Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Sunday 3 June 2018

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan    :  SDN WOYO WOYO
Kelas / semester         :  I / 1 (satu)
Tema                          :  1. Diriku
Sub Tema                   :  1. Aku dan Teman Baru
Pembelajaran            :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari (6JP x 35 menit)




A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR

Kompetensi dasar
Indikator
PPKn
1.2     Menunjukkan sikap patuh
aturan agama yang dianut
dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

1.2.1        Berperilaku Syukur.
2.2     Melaksanakan aturan yang
berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.
2.2.1        Menunjukkan perilaku sikap santun
3.2      Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
3.2.1        Menyebutkan aturan yang berlaku di rumah
4.2      Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2.1        Melakukan permainan sesuai aturan
Bahasa Indonesia
3.9      Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

3.9.1        Menyebutkan nama diri sendiri dengan benar
3.9.2        Menyebutkan 2 nama teman di kelas
4.9      Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan.
4.9.1        Memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan
SBdP
3.2      Mengenal elemen musik melalui lagu.


3.2.1        Membedakan keras lemahnya suara teman
4.2      Menirukan elemen musik melalui lagu.
4.2.1        Menyanyikan lagu “Siapa Namamu?”

Karakter: Toleransi, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan pembiasaan patuh pada aturan agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari, perilaku syukur siswa akan membudaya.
2.      Dengan keteladanan dalam bersikap di kehidupan sehari-hari, perilaku santun siswa akan membudaya.
3.      Melalui mengamati gambar kegiatan di rumah, siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
4.      Melalui permaianan pengenalan diri, siswa dapat melakukan permainan sesuai aturan dengan benar.
5.      Dengan menyanyikan lagu siapa namamu dan melakukan permainan bola bernyanyi, siswa dapat menyebut nama diri sendiri dengan benar.
6.       Dengan menyanyikan lagu siapa namamu dan melakukan permainan bola bernyanyi, siswa dapat menyebutkan 2 nama teman di kelas dengan benar.
7.      Dengan menyanyikan lagu siapa namamu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan dengan benar.
8.      Dengan menyanyikan lagu siapa namamu, siswa dapat membedakan keras lemahnya suara teman dengan benar.
9.      Dengan menyimak contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu“Siapa Namamu?” dengan benar.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Aturan umun di rumah
2.      Patuh aturan agama di rumah
3.      Berkenalan
4.      Elemen musik

E.     MODEL/ PENDEKATAN/ METODE
Model              :  Picture and Picture
Pendekatan     :  Saintifik
Metode            : Tanya Jawab, Bermain Peran, Permainan, Penugasan

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku Siswa
2.      Gambar macam kegiatan sebelum sekolah
3.      Video lagu “Pergi Belajar”
4.      Audio lagu “Siapa Namamu?”
5.      Objek bola plastik atau bola kertas

G.    SUMBER BELAJAR
1.         Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.         Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan




H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Langkah pembelajaran Model Picture and Picture
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.        Pada awal pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.
2.        Berdoa dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. (membiasakan sikap religius dan nasionalis siswa).
3.        Siswa melakukan presensi sebelum memulai menerima pelajaran.
4.        Guru menyapa beberapa siswa dan bertanya jawab untuk mengakrabkan.
10 menit
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
5.      Siswa mendapatkan apersepsi dari guru mengenai kegiatan sebelum berangkat sekolah.
6.      Siswa menyimak bagaimana pentingnya berpamitan dengan orang tua sebelum keluar rumah. Serta siswa dapat mengerti tentang pentingnya menghormati guru dan menyayangi teman.

Inti

1.      Siswa mengamati cara berkenalan sesuai dengan yang ditunjukkan oleh guru (Mengamati)
2.      Siswa diajak melakukan permainan lempar bola untuk melakukan kegiatan perkenalan. (mengumpulkan informasi)
3.      Siswa duduk melingkar sesuai arahan guru
4.      Siswa menyimak aturan bermainnya (guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat)
5.      Siswa menyimak cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” (Mengamati)
6.      Siswa memulai permainan lempar bola sambil menyanyikan lagu “Siapa Namamu?”. Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri kemudian bola dilempar kepada siswa. (mengolah informasi)
7.      Siswa yang mendapat bola kemudian menyanyikan lagi lagu “Siapa Namamu?”, begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran bernyanyi. (mengkomunikasikan)
8.      Siswa mengingat nama teman-temannya baik yang keras atau rendah suaranya.

120 menit
2.      Menyajikan materi sebagai pengantar

9.      Siswa menyimak lagu “Pergi Belajar” yang dinyanyikan guru. (Mengamati)
10.  Siswa menyanyikan lagu “Pergi Belajar”
11.  Siswa tanya jawab mengenai kegiatan yang ada pada lagu “Pergi Belajar” (Menanya)
12.  Siswa menyebutkan amanat yang ada pada lagu “Pergi Belajar”
3.      Guru menunjukkan/ memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
13.  Siswa mengamati gambar macam aktivitas yang dilakukan sebelum berangkat sekolah (Mengamati)
14.  Siswa dan guru bertanya jawab mengenai masing-masing aktivitas yang ada pada gambar (Menanya)
15.  Siswa mengingat aktivitas yang dilakukan di rumah sebelum berangkat sekolah (Mengumpulkan informasi)
16.  Siswa membandingkan aktivitas pada gambar dengan kegiatan yang dilakukan sebelum sekolah (Mengolah informasi)
4.      Guru menunjuk/ memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
17.  Sebelum menjawab pertanyaan, siswa memperkenalkan diri kepada semua teman di depan kelas
18.  Siswa menyampaikan dan menceritakan aktivitas yang dilakukan sebelum berangkat sekolah sesuai dengan gambar yang disajikan. (mengkomunikasikan)
5.      Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
19.  Siswa memberikan alasan atas jawaban yang telah diberikan. (mengolah informasi)
20.  Siswa mencontohkan aturan yang benar dari aktivitas yang dilakukan di rumah


6.      Menanamkan konsep/ materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
21.  Siswa bersama guru menyimpulkan hasil kegiatan yang telah dilakukan. (mengkomunikasikan)
22.  Siswa menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Pergi Belajar”.
Penutup

1.      Siswa dan guru melakukan refleksi
2.      Siswa mengerjakan tugas evaluasi.
3.      Siswa berdoa sebelum pulang.
4.      Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
5.      Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
45 menit
                                                                                      


I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.         Teknik Penilaian
a.         Tes
PPKn, Bahasa Indonesia, SBdP
b.        Non Tes
·         Penilaian Sikap
Spiritual              : Bersyukur
Sosial                  : Santun
·         Penilaian Keterampilan
PPKn                        : Memperagakan tentang aturan memberi salam
pada orang tua saat ke luar rumah
Bahasa Indonesia     : Memperkenalkan diri dengan menyebut
nama panggilan.
SBdP                        : Menyanyikan lagu “Siapa Namamu?”
2.         Jenis Penilaian
a.         Tes                 :           Lisan, Tulis, Penugasan
b.        Non Tes         :           Pengamatan, Unjuk Kerja
3.         Bentuk Penilaian
a.         Tes                 :           Pertanyaan Singkat, Isian Singkat, Daftar Periksa
b.        Nontes                       :           Daftar Periksa, Rubrik

Semarang,         
      Mengetahui,
   Kepala Sekolah                                                                                Guru Kelas
                                                                                                           

No comments:

Post a Comment