RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN TUNAS BANGSA
Kelas / semester :
I
/ 1 (satu)
Tema : 1. Diriku
Sub Tema : 1. Aku
dan Teman Baru
Pembelajaran : 2
Alokasi
waktu : 1 Hari (5JP x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
Bahasa
Indonesia
3.9
Merinci kosakata dan ungkapan
perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan
dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.1
Menyebutkan
nama lengkap
3.9.2
Menyebutkan
nama panggilan teman
|
4.9
Menggunakan kosakata dan ungkapan
yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
|
4.9.1
Memperkenalkan satu
teman kepada teman yang lain.
|
PJOK
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
3.1.1
Mengidentifikasi
gerak lokomotor pada aktivitas berjalan
|
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
4.1.1
Memperagakan gerak
lokomotor pada aktivitas berjalan
|
Karakter:
Disiplin, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/Komunikatif, Mandiri
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan bermain “Cerita Teman”, siswa dapat menyebutkan nama
lengkap dengan benar.
2. Dengan bermain “Cerita Teman”, siswa dapat menyebutkan
nama panggilan teman dengan benar.
3. Dengan bermain “Cerita Teman”, siswa dapat memperkenalkan satu
teman kepada teman.yang lain dengan benar.
4. Dengan mengamati video jalan lokomotor, siswa dapat mengidentifikasi
gerak lokomotor pada aktivitas berjalan dengan benar.
5.
Setelah bermain jalan seperti
kereta api, siswa dapat memperagakan gerak lokomotor pada aktivitas berjalan
dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Mengenal nama lengkap dan panggilan
2. Permainan
perkenalan diri
3. Memperkenalkan teman
E. MODEL/ PENDEKATAN/ METODE
Model :
Discovery Learning
Pendekatan :
Saintifik
Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah,
Penugasan
F. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Buku Siswa
2. Sapu Tangan
3. Tali/ Penghalang
4. Buku Siswa
G. SUMBER BELAJAR
1.
Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah
pembelajaran Model Discovery Learning
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Pada awal
pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan
selamat datang kepada siswa.
2.
Berdoa dan dilanjutkan
menyanyikan lagu Indonesia Raya. (membiasakan
sikap religius dan nasionalis siswa).
3.
Siswa melakukan presensi sebelum
memulai menerima pelajaran.
4.
Guru menyapa
beberapa siswa dan menanyakan namanya.
|
10 menit
|
5. Guru menanyakan kabar kepada siswa. “Bagaimana keadaan kalian? Sehat?” “Apakah kalian masih ingat nama teman-teman baru?”
6. Guru menginformasikan kepada siswa tujuan pembelajaran hari
ini tentang “Memperkenalkan Teman”
|
|||
Inti
|
1. Menjelaskan tujuan pembelajaran
|
1. Pada awal pelajaran siswa mengamati
penjelasan guru tentang kereta api yang jalannya lurus. (mengamati)
2. Siswa
dengan bimbingan guru menyanyikan lagu “Naik Kereta Api” (mengumpulkan informasi)
3. Siswa bermain berjalan seperti kereta api. (bisa di dalam/ di luar kelas)
|
120 menit
|
2. Membagi
petunjuk praktikum/ eksperimen
|
4. Siswa berkelompok sesuai dengan arahan yang diberikan guru (perempuan dan laki-laki terpisah).
5. Setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang.
6. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.
|
||
3. Peserta
didik melaksanakan eksperimen dibawah pengawasan guru
|
7. Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah
ditentukan oleh guru.
8. Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda
oleh guru dengan diiringi lagu “Naik Kereta Api”
9. Siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran.
10. Guru memberi contoh cara bermain “Cerita Teman” (Lihat Buku
Siswa
halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok. (mengamati)
11. Guru memberi aba-aba dalam permainan
tersebut.
12. Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima kasih
sebelum
dan sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.
13. Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang
sama.
Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.
|
||
4. Guru
menunjukkan gejala yang diamati
|
14. Guru mempersilahkan siswa yang lain mendengar dan membantu
mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai
|
||
5. Peserta
didik menyimpulkan hasil eksperimen
|
15. Guru dan siswa menyimpulkan bahwa
semua siswa mempunyai nama lengkap dan panggilan. Nama-nama
mereka semuanya bagus. Adanya nama membuat kita menjadi
saling mengenal.
|
||
Penutup
|
|
1. Siswa
dan guru melakukan refleksi
2. Siswa
mengerjakan tugas evaluasi.
3. Siswa
berdoa sebelum pulang.
4. Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
5. Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada
guru
saat pulang.
|
45 menit
|
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Tes
Bahasa Indonesia, PJOK
b.
Non Tes
·
Penilaian Keterampilan
Bahasa
Indonesia : Memperkenalkan teman
PJOK : Berjalan lurus ke satu
arah dengan tepat
2.
Jenis Penilaian
a.
Tes : Tertulis
b.
Non Tes : Unjuk Kerja
3.
Bentuk Penilaian
a.
Tes :
Isian Singkat
b.
Nontes : Rubrik
Semarang,
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
No comments:
Post a Comment