RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDNPurwoyoso 02
Kelas/Semester : I/1
Tema : Kegemaranku/Gemar
Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran ke : 5
Alokasi : 5 x 35 menit (1 kali
pertemuan)
A.Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima,
menjalankandanmenghargaiajaran agama yang dianutnya.
2. Memilikiperilakujujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli,
danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, guru, dantetangganya.
3. Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamatidanmenanyaberdasarkan
rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolahdantempatbermain.
4. Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa
yang jelas, sistematisdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang
mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.
B.Kompetensi Dasar danIndikatorPencapaianKompetensi
Matematika
Kompetensi Dasar
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
3.4.Menjelaskan dan melakukan
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai
dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan.
4.4.Menyelesaikan masalah kehidupan
sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
|
3.4.1. Memecahkanmasalahsehari-hari yang
melibatkanpengurangan (bilangan 1-10) dengantepat.
4.4.1.Menyelesaikanmasalahdalamkehidupansehari-hari
yang berkaitandenganpengurangandengantepatdanpercayadiri.
|
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu
(berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk
kesenangan.
4.11 Melisankan puisi anak atau syair
lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih
sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
|
3.11.1. Mengidentifikasiungkapansayangataupersahabatandalamsebuahlagu
yang diperdengarkandengantepat
4.11.1. Menceritakan
ungkapansayangdalamsebuahceritapengalaman
masa kecil
|
Karaktersiswa yang
diharapkan: Nasionalis, Mandiri, Percaya Diri, Disiplin,
C.TujuanPembelajaran
1.
Setelah menyimak lagu Bunda Piara, siswa dapat mengidentifikasi ungkapan
sayang atau persahabatan dalam sebuah lagu yang diperdengarkan dengan tepat.
2.
Setelah menyimak lagu Bunda Piara siswa dapat menceritakan kembali ungkapan
sayang dalam sebuah cerita pengalaman masa kecil.
3.
Setelah menyimak cerita yang disampaikan guru, siswa dapat mengidentifikasi
masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan (bilangan 1-10) dengan tepat.
4.
Setelah diberikan contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, siswa
dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan
pengurangan dengan tepat dan percaya diri.
D.MateriPembelajaran.
- Ungkapan sikap yang baik terhadap ibu
- Pengurangan (bilangan 1-10).
E. Model, MetodedanPendekatan
MetodePembelajaran : Problem Based
Learning
PendekatanPembelajaran : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan
data,
mengolahinformasi, danmengkomunikasikan)
Model
Pembelajaran : Tanya jawab,
penugasan, diskusidanceramah
F. Media Pembelajaran
a.
Video lagu Bunda Piara.
b.
Benda konkret untuk materi pengurangan (bilangan 1-10).
G. SumberPembelajaran
a.
Adellina, Novilia, dkk 2016. Buku Guru SD/MI TematikTerpaduKurikulum 2013 TemaKegemaranku.
Jakarta : Kementerian Pendidikan danKebudayaan.
b.
Adellina, Novilia, dkk 2016. BukuSiswa SD/MI TematikTerpaduKurikulum 2013 TemaKegemaranku.
Jakarta : Kementerian Pendidikan danKebudayaan.
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-Langkah Model Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Pra Kegiatan
1.
Siswa berbaris diluar kelas, Ketua
memimpin baris-baris (Disiplin)
2.
Siswa masuk ke dalam kelas secara urut
(Disiplin)
3.
Siswa membaca asmaul husna (Religius)
|
||
Pendahuluan
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan
kabar dan mengecek kehadiran siswa. (Religius)
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin
oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang
hari itu datang paling awal (Religius)
3.
Siswa diingatkan untuk selalu
mengutamakan tanggung jawab setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya
cita-cita.
4.
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat (Nasionalisme.)
5.
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian
diri dan kebersihan kelas (Kerapian)
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Pembiasaan membaca 15 menit (Kegitan
Literasi Dasar)
8.
Menyegarkan suasana kembali dengan
menyanyikan Bunda Piara
|
30 menit
|
||
Kegiatan
Inti
|
a. Orientasi
Siswa pada masalah
|
1. Siswa menyanyikan lagu Bunda Piara bersama-sama kemudian
mengamati lirik lagu (Mengamati)
|
70
menit
|
b. Mengorganisasikan
siswa untuk belajar
|
2. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
hal-hal yang berkaitan dengan isi lagu (Menanya)
3. Siswa menyimak pertanyaan yang dibacakan
oleh guru. (Mengamati)
4. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
memikirkan dan memilih jawaban yang tepat dari tiap-tiap pertanyaan (Menalar)
|
||
c.
Membimbing pengalaman individual dan kelompok
|
5. Siswa
dibimbing untuk menemukan ungkapan sayang terhadap ibu dalam sebuah lagu
(Mencoba)
|
||
d.
Mengembangkan dan menyajikan kerjasama
|
6. Siswa diminta untuk mengerjakan LKS
(Menalar)
|
||
e.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
7. Guru membimbing siswa untuk menceritakan
pengalaman masa kecil (Mengkomunikasikan)
|
||
a.
Orientasi Siswa pada masalah
|
8. Guru memberikan suatu permasalahan pengurangan
dalam kehidupan sehari-hari pada siswa (Mengamati)
|
||
b. Mengorganisasikan
siswa untuk belajar
|
9. Guru bertanya jawab pada siswa tentang
penyelesaian permasalahan pengurangan dalam kehidupan sehari-hari yang telah diberikan (Menalar)
|
||
c.
Membimbing pengalaman individual dan kelompok
|
10.Guru memberikan permasalahan pengurangan secara
lisan melalui benda konkrit, dan siswa diminta menyelesaikan masalah tersebut
secara individu (Mencoba).
11. Siswa diminta
untuk mengerjakan LKS secara berkelompok dengan teman sebangku. (Menalar)
|
||
d. Mengembangkan
dan menyajikan kerjasama
|
12. Siswa maju untuk menyajikan hasil kerja
sama mereka. (mengkomunikasikan)
|
||
e.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
13. Guru memberikan penguatan terhadap
jawaban siswa.
|
||
Penutup
|
1.
Siswa bersama dengan guru menyimpulkan
pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru memberikan soal evaluasi kepada
siswa.
3.
Guru memberikan tindak
lanjut/pekerjaan rumah kepada siswa.
4.
Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
5.
Guru memberi salam dan menyampaikan
pesan moral.
|
20
menit
|
I. PenilaianProsesdanHasilBelajar
1.
Pengetahuan
a) Teknik :
Tes
b) Jenis :
Tes tertulis
c) Bentuk :
Pilihan Ganda
2.
Ketrampilan
a) Teknik :
Non tes
b) Jenis :
Unjuk Kerja
c) Bentuk :
Rubik
Semarang, 2018
Guru Kelas I Peneliti
No comments:
Post a Comment