RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN WOYO WOYO
Kelas / semester :
I
/ 1 (satu)
Tema : 1. Diriku
Sub Tema : 1. Aku
dan Teman Baru
Pembelajaran : 1
Alokasi
waktu : 1 Hari (6JP x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
PPKn
1.2
Menunjukkan
sikap patuh
aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah. |
1.2.1
Berperilaku
Syukur.
|
2.2
Melaksanakan
aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. |
2.2.1
Menunjukkan
perilaku sikap santun
|
3.2 Mengidentifikasi
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1
Menyebutkan aturan yang berlaku di rumah
|
4.2 Menceritakan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah.
|
4.2.1
Melakukan permainan sesuai aturan
|
Bahasa
Indonesia
3.9
Merinci kosakata dan ungkapan
perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan
dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.1
Menyebutkan nama diri sendiri
dengan benar
3.9.2
Menyebutkan 2 nama teman di kelas
|
4.9
Menggunakan kosakata dan ungkapan
yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
|
4.9.1
Memperkenalkan diri dengan
menyebut nama panggilan
|
SBdP
3.2 Mengenal
elemen musik melalui lagu.
|
3.2.1
Membedakan keras lemahnya suara teman
|
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu.
|
4.2.1
Menyanyikan lagu “Siapa Namamu?”
|
Karakter:
Toleransi, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/Komunikatif, Cinta
Damai
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan pembiasaan patuh
pada aturan agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari, perilaku syukur
siswa akan membudaya.
2.
Dengan keteladanan
dalam bersikap di kehidupan sehari-hari, perilaku santun siswa akan membudaya.
3.
Melalui mengamati gambar kegiatan di rumah, siswa dapat menyebutkan
aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
4.
Melalui permaianan
pengenalan diri, siswa dapat melakukan permainan sesuai aturan dengan
benar.
5.
Dengan menyanyikan lagu
siapa namamu dan melakukan permainan bola bernyanyi, siswa dapat menyebut nama diri sendiri dengan benar.
6.
Dengan menyanyikan lagu siapa namamu dan melakukan permainan
bola bernyanyi, siswa dapat menyebutkan 2 nama teman di kelas dengan benar.
7.
Dengan menyanyikan lagu siapa namamu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut
nama
panggilan dengan benar.
8.
Dengan menyanyikan lagu siapa namamu, siswa dapat membedakan keras
lemahnya suara teman dengan benar.
9.
Dengan menyimak contoh
dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu“Siapa Namamu?” dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Aturan
umun di rumah
2. Patuh
aturan agama di rumah
3. Berkenalan
4. Elemen
musik
E. MODEL/ PENDEKATAN/ METODE
Model :
Picture and Picture
Pendekatan :
Saintifik
Metode : Tanya Jawab, Bermain Peran,
Permainan, Penugasan
F. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Buku Siswa
2. Gambar
macam kegiatan sebelum sekolah
3. Video
lagu “Pergi Belajar”
4. Audio
lagu “Siapa Namamu?”
5. Objek
bola plastik atau bola kertas
G. SUMBER BELAJAR
1.
Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah
pembelajaran Model Picture and Picture
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Pada awal
pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan
selamat datang kepada siswa.
2.
Berdoa dan dilanjutkan
menyanyikan lagu Indonesia Raya. (membiasakan
sikap religius dan nasionalis siswa).
3.
Siswa melakukan presensi sebelum
memulai menerima pelajaran.
4.
Guru menyapa
beberapa siswa dan bertanya jawab untuk mengakrabkan.
|
10 menit
|
1. Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai
|
5. Siswa
mendapatkan apersepsi dari guru mengenai kegiatan sebelum berangkat sekolah.
6. Siswa
menyimak bagaimana pentingnya berpamitan dengan orang tua sebelum keluar
rumah. Serta siswa dapat mengerti tentang pentingnya menghormati
guru dan menyayangi teman.
|
||
Inti
|
|
1. Siswa
mengamati cara berkenalan sesuai dengan yang ditunjukkan oleh guru (Mengamati)
2. Siswa
diajak melakukan permainan lempar bola untuk melakukan kegiatan perkenalan. (mengumpulkan
informasi)
3. Siswa duduk melingkar sesuai arahan guru
4.
Siswa menyimak
aturan bermainnya (guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat)
5.
Siswa menyimak cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” (Mengamati)
6.
Siswa memulai
permainan lempar bola sambil menyanyikan lagu “Siapa Namamu?”. Permainan
dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri kemudian bola dilempar kepada
siswa. (mengolah informasi)
7.
Siswa yang mendapat
bola kemudian menyanyikan lagi lagu “Siapa Namamu?”, begitu seterusnya sampai
semua siswa mendapat giliran bernyanyi. (mengkomunikasikan)
8.
Siswa mengingat nama
teman-temannya baik yang keras atau rendah suaranya.
|
120 menit
|
2. Menyajikan materi
sebagai pengantar
|
9. Siswa
menyimak lagu “Pergi Belajar” yang dinyanyikan guru. (Mengamati)
10. Siswa menyanyikan lagu “Pergi Belajar”
11. Siswa
tanya jawab mengenai kegiatan yang ada pada lagu “Pergi Belajar” (Menanya)
12. Siswa
menyebutkan amanat yang ada pada lagu “Pergi Belajar”
|
||
3. Guru menunjukkan/ memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
|
13. Siswa
mengamati gambar macam aktivitas yang dilakukan sebelum berangkat sekolah (Mengamati)
14. Siswa
dan guru bertanya jawab mengenai masing-masing aktivitas yang ada pada gambar
(Menanya)
15. Siswa
mengingat aktivitas yang dilakukan di rumah sebelum berangkat sekolah (Mengumpulkan
informasi)
16. Siswa
membandingkan aktivitas pada gambar dengan kegiatan yang dilakukan sebelum
sekolah (Mengolah informasi)
|
||
4. Guru menunjuk/ memanggil
siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan
yang logis
|
17. Sebelum
menjawab pertanyaan, siswa memperkenalkan diri kepada semua teman di depan
kelas
18. Siswa
menyampaikan dan menceritakan aktivitas yang dilakukan sebelum berangkat
sekolah sesuai dengan gambar yang disajikan. (mengkomunikasikan)
|
||
5. Guru menanyakan
alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
|
19. Siswa
memberikan alasan atas jawaban yang telah diberikan. (mengolah informasi)
20. Siswa
mencontohkan aturan yang benar dari aktivitas yang dilakukan di rumah
|
||
6. Menanamkan konsep/ materi
sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
|
21. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan yang telah
dilakukan. (mengkomunikasikan)
22. Siswa menutup kegiatan dengan
menyanyikan lagu “Pergi Belajar”.
|
||
Penutup
|
|
1. Siswa
dan guru melakukan refleksi
2. Siswa
mengerjakan tugas evaluasi.
3. Siswa
berdoa sebelum pulang.
4. Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
5. Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada
guru
saat pulang.
|
45 menit
|
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Tes
PPKn, Bahasa Indonesia,
SBdP
b.
Non Tes
·
Penilaian Sikap
Spiritual :
Bersyukur
Sosial : Santun
·
Penilaian Keterampilan
PPKn
: Memperagakan
tentang aturan memberi salam
pada orang tua saat ke luar rumah
Bahasa
Indonesia : Memperkenalkan diri dengan menyebut
nama panggilan.
SBdP : Menyanyikan lagu “Siapa
Namamu?”
2.
Jenis Penilaian
a.
Tes : Lisan, Tulis, Penugasan
b.
Non Tes : Pengamatan, Unjuk Kerja
3.
Bentuk Penilaian
a.
Tes :
Pertanyaan Singkat, Isian
Singkat, Daftar Periksa
b.
Nontes : Daftar
Periksa, Rubrik
Semarang,
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
No comments:
Post a Comment