Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Sunday 3 June 2018

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Aku dan Teman Baru


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SDN TUNAS BANGSA
Kelas / semester         :  I / 1 (satu)
Tema                          :  1. Diriku
Sub Tema                   :  1. Aku dan Teman Baru
Pembelajaran            :  2
Alokasi waktu            :  1 Hari (5JP x 35 menit)



A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

Kompetensi dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.9      Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9.1        Menyebutkan nama lengkap
3.9.2        Menyebutkan nama panggilan teman
4.9      Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
4.9.1        Memperkenalkan satu teman kepada teman yang lain.
PJOK
3.1    Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

3.1.1        Mengidentifikasi gerak lokomotor pada aktivitas berjalan
4.1      Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1.1        Memperagakan gerak lokomotor pada aktivitas berjalan

Karakter: Disiplin, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/Komunikatif, Mandiri

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan bermain “Cerita Teman”, siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
2.      Dengan bermain “Cerita Teman”, siswa dapat menyebutkan nama panggilan teman dengan benar.
3.      Dengan bermain “Cerita Teman”, siswa dapat memperkenalkan satu teman kepada teman.yang lain dengan benar.
4.      Dengan mengamati video jalan lokomotor, siswa dapat mengidentifikasi gerak lokomotor pada aktivitas berjalan dengan benar.
5.      Setelah bermain jalan seperti kereta api, siswa dapat memperagakan gerak lokomotor pada aktivitas berjalan dengan benar.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Mengenal nama lengkap dan panggilan
2.      Permainan perkenalan diri
3.      Memperkenalkan teman


E.     MODEL/ PENDEKATAN/ METODE
Model              :  Discovery Learning
Pendekatan     :  Saintifik
Metode            : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah, Penugasan

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku Siswa
2.      Sapu Tangan
3.      Tali/ Penghalang
4.      Buku Siswa

G.    SUMBER BELAJAR
1.         Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.         Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah pembelajaran Model Discovery Learning
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.        Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.
2.        Berdoa dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. (membiasakan sikap religius dan nasionalis siswa).
3.        Siswa melakukan presensi sebelum memulai menerima pelajaran.
4.        Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.



10 menit
5.      Guru menanyakan kabar kepada siswa. “Bagaimana keadaan kalian? Sehat?” “Apakah kalian masih ingat nama teman-teman baru?”
6.      Guru menginformasikan kepada siswa tujuan pembelajaran hari ini tentang “Memperkenalkan Teman”
Inti
1.      Menjelaskan tujuan pembelajaran

1.      Pada awal pelajaran siswa mengamati penjelasan guru tentang kereta api yang jalannya lurus. (mengamati)
2.      Siswa dengan bimbingan guru menyanyikan lagu “Naik Kereta Api” (mengumpulkan informasi)
3.      Siswa bermain berjalan seperti kereta api. (bisa di dalam/ di luar kelas)

120 menit
2.      Membagi petunjuk praktikum/ eksperimen

4.      Siswa berkelompok sesuai dengan arahan yang diberikan guru (perempuan dan laki-laki terpisah).
5.      Setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang.
6.      Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya.
3.      Peserta didik melaksanakan eksperimen dibawah pengawasan guru

7.      Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh guru.
8.      Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru dengan diiringi lagu “Naik Kereta Api”
9.      Siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang sama saat bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran.
10.  Guru memberi contoh cara bermain “Cerita Teman” (Lihat Buku Siswa halaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok. (mengamati)
11.  Guru memberi aba-aba dalam permainan tersebut.
12.  Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima kasih sebelum dan sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.
13.  Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang sama. Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.
4.      Guru menunjukkan gejala yang diamati

14.  Guru mempersilahkan siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai
5.      Peserta didik menyimpulkan hasil eksperimen

15.  Guru dan siswa menyimpulkan bahwa semua siswa mempunyai nama lengkap dan panggilan. Nama-nama mereka semuanya bagus. Adanya nama membuat kita menjadi saling mengenal.
Penutup

1.      Siswa dan guru melakukan refleksi
2.      Siswa mengerjakan tugas evaluasi.
3.      Siswa berdoa sebelum pulang.
4.      Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
5.      Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
45 menit
                                                                                      
I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.         Teknik Penilaian
a.         Tes
Bahasa Indonesia, PJOK

b.        Non Tes
·         Penilaian Keterampilan
Bahasa Indonesia     : Memperkenalkan teman
PJOK                        : Berjalan lurus ke satu arah dengan tepat
2.         Jenis Penilaian
a.         Tes                 :           Tertulis
b.        Non Tes         :           Unjuk Kerja
3.         Bentuk Penilaian
a.         Tes                 :           Isian Singkat
b.        Nontes                       :           Rubrik

Semarang,         
      Mengetahui,
   Kepala Sekolah                                                                                Guru Kelas

No comments:

Post a Comment