Begitu
cepatnya perubahan, banyak cerdik pandai menyatakan bahwa tidak semua orang
mampu melihat perubahan –perubahanitu, benarkah begitu? Yang mudah kita amati
adalah kemajuanteknologi, yang pada dasarnya adalah penerapan sejumlah ilmu
dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Berikut ii beberapa contoh tentang
cepatnya kemajuan pertumbuhan teknologi. Seorang penulis buku di tahun
enampuluhan merasaterkesiap karena baru saja bukunya terbit, pesawat luar
angkasa Apollo mendarat di bulan. Mengapa ia terkesiap? Ksrena di dalam buku
itu ada kalimat “kalau sauatu saat nanti mausia dapatmendarat di bulan” dst.
Nah, bukanlah dengan mendatatkanya apolo di bualan menjadi ketinggalan zaman ? padahal penuli
itu seorang sarjan fisika, tetapi menduga akan secepat itu manusia dapat
mendarat di bulan. Seorang pemimpin sekolah swata yang terkenal , dengan biaya
yang besarmelatih sejmlah pegawai agar terampil menyimpan arsip nilai, nemonori
kursi-kursi untuk ujian, menandai dalam daftar sisw siapa yang sudah membayar
spp dan yang belum,dll.
Pada suatu hari bank tempat sekolah
tersebut menyimpan uang menawarkan bonus layanan untuk mengerjakan semua yang
dilakuan oleh pegawai yang baru dilatih tadi dengan kerja komputer. Bak
menjanjkan secara Cuma-Cuma menulis daftar nama, bayar dan belum bayar hingga
membuat nomor ujian yang lebih bagus
dalam waktu yan lebih capat
dan
jika dihitung harganya lebih murah dari pada menggaji pegawai tadi. Tantangan
ini merupakan berkah dan
pukulan karena sistem manajemen dalam kompurer dapat melayani begitu efisien
dan “mengancam” kedudukan para pegawai yang bekerja secara manual.
Sebuah
tempat hiburan direpotkan dengan anggota pemain music yang seering tidak
lengkap kehadirannya, padahal tempat music itu disukai oleh orang karena music
hidupnya, bukan music rekamam. Oleh majunya teknologi music, masalah tersebut
diatasi dengan membeli sebuah keyboard , alat music yang dapat menyajikan semua
instrument yang biasanya ditangani oleh lima orang menjadi cukup hanya
dimainkan satu orang lewat cara itu selesailah masalahh masalahnya oleh adanya
teknollogi baru.
Dari
contoh – contoh tadi
dapat kita simak bahwa:
a.
Kemajuan ilmu yang
mendorong kemajuan tekhnologi telah menyebabkan adanya banyak perubahan di
segala bidang kehidupan.
b.
Perubahan itu dapat
dipandang menguntunkan, misalnya banyak problem-problem yang dapat diatasi
dengan hadirnya teknologi baru, seehingga kehidupan manusia dapat menjadi lebih
mudah, praktis, bisa lebih murah, menyenangkan
c.
Perubahan itu dapat
juga dianggap tidak menguntungkan, karena cepatnya perubahan pakadang sulit
diikuti oleh mereka yang lamban dapat
menghilangkan mata pencaharian seseorang karena kerja manusia digantikan oleh
mesin.
Dalam masyarakat yang sudah menerapan
teknologi, perubahan yang ada kadang menurut manusia didalamnya untuk
menyesuaikan. Wujud
dari menyesuaikan tersebut adalah belajar kembali, meski dalam waktu yang
tidak panjang. Tultutan itu kadang
lemah, tapi tak jarang juga menekan. Dalam masyarakat industri maju, orang akan
amat tersiksa jika terbatas pengetahuanya. Ia akan bingung, bagaimana membeli
karcis dari suatu tempat ke tempat lain, ia tidak tahu bagaimana harus membayar
sesuatu yang amat diperlukannya karena tidak ada manusia yang dapat berbicara
dan dengan demikian dapat menerangkan secara lisan. Mesin-mesin yang jadi
“pelayan” itu begitu tidak manusiawi.Informasi yang lewat layar televisi atau layar komputer akan selalu
menayangakan tulisan, tetapi tulisa tersebut begitu cepat berubah hinga denga
kemampuan baca dan nalar yang terbatas.
Informasi itu tidak dapat dicerna, serta
menolang permasalahanya . atas dasar
keadaanyang demikian itu, semakinmau suatu masyarakat semakin menuntut semua
warganya mempunyai pengetahuan yang memadai. Pengetahuan itu selalu ditambah,
diperbaharui selaras dengan informasi, pengetahuan yang baru yang ada .
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan
bahwa pada masyarakat yang lebih maju, menuntut warganya belajar terus. Belajar
tanpa henti atau dengan kata lain belajar tsepanjang hayat. Warga masyarakat
akan mengalami kesulitan apabila sampai ketinggalan dari pengetahuan baru yang
memasyarakat, karena ia akan mendapatkankesulitan dalam berhubungan dengan
orang , lembaga, layann yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Sisi
lain dari pendidikan sepanjang hayat bagi
seseorang adalah peluang majunya yang tiada batasnya, dengan hadirnya
pengetahuan ilmu dan teknoogista terjadinya perubahan sosial.
Seorang ahli pendidikan yang bekerja di
UNESCO, salah satu lembaga bagian dari Perserikatan Bangsa Bangsa menyatakan
bahwa untuk itu warga masyarakat tidak saja harus mau belajar terus menerus,
tetapi harus sekaligus gemar belajar.
Haya dengan cara bemikian orang dapat menerima kemajuan ini sebagai
bagian dari cara hidup yang baru, dan menerimanya tanpa beban dan keluhan.
No comments:
Post a Comment