RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN Nusa
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema : 2. Kegemaranku
Sub Tema : 3. Gemar menggambar
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
Mapel/ Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PPKn
1.3 Menghargai
keberagaman karakteristik individu di rumah
2.3 Bekerja sama dalam konteks kebersamaan dalam
keberagaman karakteristik individu di rumah
3.3
Mengidentifikasikeberagaman karateristikindividu di rumah.
4.3 Menceritakan
pengalamankebersamaan dalamkeberagaman karakteristikindividu di rumah.
|
1.3.1 Menunjukkan sikap toleransi
terhadap keberagaman karakteristik individu di lingkungan rumah
2.3.1 Ikut serta bekerja sama
dengan individu di lingkungan rumah
3.3.1 Menyebutkan gambar
kegemaran anggota keluarganya dengan benar
4.3.1 Menceritakan penglaman
menggambar bersama anggota keluarga dengan benar.
|
Bahasa
Indonesia
3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis
permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara
meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya
yang terang) yang benar secara lisan
4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis
permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara
mata dan buku, gerakan tangan atasbawah, kiri-kanan, latihan pelenturan
gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari
dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus,
dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf
di tempat bercahaya terang) dengan benar.
|
3.2.1
Menentukan cara meletakkan buku yang tepat
3.2.2
Menentukan jarak yang baik antara mata dengan media menulis dengan tepat
4.2.1
Memperagakan cara meletakkan buku yang tepat
4.2.2 Memperagakan
jarak yang baik antara mata dengan media saat menulis
|
Matematika
3.6 Mengenal
bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
4.6
Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu
dengan menggunakan berbagai benda konkret
|
3.6.1 Membuat gambar bangun ruang dengan benar
4.6.1 Mengelompokkan benda sesuai bentuk bangun
ruang dengan benar
|
C.
TUJUAN PEMBALAJARAN
1.
Melalui video
menggambar bersama anggota keluarga, siswa mampu menunjukkan sikap toleransi
terhadap keberagaman karakteristik individu di lingkungan rumah dengan baik.
2.
Melalui video
menggambar bersama anggota keluarga, siswa mampu ikut serta bekerja sama dengan
individu di lingkungan rumah dengan baik
3.
Melalui video menggambar
bersama anggota keluarga, siswa dapat menyebutkan gambar kegemaran anggota
keluarganya dengan benar.
4.
Melalui video
menggambar bersama anggota keluarga, siswa mampu menceritakan pengalaman
menggambar bersama anggota keluarganya dengan benar.
5.
Dihadapkan gambar
meletakkan buku, siswa dapat menentukan cara meletakkan buku dengan benar.
6.
Dihadapkan gambar jarak
mata dengan media tulis, siswa dapat menentukan jarak yang baik antara mata
dengan media saat menulis dengan benar.
7.
Dihadapkan gambar
meletakkan buku, siswa mampu memperagakan cara meletakkan buku dengan benar.
8.
Dihadapkan gambar jarak
mata dengan media tulis, siswa mampu memperagakan jarak yang baik antara mata
dengan media saat menulis dengan benar.
9.
Dihadapkan gambar model
bangun ruang, siswa dapat membuat gambar bangun ruang dengan benar.
10. Dihadapkan
gambar model bangun ruang, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai bentuk
bangun ruang dengan benar.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Cara meletakkan buku
yang baik
2.
Jarak yang baik antara
mata dengan media saat menulis
3.
Benda benda sekitar
berbentuk bangun ruang
E.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
PBL (Problem Based Learning) :
Orientasi siswa pada masalah, Mengorganisasikan siswa untuk belajar, Membimbing
menyelidiki individu maupun kelompok, Mengembangkan dan
menghasilkan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah).
Metode :
Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab, Ceramah
F.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Video menggambar
bersama anggota keluarga
2.
Gambar meletakkan buku
3.
Gambar jarak antara
mata dengan media menulis
4.
Gambar model bangun
ruang
5.
Gambar benda benda
sekitar berbentuk bangun ruang
G.
SUMBER BELAJAR
1.
Adellina
,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Guru: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta:
KEMENDIKBUD.
2.
Adellina
,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Siswa: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta:
KEMENDIKBUD.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam.
2. Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.(religius)
3. Menyanyikan
Lagu Indonesia Raya. (Nasionalis)
4. Guru melakukan presensi.
5. Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran.
6. Apersepsi dengan dengan bertanya
“Ada apa saja di kelas ini ?”.
“Untuk apakah fungsi kursi ??”.
7. Guru memberikan motivasi dengan menyanyikan lagu
naik delman.
8. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
|
175 Menit
|
Penutup
|
1. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan/ringkasan
hasil pembelajaran.
2. siswa mengerjakan evaluasi.
3. Guru melakukan refleksi hasil pembelajaran dan
evaluasi.
4. Guru memberikan tindak lanjut (pengayaan dan
remedial).
5. Guru memberi pesan untuk belajar materi selanjutnya.
6. Guru menutup pelajaran dengan meminta siswa memimpin
doa bersama.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
1.
Teknik penilaian : tes, non tes
a.
Tes : tes hasil
belajar
b.
Non tes : unjuk kerja
2.
Prosedur penilaian : tes akhir
a.
Tes awal : tidak ada
b.
Tes proses : memberikan komentar
c.
Tes akhir : evaluasi
3.
Jenis penilaian : tertulis,pengamatan
a.
Tertulis : lembar hasil belajar
b.
Pengamatan : lembar rubrik pengamatan
Bentuk tes : uraian singkat, rubrik
No comments:
Post a Comment