Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday, 8 June 2018

RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku Subtema 4 Pembelajaran 5 Model Discovery Learning


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan
:
SD CAHAYA ILMU 
Kelas / semester
:
I / I
Tema
:
1. Diriku
Sub Tema
:
4. Aku Istimewa
Pembelajaran
:
5 (Bahasa Indonesia, Matematika)
Alokasi waktu
:
1 hari (5X35 Menit) di peer teaching 30 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

Mapel/Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.

4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri .

3.11.1 Mengidentifikasi syair lagu
3.11.2 Mengelompokkan syair lagu dalam poster
3.11.3 Menyebutkan syair lagu dalam poster


4.11.1Menyanyikan syair lagu “Sahabat Untuk Selamanya” dari teks

Matematika
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.

3.4.1 Mengelompokkan gambar benda yang sama
3.4.2 Mengidentifikasi konsep penjumlahan bilangan cacah dari 1-10



4.3.1 Menghitung objek gabungan dalam penjumlahan bilangan cacah dari 1-10
4.3.2 Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan cacah dari 1-10



C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui media poster, siswa dapat mengidentifikasi syair lagu dengan benar.
2.      Melalui tabel kelompok, siswa dapat mengelompokkan syair lagu dalam poster dengan tepat.
3.      Melalui media poster, siswa dapat menyebutkan syair lagu dalam poster dengan benar.
4.      Melalui penampilan kelompok, siswa dapat menyanyikan hasil syair lagu dari teks dengan benar.
5.      Melalui media poster, siswa dapat mengelompokkan gambar benda yang sama dengan tepat.
6.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat mengidentifikasi konsep penjumlahan bilangan cacah dari 1-10 dengan benar.
7.      Melalui media gambar, siswa dapat menghitung objek gabungan dalam penjumlahan bilangan cacah dari 1-10 dengan tepat.
8.      Melalui media gambar, siswa dapat menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan cacah dari 1-10 dengan baik.





D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Syair lagu(buku siswa halaman 135-136)
2.      Penjumlahan bilangan cacah sampai dengan 99 (buku siswa halaman 137-139)

E.     METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                :Discovery Learning
METODE              :diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
Media
-          Poster
-          Video Lagu “sahabat”
-          Power Point Materi
Alat Pembelajaran
-          LCD
-          Laptop
-          Speaker

G.    SUMBER BELAJAR    
-          Hendrifiana Yusfina.dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
-          Hendrifiana Yusfina.dkk 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
-          Permendikbud No. 20-24 tahun 2016
-          Panduan penilaian Kurikulum 2013 2016

H.    Karakter Yang Diharapkan
Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, Peduli Lingkungan dan Kebersihan, Cinta Tanah Air, Disiplin, Tanggung Jawab

I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi  Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
A.    Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris dengan rapi sebelum masuk ke kelas
2.      Siswa menyalami guru satu per satu di depan pintu masuk kelas
3.      Guru meminta siswa untuk mengamati keadaan di sekeliling mereka, jika ada sampah atau kertas yang tertinggal siswa diminta untuk memungutinya dan membuangnya ke tempat sampah. (karakter integritas nilai peduli lingkungan dan kebersihan)
4.         Siswa diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran mulai (karakter nasionalis nilai cinta tanah air)

B.     Kegiatan Awal
1.      Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa
2.      Guru menunjuk salah satu siswa yang datang paling awal untuk memimpin kelas dalam berdoa (karakter religius nilai disiplin)
3.      Guru mengomunikasikan kehadiran siswa
4.      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
-Anak-anak, Siapa yang tahu film kartun Upin & Ipin?
-Siapa yang tahu lagu pembuka Upin & Ipin?
Ayo kita bernyanyi bersama.
5.      Guru memberikan motivasi dengan menayangkanvideo lagu “Sahabat” Upin & Ipin.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
7.      Guru menyampaikan urutan kegiatan yang akan dilakukan siswa
15 menit
Inti
a.       Stimulation (memberi stimulus)
1.      Siswa menyimak lagu “sahabat” Upin dan Ipin dalam video. (mengamati)
2.      Siswa menyanyikan lagu “sahabat” Upin dan Ipin.
3.      Siswa melakukan tanya jawab dengan guru berkaitan dengan syair lagu tersebut. (menanya)
30 menit
b.      Problem statement (mengidentifikasi masalah)
4.      Siswa menyimak poster yang telah disiapkan. (mengamati)
5.      Siswa melakukan tanya jawab dengan guru. (menanya)
-          Anak-anak, Siapa yang pernah melihat poster di tempat-tempat umum?
-          Apa yang anak-anak lakukan ketika menemukan poster?
-          Apakah ada yang mengamati?
-          Atau langsung melewati poster tersebut?
6.      Siswa melakukan tanya jawab dengan guru berkaitan poster (menanya)
20 menit
c.       Data collecting (mengumpulkan data)
7.      Siswa dibagi dalam 2 kelompok
8.      Di dalam kelompok, siswa diminta mengamati gambar poster dan menjelaskannya (mengamati dan menalar)
9.      Apabila ada kesulitan, guru membimbing siswa ketika menjelaskan gambar
15 menit
d.      Data processing (mengolah data)
10.  Siswa mendiskusikan LKPD
11.  Kelompok Siswa melakukan tanya jawab mengenai gambar dalam poster. (menanya)
12.  Kelompok Siswa mendeskripsikan gambar dalam poster (mencoba)
13.  Kelompok siswa menjumlahkan isi seluruh gambar dalam poster (menalar)
35 menit
e.       Verification (memferifikasi)
14.  Setelah selesai, setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi (mengomunikasikan)
15.  Siswa dan guru merefleksi.
25 menit
f.       Generalization (menyimpulkan)
16.  Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran hari ini (mengomunikasikan)
15 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran
2.      Guru memberikan umpan balik dan penghargaan terhadap proses dan hasil pembelajaran
3.      Siswa mengerjakan evaluasi tertulis secara individu (karakter mandiri nilai tanggung jawab)
4.      Guru memberikan  tindak lanjut kepada siswa (pembelajaran remidial/pengayaan)
5.      Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
20 menit

J.      PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.        
Tes

Pengetahuan (Bahasa Indonesia, dan Matematika)
b.       
Nontes

1)       
Penilaian sikap


·         Spiritual   : bersyukur, berdoa


·         Sosial       : disiplin, santun, teliti

2)       
Penilaian Keterampilan


·         Bahasa Indonesia    : Menyanyikan syair lagu dari teks


·         Matematika : Menghitung objek gabungan dalam penjumlahan bilangan cacah sampai dengan 99, Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan cacah sampai dengan 99




2.      Bentuk Penilaian
Tes                   : tertulis
Nontes             : kinerja
3.      Instrumen Penilaian
Tes                   : soal pilihan ganda dan isian singkat
Nontes             : ratimg scale disertai rubrik
4.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan








, …. Agustus 2017
Mengetahui,
Kepala SDN CAHAYA ILMU


……………………..

Guru Kelas




No comments:

Post a Comment