Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday, 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 5 Gemar Membaca


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Identitas Sekolah        : SD Nusa
Tema/SubTema           : 2. Kegemaranku/ 4.GemarMembaca
Pembelajaran               : 5 ( Bahasa Indonesia, dan  Matematika )
Kelas/ Semester           : I/ I
Alokasi waktu             : 1 hari (5X35 Menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata  dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.

3.1.1 Menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca
4.1.1 Mendemonstrasikan pencahayaan yang baik saat membaca
Matematika        
3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/ gerakan atau lainnya.
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya
3.5.1 Mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya.
4.5.1 Mencoba  membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dihadapkan soal posisi pencahayaan saat membaca , siswa dapat menunjukkan gambar posisi cahaya yang benar saat membaca dengan benar.
2.      Melalui kegiatan presentasi, siswa dapat mendemonstrasikan pencahayaan yang baik saat membaca dengan disiplin.
3.      Melalui kegiatan mencocokkan gambar, siswa dapat mengidentifikasi pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakanatau lainnya dengan tepat.
4.      Melalui pengamatan pola bilangan pada kumpulan benda/gambar, siswa dapat mencoba membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda atau gambar dengan benar
D.    Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia : Posisi pencahayaan yang baik saat membaca
Matematika          : Pola bilangan
E.     Model/Pendekatan/Metode
Pendekatan            : Saintifik (mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengkomunikasikan)
Metode                 : Tanya  jawab, diskusi, demontrasi, penugasan, dan ceramah
Model                   : Picture and Picture

F.     Media Pembelajaran
1.      Gambar tentang posisi pencahayaan yang benar saat membaca
2.      Buku bacaan anak,
3.      Gambar benda-benda untuk membuat pola bilangan.
G.    Sumber Belajar
Adellina, Novillia.dkk 2016.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Adellina, Novillia,dkk. 2016Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H.    Langkah–Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Langkah Model Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
 Pra Pembelajaran


1.      Siswa berbaris rapi didepan kelas dengan bimbingan guru
2.      Membaca janji siswa
3.      Menyanyikan lagu Indonesia Raya (Nasionalis)
4.      Pembiasaan membaca pagi sebelum pembelajaran di mulai. Siswa membaca buku di pojok baca kelas 10 menit (Literasi)
06.45
Pendahuluan

1.      Guru mengucapkan salam (Religius)
2.      Guru menyapa siswa dan mengkondisikan agar siap belajar.
3.      Membaca doa bersama (Guru mengamati siswa menggunakan rubrik) (Religius)
4.      Seorang siswa diminta untuk memimpin doa (Integritas: membiasakan sikap religious, tanggung-jawab, hormat)
5.      Guru melakukan presensi siswa
6.      Guru mengkondisikan siswa untuk menyiapkan perlengkapan untuk pembelajaran yang akan dilaksanakan dan duduk dengan tenang sesuai dengan kelompoknya (mandiri)
7.      Guru menyiapkan media pembelajaran dan sumber belajar
8.      Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
10 menit
1.Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
9.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
10.  Siswa menyimak penjelasan tentang apa kegiatan belajar yang akan dilakukan hari ini
Kegiatan inti
2.Menyajikan materi sebagai pengantar
1.      Kegiatan diawali dengan review pembelajaran kemarin tentang jenis-jenis bacaan. (mengamati, menanya)
130 menit
3.Menunjukkan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi
2.      Guru mengingatkan siswa jenis-jenis bacaan yang telah mereka ketahui dan bacaan yang menjadi kegemaran para siswa dan anggota keluarganya. (menalar)
3.      Siswa mengamati  gambar pencahayaan yang baik saat membaca (mengamati) (mandiri)
4.      Siswa dan guru bertanya jawab mengenai posisi cahaya yang baik saat membaca. (mengamati, menanya) (mandiri)
5.      Kemudian, siswa berlatih membaca nyaring kata-kata yang ada di Buku Siswa dengan posisi duduk yang baik. (mengamati, mencoba)
6.      Kegiatan dilanjutkan dengan menunjukkan gambar berbagai buku bacaan (mengamati)
7.      Siswa diminta menyusun gambar-gambar tersebut dengan pola tertentu. Gambar-gambar tersebut misalnya koran komik majalah ulangi lagi dengan susunan yang sama. (mencoba, menalar) (mandiri)
4.Menanyakan dasar pemikiran urutan gambar
8.      Siswa menghilangkan satu gambar, teman sekelompok diminta untuk menebak benda apa yang hilang, agar susunan tetap berpola. (mencoba, menalar) (mandiri, gotong-royong)
5.Menanamkan konsep/materi
9.      Guru menguatkan pemahaman siswa tentang pola bilangan (menalar)
6.Siswa diajak menyimpulkan materi
10.  Siswa dibantu guru untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan. (mengomunikasikan)

Penutup

1.      Guru mengajak refleksi siswa  tentang hal-hal yang dipelajari
2.      Siswa mengerjakan soal evaluasi
3.      Guru memberikan pengayaan dan remidi sebagai tindak lanjut
4.      Salah satu siswa memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran
35 menit


I.       Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Pengetahuan (terlampir)
Teknik : Tes
Jenis    : Tes Tulis
Bentuk : Isian
2. Penilaian Keterampilan (terlampir)
Teknik : Non Tes
Jenis    : Unjuk Kerja
Bentuk            : Rubrik

Tindak lanjut hasil evaluasi yang mecakup remedial dan pengayaan
Remidial          : Siswa yang belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan       : Siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan.
Semarang,    5 Maret 2018
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas I


No comments:

Post a Comment