Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday, 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 Gemar Membaca


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Identitas Sekolah        : SD Nusa
Tema/SubTema           : 2. Kegemaranku/ 4.GemarMembaca
Pembelajaran               : 4 ( PJOK, Bahasa Indonesia, dan SBdP )
Kelas/ Semester           : I/ I
Alokasi waktu             : 1 hari (5X35 Menit) di peer teaching 30 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
1. PJOK
3.2 Memahami gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.2.1 Menyebutkan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat secara berkelompok.



4.2.1 Mendemonstrasikan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat secara berkelompok
2. Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang
terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.

1.1.2       Menunjukkan gambar cara memegang buku dan membalik halaman

4.1.1 Mendemonstrasikan cara memegang buku/objek bacaan dan membuka/membalik halaman saat membaca
3. SBdP
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya

4.4 Membuat karya dari bahan Alam

3.4.1 Mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat kerajinan
4.4.1 Membuat kerajinan dengan                     
Memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Dihadapkan teks prosedur gerakan mendorong, siswa dapat menyebutkan  prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat dengan benar.
2.   Melalui permainan “Mendorong Tembok”, siswa mampu mendemonstrasikan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat sesuai dengan tepat.
3.   Dihadapkan gambar sikap saat membaca, siswa dapat menunjukkan gambar cara memegang buku dengan benar.
4.   Melalui gambar sikap saat membaca, siswa mampu mendemonstrasikan cara memegang buku degan benar.
5.   Melalui video kerajinan dari tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat kerajinan dengan tepat.
6.   Melalui kegiatan menghias sampul buku, siswa mampu membuat kerajinan dengan memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan dengan rapi.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Gerak Dasar Non – Lokomotor
2.      Persiapan Membaca Permulaan
3.      Pemanfaatan tumbuhan dalam membuat kerajinan

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan                       : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan Mengkomunikasikan)
2.      Model Pembelajaran         : Project Based Learning (PBL)
3.      Metode Pembelajaran       : Demonstrasi, tanyajawab, penugasan, dan ceramah

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Gambar posisi duduk yang benar saat membaca
2.      Teks Bacaan Kancil dan Buaya

G.    SUMBER BELAJAR
1.      Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Guru SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku, Jakarta:  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Siswa SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan











H.    LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran Model Project Based Learning(PBL)
Deskripsi Kegiatan
AlokasiWaktu


Kegiatan Pra Pembelajaran
1.      Siswa berbaris rapi di depan kelas dengan bimbingan guru
2.      Siswa membaca janji siswa
3.      Menyanyikan lagu Nasional (Nasionalis)
4.      Pembiasaan membaca pagi sebelum pembelajaran di mulai. Siswa membaca buku di pojok baca kelas 10 menit (Literasi Dasar)
06.45
Kegiatan Pendahuluan

1.      Guru mengucapkan salam (Religius)
2.      Guru menyapa siswa dan mengkondisikan agar siap belajar.
3.      Membaca doa bersama (Guru mengamati siswa menggunakan rubrik) (Religius)
4.      Seorang siswa diminta untuk memimpin doa (Integritas: membiasakan sikap religious, tanggung-jawab, hormat)
5.      Guru melakukan presensi siswa
6.      Guru mengkondisikan siswa untuk menyiapkan perlengkapan untuk pembelajaran yang akan dilaksanakan dan duduk dengan tenang sesuai dengan kelompoknya (mandiri)
7.      Guru menyiapkan media pembelajaran dan sumber belajar
8.      Guru melakukana apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dipelajari
9.      Guru menyampaikan tema yang  akan dipelajari.
10 Menit
Kegiatan Inti






























1.      Penentuan pertanyaan mendasar
















 

2.      Menyusun perencanaan proyek
3.      Menyusun jadwal

4.      Monitoring

5.      Menguji Hasil


6.      Evaluasi Pengalaman
1.      Siswa untuk berlatih gerak mendorong tanpa berpindah tempat seperti yang telah dilakukan pada pertemuan sebelumnya. (Mencoba)
2.      Siswa mengamati guru melakukan gerakan mendorong dengan posisi menghadap tembok. (mengamati)
3.      Kemudian guru mengajak siswa untuk bermain “Mendorong Tembok”. (mencoba, menalar) (Gotong-royong, Integritas)
Caranya adalah sebagai berikut.
a.       Guru membagi  siswa menjadi 5 kelompok
b.      Masing-masing kelompok berbaris kesamping dengan jarak satu rentan gantangan.
c.       Guru memberi aba-aba, “Bersiaaap.... (siswa berdiri dengan posisi siap), Satu....... (siswa memundurkan kaki kanan), Dua.....  (kaki kiri dimajukan kedepan), Tiga..... (posisi tangan siap mendorong).
d.      Kelompok lain memberi semangat sambil bertepuk tangan.
e.       Guru menghitung waktu dengan stopwatch/jam tangan, berapa lama kelompok tersebut bias bertahan.
f.       Bergiliran kelompok lain melakukan hal yang sama.
g.       Kelompok yang bertahan paling lama keluar menjadi pemenang.
4.      Kemudian siswa menyimak penjelasan dari guru tentang pentingnya tubuh yang sehat dan menjaga kesehatan, salah satunya posisi duduk saat membaca. (mengamati)
5.      Guru melakukan tanyajawab kepada siswa tentang posisi duduk saat membaca. (menanya)
6.      Siswa diminta untuk menunjukkan gambar posisi duduk yang benar saat membaca dengan mengerjakan lembar kerja. (mencoba, menalar)
7.      Siswa mengamati wacana dan gambar pada Buku Siswa. (mengamati) (Mandiri)
8.      Siswa mengamati beberapa buku cerita yang diperlihatkan guru
9.      Siswa mengamati halaman-halaman yang memuat ilustrasi
10.  Guru menanamkan konsep kepada siswa bahwa buku yang rapi dan menarik akan menambah semangat untuk membaca dan belajar sehingga guru mengajak siswa untuk menghias bukunya masing-masing. (mengamati, menalar) (Mandiri)
11.  Siswa diajak keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan menghias buku. (mengamati, menalar)
12.  Siswa dan guru berkolaboratif untuk menyusun langkah-langkah menghias buku. (menalar) (Mandiri)
13.  Guru memberikan rangsangan kepada siswa untuk bertanya tentang pekerjaannya. (menanya)
14.  Guru memberikan bimbingan pekerjaan setiap siswa. (mengamati)
15.  Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
16.  Siswa dan guru mengomentari hasil pekerjaan siswa
130 Menit
Kegiatan Penutup

1.    Siswa dibantu oleh guru untuk menarik kesimpulan tentang apa yang telah mereka lakukan dan pelajari.
2.    Siswa mengerjakan lembar evaluasi.
3.    Guru memberikan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang terlibat aktif selama pembelajaran.
4.    Guru menyampaikan materi pertemuan selanjutnya.
5.    Guru menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
35 Menit
I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Pengetahuan (terlampir)
Teknik : Tes
Jenis    : Tes Tulis
Bentuk : Isian

2. Penilaian Keterampilan (terlampir)
Teknik : Non Tes
Jenis    : Unjuk Kerja
Bentuk            : Rubrik
Tindak lanjut hasil evaluasi yang mecakup remedial dan pengayaan
Remidial       : Siswa yang belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan : Siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan.

Semarang,     5 Maret  2018
Kepala Sekolah                                                                     Guru Kelas 1

No comments:

Post a Comment