RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema :
2. Kegemaranku
Subtema :
3. Gemar Menggambar
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa Indonesia
3.2
Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang
pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan
buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
4.2
Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang
pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan
atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan
menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak,
menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya
terang) dengan benar.
|
3.2.1 Mengidentifikasi jarak yang
baik antara mata dan buku sebagai media menulis dengan tepat.
4.2.1 Mempraktikkan jarak yang baik
antara mata dan buku saat menulis dengan benar.
|
Matematika
3.6
Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda
konkret.
4.6
Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu
dengan menggunakan berbagai benda konkret.
|
3.6.1
Mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, dan
kubus di kelas
4.6.1
Mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruangnya
dengan tepat.
|
PPKn
1.3 Menerima keberagaman
karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3
Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di
rumah.
3.3
Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.
4.3
Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu
di rumah.
|
1.3.1 Berperilaku syukur.
2.3.1 Menunjukkan perilaku/sikap peduli.
3.3.1 Menyebutkan gambar kesukaan anggota keluarga di rumah dengan
benar.
4.3.1 Menceritakan pengalamannya menggambar gambar kesukaan bersama
anggota keluarga di rumah.
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Denganmengamatigambar
sikap duduk yang baik,
siswadapatmengidentifikasijarak yang baikantaramatadanbukusebagai media
menulisdengantepat.
2.
Denganmengamatigambar
sikap duduk yang baik,
siswadapatmempraktikkanjarak yang baikantaramatadanbukusaatmenulisdenganbenar.
3.
Denganmengamatigambarbangunruang,
siswadapatmengidentifikasibenda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok,
dankubus di kelasdenganbekerjasama.
4.
Denganmengidentifikasibenda-bendabangunruang,
siswadapatmengelompokkanbenda-bendakonkretberdasarkanbentukbangunruangnyadengantepat.
5.
Denganmendengarkanteksbacaan keluarga udin, siswadapatmenyebutkangambarkesukaananggotakeluarga di
rumahdenganbenar.
6.
Denganmendengarkanteksbacaan keluarga udin,siswadapatmenceritakanpengalamannyamenggambargambarkesukaanbersamaanggotakeluarga
di rumah.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Jarak antara
mata dan media menulis (buku siswa halaman 126)
2.
Bangun ruang (buku siswa halaman 119-125)
3. Kesukaan anggota keluarga di rumah (buku
siswa halaman 127 dan 128)
E.
PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN :
Scientific
MODEL :
Problem Based Learning
METODE :diskusi,
tanya jawab, penugasan, ceramah
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku siswa
·
Contoh gambar jarak antara
mata dan media menulis
·
Benda-benda konkret berbentuk
bola, tabung, balok, dan kubus yang ada di sekolah
·
Pensil warna/krayon
G.
SUMBER BELAJAR
Adellina, Novilia.dkk. 2016.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Adellina, Novilia.dkk. 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan
Pra Pemblajaran
1)
Siswa berbaris di depan kelas (Karakter : Disiplin)
2)
Siswa secara urut memasuki kelas(Karakter :Disiplin)
3)
Siswa menyalami guru di depan kelas (Karakter :Santun)
4)
Siswa menyanyikan lagu indonesia raya
(PPK:Nasionalis)
5)
Pembiasaan
membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil
salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita
inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa
mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini(Literasi)
|
Jam 06.45-07.00
15 menit
|
Kegiatan
Awal
6) Guru menyapasiswadanmengondisikankelas agar
siapuntukbelajar.
7) Seorangsiswadimintauntukmemimpindoa. (PPK Religius)
8) Guru
mengingatkansiswatentangpelajaransebelumnyadanmengaitkandenganpelajaran yang
akandisampaikan.
9) Guru menjelaskankegiatan yang akandilakukandantujuankegiatanbelajar.
|
10 menit
|
|
Inti
|
1.
Siswa memeragakan posisi duduk, cara memegang
pensil, cara meletakkan buku, dan jarak mata yang tepat dengan buku saat akan
menulis. (mencoba)
2.
Siswa mempraktikkan cara duduk yang tepat, cara
memegang pensil, dan cara meletakkan buku tulis di atas meja. (mengkomunikasikan)(Karakter : percaya diri)
3.
Siswa pun mempraktikkan jarak yang tepat antara
mata dan buku saat akan mulai menulis. (mengkomunikasikan)
|
|
|
Fase 1: Orientasi
peserta didik kepada masalah
4.
Siswa mengamati benda-benda
bangun ruang yang ada di lingkungan sekolah. (mengamati)
5.
Guru bertanya jawab tentang
bentuk bangun ruang yang ada di lingkungan sekolah. (menanya)
Fase 2: Mengorganisasikan peserta didik
6.
Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kerja.
Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
7.
Siswa mengamati empat model
bangun ruang yaitu bola, tabung, balok, dan kubus.(mengamati)
8.
Siswa mendengarkan
penjelaasan guru mengenai empat model bangun ruang yaitu bola, tabung, balok,
dan kubus.(mengumpulkan informasi)
9.
Siswa melakukan diskusi dengan
pasangannya untuk mengamati bentuk-bentuk bangun ruang yang ada pada buku
siswa. (mengamati)(Karakter bekerjasama)(PPK :gotong royong)
Fase 4: Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
10.
Setelah berdiskusi, siswa diminta mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola,
tabung, balok, dan kubus di kelas. (menalar)
11.
Siswa diminta mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruangnya
dengan tepat. (mengkomunikasikan)
Fase 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
12.
Siswa diminta kembali menyebutkan benda-benda di
sekitar yang berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus.(PPK :
Mandiri)
|
|
|
13.
Siswa mendengarkan teks bacaan yang dibacakan
guru pada Buku Siswa.(mengumpulkan informasi)
14.
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang
kegemaran menggambar anggota keluarga. (menanya)
15.
Siswa
diminta menyebutkan gambar kesukaan anggota keluarga di rumah dengan benar. (menalar)(PPK : Mandiri)
16.
Siswa
menceritakan pengalamannya menggambar gambar kesukaan bersama anggota
keluarga di rumah. (mengkomunikasikan)(Karakter : percaya diri)
17.
Siswa bersama guru melakukan
refleksi.
|
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat simpulan
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran
2.
Guru memberikan umpan
balikterhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
tertulis.
4.
Guru memberikan tindak
lanjut (remidial/pengayaan).
5.
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu pembelajaran 4.
|
|
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Teknik Penilaian
a. Tes
Pengetahuan Bahasa Indonesia,
Matematika, PPKn
b. Nontes
-
Penilaian sikap
Ø Spiritual: syukur
Ø Sosial: peduli
-
Penilaian
keterampilan
Ø Bahasa Indonesia: Mempraktikkanjarak
yangbaik antara mata dan buku saat menulis
Ø Matematika: mengelompokkan benda-benda konkret
berdasarkan bentuk bangun ruangnya
Ø PPKn: menceritakan pengalamannya menggambar gambar
kesukaan bersama anggota keluarga di rumah
2.
Jenis Penilaian
Tes :
tertulis
Nontes :
observasi atau pengamatan
3.
Bentuk Penilaian
Tes :
Isian singkat
Nontes :
rubrik
4. Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
Semarang,6
Maret 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
No comments:
Post a Comment