Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 Gemar Menggambar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan          :  _________________________________
Kelas / Semester              :  I (Satu) / 1
Tema                                : 2. Kegemaranku
Subtema                           : 3. Gemar Menggambar
Pembelajaran                  :  3
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (5 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia

3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.

4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.


3.2.1 Mengidentifikasi jarak yang baik antara mata dan buku sebagai media menulis dengan tepat.




4.2.1 Mempraktikkan jarak yang baik antara mata dan buku saat menulis dengan benar.
Matematika

3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.

4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret.


3.6.1  Mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus di kelas
4.6.1  Mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruangnya dengan tepat.

PPKn

1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3  Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.

3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah.


4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.



1.3.1 Berperilaku syukur.


2.3.1 Menunjukkan perilaku/sikap peduli.

3.3.1 Menyebutkan gambar kesukaan anggota keluarga di rumah dengan benar.

4.3.1 Menceritakan pengalamannya menggambar gambar kesukaan bersama anggota keluarga di rumah.

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Denganmengamatigambar sikap duduk yang baik, siswadapatmengidentifikasijarak yang baikantaramatadanbukusebagai media menulisdengantepat.
2.      Denganmengamatigambar sikap duduk yang baik, siswadapatmempraktikkanjarak yang baikantaramatadanbukusaatmenulisdenganbenar.
3.      Denganmengamatigambarbangunruang, siswadapatmengidentifikasibenda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, dankubus di kelasdenganbekerjasama.
4.      Denganmengidentifikasibenda-bendabangunruang, siswadapatmengelompokkanbenda-bendakonkretberdasarkanbentukbangunruangnyadengantepat.
5.      Denganmendengarkanteksbacaan keluarga udin, siswadapatmenyebutkangambarkesukaananggotakeluarga di rumahdenganbenar.
6.      Denganmendengarkanteksbacaan keluarga udin,siswadapatmenceritakanpengalamannyamenggambargambarkesukaanbersamaanggotakeluarga di rumah.


D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Jarak antara mata dan media menulis (buku siswa halaman 126)
2.      Bangun ruang (buku siswa halaman 119-125)
3.      Kesukaan anggota keluarga di rumah (buku siswa halaman 127 dan 128)

E.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                : Problem Based Learning
METODE              :diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
·      Buku siswa
·      Contoh gambar jarak antara mata dan media menulis
·      Benda-benda konkret berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus yang ada di sekolah
·      Pensil warna/krayon


G.    SUMBER BELAJAR
Adellina, Novilia.dkk. 2016.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Adellina, Novilia.dkk. 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
Kegiatan Pra Pemblajaran
1)      Siswa berbaris di depan kelas (Karakter : Disiplin)
2)      Siswa secara urut memasuki kelas(Karakter :Disiplin)
3)      Siswa menyalami guru di depan kelas (Karakter :Santun)
4)      Siswa menyanyikan lagu indonesia raya (PPK:Nasionalis)
5)      Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

·         Apa yang tergambar pada sampul buku.
·         Apa judul buku
·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini(Literasi)

Jam 06.45-07.00
15 menit
Kegiatan Awal
6)      Guru menyapasiswadanmengondisikankelas agar siapuntukbelajar.
7)      Seorangsiswadimintauntukmemimpindoa. (PPK Religius)
8)      Guru mengingatkansiswatentangpelajaransebelumnyadanmengaitkandenganpelajaran yang akandisampaikan.
9)      Guru menjelaskankegiatan yang akandilakukandantujuankegiatanbelajar.

10 menit
Inti
1.    Siswa memeragakan posisi duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, dan jarak mata yang tepat dengan buku saat akan menulis. (mencoba)
2.    Siswa mempraktikkan cara duduk yang tepat, cara memegang pensil, dan cara meletakkan buku tulis di atas meja. (mengkomunikasikan)(Karakter : percaya diri)
3.    Siswa pun mempraktikkan jarak yang tepat antara mata dan buku saat akan mulai menulis. (mengkomunikasikan)


Fase 1: Orientasi peserta didik kepada masalah
4.         Siswa mengamati benda-benda bangun ruang yang ada di lingkungan sekolah. (mengamati)
5.         Guru bertanya jawab tentang bentuk bangun ruang yang ada di lingkungan sekolah. (menanya)
Fase 2: Mengorganisasikan peserta didik
6.         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kerja.
Fase 3: Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
7.         Siswa mengamati empat model bangun ruang yaitu bola, tabung, balok, dan kubus.(mengamati)
8.         Siswa mendengarkan penjelaasan guru mengenai empat model bangun ruang yaitu bola, tabung, balok, dan kubus.(mengumpulkan informasi)
9.         Siswa melakukan diskusi dengan pasangannya untuk mengamati bentuk-bentuk bangun ruang yang ada pada buku siswa. (mengamati)(Karakter bekerjasama)(PPK :gotong royong)
Fase 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
10.     Setelah berdiskusi, siswa diminta mengidentifikasi benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus di kelas. (menalar)
11.     Siswa diminta mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruangnya dengan tepat. (mengkomunikasikan)
Fase 5: Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
12.    Siswa diminta kembali menyebutkan benda-benda di sekitar yang berbentuk bola, tabung, balok, dan kubus.(PPK : Mandiri)


13.    Siswa mendengarkan teks bacaan yang dibacakan guru pada Buku Siswa.(mengumpulkan informasi)
14.    Siswa bertanya jawab dengan guru tentang kegemaran menggambar anggota keluarga. (menanya)
15.    Siswa diminta menyebutkan gambar kesukaan anggota keluarga di rumah dengan benar. (menalar)(PPK : Mandiri)
16.    Siswa menceritakan pengalamannya menggambar gambar kesukaan bersama anggota keluarga di rumah. (mengkomunikasikan)(Karakter : percaya diri)
17.    Siswa bersama guru melakukan refleksi.

Penutup
1.      Siswa bersama guru membuat simpulan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran
2.      Guru memberikan umpan balikterhadap proses dan hasil pembelajaran.
3.      Siswa mengerjakan evaluasi tertulis.
4.      Guru memberikan tindak lanjut (remidial/pengayaan).
5.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu pembelajaran 4.
6.      Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.(PPK integritas)



I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Teknik Penilaian
a.       Tes
Pengetahuan Bahasa Indonesia, Matematika, PPKn
b.      Nontes
-          Penilaian sikap
Ø Spiritual: syukur
Ø Sosial: peduli
-          Penilaian keterampilan
Ø  Bahasa Indonesia: Mempraktikkanjarak yangbaik antara mata dan buku saat menulis
Ø  Matematika: mengelompokkan benda-benda konkret berdasarkan bentuk bangun ruangnya
Ø  PPKn: menceritakan pengalamannya menggambar gambar kesukaan bersama anggota keluarga di rumah
2.      Jenis Penilaian
Tes                   : tertulis
Nontes             : observasi atau pengamatan
3.      Bentuk Penilaian
Tes                   : Isian singkat
Nontes             : rubrik
4.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan
Semarang,6 Maret 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas
                                                                                                           

No comments:

Post a Comment