrumen penilaian             : lembar observasi, lembar soal, lembar skala sikap
1)      Tes                                 : Soal (pilihan ganda dan isian )
2)      Non tes                          : Rubrik
4.      Tindak lanjut hasil evaluasi yang mecakup remedial dan pengayaan
Remidial    : bagi siswa yang belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan   memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi
Pengayaan : bagi siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan

Semarang, 06 Maret 2018
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas I


No comments:

Post a Comment