RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
                                    Nama Sekolah
           :SD N Pelita Bangsa
                                    Tema/Sub
Tema        : Diriku / Aku Istimewa
                                    Kelas/Semester           :I / 1
                                    Pembelajaran             : 3 (PPKn, Bahasa Indonesia,
Matematika)
                                    Alokasi Waktu           : 5 x 35
menit
A.          
Kompetensi
Inti
1.       
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.       
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.       
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.       
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia.
B.           
Kompetensi
Dasar dan Indikator
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
PKn 
1.3        
  Menerima keberagaman karakteristik
  individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah.  
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik
  individu di rumah.  
3.3 Mengidentifikasi
  keberagaman 
     
  Karakteristik individu di rumah 
4.3   Menceritakan pengalaman  
      kebersamaan dalam keberagaman 
      karakteristik individu di rumah 
 | 
  
   
1.3.1
  Berperilaku syukur dalam kehidupan sehari-hari 
2.3.1
  Menunjukkan perilaku sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari 
3.3.1
  Menuliskan ciri khas anggota keluarga 
3.3.2 Menyebutkan
  kegiatan yang disukai setiap anggota keluarga 
4.3.1
  Menceritakan ragam kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga 
 | 
 
| 
   
Bahasa Indonesia 
3.3 Menguraikan lambang bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa
  Indonesia atau bahasa daerah atau bahasa daerah 
4.3Melafalkan bunyi
  vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah. 
 | 
  
   
3.3.1
  Mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan 
3.3.2Menyusun
  huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang bermakna dengan tepat 
4.3.1
  Melafalkan kata yang disusun 
 | 
 
| 
   
Matematika 
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
  yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta
  mengaitkan penjumlahan dan pengurangan. 
4.4
  Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
  dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99. 
 | 
  
   
3.4.1
  Mengidentifikasi masalah penjumlahan 
4.4.1 Menghitung penjumlahan bilangan  
 | 
 
C.          
Tujuan
Pembelajaran
1.      Melalui
gambar tentang perilaku syukur, siswa dapat meningkatkan perilaku syukurdalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.      Melalui
gambar tentang toleransi, siswa dapat menunjukkan perilaku sikap toleransidalam
kehidupan sehari-hari dengan baik
3.      Melalui
hasil wawancara siswa terhadap anggota keluarga, siswa dapat menuliskan ciri
khas anggota keluarga dengan benar.
4.      Melalui
hasil wawancara siswa terhadap anggota keluarga, siswa dapat menyebutkan
kegiatan yang disukai setiap anggota keluarga.
5.      Dengan
menyimak dan menyimpulkan hasil wawancara, siswa mampumenceritakan pengalaman
mengenal kekhasan masing-masing anggota keluarga di rumah secara lisan dengan
tepat. 
6.      Melalui
contoh secara langsung dari guru, siswa mampu mengidentifikasi huruf vokal dan
konsonan dengan tepat
7.      Melalui
contoh secara langsung dari guru, siswa mampu menyusun huruf vokal dan konsonan
menjadi kata yang bermakna dengan tepat.
8.      Melalui
latihan soal tentang huruf vokal dan konsonan, siswa mampu melafalkan kata yang
disusun dengan tepat.
9.      Melalui
latihan soal tentang penjumlahan, siswa mampu mengidentifikasi masalah
penjumlahan dengan tepat.
10.  Dengan
latihan soal tentang penjumlahan, siswa mampu menghitung penjumlahan bilangan
dengan benar
D.          
Materi
Pembelajaran
Huruf Vokal dan Konsonan
Kesukaan Anggota Keluarga
Penjumlahan bilangan
E.           
Pendekatan,
Model dan Metode Pembelajaran
Pendekatan       : Scientific
Model                :
Think Pair Share
Metode              :
Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan , Ceramah
F.           
Media
Pembelajaran
Gambar sikap bersyukur dan toleransi,
Gambar menyusun huruf menjadi kata, Poster penjumlahan bilangan
G.          
Sumber
Belajar
1.       
Hendrifiana, Yusfina,
dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Tema Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
2.       
Hendrifiana, Yusfina,
dkk. 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Keluargaku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
H.               
Karakter
dan Sikap Yang Diharapkan 
Religius,
Nasionalis, Integritas, Mandiri, Gotong-Royong, Peduli Lingkungan dan
Kebersihan, Cinta Tanah Air, Disiplin, Tanggung Jawab
I.             
Langkah-Langkah
Pembelajaran
| 
   
Kegiatan 
 | 
  
   
Deskripsi
  Kegiatan 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
 
| 
   
Kegiatan Pendahuluan 
 | 
  
   
A.   
  Pra
  Kegiatan 
1.      Siswa
  berbaris dengan rapi sebelum masuk kelas 
2.      Siswa
  menyalami guru satu per satu di depan pintu masuk kelas 
3.      Guru
  meminta siswa untuk mengamati keadaan di sekeliling mereka, jika ada sampah
  atau kertas yang tertinggal siswa diminta untuk memungutinya dan membuangnya
  ke tempat sampah. (karakter integritas
  sikappeduli lingkungan dan kebersihan) 
4.      Siswa
  diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran mulai (karakter
  nasionalis sikapcinta
  tanah air) 
B.     Kegiatan
  Awal 
1.      Salam
  Pembuka 
2.      Guru
  menunjuk salah satu siswa yang datangnya paling awal untuk memimpin doa (karakter
  religius sikapkedisiplinan) 
4.      Guru
  melakukan apersepsi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Ku ambil buku
  tulisku” dengan nada “bermain layang-layang” 
5.      Guru
  mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya. 
6.      Guru
  menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar. 
7.      Guru
  menampilkan gambar tentang perilaku syukur dan sikap toleransi kemudian siswa
  diminta untuk mengamati. 
8.      Siswa
  ditanya tentang gambar yang mereka amati. Guru dapat memberikan contoh
  perilaku bersyukur dan juga sikap toleransi 
 | 
  
   
06.45-07.00(15 menit) 
(25
  menit) 
 | 
 
| 
   
Kegiatan Inti 
 | 
  
   
a.      Think
  (Berpikir) 
1.        
  Siswa menyimak ceritaguru
  mengenai anggota keluarganya serta kegiatan yang disukainya. (mengamati) 
2.        
  Siswa mempersiapkan hasil
  wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga yang telah
  ditugaskan pada pertemuan sebelumnya. (mengumpulkan
  informasi) 
3.        
  Siswa menyampaikan
  hasil wawancara mengenai kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga (mengkomunikasikan) 
4.        
  Guru menuliskan
  berbagai kegiatan yang disukai oleh keluarga. (mengamati) 
5.        
  Siswa mengamati
  masing-masing huruf yang terdapat pada kata yang tertera. (mengamati
  dan menalar) 
6.        
  Siswa mengingat
  kembali tentang huruf vokal dan konsonan. (menalar) 
7.        
  Siswa
  mengidentifikasi huruf vokal dan konsonan yang terdapat dalam kata-kata yang
  telah dituliskan (menalar) 
a.        
  Pair (Berpasangan) 
8.        
  Siswa dikelompokkan
  secara berpasangan 
9.        
  Setiap kelompok mengerjakan
  LKPD tentang menyusun huruf vokal dan konsonan menjadi kata yang tepat kemudian
  menghitung jumlah huruf vokal dan konsonan tersebut (mengumpulkan informasi) 
10.     Setiap
  kelompok mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang telah diberikan(menalar) 
11.     Guru
  memantau diskusi setiap kelompok 
b.       
  Share (Berbagi Informasi) 
12.     Setelah
  selesai, setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. (mengkomunikasikan) 
 | 
  
   
(120
  menit) 
 | 
 
| 
   
Kegiatan Penutup 
 | 
  
   
1.      Guru
  bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan membuat ringkasan
  pelajaran 
2.        
  Guru memberikan
  evaluasi kepada siswa secara individu (karakter mandiri
  sikap tanggung
  jawab) 
3.        
  Guru bersama siswa
  merefleksi kegiatan yang telah dilakukan 
4.        
  Guru memberitahu akan
  mengadakan remidial dan pengayaan 
5.        
  Guru memberi pesan
  untuk belajar materi berikutnya 
6.        
  Siswa diajak
  menyanyikan lagu “Sayonara” 
7.        
  Guru menutup
  pembelajaran dengan berdoa. 
 | 
  
   
(30
  menit) 
 | 
 
J.            
Penilaian
Hasil Pembelajaran
1.   
Teknik
penilaian        : tes dan non tes
a.      
Tes                   : Pengetahuan PPKn, Bahasa
Indonesia, dan Matematika
b.     
Non
tes            : 
1)     
Sikap        :
Spiritual    : bersyukur
Sosial        : toleransi
2)     
Keterampilan        :
Bahasa
Indonesia : Melafalkan kata yang disusun
PPKn                    : Menceritakan ragam
kegiatan yang disukai oleh anggota keluarga di rumah
Matematika          : Menghitung penjumlahan bilangan
2.   
Jenis
penilaian           : tes tertulis,
observasi/pengamatan, dan unjuk kerja
3.   
Bentuk
penilaian       : 
a.      
Tes
tertulis          : isian singkat
b.     
Observasi            : skala sikap
c.      
Unjuk
kerja         : rubrik
4.   
Pembelajaran
perbaikan dan pengayaan
Mengetahui                                                                     
Kepala
SD N PELITA BANGSA                                                        Guru Kelas I
No comments:
Post a Comment