RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
: SD
Tema/Sub
Tema : Diriku / Aku Istimewa
Kelas/Semester :I / 1
Pembelajaran : 6 (PPkn, Matematika,Bahasa
Indonesia)
Alokasi Waktu : 5 x 35
menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerimadanmenjalankanajaran
agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Indikator
|
|
PKn
1.3
Menerima keberagaman karakteristik
individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3
Menampilkan kebersamaandalam keberagamankarakteristik individu di rumah.
3.3
Mengidentifikasi keberagamankarateristikindividu di rumah
4.3
Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu
di rumah
|
1.3.1
Berperilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari
2.3.1
Menunjukkan perilaku sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1
Menyebutkan jenis kelamin dari anggota keluarga di rumah
3.3.2
Menyebutkan karakter anggota keluarga di rumah
4.3.1
Menceritakan pengalaman saat bekerja bersama anggota keluarga
|
Matematika
3.4
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan
99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
|
3.4.1 Menghitung banyak objek
gabungan dari dua kelompok objek sejenis
4.4.1
Menyelesaikan masalah penjumlahan dalam bentuk soal cerita
|
Bahasa
Indonesia
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu
(berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan)
yang diperdengarkan dengan tujuan untuk
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisiungkapan kekaguman,
kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan)
sebagai bentuk ungkapan diri
|
3.11.1 Mengenal puisi
anak tentang ungkapan kasih sayang
4.11.1
Membaca teks puisi tentang ungkapan kasih sayang
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
gambar tentang perilaku syukur, siswa dapat meningkatkan perilaku syukur dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
2. Melalui
gambar tentang toleransi, siswa dapat menunjukkan perilaku sifat toleransi dalam
kehidupan sehari-hari dengan baik.
3. Melalui
cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menyebutkan jenis kelamin anggota
keluarga di rumah dengan tepat.
4. Melalui
cerita yang dibacakan guru, siswa dapat menyebutkan karakter dari anggota
keluarga di rumah dengan tepat.
5. Dengan
bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalaman saat bekerja bersama anggota
keluarga dengan baik.
6. Setelah
mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menghitung banyak objek
gabungan dari dua kelompok objek sejenis dengan tepat.
7. Dengan
mengenal konsep penjumlahan sederhana, siswa mampu menyelesaikan masalah
penjumlahan dalam bentuk soal cerita dengan baik.
8. Setelah
menyimak guru membacakan puisi sederhana, siswa mampu mengenal puisi anak
tentang ungkapan kasih sayang dengan baik.
9. Dengan
mengikuti guru membaca puisi sederhana, siswa dapat mengekspresikan ungkapan
sayang melalui puisi dengan baik.
D.
Materi
Pembelajaran
Ciri khas anggota keluarga
Kerja sama dalam keluarga
Penjumlahan bilangan
Puisi sederhana
E.
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Sientifik
Model :
Role Playing
Metode :
diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F.
Media
Pembelajaran
Buku siswa
Poster berisi puisi sederhana
G.
Sumber
Belajar
1. Hendrifiana,
Yusfina, dkk 2016. Buku Guru SD/MI
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Keluargaku. Jakarta : Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
2. Hendrifiana,
Yusfina, dkk. 2016. Buku Siswa SD/MI
Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan
H.
Karakter
Yang Diharapkan
Religius,
Nasionalis, Mandiri, Integritas, Peduli Lingkungan dan Kebersihan, Cinta Tanah
Air, Disiplin, Tanggung Jawab
I.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
A. Pra
Kegiatan
1. Siswa
berbaris dengan rapi sebelum masuk kelas.
2. Siswa
menyalami guru satu per satu di depan pintu masuk kelas.
3. Guru
meminta siswa untuk mengamati keadaan di sekeliling mereka, jika ada sampah
atau kertas yang tertinggal siswa diminta untuk memungutinya dan membuangnya
ke tempat sampah. (karakter integritas
nilai peduli lingkungan dan kebersihan)
4. Siswa
diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran mulai (karakter
nasionalis nilai cinta
tanah air)
B. Kegiatan
Awal
1. Salam
pembuka
2. Guru
menunjuk salah satu siswa yang datangnya paling awal untuk memimpin doa (karakter
religius nilai disiplin)
3. Melakukan
presensi kehadiran siswa
4. Guru
menerapkan kegiatan literasi dengan strategi memodelkan membaca (modeled reading) dengan memanfaatkan
buku cerita anak sebagai media
5. Guru
mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan
pelajaran yang akan disampaikan
6. Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar
7. Guru
melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “kasih ibu”
|
06.45-07.00
(15
menit)
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa
mengamati cerita yang disampaikan guru mengenai ciri khas dari anggota
keluarga bahwa anggota keluarga memiliki jenis kelamin berbeda dan sifat yang
berbeda (mengamati)
2. Siswa
diminta untuk menyebutkan jenis kelamin dan juga karakter dari anggota
keluarga di rumah (mengumpulkan
informasi)
3. (Menghangatkan
suasana dan memotivasi siswa) Guru menyampaikan meski jenis kelamin
dan karakter berbeda tetap harus saling menyayangi
4. Melakukan
tanya jawab dengan siswa tentang pengalaman bekerja sama apa yang pernah
mereka lakukan bersama anggota keluarga (menalar)
5. Siswa
dibagi menjadi 5 atau 6 kelompok
6. (Memilih
peran dan menyusun tahap-tahap peran)
Di
dalam kelompok, siswa mendiskusikan pengalaman bekerja sama dengan keluarga
di rumah untuk menentukan pengalaman yang akan ditampilkan melalui bermain
peran
7. Setelah
berdiskusi, tiap kelompok diminta menampilkan bermain peran secara bergiliran
(mengomunikasikan)
8. (Menyiapkan
pengamat)
Siswa
yang tidak ikut dalam bermain peran
menjadi pengamat supaya tetap aktif dalam pembelajaran
9. Selesai
bermain peran, siswa diminta berkumpul kembali untuk mengamati cerita yang
disampaikan guru tentang masalah penjumlahan (mengamati)
10. Siswa
mengamati poster berisi teks puisi yang ditunjukkan guru (mengamati)
11. Guru
membacakan teks puisi dengan intonasi dan siswa menirukan (mencoba)
12. Guru
meminta siswa secara bergiliran untuk mengekspresikan ungkapan kasih sayang
pada keluarga melalui puisi (mengomunikasikan)
|
130
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Guru
memberikan evaluasi kepada siswa secara individu (karakter mandiri nilai tanggung jawab)
3. Guru
berpesan untuk menyiapkan mempelajari materi berikutnya
4. Guru
menutup pembelajaran dengan doa
|
30
menit
|
J.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1. Teknik
Penilaian : tes dan non-tes
a. Tes : Pengetahuan PPKn,
matematika, Bahasa Indonesia
b. Non-tes :
1) Sikap :
Spiritual : bersyukur
Sosial :
toleransi
2) Keterampilan :
PPKn :
menceritakan pengalaman bekerja sama dengan keluarga
Matematika : menghitung penjumlahan dalam bentuk soal cerita
B.Indonesia : membaca teks puisi
2.
Jenis Penilaian : tes
tertulis, observasi/pengamatan, unjuk kerja
3.
Bentuk Penilaian :
a.
Tes tertulis : isian
singkat
b.
Observasi : skala
sikap
c.
Unjuk kerja : rubrik
4.
Pembelajaran remidial dan pengayaan
Mengetahui , Februari 2017
Kepala SD Negeri Guru
Kelas I
No comments:
Post a Comment