Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Wednesday 6 June 2018

RPP Kelas 1 Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku Pembelajaran 6 Model Think Pair Share


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN NUSA BANGSA
Kelas / Semester        : I / I
Tema                          : 1. Diriku
Sub Tema                   : 2. Tubuhku
Pembelajaran            : 6
Alokasi waktu            : 1 Hari (5JP x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.    KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1. Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.3.1 Mengidentifikasi kata-kata yang berhubungan dengan  anggota tubuh manusia

4.3 Melafalkan bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

4.3.1 Menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan anggota tubuh manusia
2. Matematika
3.2 Menjelaskan  bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
3.2.1 Menyebutkan nama bilangan sesuai  dengan lambang bilangannya
3.2.2 Mengelompokkan lambang bilangan dan nama bilangan sesuai dengan jumlah anggota tubuh manusia
4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang  enyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
4.2.1 Menuliskan lambang bilangan dan nama bilangan sesuai nama-nama anggota tubuh manusia


3. PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari
1.2.1 Mempraktikan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegaiatan
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah

2.2.1 Menunjukkan sikap tertib sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah
3.2.1 Mengidentifikasi kegiatan-kegaitan yang pernah  dilakukan di  rumah yang berhubungan dengan olahraga
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Menceritakan kegiatan yang  pernah dilakukan siswa di rumah tentang olahraga


B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui pembiasaan patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa mampu membudayakan sikap  berdoa sebelum belajar dengan baik
2.      Melalui keteladanan melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa mampu  membudayakan sikap tertib dengan baik
3.      Melalui media kartu kata, siswa dapat mengidentifikasi kata-kata yang berhubungan dengan  anggota tubuh manusia
4.      Melalui media kartu kata, siswa mampu menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan anggota tubuh manusia
5.      Melalui media kartu angka, siswa dapat menyebutkan nama bilangan sesuai  dengan lambang bilangannya
6.      Melalui media kartu angka , siswa mampu mengelompokkan nama bilangan dan lambang bilangan sesuai dengan jumlah anngota tubuh manusia
7.      Melalui diskusi secara berpasangan, siswa mampu menuliskan lambang bilangan dan nama  bilangan sesuai nama-nama anggota tubuh  manusia
8.      Melalui pengamatan video pemanasan, siswa mampu mengidentifikasi  kegiatan-kegiatan yang pernah  dilakukan siswa dirumah yang berhubungan dengan olahraga
9.      Melalui kegiatan bercerita berpasangan, siswa mampu menceritakan kegiatan yang  pernah dilakukan siswa di rumah tentang olahrga
10.  MATERI AJAR
1.      Kata, suku kata dan huruf
2.      Lambang bilangan dan nilai bilangan
3.      Kegiatan olahraga yang pernah dilakukan siswa di rumah

11.  STRATEGI PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran            : Saintifik
Metode Pembelajaran                  : Diskusi, Demonstrasi, Tanya jawab, ceramah
Model Pembelajaran                    : Think Pair Share
PPK                                             : Disipin, santun, religius, cinta tanah air, gemar  membaca,
12.  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
Pendahuluan
Pra Kegiatan
1.    Siswa berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.    Siswa masuk ke dalam kelas secara urut (disiplin)
3.    Siswa menyalami guru di depan kelas (santun)
4.    Siswa membaca surat-surat pendek bersama-sama (religius)
06.45-07.00 WIB
Kegiatan Awal
1.   Guru mengucapkan salam untuk membuka kegiatan pembelajaran (religius)
2.    Guru meminta  salah satu siswa untuk memimpin doa (religius)
3.    Guru mengajak siswa, bersama-sama untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya (cinta tanah air)
4.    Guru mengabsen kehadiran siswa
5.    Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
·         sebutkan anggota tubuh manusia yang kamu ketahui?
·         coba tunjukkan salah satu anggota tubuh kalian?
·         ada berapakah jumlah  jari  tangan kalian?
6.    Guru membangkitkan motivasi siswa dengan mengajak siswa untuk menyanyi dua mata saya
7.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
15 Menit
Kegiatan Inti
A.     Think (Berpikir)
1.      Siswa mengamati kartu kata yang ditunjukkan oleh guru di depan kelas. Kartu  kata tersebut berisi tentang kata-kata dan suku kata yang berhubungan dengan anggota tubuh manusia (mengamati)
2.      Secara bersama-sama siswa menirukan pengucapan dari salah satu kartu kata yang ditunjuk oleh guru (mencoba)
3.      Siswa mencoba membaca kata-kata lainnya dengan cara mengeja huruf penyusun kata, per suku kata lalu per huruf (menalar) (Literasi: Membaca)
4.      Guru mengulangi membaca nyaring ini sebanyak tiga kali. Secara bergiliran siswa membacakan di depan kelas untuk membacakan kartu kata dimulai dari kata, suku kata dan per huruf (mengkomunikasikan)
5.      Siswa mengerjakan latihan untuk menuliskan kata-kata berdasarkan anggota tubuh dan menguraikannya menjadi suku kata hingga menjadi huruf (mengasosiasi)
6.      Siswa membacakan hasil kerjanya tentang menuliskan kata kata, suku kata dan huruf di depan kelas secara bergiliran (mengkomunikasikan) (Mandiri-Gemar membaca)
7.      Guru memberikan penguatan tentang pemisahan kata menjadi suku kata hingga menjadi huruf
B.     Pair (Berpasangan)
1.      Siswa diminta untuk duduk berpasangan dengan teman sebangkunya dan memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan kartu angka
2.      Siswa mengamati guru dalam membacakan lambang bilangan dan cara pengucapan nama lambang bilangannya. Guru mngambil salah satu kata tentang lambang bilangan dan menempelkannya di kertas karton. Kemudian guru mengambil kata yang tepat pada sesuai dengan pengucapan nama lambang bilangan tersebut. secara bersama-sama siswa membacakan kata tentang lambang bilangan tersebut (mengamati)
3.      Secara berpasangan, siswa diminta untuk maju di depan kelas untuk melakukan seperti yang dicontohkan guru (mencoba) (teliti)
4.      Salah satu siswa mengambil kartu angka. dan salah siswa lainnya mengambil kartu kata pengucapan nama bilangan yang sesuai dengan angka tersebut (Menalar)
5.      Siswa  diminta untuk melafalkannya angka dan pengucapannya secara berpasangan (mengkomunikasikan)
6.       Guru mengulang sebanyak 3 kali agar siswa lebih jelas dalam materi ini. kemudian guru menempelkan karton yang berisi tentang anggota tubuh manusia, dan siswa akan diminta untuk menuliskan jumlah lambang bilangan dan nama bilangannya sesuai dengan anggota tubuh tersebut
7.      Siswa memperhatikan anggota tubuh manusia yang ada pada karton (mengamati)
8.      Siswa menyebutkan nama anggota tubuh pada gambar (mencoba)
9.      Siswa menyebutkan lambang bilangan sesuai jumlah anggota tubuh pada gambar (menalar)
10.  Siswa mengucapkan nama bilangan dari lambang bilangan yang sesuai dengan gambar (mengkomunikasikan)
11.  Guru membagikan lembar kerja yang harus dikerjakan secara berpasangan tentang anggota tubuh manusia, lambang bilangan dan nama bilangannya.
12.  Siswa mengamati lembar kerja yang diberikan oleh guru (mengamati)
13.  Siswa mengidentifikasi nama anggota tubuh manusia, lambang bilangan dan nama bilangannya secara berpasangan (menalar)
14.  Siswa menuliskan pada lembar kerja yang telah disediakan (mengasosiasi)
15.  Siswa membacakan hasil kerjanya di depan kelas secara berpasangan dalam mengucapkannya (mengkomunikasikan)
16.  Untuk menambah semangat siswa, guru mengajak siswa menyannyikan lagu “Aku Anak Sehat”. Setelah selesai siswa diminta keluar kelas untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.
C. Share (Berbagi)
17.  Siswa mengamati video tentang pemanasan (mengamati) 
18.  Siswa bersama-sama melakukan kegiatan pemanasan sebelum olahraga di luar kelas. Guru menyampaikan informasi mengenai pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh
19.  Siswa mengamati guru yang sedang  memberikan contoh gerak tubuh yang menyehatkan. Pertama, siswa melakukan pemanasan dengan berjalan keliling lapangan sekolah. Lalu siswa berkumpul di tengah lapangan dan membentuk barisan. Siswa menggerakkan anggota tubuh, seperti kepala, kaki dan tangan agar otot tubuh tidak kaku. Gerakan tubuh saat pemanasan menirukan gerakan guru (mengamati)
20.  Setelah pemanasan, siswa diminta memilih pasangan. Perempuan dengan perempuan, laki-laki dengan laki-laki. Setiap pasangan diminta bergandengan tangan. Semua pasangan berdiri berjajar di satu sisi lapangan (mencoba)
21.  Guru memberikan aba-aba dengan meniup peluit. Saat aba-aba terdengar, siswa berlari lurus menuju sisi lapangan yang lain bersama pasangannya dan kembali lagi ke sisi lapangan semula (menalar)
22.  Setelah selesai siswa diminta masuk ke dalam kelas. dan kembali duduk dengan pasangannya masing-masing.
23.  secara bergantian siswa menceritakan pengalamannya dalam melakukan kegiatan olahraga di rumah dengan pasangannya masing-masing (mengkomunikasikan) (Komunikatif)
135 Menit
Penutup
1.    Siswa mengerjakan latihan soal evaluasi
2.    Guru membahas latihan soal evaluasi yang dikerjakan siswa.
3.    Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
4.    Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran
5.    Guru melakukan tindak lanjut dengan mengadakan pengayaan dan tugas rumah
6.    Secara bersama-sama siswa menyanyikan lagu daerah
7.    Guru menyampaikan pesan moral dari pembelajaran hari ini
8.    Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
9.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
25 Menit

1.      MEDIA, ALAT, DAN SUMBER AJAR
1.      Media                          : Kartu kata, kartu angka, gambar bagian tubuh manusia.
2.      Alat/bahan                   : Kertas karton, boardmarker, gunting.
3.      Sumber belajar            :
-          Hendrifiana, Yusfina.dkk 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Hendrifiana, Yusfina.dkk 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

2.      PENILAIAN
1.      Teknik penilaian                 
1)      Tes
pengetahuan :Tes tertulis.
2)       Non tes
a.    Sikap
a)        Spiritual                 : Bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah kegiatan.
b)        Sosial                     : Tertib, disiplin, percaya diri, kerjasama.


b.    Keterampilan
a)        Bahasa Indonesia   :  Menyusun dan membaca kata, suku kata dan huruf  dalam bahasa  Indonesia.
b)        Matematika            : Menuliskan lambang bilangan dan nama bilangan.
c)        Pkn                         : Menceritakan pengalaman pemanasan sebelum olahraga
2.      Bentuk penilaian                  : uraian singkat dan rating scale dengan rubrik
1)        Tes                                 : Tertulis
2)        Non tes                          : Unjuk Kerja,
3.      Instrumen penilaian             : lembar observasi, lembar soal, lembar skala sikap
1)      Tes                                 : Soal (pilihan ganda )
2)      Non tes                          : Rubrik
4.      Tindak lanjut hasil evaluasi yang mecakup remedial dan pengayaan

Remidial    :Bagi siswa yang belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan   memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan : bagi siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan.
Semarang,  ……………..2018
Kepala Sekolah                                                                 Guru Kelas I

No comments:

Post a Comment