RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDN Nusa
Kelas/Semester : I/1
Tema : Kegemaranku/Gemar
Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran ke : 6
Alokasi : 5 x 35 menit (1 kali
pertemuan)
A.Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima,
menjalankandanmenghargaiajaran agama yang dianutnya.
2. Memilikiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli,
danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, guru, dantetangganya.
3. Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamatidanmenanyaberdasarkan
rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolahdantempatbermain.
4. Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa
yang jelas, sistematisdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang
mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.
B.Kompetensi Dasar danIndikatorPencapaianKompetensi
PPKn
Kompetensi Dasar
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
1.2. Menunjukkan sikap patuh aturan
agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2. Melaksanakan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
|
1.2.1 Membiasakan
berdoa sebelum dan sesudah makan
2.2.1 Membiasakan sikap
disiplin dalam melaksanakan peraturan ketika makan bersama
3.2.1 Mengidentifikasi
aturan yang berlaku ketika makan bersama
4.2.1 Menyusun cerita
kegiatan sesuai aturan di rumah
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
3.4 Menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
|
3.4.1. Memecahkanmasalahsehari-hari yang
melibatkanpenguranganbilangancacahsampaidengan 99
4.4.1 Mengaitkanmasalahdalamkehidupansehari-hari yang
berkaitandenganpenguranganbilangancacahsampaidengan 99
|
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu
(berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
4.11 Melisankan puisi anak atau syair
lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
|
3.11.1. Menyusun ungkapan sayang dalam syair
lagu yang diperdengarkan
4.11.1. Menceritakankembaliungkapansayangdalamsyairlagu
yang telahdidengarkan
|
Karaktersiswa
yang diharapkan: Nasionalis, Religius, Tanggung Jawab, Mandiri, Disiplin
C.TujuanPembelajaran
1. Setelahdiberi
gambar aturan saat makan,
siswamampu membiasakandiriberdoasebelummakandenganbaik.
2. Setelahdiberi
gambar aturan saat makan,
siswamampumembiasakandiriberdoa sesudahmakandenganbaik.
3. Setelahdiberi
gambar aturan saatmakan,
siswamampumembiasakandiribersikapdisiplindalammelaksanakanperaturan di
rumahketikamakan bersama denganbaik.
4.
melaluigambar aturan saat makan,
siswadapatmenyebutkanaturan yang berlaku di rumahketikamakan bersama
denganlancar.
5. Setelah mengamati cerita pengalaman saat makan,
siswadapatmenceritakanpengalamansaatmakan bersama adikdenganlancar.
- SetelahmengamatiisilaguRuri
Abangku,
siswadapatmenyebutkansikapyang dapat ditiru dari kakak dengantepat
- Setelahmengamati syair tentang
kakak dan adik, siswamampu menceritakankembaliungkapansayangdalamsyairlagu
yang telahdiperdengarkandengantepat.
- Setelah menyimak contoh soal
permasalahan sehari-hari, siswadapatmengidentifikasimasalahsehari-hari yang
melibatkanpengurangandenganbaik.
- Dihadapkan permasalahan
sehari-hari tentang pengurangan, siswamampu menyelesaikanmasalahdalamkehidupansehari-hari
yang berkaitandenganpengurangandenganbaik.
D.MateriPembelajaran.
1. Peraturan makan bersama keluarga
2. Ungkapansikapyang dapat di tiru darikakak/adik
3. Pengurangan dalam kehidupan sehari-hari
E. Model, MetodedanPendekatan
MetodePembelajaran : Think Pair Share
PendekatanPembelajaran : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan
data,
mengolahinformasi, danmengkomunikasikan)
Model Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, diskusidanceramah
F. Media Pembelajaran
a. Video lagu Rury Abangku
G. Sumberbelajar
a.
Adellina, Novilia, dkk 2016. Buku Guru SD/MI TematikTerpaduKurikulum 2013 TemaKegemaranku.
Jakarta : Kementerian Pendidikan danKebudayaan.
b.
Adellina, Novilia, dkk 2016. BukuSiswa SD/MI TematikTerpaduKurikulum 2013 TemaKegemaranku.
Jakarta : Kementerian Pendidikan danKebudayaan.
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-Langkah Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Pra Kegiatan
1.
Siswa berbaris diluar kelas, Ketua
memimpin baris-baris (Disiplin)
2.
Siswa masuk ke dalam kelas secara urut
(Disiplin)
3.
Siswa membaca asmaul husna (Religius)
|
||
Pendahuluan
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan mengecek kehadiran siswa. (Religius)
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang
hari itu datang paling awal (Religius)
3.
Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan tanggung jawab setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita-cita.
4.
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat (Nasionalisme.)
5.
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian
diri dan kebersihan kelas (Kerapian)
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Pembiasaan membaca 15 menit (Kegitan
Literasi Dasar)
8.
Menyegarkan suasana kembali dengan
menyanyikan Ruri Abangku
|
30 menit
|
||
Kegiatan
Inti
|
a. Think
|
1. Siswa menyimak lagu Ruri Abangku (mengamati)
2. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya hal-hal yang berkaitan
dengan lagu Ruri Abangku (menalar)
3. Siswa mengidentifikasi sikap yang dapat di contoh dari lagu Ruri
Abangku (Menalar)
4. Siswa menceritakan tentang
kakak/adiknya. (Mengkomunikasikan)
|
70
menit
|
b.
Pair
|
9. Siswa berdiskusi tentang hal-hal yang harus
dilakukan sebagai kakak (mencoba)
10. Siswa berkelompok menuliskan jawaban pada LKPD
(menalar)
11.
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKPD.
|
||
c.
Share
|
11. Siswa maju untuk mempresentasikan hasil kerja
kelompok (mengkomunikasikan)
12. Guru dan siswa melakukan refleksi dari
presentasi yang dilakukan kelompok lain.
|
||
13.
Siswa mengamati kalimat yang di bacakan oleh guru. (Mengamati)
14.
Siswa mengidentifikasi kalimat yang dibacakan kalimat pengurangan atau
penjumlahan. (menalar)
15.
Siswa memberi tanda (+) untuk kalimat penjumlahan atau (-) untuk kalimat
pengurangan. (Mencoba)
16.
Guru bersama siswa melakukan refleksi atas jawaban yang di berikan siswa
|
|||
Penutup
|
1.
Siswa bersama dengan guru menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru memberikan soal evaluasi kepada
siswa.
3.
Guru memberikan tindak
lanjut/pekerjaan rumah kepada siswa.
4.
Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
5.
Guru memberi salam dan menyampaikan
pesan moral.
|
20
menit
|
H. Penilaian Proses danHasilBelajar
a) Teknik :
Non tes
b) Jenis :
Pengamatan
c) Bentuk :
Jurnal Pengamatan
2. Sikap
a) Teknik :
Non tes
b) Jenis :
Pengamatan
c) Bentuk :
Jurnal Pengamatan
3. Pengetahuan
a) Teknik :
Tes
b) Jenis :
Tes tertulis
c) Bentuk :
Isian Singkat
4. Ketrampilan
a) Teknik :
Non tes
b) Jenis :
Unjuk Kerja
c) Bentuk :
Rubik
Semarang, 2018
Guru Kelas IV Peneliti
No comments:
Post a Comment