Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 8 June 2018

RPP Kelas 1 Tema 1 Subtema 4 Aku Istimewa Pembelajaran 6 model Role Playing

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                    Nama Sekolah            : SD
                                    Tema/Sub Tema        : Diriku / Aku Istimewa
                                    Kelas/Semester           :I / 1
                                    Pembelajaran             : 6 (PPkn, Matematika,Bahasa Indonesia)
                                    Alokasi Waktu           : 5 x 35 menit

A.           Kompetensi Inti
1.        Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.                 Kompetensi Dasar dan Indikator

Mapel/Kompetensi Dasar
Indikator
PKn
1.3         Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3 Menampilkan kebersamaandalam keberagamankarakteristik individu di rumah.
3.3 Mengidentifikasi keberagamankarateristikindividu di rumah


4.3  Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah

1.3.1 Berperilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari



2.3.1 Menunjukkan perilaku sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari

3.3.1 Menyebutkan jenis kelamin dari anggota keluarga di rumah
3.3.2 Menyebutkan karakter anggota keluarga di rumah


4.3.1 Menceritakan pengalaman saat bekerja bersama anggota keluarga

Matematika
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

4.4 Menyelesaikan masalah  kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.


3.4.1 Menghitung banyak objek gabungan dari dua kelompok objek sejenis





4.4.1 Menyelesaikan masalah penjumlahan dalam bentuk soal cerita

Bahasa Indonesia
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk


4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisiungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri

3.11.1 Mengenal puisi anak tentang ungkapan kasih sayang







4.11.1 Membaca teks puisi tentang ungkapan kasih sayang










C.                Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui gambar tentang perilaku syukur, siswa dapat meningkatkan perilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.      Melalui gambar tentang toleransi, siswa dapat menunjukkan perilaku sifat toleransi dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.
3.      Melalui cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menyebutkan jenis kelamin anggota keluarga di rumah dengan tepat.
4.      Melalui cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menyebutkan karakter dari anggota keluarga di rumah dengan tepat.
5.      Dengan bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalaman saat bekerja bersama anggota keluarga dengan baik.
6.      Setelah mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menghitung banyak objek gabungan dari dua kelompok objek sejenis dengan tepat.
7.      Dengan mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menyelesaikan masalah penjumlahan dalam bentuk soal cerita dengan baik.
8.      Setelah menyimak guru membacakan puisi sederhana, siswa mampu mengenal puisi anak tentang ungkapan kasih sayang dengan baik.
9.      Dengan mengikuti guru membaca puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan sayang melalui puisi dengan baik.

D.                Materi Pembelajaran
Ciri khas anggota keluarga
Kerja sama dalam keluarga
Penjumlahan bilangan
Puisi sederhana

E.                 Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan           : Sientifik
Model                    : Role Playing
Metode                  : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

F.                 Media Pembelajaran
Buku siswa
Poster berisi puisi sederhana

G.                Sumber Belajar
1.      Hendrifiana, Yusfina, dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Hendrifiana, Yusfina, dkk. 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.                Karakter Yang Diharapkan
Religius, Nasionalis, Mandiri, Integritas, Peduli Lingkungan dan Kebersihan, Cinta Tanah Air, Disiplin, Tanggung Jawab

I.                   Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
A.    Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris dengan rapi sebelum masuk kelas.
2.      Siswa menyalami guru satu per satu di depan pintu masuk kelas.
3.      Guru meminta siswa untuk mengamati keadaan di sekeliling mereka, jika ada sampah atau kertas yang tertinggal siswa diminta untuk memungutinya dan membuangnya ke tempat sampah. (karakter integritas nilai peduli lingkungan dan kebersihan)
4.      Siswa diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran mulai (karakter nasionalis nilai cinta tanah air)

B.     Kegiatan Awal
1.      Salam pembuka
2.      Guru menunjuk salah satu siswa yang datangnya paling awal untuk memimpin doa (karakter religius nilai disiplin)
3.      Melakukan presensi kehadiran siswa
4.      Guru menerapkan kegiatan literasi dengan strategi memodelkan membaca (modeled reading) dengan memanfaatkan buku cerita anak sebagai media
5.      Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan
6.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar
7.      Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “kasih ibu”
06.45-07.00
(15 menit)
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati cerita yang disampaikan guru mengenai ciri khas dari anggota keluarga bahwa anggota keluarga memiliki jenis kelamin berbeda dan sifat yang berbeda (mengamati)
2.      Siswa diminta untuk menyebutkan jenis kelamin dan juga karakter dari anggota keluarga di rumah (mengumpulkan informasi)
3.      (Menghangatkan suasana dan memotivasi siswa) Guru menyampaikan meski jenis kelamin dan karakter berbeda tetap harus saling menyayangi
4.      Melakukan tanya jawab dengan siswa tentang pengalaman bekerja sama apa yang pernah mereka lakukan bersama anggota keluarga (menalar)
5.      Siswa dibagi menjadi 5 atau 6 kelompok
6.      (Memilih peran dan menyusun tahap-tahap peran)
Di dalam kelompok, siswa mendiskusikan pengalaman bekerja sama dengan keluarga di rumah untuk menentukan pengalaman yang akan ditampilkan melalui bermain peran
7.      Setelah berdiskusi, tiap kelompok diminta menampilkan bermain peran secara bergiliran (mengomunikasikan)
8.      (Menyiapkan pengamat)
Siswa yang tidak ikut dalam bermain peran  menjadi pengamat supaya tetap aktif dalam pembelajaran
9.      Selesai bermain peran, siswa diminta berkumpul kembali untuk mengamati cerita yang disampaikan guru tentang masalah penjumlahan (mengamati)
10.  Siswa mengamati poster berisi teks puisi yang ditunjukkan guru (mengamati)
11.  Guru membacakan teks puisi dengan intonasi dan siswa menirukan (mencoba)
12.  Guru meminta siswa secara bergiliran untuk mengekspresikan ungkapan kasih sayang pada keluarga melalui puisi (mengomunikasikan)

130 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2.      Guru memberikan evaluasi kepada siswa secara individu (karakter mandiri nilai tanggung jawab)
3.      Guru berpesan untuk menyiapkan mempelajari materi berikutnya
4.      Guru menutup pembelajaran dengan doa
30 menit




J.                  Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian          : tes dan non-tes
a.       Tes                         : Pengetahuan PPKn, matematika, Bahasa Indonesia
b.      Non-tes                 :
1)      Sikap               :
Spiritual           : bersyukur
Sosial               : toleransi
2)      Keterampilan   :
PPKn               : menceritakan pengalaman bekerja sama dengan keluarga
Matematika     : menghitung penjumlahan dalam bentuk soal cerita
B.Indonesia     : membaca teks puisi
2. Jenis Penilaian              : tes tertulis, observasi/pengamatan, unjuk kerja
3. Bentuk Penilaian          :
a. Tes tertulis                    : isian singkat
b. Observasi                     : skala sikap
c. Unjuk kerja                   : rubrik
4. Pembelajaran remidial dan pengayaan



Mengetahui                                                                                    ,   Februari 2017
Kepala SD Negeri                                                          Guru Kelas I

            

No comments:

Post a Comment