RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah
:SD N Pelita Bangsa
Tema/Sub
Tema : Diriku / Aku Istimewa
Kelas/Semester :I / 1
Pembelajaran : 3 (PPKn, Bahasa Indonesia,
Matematika)
Alokasi Waktu : 5 x 35
menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
PKn
1.3
Menerima keberagaman karakteristik
individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik
individu di rumah.
3.3 Mengidentifikasi
keberagaman
Karakteristik individu di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman
kebersamaan dalam keberagaman
karakteristik individu di rumah
|
1.3.1
Berperilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari
2.3.1
Menunjukkan perilaku sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1
Menuliskan ciri khas anggota keluarga
3.3.2 Menyebutkan
kegiatan yang disukai setiap anggota keluarga
4.3.1
Menceritakan ragam kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga
|
Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan lambang bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa
Indonesia atau bahasa daerah atau bahasa daerah
4.3Melafalkan bunyi
vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
|
3.3.1
Mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan
3.3.2Menyusun
huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat
4.3.1
Melafalkan kata yang disusun
|
Matematika
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta
mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4
Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
|
3.4.1
Mengidentifikasi masalah penjumlahan
4.4.1 Menghitung penjumlahan bilangan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
gambar tentang perilaku syukur, siswa dapat meningkatkan perilaku syukurdalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
2. Melalui
gambar tentang toleransi, siswa dapat menunjukkan perilaku sikap toleransidalam
kehidupan sehari-hari dengan baik
3. Melalui
hasil wawancara siswa terhadap anggota keluarga, siswa dapat menuliskan ciri
khas anggota keluarga dengan benar.
4. Melalui
hasil wawancara siswa terhadap anggota keluarga, siswa dapat menyebutkan
kegiatan yang disukai setiap anggota keluarga.
5. Dengan
menyimak dan menyimpulkan hasil wawancara, siswa mampumenceritakan pengalaman
mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga di rumah secara lisan dengan
tepat.
6. Melalui
contoh secara langsung dari guru, siswa mampu mengidentifikasi huruf vokal dan
konsonan dengan tepat
7. Melalui
contoh secara langsung dari guru, siswa mampu menyusun huruf vokal dan konsonan
menjadi kata yang bermakna dengan tepat.
8. Melalui
latihan soal tentang huruf vokal dan konsonan, siswa mampu melafalkan kata yang
disusun dengan tepat.
9. Melalui
latihan soal tentang penjumlahan, siswa mampu mengidentifikasi masalah
penjumlahan dengan tepat.
10. Dengan
latihan soal tentang penjumlahan, siswa mampu menghitung penjumlahan bilangan
dengan benar
D.
Materi
Pembelajaran
Huruf Vokal dan Konsonan
Kesukaan Anggota Keluarga
Penjumlahan bilangan
E.
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Model :
Think Pair Share
Metode :
Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan , Ceramah
F.
Media
Pembelajaran
Gambar sikap bersyukur dan toleransi,
Gambar menyusun huruf menjadi kata, Poster penjumlahan bilangan
G.
Sumber
Belajar
1.
Hendrifiana, Yusfina,
dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Tema Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
2.
Hendrifiana, Yusfina,
dkk. 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
H.
Karakter
dan Sikap Yang Diharapkan
Religius,
Nasionalis, Integritas, Mandiri, Gotong-Royong, Peduli Lingkungan dan
Kebersihan, Cinta Tanah Air, Disiplin, Tanggung Jawab
I.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
|
A.
Pra
Kegiatan
1. Siswa
berbaris dengan rapi sebelum masuk kelas
2. Siswa
menyalami guru satu per satu di depan pintu masuk kelas
3. Guru
meminta siswa untuk mengamati keadaan di sekeliling mereka, jika ada sampah
atau kertas yang tertinggal siswa diminta untuk memungutinya dan membuangnya
ke tempat sampah. (karakter integritas
sikappeduli lingkungan dan kebersihan)
4. Siswa
diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran mulai (karakter
nasionalis sikapcinta
tanah air)
B. Kegiatan
Awal
1. Salam
Pembuka
2. Guru
menunjuk salah satu siswa yang datangnya paling awal untuk memimpin doa (karakter
religius sikapkedisiplinan)
4. Guru
melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Ku ambil buku
tulisku” dengan nada “bermain layang-layang”
5. Guru
mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya.
6. Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
7. Guru
menampilkan gambar tentang perilaku syukur dan sikap toleransi kemudian siswa
diminta untuk mengamati.
8. Siswa
ditanya tentang gambar yang mereka amati. Guru dapat memberikan contoh
perilaku bersyukur dan juga sikap toleransi
|
06.45-07.00(15 menit)
(25
menit)
|
Kegiatan Inti
|
a. Think
(Berpikir)
1.
Siswa menyimak ceritaguru
mengenai anggota keluarganya serta kegiatan yang disukainya. (mengamati)
2.
Siswa mempersiapkan hasil
wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga yang telah
ditugaskan pada pertemuan sebelumnya. (mengumpulkan
informasi)
3.
Siswa menyampaikan
hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga (mengkomunikasikan)
4.
Guru menuliskan
berbagai kegiatan yang disukai oleh keluarga. (mengamati)
5.
Siswa mengamati
masing-masing huruf yang terdapat pada kata yang tertera. (mengamati
dan menalar)
6.
Siswa mengingat
kembali tentang huruf vokal dan konsonan. (menalar)
7.
Siswa
mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan yang terdapat dalam kata-kata yang
telah dituliskan (menalar)
a.
Pair (Berpasangan)
8.
Siswa dikelompokkan
secara berpasangan
9.
Setiap kelompok mengerjakan
LKPD tentang menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang tepat kemudian
menghitung jumlah huruf vokal dan konsonan tersebut (mengumpulkan informasi)
10. Setiap
kelompok mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan(menalar)
11. Guru
memantau diskusi setiap kelompok
b.
Share (Berbagi Informasi)
12. Setelah
selesai, setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. (mengkomunikasikan)
|
(120
menit)
|
Kegiatan Penutup
|
1. Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan membuat ringkasan
pelajaran
2.
Guru memberikan
evaluasi kepada siswa secara individu (karakter mandiri
sikap tanggung
jawab)
3.
Guru bersama siswa
merefleksi kegiatan yang telah dilakukan
4.
Guru memberitahu akan
mengadakan remidial dan pengayaan
5.
Guru memberi pesan
untuk belajar materi berikutnya
6.
Siswa diajak
menyanyikan lagu “Sayonara”
7.
Guru menutup
pembelajaran dengan berdoa.
|
(30
menit)
|
J.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.
Teknik
penilaian : tes dan non tes
a.
Tes : Pengetahuan PPKn, Bahasa
Indonesia, dan Matematika
b.
Non
tes :
1)
Sikap :
Spiritual : bersyukur
Sosial : toleransi
2)
Keterampilan :
Bahasa
Indonesia : Melafalkan kata yang disusun
PPKn : Menceritakan ragam
kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga di rumah
Matematika : Menghitung penjumlahan bilangan
2.
Jenis
penilaian : tes tertulis,
observasi/pengamatan, dan unjuk kerja
3.
Bentuk
penilaian :
a.
Tes
tertulis : isian singkat
b.
Observasi : skala sikap
c.
Unjuk
kerja : rubrik
4.
Pembelajaran
perbaikan dan pengayaan
Mengetahui
Kepala
SD N PELITA BANGSA Guru Kelas I
No comments:
Post a Comment