RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Identitas Sekolah :
SD Nusa
Tema/SubTema : 2. Kegemaranku/ 4.GemarMembaca
Pembelajaran : 4 ( PJOK, Bahasa Indonesia, dan SBdP )
Kelas/ Semester : I/ I
Alokasi waktu : 1 hari (5X35 Menit) di peer
teaching 30 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1. PJOK
3.2 Memahami gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2 Mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana
dan atau tradisional.
|
3.2.1 Menyebutkan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat secara
berkelompok.
4.2.1 Mendemonstrasikan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat
secara berkelompok
|
2. Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar
dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang
terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan
(duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik
halaman buku, gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya
yang terang) dengan benar.
|
1.1.2
Menunjukkan
gambar cara memegang buku dan membalik halaman
4.1.1 Mendemonstrasikan cara memegang buku/objek
bacaan dan membuka/membalik halaman saat membaca
|
3. SBdP
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya
4.4 Membuat karya
dari bahan Alam
|
3.4.1 Mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan dalam membuat kerajinan
4.4.1 Membuat kerajinan dengan
Memanfaatkan bagian-bagian tumbuhan
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dihadapkan
teks prosedur gerakan mendorong, siswa dapat menyebutkan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat
dengan benar.
2.
Melalui
permainan “Mendorong Tembok”, siswa mampu mendemonstrasikan prosedur gerakan mendorong
tanpa berpindah tempat sesuai dengan tepat.
3.
Dihadapkan
gambar sikap saat membaca, siswa dapat menunjukkan gambar cara memegang buku
dengan benar.
4.
Melalui
gambar sikap saat membaca, siswa mampu mendemonstrasikan cara memegang buku
degan benar.
5.
Melalui
video kerajinan dari tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi pemanfaatan tumbuhan
dalam membuat kerajinan dengan tepat.
6.
Melalui
kegiatan menghias sampul buku, siswa mampu membuat kerajinan dengan memanfaatkan
bagian-bagian tumbuhan dengan rapi.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Gerak
Dasar Non – Lokomotor
2.
Persiapan
Membaca Permulaan
3.
Pemanfaatan
tumbuhan dalam membuat kerajinan
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan Mengkomunikasikan)
2.
Model
Pembelajaran : Project Based Learning (PBL)
3.
Metode
Pembelajaran : Demonstrasi,
tanyajawab, penugasan, dan ceramah
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Gambar
posisi duduk yang benar saat membaca
2.
Teks
Bacaan Kancil dan Buaya
G.
SUMBER BELAJAR
1. Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Guru SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku,
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Adelina, Novilia.dkk.2017. Buku Siswa SD/ MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku,
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
H.
LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan Pembelajaran
|
Langkah Pembelajaran Model Project
Based Learning(PBL)
|
Deskripsi Kegiatan
|
AlokasiWaktu
|
|
|
Kegiatan
Pra Pembelajaran
1.
Siswa berbaris rapi di depan
kelas dengan bimbingan guru
2.
Siswa membaca janji siswa
3.
Menyanyikan lagu Nasional (Nasionalis)
4.
Pembiasaan membaca pagi
sebelum pembelajaran di mulai. Siswa membaca buku di pojok baca kelas 10
menit (Literasi Dasar)
|
06.45
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
1.
Guru mengucapkan salam (Religius)
2.
Guru menyapa siswa dan
mengkondisikan agar siap belajar.
3.
Membaca doa bersama (Guru mengamati siswa menggunakan rubrik) (Religius)
4.
Seorang siswa diminta untuk
memimpin doa (Integritas: membiasakan sikap religious, tanggung-jawab, hormat)
5.
Guru melakukan presensi siswa
6.
Guru mengkondisikan siswa untuk
menyiapkan perlengkapan untuk pembelajaran yang akan dilaksanakan dan duduk
dengan tenang sesuai dengan kelompoknya (mandiri)
7.
Guru menyiapkan media
pembelajaran dan sumber belajar
8. Guru melakukana apersepsi dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran yang akan dipelajari
9. Guru menyampaikan tema yang akan
dipelajari.
|
10 Menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Penentuan pertanyaan
mendasar
2. Menyusun perencanaan
proyek
3. Menyusun jadwal
4. Monitoring
5. Menguji Hasil
6. Evaluasi Pengalaman
|
1.
Siswa untuk berlatih gerak mendorong tanpa berpindah tempat seperti
yang telah dilakukan pada pertemuan sebelumnya. (Mencoba)
2. Siswa mengamati
guru melakukan gerakan mendorong dengan posisi menghadap tembok. (mengamati)
3. Kemudian guru
mengajak siswa untuk bermain “Mendorong Tembok”. (mencoba, menalar)
(Gotong-royong, Integritas)
Caranya adalah sebagai berikut.
a. Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok
b. Masing-masing
kelompok berbaris kesamping dengan jarak satu rentan gantangan.
c. Guru memberi
aba-aba, “Bersiaaap.... (siswa berdiri dengan posisi siap), Satu....... (siswa
memundurkan kaki kanan), Dua..... (kaki kiri dimajukan kedepan), Tiga..... (posisi
tangan siap mendorong).
d. Kelompok lain
memberi semangat sambil bertepuk tangan.
e. Guru
menghitung waktu dengan stopwatch/jam tangan, berapa lama kelompok tersebut
bias bertahan.
f. Bergiliran kelompok
lain melakukan hal yang sama.
g. Kelompok yang
bertahan paling lama keluar menjadi pemenang.
4.
Kemudian siswa menyimak penjelasan dari guru
tentang pentingnya tubuh yang sehat dan menjaga kesehatan, salah satunya posisi
duduk saat membaca. (mengamati)
5.
Guru melakukan tanyajawab kepada siswa tentang posisi
duduk saat membaca. (menanya)
6.
Siswa diminta untuk menunjukkan gambar posisi duduk
yang benar saat membaca dengan mengerjakan lembar kerja. (mencoba, menalar)
7.
Siswa mengamati wacana dan gambar
pada Buku Siswa. (mengamati) (Mandiri)
8.
Siswa mengamati beberapa buku
cerita yang diperlihatkan guru
9.
Siswa mengamati halaman-halaman
yang memuat ilustrasi
10. Guru
menanamkan konsep kepada siswa bahwa buku yang rapi dan menarik akan menambah
semangat untuk membaca dan belajar sehingga guru mengajak siswa untuk menghias
bukunya masing-masing. (mengamati, menalar) (Mandiri)
11. Siswa diajak
keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk membuat
kerajinan menghias buku. (mengamati, menalar)
12. Siswa dan
guru berkolaboratif untuk menyusun langkah-langkah menghias buku. (menalar)
(Mandiri)
13. Guru
memberikan rangsangan kepada siswa untuk bertanya tentang pekerjaannya. (menanya)
14. Guru
memberikan bimbingan pekerjaan setiap siswa. (mengamati)
15. Siswa mempresentasikan
hasil pekerjaannya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
16. Siswa dan
guru mengomentari hasil pekerjaan siswa
|
130
Menit
|
Kegiatan
Penutup
|
|
1. Siswa
dibantu oleh guru untuk menarik kesimpulan tentang apa yang telah mereka
lakukan dan pelajari.
2. Siswa
mengerjakan lembar evaluasi.
3. Guru
memberikan penghargaan kepada siswa dan kelompok yang terlibat aktif selama
pembelajaran.
4. Guru menyampaikan materi pertemuan selanjutnya.
5. Guru
menutup pembelajaran dengan salam dan do’a
|
35 Menit
|
I.
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Pengetahuan
(terlampir)
Teknik : Tes
Jenis : Tes Tulis
Bentuk : Isian
2. Penilaian Keterampilan (terlampir)
Teknik : Non Tes
Jenis : Unjuk Kerja
Bentuk : Rubrik
Tindak lanjut hasil
evaluasi yang mecakup remedial dan pengayaan
Remidial : Siswa yang belum tuntas
pada materi yang diajarkan dengan
memberikan tambahan jam untuk pemahaman
materi.
Pengayaan : Siswa yang sudah tuntas diberi soal
tambahan.
Semarang, 5 Maret 2018
Kepala Sekolah Guru
Kelas 1
No comments:
Post a Comment