Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Wednesday, 6 June 2018

RPP Kurtilas 2013 Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Gemar Membaca Pembelajaran 6 Model Talking Stick


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

IdentitasSekolah         : SD N RUMAH ILMU
Kelas/ Semester           : 1
Tema/SubTema           : 2. Kegemaranku/ 4.Gemar Membaca
Pembelajaran               : 6 ( Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn )
Alokasi waktu             : 1 hari (5X35 Menit) 

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
1. Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.

3.1.1 Menjelaskan posisi duduk saat membaca
3.1.2 Mengidentifikasi koskata dengan jumlah suku kata yang bervariasi



4.1.1 Mendemonstrasikan posisi duduk yang tepat saat membaca

2. Matematika
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya

3.5.1 Mengidentifikasi pola bilangan pada gambar
4.5.1 Melengkapi barisan bilangan berdarkan pola tertentu
3. PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah

1.2.1 Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran

2.2.1 Disiplin dalam mengikuti pembelajaran

3.3.1 Menyebutkan bacaan kegemaran masing-masing anggota keluarga.
4.3.1 Menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga di rumah.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui gambar cara memegang buku, siswa dapat menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman dengan benar.
2.   Setelah menunjukkan gambar cara memegang buku, siswa mampu mendemonstrasikan cara memegang buku/ objek bacaan dan membuka/ membalik halaman saat membaca dengan baik.
3.   Melalui gambar pola bilangan, siswa dapat mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/ gerakan atau lainnya dengan tepat.
4.   Melalui contoh soal pola bilangan, siswa dapat melengkapi barisan bilangan berdasarkan pola tertentu dengan benar.
5.   Melalui contoh jenis-jenis buku bacaan, siswa mampu menyebutkan bacaan kesukaan masing-masing anggota keluarganya dengan tepat.
6.   Melalui bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalamannya membaca bersama anggota keluarga di rumah dengan percaya diri.
D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Suku kata
2.      Gambar-gambar yang membentuk Pola Bilangan
3.      Teks Cerita

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan                       : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan Mengkomunikasikan)
2.      Model Pembelajaran         : Talking Stick
3.      Metode Pembelajaran       : Demonstrasi, Tanya jawab, penugasan, dan ceramah

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku Teks
2.      Buku Cerita
3.      Gambar pola bilangan

G.    SUMBER BELAJAR
1.      Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Guru SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Siswa SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
H.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah (sintaks)
 Talking Stick
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu


Kegiatan Pra Pembelajaran
1.      Siswa berbaris rapi didepan kelas dengan bimbingan guru
2.      Membaca Janji Siswa
3.      Menyanyikan lagu Indonesia Raya (Nasionalis)
4.      Pembiasaan membaca pagi sebelum pembelajaran di mulai. Siswa membaca buku di pojok baca kelas 10 menit (Literasi)
06.45
Kegiatan Pendahuluan
1.Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
1.      Guru mengucapkan salam (Religius)
2.      Guru menyapa siswa dan mengkondisikan agar siap belajar.
3.      Membaca doa bersama (Guru mengamati siswa menggunakan rubrik) (Religius)
4.      Seorang siswa diminta untuk memimpin doa (Integritas: membiasakan sikap religious, tanggung-jawab, hormat
5.      Guru melakukan presensi siswa
6.      Guru mengkondisikan siswa untuk menyiapkan perlengkapan untuk pembelajaran yang akan dilaksanakan dan duduk dengan tenang sesuai dengan kelompoknya (mandiri)
7.      Guru menyiapkan media pembelajaran dan sumber belajar
8.      Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan kata-kata yang sudah dikenal siswa.
9.      Guru menyampaikan tema yang akan dipelajari.
20 Menit
Kegiatan Inti
2.Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari














3.Guru mengambil tongkat  dan memberikan kepada siswa
4.Guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya
5.Seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat kesempatan menjawab pertanyaan dari guru

1.      Siswa melakukan tanya-jawab tentang suku kata yang sudah dikenal (Mandiri)
2.      Siswa menyumbang sebuah  kata untuk dituliskan guru pada papan tulis. (Mandiri)
3.      Siswa mengamati contoh suku-suku kata yang memiliki bunyi hampir sama. (mengamati)
4.      Siswa melakukan praktik dengan membaca teks yang berjudul “Si Putih Tak Mau Belajar”. (mencoba, menalar) (Mandiri)
5.      Siswa mengamati kartu kata yang ditampilkan oleh guru mengenai suku kata yang memiliki bunyi hampir sama. (mengamati)
6.      Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang suku kata yang memiliki bunyi hampir sama. (mengamati)
7.      Siswa yang mendapa tongkat maju kedepan kelas untuk mengelompokkan kata-kata berdasarkan banyak suku katanya secara bergantian. (menalar, mengkomunikasikan) (mendiri)
8.      Siswa mengamati pola bilangan dari gambar. (menanya)
9.      Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang pola gambar yang berbeda-beda susunannya. (mencoba, menalar) (mandiri)
10.  Siswa mengamati susunan gambar berdasarkan perbedaan ukuran, warna atau jenis.  (mencoba, menalar)(mandiri)
11.  Siswa yang mendapat tongkat maju kedepan menebak satu benda yang dihilangkan agar sesuai pola. (mengkomunikasikan)(mandiri)
12.  Siswa menghitung banyak benda yang berhasil siswa lengkapi (Mandiri)
13.  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang konsep pola bilangan. (mengamati) (mandiri)
14.  Siswa mengatur tempat duduk melingkar untuk mendengarkan cerita teman. (Gotong-royong)
15.  Kemudian secara bergantian, siswa maju kedepan menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga dirumah. (mengkomunikasikan) (mandiri)
130 Menit
Kegiatan Penutup
6.Kesimpulan
1.     Siswa dibantu oleh guru untuk menarik kesimpulan tentang apa yang telah mereka lakukan dan pelajari.
2.    Siswa mengerjakan lembar evaluasi.
3.    Guru memberikan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang terlibat aktif selama pembelajaran.
4.    Gurumenyampaikan materipertemuan selanjutnya.
5.    Guru menutup pembelajaran dengan salam dan do’a. (Guru mengamati siswa menggunakan rubrik)
35 Menit

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Penilaian Sikap Spiritual (terlampir)
Tenik        : Non Tes
Jenis         : Pengamatan sikap
Bentuk     : Rubrik
2.      Penilaian Sikap Sosial (terlampir)
Tenik        : Non Tes
Jenis         : Pengamatan sikap
Bentuk     : Rubrik
3.      Penilaian Pengetahuan (terlampir)
Teknik      : Tes
Jenis         : Tes Tulis
Bentuk     : Isian
4.      Penilaian Keterampilan (terlampir)
Teknik      : Non Tes
Jenis         : Unjuk Kerja
Bentuk     : Rubrik
5.      Tindak lanjut hasil evaluasi yang mecakup remedial dan pengayaan
Remidial     : Siswa yang belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan : Siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan.

Semarang,     5 Maret  2018
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas 1



No comments:

Post a Comment