RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN PELITA BANGSA
Kelas / semester :
I
/ 1 (satu)
Tema : 1. Diriku
Sub Tema : 1. Aku
dan Teman Baru
Pembelajaran : 3
Alokasi
waktu : 1 Hari (5JP x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
PPKn
1.2
Menunjukkan
sikap patuh
aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah. |
1.2.1
Berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan.
|
2.2
Melaksanakan
aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah. |
2.2.1
Menunjukkan
perilaku sikap disiplin
|
3.2 Mengidentifikasi
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.
|
3.2.1
Menyebutkan
macam aturan di sekolah
3.2.2
Menjelaskan
cara menghormati teman dan guru
|
4.2 Menceritakan
kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah.
|
4.2.1
Mempraktekkan
salam kepada guru sebelum pulang
4.2.2
Mempraktekkan
kegiatan memberi salam saat masuk rumah
|
Bahasa
Indonesia
3.3
Mengenal
lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah.
|
3.3.1
Menyebutkan
huruf vokal dalam suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
3.3.2
Menunjukkan
huruf vokal yang hilang dari nama teman
|
4.3
Melafalkan
bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah
|
4.3.1
Melafalkan
huruf vokal suatu kata yang terkait dengan aku dan teman baru
|
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99
sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek.
|
3.1.1
Mengurutkan
bilangan 1 sampai dengan 10.
|
4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang
bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan.
|
4.1.1
Mengelompokkan
benda
sesuai dengan bilangan 1 sampai dengan 10. |
Karakter:
Toleransi, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/Komunikatif, Cinta
Damai
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan pembiasaan patuh
pada aturan agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari, siswa akan
membudayakan berdoa sebelum dan sesudah belajar.
2.
Dengan keteladanan
dalam bersikap di kehidupan sehari-hari, perilaku disiplin siswa akan
membudaya.
3.
Melalui mengamati gambar kegiatan di sekolah, siswa dapat menyebutkan
aturan yang berlaku di sekolah dengan benar.
4.
Melalui mengamati gambar kegiatan di sekolah, siswa dapat menjelaskan
cara menghormati guru dengan benar.
5.
Dengan menyanyikan lagu
“Mari Pulang”, siswa dapat mempraktikkan kegiatan memberi salam kepada guru
sebelum pulang sekolah dengan benar.
6.
Dengan menyanyikan lagu
“Mari Pulang”, siswa dapat mempraktikkan kegiatan memberi salam kepada orang
tua sebelum masuk rumah dengan benar.
7.
Melalui menyanyikan
lagu “a-b-c”, siswa dapat menyebutkan huruf vokal dengan benar
8.
Melalui permainan kartu
huruf, siswa dapat menunjukkan huruf vokal yang hilang dari nama teman dengan
benar
9.
Melalui permainan kartu
huruf, siswa dapat melafalkan huruf vokal nama teman dengan benar
10. Setelah mengamati berbagai gambar dengan jumlah yang berbeda,
siswa dapat membilang dari 1 sampai 10
11. Melalui permainan mencocokkan benda, siswa dapat
mengelomokkan benda sesuai dengan bilangan 1 sampai dengan 10
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Aturan ketika pulang sekolah
2. Memberi salam saat masuk rumah
3. Huruf vokal dan konsonan dari nama
4. Bilangan 1 sampai dengan 10
E. MODEL/ PENDEKATAN/ METODE
Model :
Tebak kata
Pendekatan :
Saintifik
Metode : Tanya Jawab, diskusi, Permainan,
Penugasan
F. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Buku Siswa
2. Kartu
huruf
3. Kartu
bilangan
4. Gambar
kelompok benda
G. SUMBER BELAJAR
1.
Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah
pembelajaran Model Tebak Kata
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Pada awal pelajaran, guru memberi salam
dan mengucapkan selamat datang kepada siswa.
2. Berdoa dan dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. (membiasakan sikap religius dan nasionalis
siswa).
3. Siswa
melakukan presensi sebelum memulai menerima pelajaran.
4. Guru
melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi sebelumnya yaitu mengenai
aturan di rumah.
5. Guru
mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari yaitu mengenai aturan di
sekolah
6.
Siswa mengamati gambar aktivitas
yang dilakukan siswa di sekolah (mengamati)
7.
Siswa bersama guru melakukan
tanya jawab mengenai hal yang boleh dan dilarang dilakukan di sekolah (menanya)
8.
Siswa menyebutkan aturan yang ada
di sekolah (mengumpulkan informasi)
9.
Siswa mencocokkan dengan membaca
tata tertib sekolah yang ada (mengolah informasi)
10. Siswa
menulis aturan yang ada di sekolah
|
10 menit
|
|
Inti
|
1. Siswa
mengenal huruf melalui media karton yang ditulis huruf dan ditempelkan di
depan kelas (mengamati)
2. Siswa
menyanyikan lagu “a-b-c”
3. Siswa
bernyanyi sambil menunjuk huruf yang disebutkan (mengumpulkan informasi)
|
120 menit
|
|
1. Guru
membagi kelompok
|
4. Siswa
membentuk kelompok sesuai dengan arahan yang diberikan guru
|
||
2.
Guru
membagikan kartu nama kepada masing masing kelompok
|
5. Setiap
kelompok mendapatkan kartu nama sesuai dengan nama-nama siswa anggota
kelompok
6. Siswa
saling bekerja sama menyusun kartu nama agar mendapatkan susunan yang tepat
7. siswa
memperhatikan aturan permainan yang disampaikan oleh guru
|
||
3.
salah
satu kelompok maju untuk memberikan tebakan kepada kelompok lain
|
8. Salah
satu kelompok maju untuk menunjukkan susunan nama namun pada bagian vokal
ditutup.
9. Satu
kelompok lain ditugaskan untuk melengkapi vokal yang hilang
|
||
4.
Seluruh
kelompok bergantian maju hingga selesai
|
10. Setelah
dua nama dari kelompok yang mendapat giliran maju telah ditebak, giliran
kelompok lain untuk maju dan memberikan tugas menebak untuk kelompok lain.
11. Bergantian
terus hingga seluruh kelompok telah maju
|
||
12. Setelah
permainan selesai, siswa kembali menyenyikan lagu “a-b-c”
13. Guru
mengaitkan materi selanjutnya dengan menanyakan jumlah kelompok dan anggota
masing masing kelompok.
14. Siswa
mengenal konsep bilangan 1 sampai dengan 10
15. Siswa
menghitung banyaknya benda yang ada pada gambar yang ditunjukkan guru
|
|||
Penutup
|
1. Siswa
dan guru melakukan refleksi
2. Siswa
mengerjakan tugas evaluasi.
3. siswa
menyanyikan lagu “Mari Pulang”
4. Siswa
berdoa sebelum pulang.
5. Guru memberi salam penutup.
6. Siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
|
45 menit
|
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Tes
PPKn, Bahasa Indonesia,
Matematika
b.
Non Tes
·
Penilaian Sikap
Spiritual :
Berdoa
Sosial : Santun
·
Penilaian Keterampilan
PPKn
: Menghormati
guru dan orang tua
Bahasa
Indonesia : Menyebutkan huruf
SBdP : mengelompokkan bilangan
1 sampai dengan 10
2.
Jenis Penilaian
a.
Tes : tulis
b.
Non Tes : Pengamatan, Unjuk Kerja
3.
Bentuk Penilaian
a.
Tes :
Pilihan ganda
b.
Nontes : Rubrik
Semarang,
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
No comments:
Post a Comment