Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 9 June 2018

Bagaimana Fungsi Pendidikan pada Era Perubahan Sekarang?



Begitu cepatnya perubahan, banyak cerdik pandai menyatakan bahwa tidak semua orang mampu melihat perubahan –perubahanitu, benarkah begitu? Yang mudah kita amati adalah kemajuanteknologi, yang pada dasarnya adalah penerapan sejumlah ilmu dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Berikut ii beberapa contoh tentang cepatnya kemajuan pertumbuhan teknologi. Seorang penulis buku di tahun enampuluhan merasaterkesiap karena baru saja bukunya terbit, pesawat luar angkasa Apollo mendarat di bulan. Mengapa ia terkesiap? Ksrena di dalam buku itu ada kalimat “kalau sauatu saat nanti mausia dapatmendarat di bulan” dst. Nah, bukanlah dengan mendatatkanya apolo di bualan  menjadi ketinggalan zaman ? padahal penuli itu seorang sarjan fisika, tetapi menduga akan secepat itu manusia dapat mendarat di bulan. Seorang pemimpin sekolah swata yang terkenal , dengan biaya yang besarmelatih sejmlah pegawai agar terampil menyimpan arsip nilai, nemonori kursi-kursi untuk ujian, menandai dalam daftar sisw siapa yang sudah membayar spp dan yang belum,dll.
 Pada suatu hari bank tempat sekolah tersebut menyimpan uang menawarkan bonus layanan untuk mengerjakan semua yang dilakuan oleh pegawai yang baru dilatih tadi dengan kerja komputer. Bak menjanjkan secara Cuma-Cuma menulis daftar nama, bayar dan belum bayar hingga membuat nomor ujian  yang lebih bagus dalam waktu yan lebih capat dan jika dihitung harganya lebih murah dari pada menggaji pegawai tadi. Tantangan ini merupakan berkah dan pukulan karena sistem manajemen dalam kompurer dapat melayani begitu efisien dan “mengancam” kedudukan para pegawai yang bekerja secara manual.
Sebuah tempat hiburan direpotkan dengan anggota pemain music yang seering tidak lengkap kehadirannya, padahal tempat music itu disukai oleh orang karena music hidupnya, bukan music rekamam. Oleh majunya teknologi music, masalah tersebut diatasi dengan membeli sebuah keyboard , alat music yang dapat menyajikan semua instrument yang biasanya ditangani oleh lima orang menjadi cukup hanya dimainkan satu orang lewat cara itu selesailah masalahh masalahnya oleh adanya teknollogi baru.
Dari contoh – contoh tadi dapat kita simak bahwa:
a.         Kemajuan ilmu yang mendorong kemajuan tekhnologi telah menyebabkan adanya banyak perubahan di segala bidang kehidupan.
b.         Perubahan itu dapat dipandang menguntunkan, misalnya banyak problem-problem yang dapat diatasi dengan hadirnya teknologi baru, seehingga kehidupan manusia dapat menjadi lebih mudah, praktis, bisa lebih murah, menyenangkan
c.         Perubahan itu dapat juga dianggap tidak menguntungkan, karena cepatnya perubahan pakadang sulit diikuti oleh mereka yang lamban  dapat menghilangkan mata pencaharian seseorang karena kerja manusia digantikan oleh mesin.




Dalam masyarakat yang sudah menerapan teknologi, perubahan yang ada kadang menurut manusia didalamnya untuk menyesuaikan. Wujud dari menyesuaikan tersebut adalah belajar kembali, meski dalam waktu yang tidak  panjang. Tultutan itu kadang lemah, tapi tak jarang juga menekan. Dalam masyarakat industri maju, orang akan amat tersiksa jika terbatas pengetahuanya. Ia akan bingung, bagaimana membeli karcis dari suatu tempat ke tempat lain, ia tidak tahu bagaimana harus membayar sesuatu yang amat diperlukannya karena tidak ada manusia yang dapat berbicara dan dengan demikian dapat menerangkan secara lisan. Mesin-mesin yang jadi “pelayan” itu begitu tidak manusiawi.Informasi yang lewat  layar televisi atau layar komputer akan selalu menayangakan tulisan, tetapi tulisa tersebut begitu cepat berubah hinga denga kemampuan baca dan nalar yang terbatas.
Informasi itu tidak dapat dicerna, serta menolang permasalahanya  . atas dasar keadaanyang demikian itu, semakinmau suatu masyarakat semakin menuntut semua warganya mempunyai pengetahuan yang memadai. Pengetahuan itu selalu ditambah, diperbaharui selaras dengan informasi, pengetahuan yang baru yang ada .
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pada masyarakat yang lebih maju, menuntut warganya belajar terus. Belajar tanpa henti atau dengan kata lain belajar tsepanjang hayat. Warga masyarakat akan mengalami kesulitan apabila sampai ketinggalan dari pengetahuan baru yang memasyarakat, karena ia akan mendapatkankesulitan dalam berhubungan dengan orang , lembaga, layann yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Sisi  lain dari pendidikan sepanjang hayat bagi seseorang adalah peluang majunya yang tiada batasnya, dengan hadirnya pengetahuan ilmu dan teknoogista terjadinya perubahan sosial.
Seorang ahli pendidikan yang bekerja di UNESCO, salah satu lembaga bagian dari Perserikatan Bangsa Bangsa menyatakan bahwa untuk itu warga masyarakat tidak saja harus mau belajar terus menerus, tetapi harus sekaligus gemar belajar.  Haya dengan cara bemikian orang dapat menerima kemajuan ini sebagai bagian dari cara hidup yang baru, dan menerimanya tanpa beban dan keluhan.

No comments:

Post a Comment