Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 30 June 2018

RPP K13 Lengkap Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari Pembelajaran 2 Kosakata tentang kegiatan pagi hari


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan      :  SD Nusa
Kelas / semester          :  I/ I
Tema                           : 3 (Kegiatanku)
Sub Tema                    : 1 ( Kegiatan Pagi Hari )
Pembelajaran               : 2  ( Bahasa Indonesia, PJOK )
Alokasi waktu             : 1 Hari (5JP x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.




  4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.


3.7.1 Menyebutkan kosakata yangberhubungan dengan pagi hari
3.7.2 Memberikan contoh kosakata yang berhubungan dengan kegiatan pagi hari melalui gambar

4.7.1 Menyusun kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari

PJOK
3.3 Memahami pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.3.1 Menunjukkan prosedur gerakan melempar



4.3.1 mempraktikkan gerakan melempar
C.    PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)
1.      Religius
2.      Cermat
3.      Percaya Diri
4.      Gotong Royong
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui gambar siswa dapat menyebutkan kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari dengan lafal dan ejaan yang benar. (R. Kognitif)
2.      Melalui gambar siswa dapat memberikan kota-kota yang berhubungan dengan pagi dengan benar. (R. Kognitif )
3.      Dengan menggunakan kartu-kartu huruf siswa dapat menyusun kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari dengan tepat. (R. Psikomotorik)
4.      Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa dapat menunjukkan prosedur gerakan melempar dengan benar. (R. Kognitif )
5.      Melalui kegiatan praktik siswa dapat melakukan gerakan melempar dengan tepat.
(R. Psikomotorik)
E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kosakata tentang kegiatan pagi
2.      Gerakan melempar
F.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Model                    :  TGT (Teams Game Tournament)
Pendekatan              : Saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
Metode                     : Tanya  jawab, diskusi, penugasan, games.
G.    SINTAKS PEMBELAJARAN
1.      Presentasi di kelas
2.      Tim/kelompok
3.      Game
4.      Turnamen
5.      Penghargaan kelompok
H.    MEDIA
1.    Kartu Huruf
2.    Bola.
3.    Keranjang
F.     SUMBERBELAJAR
1.      Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 3 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
2.      Permendikbud No. 24 tahun 2016.
3.      Lampiran ke-2 Permendikbud No. 24  tahun 2016.
4.      Sumber internet yang relevan.

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pra Pembelajaran
1.      Siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. (Religius: beriman dan bertaqwa)
3.      Siswa diabsen sesuai dengan urutannya
5 Menit
Pendahuluan
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk pintar . (Melatih sikap kerjasama siswa)
5.      Siswa menyiapkan fisik dan psikhis dalam mengawali kegiatan dengan “Tepuk Semangat
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
5 Menit
Inti
a.      Presentasi di kelas
1.      Siswa mengingatkan kembali tentang kosa kata yang berhubungan dengan pagi hari. Siswa menyebutkan kosa kata yang mereka ingat dan guru menuliskannya di papan tulis. (Menanya, Menalar)
b.      Tim/kelompok
2.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri paling banyak 4 orang. (Mencoba)
c.       Game
3.      Masing-masing kelompok diberikan kartu-kartu huruf yang mewakili kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari. (Mengamati)
Text Box: A
Text Box: B Text Box: D
Text Box: C
 


4.      Setiap kelompok diberi waktu untuk menyusun kartu-kartu yang ada menjadi kata yang berhubungan dengan pagi hari. Kelompok pemenangnya adalah yang berhasil menyusun kata paling cepat dan benar. (Mencoba, Menalar)
Text Box: I
Text Box: P Text Box: A2
Text Box: G2
 


5.      Siswa bersama berdiskusi mengenai hasil kerja kelompok. (Mengomunikasikan)
6.      Siswa ke luar kelas menuju halaman sekolah/lapangan olahraga sekolah. Siswa melakukan gerakan pemanasan. (Mencoba)
7.      Siswa memperhatikan tentang teknik-teknik melempar sesuai dengan konsep tubuh, ruang, dan usaha. Dimulai dari gerakan melempar dengan tangan kanan dan kiri. Guru menjelaskan bagaimana posisi tangan saat melempar serta bagaimana jari-jari memegang bola. Di lanjutkan dengan gerakan melempar ke berbagai arah. Guru juga menjelaskan prinsip melakukan gerakan melempar secara benar sesuai konsep tubuh. (Mengamati)
8.      Siswa melakukan latihan melempar seperti yang telah dicontohkan oleh guru secara bersama-sama dengan panduan guru selama lebih kurang 10 menit. (Mencoba)
d.      Turnamen
9.      Kemudian guru memberikan permainan sederhana yaitu permainan melempar bola ke dalam keranjang. Siswa melakukan permainan melempar bola yang sudah ditempeli kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari. (Mencoba, Menalar)
e.       Penghargaan kelompok
10.  Kelompok yang paling banyak memasukkan bola ke dalam keranjangdan sesuai dengan kata yang berhubungan dengan pagi hari menjadi pemenang (Mengomunikasikan)
11.  Guru mengajak refleksi siswa tentang hal-hal yang dipelajari
35 Menit X  30 JP
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit
E.     PEMBELAJARAN REMEDIAL
1.      Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memahami kosakata tentang kegiatan pagi.
2.      Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai melempar bola.
F.     PEMBELAJARAN PENGAYAAN
1.      Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang sudah mampu memahami kosakata tentang kegiatan pagi.
2.      Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang sudah mampu melempar bola.




G.    PENILAIAN
1.         Teknik Penilaian
1)        Tes:
Pengetahuan Bahasa Indonessia dengan tes tertulis.
2)        Non Tes :
a.       Sikap Spiritual : bersyukur
b.      Sikap Sosial : kerja sama
c.       Keterampilan
2.         Jenis Penilaian
1)        Tes                                             : Tertulis (soal)
2)        Non tes                                      :Kinerja, Pengamatan
3.         Bentuk Penilaian
a.       Pengetahuan                             : Essay (Uraian) berupa melengkapi kosakata
b.      Sikap dan Keterampilan           : Rating scale dengan Rubrik, Pengamatan sikap
4.         Instrumen Penilaian
a.       Tes                                            : Soal
b.      Non Tes                                    : Rating scale dengan Rubrik

                                                                                        Semarang,                      2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah,


.................................................
Guru Kelas




No comments:

Post a Comment