RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
IdentitasSekolah :
SD NUSA
Kelas/ Semester : 1
Tema/SubTema : 2. Kegemaranku/ 4.Gemar Membaca
Pembelajaran : 3 ( Bahasa Indonesia, Matematika, dan PPKn )
Alokasi waktu : 1 hari (5X35 Menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3. Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1. Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar
dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang
terang) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan
baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku,
gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang)
dengan benar.
|
3.1.1 Menjelaskan cara memegang buku dan cara membalik halaman
4.1.1 Mendemonstrasikan cara memegang buku/obyek bacaan dan membuka/
Membalik halaman buku saat membaca
|
2. Matematika
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan
atau lainnya
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan
benda/gambar/gerakan atau lainnya
|
3.5.1 Mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/
gambar/ gerakan atau lainnya
4.5.1 Melengkapi barisan bilangan berdarkan pola
|
3. PPKn
1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu
di rumah
3.3 Mengidentifikasi keberagaman karakteristik individu di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan sehari-hari
di rumah
|
1.3.1 Membiasakan berperilaku syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.3.1 Menunjukkan sikap saling menghormati dalam keberagaman
3.3.1 Menyebutkan bacaan kegemaran masing-masing anggota keluarga.
4.3.1 Menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga
di rumah.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui pembiasaan berdoa, siswa mampu
menunjukkan perilaku syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2.
Melalui kisah sapu lidi, siswa mampu
menunjukkan sikap saling menghormati dalam keberagaman..
3.
Melalui
gambar cara memegang buku, siswa dapat menunjukkan gambar cara memegang buku dan
membalik halaman dengan benar.
4.
Melalui
peragaan siswa, siswa mampu mendemonstrasikan cara memegang buku/ objek bacaan dan
membuka/ membalik halaman saat membaca dengan baik.
5.
Melalui
gambar pola bilangan, siswa dapat mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan
dengan kumpulan benda/ gambar/ gerakan atau lainnya dengan tepat.
6.
Melalui
contoh soal pola bilangan, siswa dapat mengurutkan barisan bilangan berdasarkan
pola tertentu dengan benar.
7.
Melalui
contoh jenis-jenis bacaan, siswa mampu menyebutkan bacaan kesukaan masing-masing
anggota keluarganya dengan tepat.
8.
Melalui
bermain peran, siswa mampu menceritakan pengalamannya membaca bersama anggota keluarga
di rumah dengan percaya diri.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Cara
memegang buku dan membalik halaman
2.
Pola
Bilangan
3.
Jenis
Bacaan
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan)
2.
Model
Pembelajaran : Picture and Picture
3.
Metode
Pembelajaran : Demonstrasi, Tanya jawab,
penugasan, dan ceramah
4.
PPK : Religius, Nasionalis,
Mandiri, Integritas
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Gambar
cara memegang buku yang baik
2.
Teks
Bacaan “Namaku Buku”
3.
Gambar
pola bilangan
4.
Benda
kongkrit jenis-jenis bacaan
5.
Gambar
jenis-jenis bacaan.
G.
SUMBER BELAJAR
1. Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Guru SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku,
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Siswa SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku,
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
H.
LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pembelajaran
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Kegiatan
Pra Pembelajaran
1.
Siswa berbaris rapi didepan
kelas dengan bimbingan guru.
2.
Menyanyikan lagu Indonesia
Raya (Nasionalis)
3.
Siswa membaca janji siswa.
4.
Pembiasaan membaca pagi sebelum
pembelajaran di mulai. Siswa membaca buku di pojok baca kelas 10 menit (Literasi)
(Mandiri)
|
06.45
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Guru menyapa siswa dan
mengkondisikan agar siap belajar.
3.
Membaca doa bersama (Guru
mengamati siswa menggunakan rubrik) (Religius)
4.
Seorang siswa diminta untuk
mempimpin doa (Integritas: keteladanan, tanggung-jawab, hormat)
5.
Guru melakukan presensi siswa
6.
Siswa menyiapkan perlengkapan
pembelajaran dan duduk dengan tenang (mandiri)
7.
Guru menyiapkan media pembelajaran
dan sumber belajar.
4. Guru melakukan apersepsi dengan menceritakan kisah “Sapu
Lidi”. Sapu lidi kuat dan bermanfaat karena bersatu.
Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai
5. Siswa mendengarkan penyampaian guru mengenai tema
yang akan dipelajari.
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
Menyajikan
materi sebagai pengantar
1. Siswa mengamati
gambar yang diberikan oleh guru mengenai posisi duduk, cara memegang buku dan
membalik halamannya. (mengamati)
2. Siswa membaca
teks yang berjudul “Namaku Buku”.(mengumpulkan informasi, mengasosiasikan)
3. Siswa mempraktikkan cara memegang buku dengan
benar dan membalik halaman (mengasosiasikan)
4. Siswa
menyimak penjelasan guru tentang pola bilangan dan jenis-jenis bacaan
Menunjukkan/
memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi
urutan yang logis
5. Siswa mengamati
gambar yang ditampilkan oleh guru mengenai pola-pola bilangan. (mengamati)
6. Siswa
menyimak penjelasan dari guru tentang aturan mengurutkan gambar. (mengamati)
7.
Siswa maju kedepan kelas untuk memasang dan
mengurutkan gambar pola bilangan secara bergantian. (mengasosiasikan, mengkomunikasikan) (Mandiri)
8.
Siswa menyampaikan alasan urutan gambar yang
dibuatnya.
9.
Siswa mengerjakan lembar kerja (LKPD) tentang
mengurutkan pola bilangan
Guru mulai
menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
10. Guru
melakukan tanya jawab kepada siswa tentang bacaan apa yang sering siswa baca bersama
keluarga.
11. Siswa diminta
menyebutkan bacaan kegemaran masing-masing anggota keluarga. (mengasosiasikan)
12. Siswa
mengerjakan lembar kerja (LKPD) tentang menuliskan pengalaman membaca bersama
anggota keluarga di rumah. (mengasosiasikan) (Mandiri)
13. Kemudian secara
bergantian, siswa maju kedepan menceritakan pengalaman membaca bersama keluarga
dirumah. (mengkomunikasikan)
|
130
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Menyampaikan kesimpulan
1. Siswa
dibantu oleh guru untuk menarik kesimpulan tentang apa yang telah mereka
lakukan dan pelajari.
2. Siswa
mengerjakan lembar evaluasi.
3. Guru
memberikan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang terlibat aktif selama
pembelajaran.
4. Guru menyampaikan materi pertemuan selanjutnya.
5. Guru
menutup pembelajaran dengan salam dan do’a. (Guru
mengamati siswa menggunakan rubrik) (Religius)
|
35 Menit
|
I.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Penilaian Sikap
Spiritual (terlampir)
Tenik : Non Tes
Jenis : Pengamatan sikap
Bentuk : Jurnal
2.
Penilaian Sikap
Sosial (terlampir)
Tenik : Non Tes
Jenis : Pengamatan sikap
Bentuk : Jurnal
3.
Penilaian Pengetahuan
(terlampir)
Teknik : Tes
Jenis : Tes Tulis
Bentuk : Pilihan Ganda dan Isian Singkat
4.
Penilaian Keterampilan (terlampir)
Teknik : Non Tes
Jenis : Unjuk Kerja
Bentuk : Rubrik
Tindak lanjut hasil evaluasi yang mecakup remedial dan
pengayaan
Remidial : Siswa yang belum tuntas
pada materi yang diajarkan dengan
memberikan tambahan jam untuk pemahaman
materi.
Pengayaan :
Siswa
yang sudah tuntas diberi soal tambahan.
Semarang, 5 Maret 2018
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
No comments:
Post a Comment