RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
IdentitasSekolah :
SD N RUMAH ILMU
Kelas/ Semester : 1
Tema/SubTema : 2. Kegemaranku/ 4.Gemar Membaca
Pembelajaran : 6 ( Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn )
Alokasi waktu : 1 hari (5X35 Menit)
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1. Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar
dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang
terang) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan
baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku,
gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang)
dengan benar.
|
3.1.1 Menjelaskan posisi duduk saat membaca
3.1.2 Mengidentifikasi koskata dengan jumlah suku kata yang bervariasi
4.1.1 Mendemonstrasikan posisi duduk yang tepat saat membaca
|
2. Matematika
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan
atau lainnya
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan
benda/gambar/gerakan atau lainnya
|
3.5.1 Mengidentifikasi pola bilangan pada gambar
4.5.1 Melengkapi barisan bilangan berdarkan pola
tertentu
|
3. PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari
di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari
di rumah
|
1.2.1 Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
2.2.1 Disiplin dalam mengikuti pembelajaran
3.3.1 Menyebutkan bacaan kegemaran masing-masing anggota keluarga.
4.3.1 Menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga
di rumah.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
gambar cara memegang buku, siswa dapat menunjukkan gambar cara memegang buku dan
membalik halaman dengan benar.
2.
Setelah
menunjukkan gambar cara memegang buku, siswa mampu mendemonstrasikan cara memegang
buku/ objek bacaan dan membuka/ membalik halaman saat membaca dengan baik.
3.
Melalui
gambar pola bilangan, siswa dapat mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan
dengan kumpulan benda/ gambar/ gerakan atau lainnya dengan tepat.
4.
Melalui
contoh soal pola bilangan, siswa dapat melengkapi barisan bilangan berdasarkan pola
tertentu dengan benar.
5.
Melalui
contoh jenis-jenis buku bacaan, siswa mampu menyebutkan bacaan kesukaan masing-masing
anggota keluarganya dengan tepat.
6.
Melalui
bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalamannya membaca bersama anggota keluarga
di rumah dengan percaya diri.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Suku
kata
2.
Gambar-gambar
yang membentuk Pola Bilangan
3.
Teks
Cerita
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan Mengkomunikasikan)
2.
Model
Pembelajaran : Talking Stick
3.
Metode
Pembelajaran : Demonstrasi, Tanya
jawab, penugasan, dan ceramah
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Buku
Teks
2.
Buku
Cerita
3.
Gambar
pola bilangan
G.
SUMBER BELAJAR
1. Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Guru SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema
Kegemaranku, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Siswa SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku,
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
H.
LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pembelajaran
|
Langkah-langkah
(sintaks)
Talking
Stick
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
|
Kegiatan
Pra Pembelajaran
1.
Siswa berbaris rapi didepan
kelas dengan bimbingan guru
2.
Membaca Janji Siswa
3.
Menyanyikan lagu Indonesia
Raya (Nasionalis)
4.
Pembiasaan membaca pagi
sebelum pembelajaran di mulai. Siswa membaca buku di pojok baca kelas 10
menit (Literasi)
|
06.45
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
|
1.
Guru mengucapkan salam (Religius)
2.
Guru menyapa siswa dan
mengkondisikan agar siap belajar.
3.
Membaca doa bersama (Guru mengamati siswa menggunakan rubrik) (Religius)
4.
Seorang siswa diminta untuk
memimpin doa (Integritas: membiasakan sikap religious, tanggung-jawab, hormat
5.
Guru
melakukan presensi siswa
6.
Guru
mengkondisikan siswa untuk menyiapkan perlengkapan untuk pembelajaran yang
akan dilaksanakan dan duduk dengan tenang sesuai dengan kelompoknya (mandiri)
7.
Guru menyiapkan media
pembelajaran dan sumber belajar
8. Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan kata-kata yang sudah dikenal siswa.
9. Guru menyampaikan tema yang akan dipelajari.
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
2.Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari
3.Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada siswa
4.Guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut
harus menjawabnya
5.Seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat
kesempatan menjawab pertanyaan dari guru
|
1. Siswa
melakukan tanya-jawab tentang suku kata yang sudah dikenal (Mandiri)
2. Siswa
menyumbang sebuah kata untuk
dituliskan guru pada papan tulis. (Mandiri)
3. Siswa mengamati
contoh suku-suku kata yang memiliki bunyi hampir sama. (mengamati)
4. Siswa melakukan
praktik dengan membaca teks yang berjudul “Si Putih Tak Mau Belajar”. (mencoba,
menalar) (Mandiri)
5. Siswa mengamati
kartu kata yang ditampilkan oleh guru mengenai suku kata yang memiliki bunyi hampir
sama. (mengamati)
6. Siswa
menyimak penjelasan dari guru tentang suku kata yang memiliki bunyi hampir
sama. (mengamati)
7. Siswa yang
mendapa tongkat maju kedepan kelas untuk mengelompokkan kata-kata berdasarkan
banyak suku katanya secara bergantian. (menalar, mengkomunikasikan) (mendiri)
8. Siswa
mengamati pola bilangan dari gambar. (menanya)
9. Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru tentang pola gambar yang berbeda-beda susunannya. (mencoba,
menalar) (mandiri)
10. Siswa
mengamati susunan gambar berdasarkan perbedaan ukuran, warna atau jenis. (mencoba, menalar)(mandiri)
11. Siswa yang
mendapat tongkat maju kedepan menebak satu benda yang dihilangkan agar sesuai
pola. (mengkomunikasikan)(mandiri)
12. Siswa
menghitung banyak benda yang berhasil siswa lengkapi (Mandiri)
13. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang konsep pola bilangan. (mengamati)
(mandiri)
14. Siswa
mengatur tempat duduk melingkar untuk mendengarkan cerita teman. (Gotong-royong)
15. Kemudian secara
bergantian, siswa maju kedepan menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga
dirumah. (mengkomunikasikan) (mandiri)
|
130
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
6.Kesimpulan
|
1. Siswa
dibantu oleh guru untuk menarik kesimpulan tentang apa yang telah mereka
lakukan dan pelajari.
2. Siswa
mengerjakan lembar evaluasi.
3. Guru
memberikan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang terlibat aktif selama
pembelajaran.
4. Gurumenyampaikan materipertemuan selanjutnya.
5. Guru
menutup pembelajaran dengan salam dan do’a. (Guru
mengamati siswa menggunakan rubrik)
|
35 Menit
|
I.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Penilaian Sikap
Spiritual (terlampir)
Tenik : Non Tes
Jenis : Pengamatan sikap
Bentuk : Rubrik
2.
Penilaian
Sikap Sosial (terlampir)
Tenik : Non Tes
Jenis : Pengamatan sikap
Bentuk : Rubrik
3.
Penilaian Pengetahuan
(terlampir)
Teknik : Tes
Jenis : Tes Tulis
Bentuk : Isian
4.
Penilaian Keterampilan (terlampir)
Teknik : Non Tes
Jenis : Unjuk Kerja
Bentuk : Rubrik
5.
Tindak lanjut hasil
evaluasi yang mecakup remedial dan pengayaan
Remidial : Siswa yang belum tuntas
pada materi yang diajarkan dengan
memberikan tambahan jam untuk pemahaman
materi.
Pengayaan :
Siswa
yang sudah tuntas diberi soal tambahan.
Semarang, 5 Maret 2018
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
No comments:
Post a Comment