RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SD Nusa
Kelas / semester : I/ I
Tema :
3
(Kegiatanku)
Sub Tema :
1 (
Kegiatan Pagi Hari )
Pembelajaran : 2
( Bahasa Indonesia, PJOK )
Alokasi waktu :
1 Hari (5JP x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan
dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan,
dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata
Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang
dan malam dalam teks tulis dan gambar.
|
3.7.2 Memberikan contoh kosakata yang
berhubungan dengan kegiatan pagi hari melalui gambar
4.7.1
Menyusun kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari
|
PJOK
3.3 Memahami pola gerak dasar
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar
manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.3.1
Menunjukkan prosedur gerakan melempar
4.3.1
mempraktikkan gerakan melempar
|
C.
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)
1.
Religius
2.
Cermat
3.
Percaya Diri
4.
Gotong Royong
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui gambar siswa dapat
menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari dengan lafal dan ejaan
yang benar. (R. Kognitif)
2. Melalui gambar siswa dapat memberikan kota-kota yang
berhubungan dengan pagi dengan benar. (R.
Kognitif )
3. Dengan
menggunakan kartu-kartu huruf siswa dapat menyusun kata-kata yang berhubungan
dengan pagi hari dengan tepat.
(R. Psikomotorik)
4. Dengan
menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa dapat menunjukkan
prosedur gerakan melempar dengan benar. (R. Kognitif )
5. Melalui
kegiatan praktik siswa dapat melakukan gerakan melempar dengan tepat.
(R. Psikomotorik)
E. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Kosakata tentang kegiatan pagi
2.
Gerakan melempar
F. PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE
PEMBELAJARAN
Model : TGT
(Teams Game Tournament)
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,
mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
Metode :
Tanya jawab, diskusi, penugasan, games.
G. SINTAKS
PEMBELAJARAN
1.
Presentasi di kelas
2.
Tim/kelompok
3.
Game
4.
Turnamen
5.
Penghargaan kelompok
H. MEDIA
1. Kartu Huruf
2. Bola.
3. Keranjang
F.
SUMBERBELAJAR
1. Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II,
Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 3 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
2. Permendikbud
No. 24
tahun 2016.
3. Lampiran
ke-2 Permendikbud No. 24
tahun 2016.
4. Sumber
internet yang relevan.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||||||||||||||||||||||||||
Pra Pembelajaran
|
1.
Siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
2.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa. (Religius: beriman dan bertaqwa)
3.
Siswa
diabsen sesuai dengan urutannya
|
5
Menit
|
|||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
|
4.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk pintar . (Melatih sikap kerjasama siswa)
5.
Siswa menyiapkan
fisik dan psikhis dalam mengawali kegiatan dengan “Tepuk Semangat”
6.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
5 Menit
|
|||||||||||||||||||||||||||
Inti
|
a. Presentasi
di kelas
1. Siswa mengingatkan kembali
tentang kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari. Siswa menyebutkan kosa
kata yang mereka ingat dan guru menuliskannya di papan tulis. (Menanya,
Menalar)
b. Tim/kelompok
2. Siswa
dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri paling banyak 4 orang. (Mencoba)
c.
Game
3.
Masing-masing kelompok diberikan kartu-kartu huruf yang mewakili
kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari. (Mengamati)
4.
Setiap kelompok diberi waktu untuk menyusun kartu-kartu yang ada
menjadi kata yang berhubungan dengan pagi hari. Kelompok pemenangnya adalah
yang berhasil menyusun kata paling cepat dan benar. (Mencoba, Menalar)
5.
Siswa bersama berdiskusi mengenai hasil kerja kelompok. (Mengomunikasikan)
6.
Siswa ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah.
Siswa melakukan gerakan pemanasan. (Mencoba)
7.
Siswa memperhatikan tentang teknik-teknik melempar sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, dan usaha. Dimulai dari gerakan melempar dengan tangan
kanan dan kiri. Guru menjelaskan bagaimana posisi tangan saat melempar serta
bagaimana jari-jari memegang bola. Di lanjutkan dengan gerakan melempar ke
berbagai arah. Guru juga menjelaskan prinsip melakukan gerakan melempar
secara benar sesuai konsep tubuh. (Mengamati)
8.
Siswa melakukan latihan melempar seperti yang telah dicontohkan oleh
guru secara bersama-sama dengan panduan guru selama lebih kurang 10 menit. (Mencoba)
d. Turnamen
9. Kemudian
guru memberikan permainan sederhana yaitu permainan melempar bola ke dalam
keranjang. Siswa melakukan permainan melempar bola yang sudah ditempeli
kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari. (Mencoba, Menalar)
e.
Penghargaan kelompok
10. Kelompok yang paling banyak memasukkan bola ke dalam
keranjangdan sesuai dengan kata yang berhubungan dengan pagi hari menjadi
pemenang (Mengomunikasikan)
11. Guru mengajak refleksi siswa tentang hal-hal yang
dipelajari
|
35 Menit X 30 JP
|
|||||||||||||||||||||||||||
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
3.
Melakukan
penilaian hasil belajar
4.
Semua siswa
berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
|
15
menit
|
E.
PEMBELAJARAN
REMEDIAL
1.
Guru memberikan bimbingan bagi siswa
yang belum mampu memahami kosakata tentang kegiatan pagi.
2.
Guru memberikan penjelasan lebih
lanjut mengenai melempar bola.
F.
PEMBELAJARAN
PENGAYAAN
1.
Guru memberikan latihan lanjutan bagi
siswa yang sudah mampu memahami kosakata tentang kegiatan pagi.
2.
Guru memberikan latihan lanjutan bagi
siswa yang sudah mampu melempar bola.
G. PENILAIAN
1.
Teknik
Penilaian
1)
Tes:
Pengetahuan
Bahasa Indonessia dengan
tes tertulis.
2)
Non Tes :
a. Sikap
Spiritual : bersyukur
b. Sikap
Sosial : kerja sama
c.
Keterampilan
2.
Jenis Penilaian
1)
Tes : Tertulis (soal)
2)
Non tes :Kinerja, Pengamatan
3.
Bentuk Penilaian
a.
Pengetahuan
: Essay (Uraian)
berupa melengkapi kosakata
b.
Sikap dan Keterampilan : Rating scale dengan
Rubrik, Pengamatan sikap
4.
Instrumen
Penilaian
a.
Tes : Soal
b.
Non Tes : Rating scale dengan Rubrik
Semarang, 2018
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
.................................................
|
Guru
Kelas
|
No comments:
Post a Comment