Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Sunday 3 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 5 Aku dan Teman Baru


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SD…………
Kelas/ semester                  : I / I
Tema                                  : I. Diriku
Subtema                             : I. Aku dan Teman Baru
Pembelajaran                    : 5. Matematika, Bahasa Indonesia
Alokasi waktu                   : 1  Hari (5JP x 35 menit)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan Pembelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Matematika
3.2  Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya.
3.2.1 Mengidentifikasi bilangan 1 sampai dengan 10
4.2  Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat.
4.2.1 Melakukan permainan tebak lambang bilangan
Bahasa Indonesia
3.3  Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
3.3.1 Mengidentifikasi  huruf-huruf penyusun dari suatu kata
4.3  Melafalkan bunyi vokal dan
konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
4.3.1 Melakukan permainan tebak huruf

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui pengamatan pada kartu bilangan, siswa dapat mengidentifikasi bilangan 1 sampai dengan 10 dengan tepat
2.    Melalui permainan tebak bilangan, siswa dapat menuliskan lambang bilangan 1 sampai dengan 10 dengan benar
3.    Melalui permainan tebak bilangan, siswa dapat melafalkan bilangan 1 sampai dengan 10 dengan benar
4.    Melalui pengamatan, siswa dapat mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan dengan tepat
5.    Melalui permainan kartu huruf, siswa dapat mengidentifikasi huruf-huruf penyusun dari suatu kata dengan benar
6.    Melalui permainan tebak huruf, siswa dapat menuliskan huruf konsonan yang hilang dari suatu kata dengan benar
7.    Melalui permainan tebak huruf, siswa dapat melafalkan huruf konsonan yang hilang dari suatu kata dengan benar
D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Lambang bilangan 1 – 10
2.      Huruf vokal dan konsonan
E.     MEDIA, ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.      Media Pembelajaran
a.     Kartu lambang bilangan dari 1 sampai dengan 10
b.     Kartu huruf huruf dari a-z
c.     Kartu-kartu nama teman dengan huruf yang tidak lengkap, huruf konsonan dihilangkan

2.      Alat/bahan Pembelajaran
a.     Alat tulis
3.      Sumber Belajar
Nurhasanah dan Lubna Assagaf. 2017. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegiatanku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Nurhasanah dan Lubna Assagaf. 2017. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegiatanku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
F.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
PEDEKATAN                        :Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan.
MODEL                      : Think Pair Share
METODE                   : Diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Pra Kegiatan
1.    Siswa berbaris di luar kelas. Siswa secara bergiliran setiap hari untuk memimpin. (berani, tanggung jawab)
2.    Siswa melafalkan Pancasila bersama-sama dipimpin oleh seorang siswa. (nasionalis)
3.    Siswa masuk ke kelas scara urut dan tertib. (disiplin)
4.    Siswa menyalami guru di depan kelas. (santun, hormat)
15 menit (06.45-07.00)
Kegiatan Pendahuluan
1.     Guru mengkondisikan kelas.
2.     Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
3.     Guru mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing (religius)
4.     Guru melakukan presensi kehadiran siswa
5.     Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran
6.     Guru memberikan apersepsi yang terkait dengan materi pembelajaran, yaitu dengan meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar kelas, lalu minta siswa menghitungnya. Berapa banyak meja guru? Berapa banyak meja dan bangku siswa? Berapa banyak penghapus papan tulis? Dan seterusnya. Apakah kalian sudah bisa menghitung banyaknya benda di kelas?
7.     Guru membangkitkan motivasi belajar siswa dengan menyanyikan lagu “1 2 3 4”
8.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

15 Menit
Kegiatan Inti
a.    Think (Berfikir)
1.      Siswa mengamati benda-benda yang ada di dalam kelas. (mengamati)
2.      Siswa bertanya pada guru mengenai benda-benda yang ada di dalam kelas (menanya)
3.      Siswa mengamati lambang bilangan 1 sampai dengan 10 yang ditampilkan oleh guru (mengamati)
4.      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai lambang bilangan 1 sampai dengan 10 (menanya, mengumpulkan informasi)
5.      Siswa mengamati poster huruf alfabet dan huruf vokal yang ditampilkan guru (mengamati, mengumpulkan informasi)
6.      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai aturan bermain tebak bilangan. Ada kelompok siswa yang memberi soal dan ada kelompok yang akan menjawab soal. (menanya, mengumpulkan informasi, menalar)
135 menit

b.   Pair (Berpasangan)
7.      Siswa dibentuk kelompok secara berpasangan (dua anggota) dengan teman sebangkunya
8.      Siswa diundi kelompok mana yang memberi soal dan yang menjawab soal. Apabila kelompok yang mendapat kesempatan untuk menjawab soal tidak bisa, kelompok lain akan berlomba/berebut untuk menjawab soal tersebut.
9.      Setiap kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. Oleh karena itu, setiap kelompok diminta untuk menyiapkan/membuat/merancang soal. (menanya, mencoba, menalar, mengkomunikasikan)
10.  Soal yang dimaksud adalah setiap kelompok menyediakan atau menunjukkan suatu benda dengan jumlah antara 1 sampai dengan 10 (mengkomunikasikan)
11.  Kelompok 1 maju ke depan kelas. Kelompok 1 meminta kelompok 2 untuk membilang benda yang disediakan atau ditunjukkan (menalar, mengomunikasikan)
12.  Kelompok 2 membilang, kemudian menuliskan lambang bilangan yang sesuai pada kertas yang telah disediakan oleh guru lalu mengangkat/menunjukkan kertas tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal. (mengkomunikasikan)
13.  Setelah melakukan permainan tentang lambang bilangan, siswa melakukan permainan tebak huruf. Aturannya masih sama seperti saat memainkan tebak lambang bilangan hanya saja kartunya diganti dengan kartu huruf a-z  (mencoba)
14.  Siswa diberikan kartu nama yang tidak lengkap hurufnya yaitu dihilangkan huruf konsonannya (mengamati)
15.  Kelompok 1 mengalungkan kartu nama kepada pasangan kelompoknya sesuai dengan namanya.
16.  Kelompok 2 menyebutkan nama pemilik kartu, menebak huruf yang hilang kemudian mengangkat kartu huruf yang hilang. (mencoba)
17.  Begitu seterusnya sampai semua kelompok mendapat giliran untuk memberi dan menjawab soal.(gotong royong, kerjasama, solidaritas, saling menolong)


c.    Share (Berbagi)
18.  Siswa mendiskusikan LKPD dengan teman sebangku (menanya, menalar/mengolah informasi)
19.  Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas (mengkomunikasikan)

Kegiatan
Penutup
1.      Guru bersama siswa merefleksi kegiatan pembelajaran
2.      Siswa merangkum hasil pembelajaran
3.      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
4.      Untuk menguatkan siswa tentang konsep bilangan dna lambangnya, siswa  mengerjakan soal evaluasi di halaman 24-25. (mandiri, kerja keras, kreatif, disiplin)
5.      Untuk menguatkan siswa tentang huruf, siswa mengerjakan latihan di halaman 27. (mandiri, kerja keras, kreatif, disiplin)
6.      Guru memberikan pengayaan dan remidial
7.      Guru memberikan pesan untuk mempelajari materi berikutnya/yang akan datang
8.      Guru bersama siswa menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
9.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan memberi pesan moral
25
Menit

H.    PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.         Tes
Penilaian Pengatahuan Matematika, Bahasa Indonesia
b.        Non Tes
Penilaian Keterampilan
·         Matematika          : Menuliskan bilangan 1 sampai 10
·         Bahasa Indonesia : Melafalkan huruf konsonan yang hilang dari nama temannya
2.      Jenis Penilaian
Tes tertulis, unjuk kerja
3.      Bentuk Penilaian
Tes       : Tertulis
Nontes : Observasi
4.      Instrumen Penilaian
Tes       : Soal pilihan ganda
Nontes :
-          Rubrik permainan tebak lambang bilangan
-          Rubrik permainan menebak huruf konsonan yang hilang
I.       PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.      Remidial          : bagi siswa yang masih belum dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik, akan diberikan tambahan jam untuk pendalaman materi.
2.      Pengayaan       : bagi siswa yang sudah dapat memahami materi dengan baik diberi soal tambahan.
                                                                                                       Semarang, 
Mengetahui,
Kepala SD…………….                                                                                  Guru Kelas I

No comments:

Post a Comment