Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Monday 4 June 2018

RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku Pembelajaran 3 Model Problem Based Learning PBL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN Pelita Bangsa
Kelas / Semester        : I / I
Tema                          : 1. Diriku
Sub Tema                   : 2. Tubuhku
Pembelajaran            : 3
Alokasi waktu            : 1 Hari (5JP x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan  kegiatan persiapan membacapermulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku,cara memegang buku, cara membalik halaman buku,gerakan mata dari kiri kekanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
3.1.1 Menunjukkan posisi yang tepat saat duduk dan membaca
3.1.2 Menyebutkan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca




4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang  terang) dengan cara yang benar
4.1.1 Memperagakan posisi yang tepat saat duduk dan membaca
4.1.2 Mendemonstrasikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca

Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.




3.1.1 Membilang 1 sampai dengan 10 dengan bantuan jari tangan
3.1.2 Mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok
3.1.3 Menunjukkan lambang bilangan jumlah benda dalam suatu kelompok

4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
4.1.1 Menyesuaikan bilangan dengan jumlah benda
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari dirumah.
1.2.1 Menunjukkan sikap berdoa sebelum dan sudah belajar

2.2.1 Mampu menunjukkan sikap tertib

3.2.1 Mengidentifikasi kegiatan pada malam hari dan bangun pada pagi hari
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1 Menceritakan kebiasaan di rumah ketika sebelum tidur dan bangun tidur

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui pembiasaan patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa mampu membudayakan sikap  berdoa sebelum belajar dengan baik
2.      Melalui keteladanan melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah, siswa mampu  membudayakan sikap tertib dengan baik
3.      Melalui pengamatan gambar posisi sikap duduk, siswa dapat menunjukkan posisi yang tepat saat duduk dan membaca dengan tepat.
4.      Melalui pengamatan gambar jarak membaca siswa dapat menyebutkan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca dengan tepat.
5.      Melalui peragaan dari siswa, siswa mampu memeragakan posisi yang tepat saat duduk dan membaca dengan benar
6.      Melalui peragaan dari siswa, siswa mampu mendemonstrasikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca dengan tepat.
7.      Melalui video berhitung 1-10, siswa dapat membilang 1 sampai dengan 10 dengan bantuan jari tangan dengan benar.
8.      Melalui media gambar dan latihan  membilang banyaknya benda dengan teman sebangku, siswa dapat mengidentifikasi banyaknya benda dalam suatu kelompok  dengan benar.
9.      Melalui media gambar dan  latihan  membilang lambang bilangan dengan teman sebangku, siswa dapat menunjukkan lambang bilangan jumlah benda dalam suatu kelompok dengan benar.
10.  Melalui latihan  membilang banyaknya benda, siswa dapat menyesuaikan bilangan dengan jumlah benda dengan tepat.
11.  Melalui pengamatan gambar kegiatan malam hari dan pagi hari, siswa dapat mengidentifikasi kegiatan pada malam hari dan pagi hari dengan tepat.
12.  Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat menceritakan kebiasaan di rumah ketika sebelum tidur dan bangun tidur dengan benar.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Aturan dan cara membaca buku  yang tepat (buku siswa halaman 51)
2.      Bilangan 1-10 (buku siswa halaman 53)
3.      Kegiatan pada malam hari (buku siswa halaman 56)


E.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                : Problem Based Learning (PBL)
METODE              : Diskusi, tanya jawab,penugasan, ceramah
PPK                       : Disiplin, santun, religius, nasionalis, komunikatif, mandiri, kerjasama

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Pra Kegiatan
1.    Siswa berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.    Siswa masuk ke dalam kelas secara urut (disiplin)
3.    Siswa menyalami guru di depan kelas (santun)
4.    Siswa membaca surat-surat pendek bersama-sama (religius)
06.45-07.00 WIB
Kegiatan Awal
1.   Guru mengucapkan salam untuk membuka kegiatan pembelajaran (religius)
2.    Guru meminta  salah satu siswa untuk memimpin doa (religius)
3.    Guru mengajak siswa, bersama-sama untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya (nasionalis)
4.    Guru mengabsen kehadiran siswa
5.    Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
·         Apa sajakah alat indra manusia?
·         Siapa yang membaca terbiasa membaca di rumah?
·         Apakah alat indra yang digunakan untuk membaca?
·         Bagaimana cara membaca buku yang benar?
6.    Guru membangkitkan motivasi siswa dengan mengajak siswa untuk menyanyi lagu “ satu dua tiga”
7.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
10 menit
Kegiatan Inti
Orientasi perserta didik pada masalah
1.    Siswa mengamati gambar yang menunjukkan posisi tubuh yang tepat saat duduk dan gambar posisi tubuh dan jarak mata saat membaca. (mengamati)
2.    Guru bertanya kepada siswa apa pendapat mereka tentang kedua gambar tersebut. (menanya)
3.    Siswa mencoba mengidentifikasi posisi tubuh jarak yang tepat saat membaca sesuai pada gambar (mencoba)
4.    Siswa membandingkan antara gambar dengan posisi tubuh mereka saat duduk dan membaca dan mencoba mencari alasan tentang hal tersebut (menalar)
5.    Siswa mendemonstrasikan posisi duduk dan jarak mata dengan objek saat membaca dan memberikan alasan tentang posisi duduk dan  jarak mata saat membaca (mencoba) (mandiri)
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
6.    Semua siswa dalam kelas memperhatikan peragaan dari teman  tentang posisi tubuh yang sesuai dengan gambar yang diperlihatkan, baik posisi tubuh yang tepat maupun yang salah (mengamati)
7.    Siswa bertanya tentang demonstrasi yang dilakukan temannya (bertanya)
8.    Siswa mengamati mana posisi tubuh yang benar dan mana posisi yang salah. (mengamati)
9.    Siswa mempergakan posisi tubuh yang tepat saat duduk berdasarkan informasi dan demonstrasi yang sudah diperlihatkan oleh  temannya (menalar )
Membimbing penyelidikan individu
10.Siswa diminta berdiri, lalu duduk kembali dengan posisi tubuh yang tepat. Kemudian siswa diminta untuk mengatur jarak mata dengan buku kira-kira 30 cm.(mencoba)
11.Siswa memperagakan cara mengatur jarak mata dengan buku  saat membaca.(mencoba)
12. Siswa memberikan kesimpulan tentang jarak mata dengan buku  saat membaca (Komunikatif)
13.Siswa mengamati video tentang berhitung 1-10 . siswa mengamati cari membilang dan menghitung angka 1-10 (mengamati)
14. Siswa diminta untuk membilang 1 sampai dengan 10 dengan menggunakan jari. Kegiatan ini diulang beberapa kali.(mencoba)
15.Siswa mengamati gambar benda dalam satu kelompok dan bersama-sama menghitung jumlah benda tersebut (mengamati)
16. Guru menanyakan jumlah benda dalam satu kelompok, siswa menjawab jumlah benda yang telah dihitungnya (mencoba)
17. Secara berpasangan siswa menghitung  lambang bilangan sesuai dengan jumlah suatu kelompok benda (menalar)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
18. Secara acak, siswa diminta menyebutkan jumlah bilangan dan  menunjukkan gambar benda  yang dimaksud.  (menalar)
19.Secara berpasangan siswa berlatih untuk menentukan jumlah bilangan sesuai dengan kelompok gambar yang ditunjukkan. setelah selesai siswa diminta untuk menyampaikan di depan kelas (mengkomunikasikan)
20. Siswa mengamati gambar tentang kegiatan sebelum tidur malam dan ketika bangun tidur di pagi hari (mengamati)
21.Siswa bertanya kepada teman sebangkunya  tentang kegiatan yang dilakukan di rumah saat hendak tidur dan bangun tidur (menanya)
22. Siswa membuat kesimpulan tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan seblum dan sesudah bangun tidur (menalar)
23. Siswa bergantain siswa menceritakan kegaiatan di rumah saat endak tidur dan bangun tidur   di depan kelas (mengomunikasikan) (komunikatif)
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
24. siswa mendengakan penjelasan   guru dalam melengkapi hasil cerita yg telah disampaikan siswa  (menalar)
25.Siswa lainnya diminta untuk memberikan tanggapan dan tambahan tentang hasil cerita yang disampaikan temannya (mengkomunikasikan)
150 Menit

Penutup
1.    Siswa mengerjakan latihan soal evaluasi
2.    Guru membahas latihan soal evaluasi yang dikerjakan siswa.
3.    Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
4.    Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran
5.    Guru melakukan tindak lanjut dengan mengadakan pengayaan dan remidial
6.    Secara bersama-sama siswa menyanyikan lagu daerah
7.    Guru menyampaikan pesan moral dari pembelajaran hari ini
8.    Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
9.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam
15    menit
E.     Penilaian
1.         Teknik Penilaian
1)        Tes:
Pengetahuan : Tes Tertulis (Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn )
2)        Non tes
a.    Sikap
a)        Spiritual                 : Bersyukur
b)        Sosial                     : Tertib
b.   Keterampilan
a)        Bahasa Indonesia   :  1. Memperagakan posisi yang tepat saat duduk dan    membaca
2. Mempegakan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca
b)        Matematika            : Menyesuaikan bilangan dengan jumlah benda
c)        PPKn                     : Menceritakan kebiasaan di rumah ketika sebelum dan setelah  bangun tidur
2.         BentukPenilaian
1)        Tes                  : Tertulis
2)        Non tes           : Kinerja
3.         InstrumenPenilaian
1)        Tes                  : Soal (pilihan ganda)
2)        Non tes           : Rubrik
4.         Pembelajaran remedial dan pengayaan
Remidial            : Bagi siswa yang belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan        memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan        : Bagi siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan.
F.   Media, Alat dan Sumber
1.   Media     : Video : Berhitung 1-10
   Gambar posisi duduk yang benar dan salah ketika membaca,    
   Gambar kegiatan sebelum dan sesudah tidur
2.    Alat        : Lem, kertas gambar, pensil
3.    Sumber  :
-          Buku Guru : Andrifiana, Yusfina, dkk. 2017. Buku Guru Tema 1 Diriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Buku Siswa : Andrifiana, Yusfina, dkk. 2017. Buku Guru Tema 1 Diriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Sumber internet yang relevan
                        , ……………2018

No comments:

Post a Comment