Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 3 Gemar Membaca


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

IdentitasSekolah         : SD NUSA
Kelas/ Semester           : 1
Tema/SubTema           : 2. Kegemaranku/ 4.Gemar Membaca
Pembelajaran               : 3 ( Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn )
Alokasi waktu             : 1 hari (5X35 Menit)  

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
1. Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.

3.1.1 Menjelaskan cara memegang buku dan cara membalik halaman




4.1.1 Mendemonstrasikan cara memegang buku/obyek bacaan dan membuka/
Membalik halaman buku saat membaca
2. Matematika
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya

3.5.1 Mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/ gerakan atau lainnya
4.5.1 Melengkapi barisan bilangan berdarkan pola
3. PPKn
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan  Yang Maha Esa
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari di rumah

1.3.1 Membiasakan berperilaku syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.3.1 Menunjukkan sikap saling menghormati dalam keberagaman
3.3.1 Menyebutkan bacaan kegemaran masing-masing anggota keluarga.
4.3.1 Menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga di rumah.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Melalui pembiasaan berdoa, siswa mampu menunjukkan perilaku syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.   Melalui kisah sapu lidi, siswa mampu menunjukkan sikap saling menghormati dalam keberagaman..
3.   Melalui gambar cara memegang buku, siswa dapat menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman dengan benar.
4.   Melalui peragaan siswa, siswa mampu mendemonstrasikan cara memegang buku/ objek bacaan dan membuka/ membalik halaman saat membaca dengan baik.
5.   Melalui gambar pola bilangan, siswa dapat mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/ gambar/ gerakan atau lainnya dengan tepat.
6.   Melalui contoh soal pola bilangan, siswa dapat mengurutkan barisan bilangan berdasarkan pola tertentu dengan benar.
7.   Melalui contoh jenis-jenis bacaan, siswa mampu menyebutkan bacaan kesukaan masing-masing anggota keluarganya dengan tepat.
8.   Melalui bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalamannya membaca bersama anggota keluarga di rumah dengan percaya diri.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Cara memegang buku dan membalik halaman
2.      Pola Bilangan
3.      Jenis Bacaan

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan                       : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan)
2.      Model Pembelajaran         : Picture and Picture
3.      Metode Pembelajaran       : Demonstrasi, Tanya jawab, penugasan, dan ceramah
4.      PPK                                   : Religius, Nasionalis, Mandiri, Integritas

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Gambar cara memegang buku yang baik
2.      Teks Bacaan “Namaku Buku”
3.      Gambar pola bilangan
4.      Benda kongkrit jenis-jenis bacaan
5.      Gambar jenis-jenis bacaan.

G.    SUMBER BELAJAR
1.      Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Guru SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Siswa SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan


H.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

Kegiatan Pra Pembelajaran
1.      Siswa berbaris rapi didepan kelas dengan bimbingan guru.
2.      Menyanyikan lagu Indonesia Raya (Nasionalis)
3.      Siswa membaca janji siswa.
4.      Pembiasaan membaca pagi sebelum pembelajaran di mulai. Siswa membaca buku di pojok baca kelas 10 menit (Literasi) (Mandiri)
06.45
Kegiatan Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru menyapa siswa dan mengkondisikan agar siap belajar.
3.      Membaca doa bersama (Guru mengamati siswa menggunakan rubrik) (Religius)
4.      Seorang siswa diminta untuk mempimpin doa (Integritas: keteladanan, tanggung-jawab, hormat)
5.      Guru melakukan presensi siswa
6.      Siswa menyiapkan perlengkapan pembelajaran  dan duduk dengan tenang (mandiri)
7.      Guru menyiapkan media pembelajaran dan sumber belajar.
4.      Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan kisah “Sapu Lidi”. Sapu lidi kuat dan bermanfaat karena bersatu.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
5.      Siswa mendengarkan penyampaian guru mengenai tema yang akan dipelajari.

10 Menit
Kegiatan Inti
Menyajikan materi sebagai pengantar
1.      Siswa mengamati gambar yang diberikan oleh guru mengenai posisi duduk, cara memegang buku dan membalik halamannya. (mengamati)
2.      Siswa membaca teks yang berjudul “Namaku Buku”.(mengumpulkan informasi, mengasosiasikan)
3.      Siswa  mempraktikkan cara memegang buku dengan benar dan membalik halaman (mengasosiasikan)
4.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang pola bilangan dan jenis-jenis bacaan
Menunjukkan/ memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5.      Siswa mengamati gambar yang ditampilkan oleh guru mengenai pola-pola  bilangan. (mengamati)
6.      Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang aturan mengurutkan gambar. (mengamati)
7.      Siswa maju kedepan kelas untuk memasang dan mengurutkan gambar pola bilangan secara bergantian. (mengasosiasikan,  mengkomunikasikan) (Mandiri)
8.      Siswa menyampaikan alasan urutan gambar yang dibuatnya.
9.      Siswa mengerjakan lembar kerja (LKPD) tentang mengurutkan pola bilangan
Guru mulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
10.  Guru melakukan tanya jawab kepada siswa tentang bacaan apa yang sering siswa baca bersama keluarga.
11.  Siswa diminta menyebutkan bacaan kegemaran masing-masing anggota keluarga. (mengasosiasikan)
12.  Siswa mengerjakan lembar kerja (LKPD) tentang menuliskan pengalaman membaca bersama anggota keluarga di rumah. (mengasosiasikan) (Mandiri)
13.  Kemudian secara bergantian, siswa maju kedepan menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga dirumah. (mengkomunikasikan)
130 Menit
Kegiatan Penutup
Menyampaikan kesimpulan
1.    Siswa dibantu oleh guru untuk menarik kesimpulan tentang apa yang telah mereka lakukan dan pelajari.
2.    Siswa mengerjakan lembar evaluasi.
3.    Guru memberikan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang terlibat aktif selama pembelajaran.
4.    Guru menyampaikan materi pertemuan selanjutnya.
5.    Guru menutup pembelajaran dengan salam dan do’a. (Guru mengamati siswa menggunakan rubrik) (Religius)
35 Menit
I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Penilaian Sikap Spiritual (terlampir)
Tenik        : Non Tes
Jenis         : Pengamatan sikap
Bentuk     : Jurnal
2.      Penilaian Sikap Sosial (terlampir)
Tenik        : Non Tes
Jenis         : Pengamatan sikap
Bentuk     : Jurnal
3.      Penilaian Pengetahuan (terlampir)
Teknik      : Tes
Jenis         : Tes Tulis
Bentuk     : Pilihan Ganda dan Isian Singkat
4.      Penilaian Keterampilan (terlampir)
Teknik      : Non Tes
Jenis         : Unjuk Kerja
Bentuk     : Rubrik
Tindak lanjut hasil evaluasi yang mecakup remedial dan pengayaan
Remidial     : Siswa yang belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan : Siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan.
Semarang,     5 Maret  2018
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas 1


No comments:

Post a Comment