Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Thursday, 7 June 2018

RPP Kurtilas Kelas 1 Tema 1 Diriku Subtema 3 Aku Merawat Tubuhku Pembelajaran 3 Problem Based Learning PBL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD N PELITA BANGSA
Kelas/Semester            : I / Ganjil
Tema/SubTema           : 1 Diriku / 3 Aku Merawat Tubuhku
Pembelajaran               : 3 (PPKn, Matematika, Bahasa Indonesia)
Alokasi waktu             : 1 hari (5X35 Menit)

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.    PPKn
1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

1.2.1 Berperilaku sikap syukur


2.2.1 Menunjukkan perilaku sikap disiplin
2.2.2 Menunjukkan perilaku sikap kerjasama

3.2.1 Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh di rumah
4.2.1 Memeragakan kebiasaan mandi pagi dan mandi sore sesuai dengan aturan yang telah diketahui
2.    Matematika
3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda- benda konkret.
4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret

3.3.1 Membandingkan kumpulan benda menggunakan istilah lebih banyak, lebih sedikit, atau sama banyak.

4.3.1 Mengurutkan bilangan berdasarkan banyaknya objek.
3.    Bahasa Indonesia
3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.
4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.

3.4.1 Menunjukkan informasi mengenai cara merawat tubuh




4.4.1 Mempraktikkan cara menyikat gigi

C.    Tujuan Pembelajaran
1.         Diberikan bimbingan dari guru, siswa dapat berperilaku sikap syukur dengan benar.
2.         Diberikan bimbingan dari guru, siswa dapat menunjukkan perilaku disiplin dengan benar.
3.         Diberikan bimbingan dari guru, siswa dapat menunjukkan perilaku kerjasama dengan benar.
4.         Diberikan beberapa kelompok benda yang berbeda, siswa dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah lebih banyak dengan benar.
5.         Diberikan beberapa kelompok benda yang berbeda, siswa dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah lebih sedikit dengan benar.
6.         Diberikan beberapa kelompok benda yang berbeda, siswa dapat membandingkannya dengan menggunakan istilah sama banyak dengan benar.
7.         Diberikan beberapa kelompok benda yang berbeda, siswa dapat mengurutkan bilangan berdasarkan banyaknya objek dengan benar.
8.         Dihadapkan pada gambar tentang menjaga kebersihan tubuh, siswa dapat menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh di rumah dengan tepat.
9.         Setelah menyimak penjelasan guru tentang aturan merawat tubuh, siswa dapat memeragakan kebiasaan mandi pagi dan mandi sore serta menyikat gigi di rumah sesuai dengan aturan yang telah diketahui.
10.     Diberikan syair sebuah lagu, siswa dapat menunjukkan informasi mengenai cara merawat tubuh dengan tepat.
11.     Dihadapkan gambar cara menyikat gigi, siswa mampu mempraktikkan cara menyikat gigi dengan tepat.
D.    Karakter yang Diharapkan
1. Religius
2. Nasionalis
3. Mandiri
4. Integritas
5. Gotong Royong
E.     Materi Pembelajaran
1.      Aturan di lingkungan rumah
2.      Bilangan sampai dua angka
3.      Teks pendek
F.     Metode, Model dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Model             : Problem Based Learning (PBL)
2.      Pendekatan    : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan).
3.      Metode           : diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah

G.    Media/alat dan Sumber Belajar
1.    Media/alat
·       Buku Siswa
·       Berbagai alat perawatan tubuh seperti sabun, sampo, dan pasta gigi
·       Naskah lagu berisikan lagu “Aku Gigi”
·       Cerita tentang cara merawat kebersihan tubuh
2.    Sumber Belajar
·       BukuGuru : Hendrifiana, Yusfina.dkk 2017. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·        BukuSiswa : Hendrifiana, Yusfina.dkk 2017. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
·       Sumber internet yang relevan
H.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Pra-Kegiatan
1.    Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.    Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.    Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.    Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.    Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 10 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·      Apa yang tergambar pada sampul buku.
·      Apa judul buku
·      Kira-kira ini menceritakan tentang apa
Kegiatan Awal
6.    Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan “Siapakah yang tadi pagi menggosok gigi?
7.    Guru membangkitkan motivasi siswa dengan tepuk semangat
8.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
15 Menit
Kegiatan Inti
a.    Orientasi Siswa pada Masalah
9.     Sehari sebelum pelaksanaan pembelajaran 3, minta siswa untuk membawa contoh benda yang biasa dipakai untuk merawat tubuh.(menanya)
10. Siswa mengelompokkan benda tersebut sesuai dengan nama yang tertera dalam kotak yaitu sabun, sampo, dan pasta gigi. (mengamati, mencoba, menaksir)
11. Perwakilan  siswa untuk meraup beberapa sabun dengan kedua tangannya dan menyimpannya di wadah lain. Begitupun dengan kumpulan benda yang lain oleh siswa yang lain. (mencoba)
12. Mengajak siswa menghitung bersama-sama masing-masing kumpulan benda.(menaksir)
Ada 7 sabun dan ada 4 sampo. Manakah yang lebih banyak? (jawab:sabun)
13. Membimbing siswa untuk membandingkan banyak benda yang telah diperoleh
Sabun lebih banyak dari sampo.
b.   Mengorganisikan Siswa untuk Belajar
14. Siswa berkelompok untuk berlatih membandingkan kumpulan benda menggunakan benda-benda yang telah disediakan oleh guru. (menaksir)
c.    Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok
15. Masih dalam kelompok yang sama, siswa mengurutkan bilangan yang diperoleh dari banyak benda dan mengurutkannya dari yang paling besar sampai yang kecil atau sebaliknya. (menaksir)
d.   Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
16. Siswa dibimbing oleh guru selama proses diskusi mengawasi dan menjadi fasilitator baik pada individu atau pun pada kelompok belajar.
e.    Menganalisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah
17. Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya. (mengkomunikasikan)
18. Guru bersama siswa merefleksi kegiatan yang telah dilakukan
19. Setelah berlatih, mengajak siswa bersama-sama merapikan kembali benda-benda yang telah dipakai dan mengembalikan ke tempat semula.
a.    Orientasi Siswa pada Masalah
20. Siswa diminta untuk mengamati kemasan sabun, sampo, atau pasta gigi yang telah dibawa dari rumah. (mengamati)
21. Menanyakan kepada siswa. (menanya)
“Apakah mereka menemukan informasi mengenai cara merawat tubuh?
b.   Mengorganisikan Siswa untuk Belajar
22. Siswa menyanyi bersama-sama lagu “Aku Gigi”
23. Selesai bernyanyi, tanyakan kepada siswa
“Apakah mereka menemukan informasi mengenai cara merawat tubuh?
24.  Siswa mendiskusikan bersama-sama. (mencoba)
25. Siswa mengamati guru tentang cara menyikat gigi dengan tepat yang diperagakan oleh guru
c.    Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok
26. Siswa berdiskusi dengan teman sekelompok mengenai informasi yang diperoleh dari gambar yang telah ditunjukkan oleh guru tersebut. (menaksir)
d.   Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
27. Guru bersama siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil diskusi. (mengkomunikasikan)
e.    Menganalisis dan Evaluasi Proses Pemecahan Masalah
28. Setelah diperoleh kesimpulan cara menyikat gigi dengan benar, siswa diminta untuk mempraktikkan cara menyikat gigi bersama-sama.
29. Siswa secara bergiliran untuk menyebutkan kegiatan merawat tubuh yang biasa dilakukan di rumah dan menjelaskan alasannya.
30. Siswa memeragakan cara merawat tubuh yang lain yaitu  kebiasaan mandi pagi dan mandi sore
31. Guru bersama siswa melakukan refleksi
32. Siswa mendengarkan simpulan dari guru
Merawat dan menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu bentuk syukur pada Tuhan atas anugerah yang telah diberikan-Nya. Merawat dan menjaga kebersihan tubuh harus dilakukan secara teratur dengan kegiatan cara merawat tubuh yang tepat.
130 Menit

Penutup
33. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
34. Penugasan dirumah kerjasama dengan orang tua.
·     Siswa menjalin hubungan baik dengan orang tua dengan memperhatikan kondisi orang tua dengan menjaga dan merawat orang tua seperti pada saat kelelahan sehabis bekerja.
35. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
36. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
30 Menit

I.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.         Teknik Penilaian
1)        Tes : Pengetahuan Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika.
2)        Non tes
a.    Sikap
a)        Spiritual                 : Bersyukur
b)        Sosial                     : Disiplin, Kerjasama
b.    Keterampilan
a)        Bahasa Indonesia   : Praktik menyikat gigi
b)        Matematika            : Membandingkan banyak benda
c)        Pkn                         : Memeragakan kebiasaan mandi pagi dan mandi sore

2.         Bentuk Penilaian
1)        Tes                  : Tertulis
2)        Non tes           : Unjuk Kerja
3.         Instrumen Penilaian
1)        Tes                  : Menjodohkan dan uraian
2)        Non tes           : Rubrik
4.         Pembelajaran remedial dan pengayaan





No comments:

Post a Comment