Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Thursday 7 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Diriku Subtema 4 Aku Istemewa Pembelajaran 3 Think Pair Share


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                    Nama Sekolah            :SD N Pelita Bangsa
                                    Tema/Sub Tema        : Diriku / Aku Istimewa
                                    Kelas/Semester           :I / 1
                                    Pembelajaran             : 3 (PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika)
                                    Alokasi Waktu           : 5 x 35 menit

A.           Kompetensi Inti
1.        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.        Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.            Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
PKn
1.3         Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.

2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah.

3.3 Mengidentifikasi keberagaman
      Karakteristik individu di rumah



4.3   Menceritakan pengalaman
      kebersamaan dalam keberagaman
      karakteristik individu di rumah

1.3.1 Berperilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari



2.3.1 Menunjukkan perilaku sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari


3.3.1 Menuliskan ciri khas anggota keluarga
3.3.2 Menyebutkan kegiatan yang disukai setiap anggota keluarga

4.3.1 Menceritakan ragam kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga
Bahasa Indonesia

3.3 Menguraikan lambang bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah atau bahasa daerah


4.3Melafalkan bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.



3.3.1 Mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan
3.3.2Menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat

4.3.1 Melafalkan kata yang disusun
Matematika

3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.

4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.


3.4.1 Mengidentifikasi masalah penjumlahan





4.4.1 Menghitung penjumlahan bilangan


C.           Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui gambar tentang perilaku syukur, siswa dapat meningkatkan perilaku syukurdalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.      Melalui gambar tentang toleransi, siswa dapat menunjukkan perilaku sikap toleransidalam kehidupan sehari-hari dengan baik
3.      Melalui hasil wawancara siswa terhadap anggota keluarga, siswa dapat menuliskan ciri khas anggota keluarga dengan benar.
4.      Melalui hasil wawancara siswa terhadap anggota keluarga, siswa dapat menyebutkan kegiatan yang disukai setiap anggota keluarga.
5.      Dengan menyimak dan menyimpulkan hasil wawancara, siswa mampumenceritakan pengalaman mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga di rumah secara lisan dengan tepat.
6.      Melalui contoh secara langsung dari guru, siswa mampu mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan dengan tepat
7.      Melalui contoh secara langsung dari guru, siswa mampu menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat.
8.      Melalui latihan soal tentang huruf vokal dan konsonan, siswa mampu melafalkan kata yang disusun dengan tepat.
9.      Melalui latihan soal tentang penjumlahan, siswa mampu mengidentifikasi masalah penjumlahan dengan tepat.
10.  Dengan latihan soal tentang penjumlahan, siswa mampu menghitung penjumlahan bilangan dengan benar

D.           Materi Pembelajaran
Huruf Vokal dan Konsonan
Kesukaan Anggota Keluarga
Penjumlahan bilangan

E.            Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan       : Scientific
Model                : Think Pair Share
Metode              : Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan , Ceramah

F.            Media Pembelajaran
Gambar sikap bersyukur dan toleransi, Gambar menyusun huruf menjadi kata, Poster penjumlahan bilangan

G.           Sumber Belajar
1.        Hendrifiana, Yusfina, dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.        Hendrifiana, Yusfina, dkk. 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.                Karakter dan Sikap Yang Diharapkan
Religius, Nasionalis, Integritas, Mandiri, Gotong-Royong, Peduli Lingkungan dan Kebersihan, Cinta Tanah Air, Disiplin, Tanggung Jawab



I.              Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu














Kegiatan Pendahuluan
A.    Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris dengan rapi sebelum masuk kelas
2.      Siswa menyalami guru satu per satu di depan pintu masuk kelas
3.      Guru meminta siswa untuk mengamati keadaan di sekeliling mereka, jika ada sampah atau kertas yang tertinggal siswa diminta untuk memungutinya dan membuangnya ke tempat sampah. (karakter integritas sikappeduli lingkungan dan kebersihan)
4.      Siswa diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran mulai (karakter nasionalis sikapcinta tanah air)
B.     Kegiatan Awal
1.      Salam Pembuka
2.      Guru menunjuk salah satu siswa yang datangnya paling awal untuk memimpin doa (karakter religius sikapkedisiplinan)
3.      Melakukan presensi kehadiran siswa.
4.      Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Ku ambil buku tulisku” dengan nada “bermain layang-layang”
5.      Guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya.
6.      Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.

7.      Guru menampilkan gambar tentang perilaku syukur dan sikap toleransi kemudian siswa diminta untuk mengamati.
8.      Siswa ditanya tentang gambar yang mereka amati. Guru dapat memberikan contoh perilaku bersyukur dan juga sikap toleransi
06.45-07.00(15 menit)




















(25 menit)

Kegiatan Inti

a.      Think (Berpikir)
1.         Siswa menyimak ceritaguru mengenai anggota keluarganya serta kegiatan yang disukainya. (mengamati)
2.         Siswa mempersiapkan hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga yang telah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya. (mengumpulkan informasi)
3.         Siswa menyampaikan hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga (mengkomunikasikan)
4.         Guru menuliskan berbagai kegiatan yang disukai oleh keluarga. (mengamati)
5.         Siswa mengamati masing-masing huruf yang terdapat pada kata yang tertera. (mengamati dan menalar)
6.         Siswa mengingat kembali tentang huruf vokal dan konsonan. (menalar)
7.         Siswa mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan yang terdapat dalam kata-kata yang telah dituliskan (menalar)
a.         Pair (Berpasangan)
8.         Siswa dikelompokkan secara berpasangan
9.         Setiap kelompok mengerjakan LKPD tentang menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang tepat kemudian menghitung jumlah huruf vokal dan konsonan tersebut (mengumpulkan informasi)
10.     Setiap kelompok mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan(menalar)
11.     Guru memantau diskusi setiap kelompok
b.        Share (Berbagi Informasi)
12.     Setelah selesai, setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. (mengkomunikasikan)






(120 menit)
Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan membuat ringkasan pelajaran
2.         Guru memberikan evaluasi kepada siswa secara individu (karakter mandiri sikap tanggung jawab)
3.         Guru bersama siswa merefleksi kegiatan yang telah dilakukan
4.         Guru memberitahu akan mengadakan remidial dan pengayaan
5.         Guru memberi pesan untuk belajar materi berikutnya
6.         Siswa diajak menyanyikan lagu “Sayonara”
7.         Guru menutup pembelajaran dengan berdoa.
(30 menit)












J.             Penilaian Hasil Pembelajaran
1.    Teknik penilaian        : tes dan non tes
a.       Tes                   : Pengetahuan PPKn, Bahasa Indonesia, dan Matematika
b.      Non tes            :
1)      Sikap        :
Spiritual    : bersyukur
Sosial        : toleransi
2)      Keterampilan        :
Bahasa Indonesia : Melafalkan kata yang disusun
PPKn                    : Menceritakan ragam kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga di rumah
Matematika          : Menghitung penjumlahan bilangan
2.    Jenis penilaian           : tes tertulis, observasi/pengamatan, dan unjuk kerja
3.    Bentuk penilaian       :
a.       Tes tertulis          : isian singkat
b.      Observasi            : skala sikap
c.       Unjuk kerja         : rubrik
4.    Pembelajaran perbaikan dan pengayaan

                 



Mengetahui                                                                     
Kepala SD N PELITA BANGSA                                                        Guru Kelas I

No comments:

Post a Comment