Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday, 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 PBL Problem Based Learning

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : SDN Nusa
Kelas / Semester           : I (Satu) / 1
Tema                             : 2. Kegemaranku
Sub Tema                      : 3. Gemar menggambar
Pembelajaran               : 6
Alokasi Waktu              : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

Mapel/ Kompetensi Dasar
Indikator
PPKn
1.3 Menghargai  keberagaman karakteristik individu di rumah
2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3 Mengidentifikasikeberagaman karateristikindividu di rumah.
4.3 Menceritakan pengalamankebersamaan dalamkeberagaman karakteristikindividu di rumah.

1.3.1 Menunjukkan sikap toleransi terhadap keberagaman karakteristik individu di lingkungan rumah
2.3.1 Ikut serta bekerja sama dengan individu di lingkungan rumah
3.3.1 Menyebutkan gambar kegemaran anggota keluarganya dengan benar
4.3.1 Menceritakan penglaman menggambar bersama anggota keluarga dengan benar.
Bahasa Indonesia
3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara  lisan
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atasbawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.

3.2.1 Menentukan cara meletakkan buku yang tepat
3.2.2 Menentukan jarak yang baik antara mata dengan media menulis dengan tepat
4.2.1 Memperagakan cara meletakkan buku yang tepat
4.2.2 Memperagakan jarak yang baik antara mata dengan media saat menulis
Matematika
3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret

3.6.1 Membuat gambar bangun ruang dengan benar
4.6.1 Mengelompokkan benda sesuai bentuk bangun ruang dengan benar

C.    TUJUAN PEMBALAJARAN
1.      Melalui video menggambar bersama anggota keluarga, siswa mampu menunjukkan sikap toleransi terhadap keberagaman karakteristik individu di lingkungan rumah dengan baik.
2.      Melalui video menggambar bersama anggota keluarga, siswa mampu ikut serta bekerja sama dengan individu di lingkungan rumah dengan baik
3.      Melalui video menggambar bersama anggota keluarga, siswa dapat menyebutkan gambar kegemaran anggota keluarganya dengan benar.
4.      Melalui video menggambar bersama anggota keluarga, siswa mampu menceritakan pengalaman menggambar bersama anggota keluarganya dengan benar.
5.      Dihadapkan gambar meletakkan buku, siswa dapat menentukan cara meletakkan buku dengan benar.
6.      Dihadapkan gambar jarak mata dengan media tulis, siswa dapat menentukan jarak yang baik antara mata dengan media saat menulis dengan benar.
7.      Dihadapkan gambar meletakkan buku, siswa mampu memperagakan cara meletakkan buku dengan benar.
8.      Dihadapkan gambar jarak mata dengan media tulis, siswa mampu memperagakan jarak yang baik antara mata dengan media saat menulis dengan benar.
9.      Dihadapkan gambar model bangun ruang, siswa dapat membuat gambar bangun ruang dengan benar.
10.  Dihadapkan gambar model bangun ruang, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai bentuk bangun ruang dengan benar.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Cara meletakkan buku yang baik
2.      Jarak yang baik antara mata dengan media saat menulis
3.      Benda benda sekitar berbentuk bangun ruang

E.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
            PBL (Problem Based Learning) : Orientasi siswa pada masalah, Mengorganisasikan siswa untuk belajar, Membimbing menyelidiki individu maupun kelompok, Mengembangkan dan menghasilkan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah).
Metode : Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab, Ceramah

F.     MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.      Video menggambar bersama anggota keluarga
2.      Gambar meletakkan buku
3.      Gambar jarak antara mata dengan media menulis
4.      Gambar model bangun ruang
5.      Gambar benda benda sekitar berbentuk bangun ruang


G.    SUMBER BELAJAR
1.      Adellina ,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Guru: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta: KEMENDIKBUD.
2.      Adellina ,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Siswa: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta: KEMENDIKBUD.

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.   Guru mengucapkan salam.
2.   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.(religius)
3.   Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. (Nasionalis)
4.   Guru melakukan presensi.
5.   Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran.
6.   Apersepsi dengan dengan bertanya
Ada apa saja di kelas ini ?”.
“Untuk apakah fungsi kursi ??”.
7.   Guru memberikan motivasi dengan menyanyikan lagu naik delman.
8.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 Menit
Kegiatan Inti
1.      
175 Menit
Penutup
1.   Guru bersama dengan siswa menyimpulkan/ringkasan hasil pembelajaran.
2.   siswa mengerjakan evaluasi.
3.   Guru melakukan refleksi hasil pembelajaran dan evaluasi.
4.   Guru memberikan tindak lanjut (pengayaan dan remedial).
5.   Guru memberi pesan untuk belajar materi selanjutnya.
6.   Guru menutup pelajaran dengan meminta siswa memimpin doa bersama.
20    Menit


I. PENILAIAN
1.      Teknik penilaian                : tes, non tes
a.       Tes                               : tes hasil belajar
b.      Non tes                        : unjuk kerja
2.      Prosedur penilaian             : tes akhir
a.       Tes awal                      : tidak ada
b.      Tes proses                    : memberikan komentar
c.       Tes akhir                      : evaluasi
3.      Jenis penilaian                   : tertulis,pengamatan
a.       Tertulis                        : lembar hasil belajar
b.      Pengamatan                 : lembar rubrik pengamatan
Bentuk tes                   : uraian singkat, rubrik

No comments:

Post a Comment