Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 30 June 2018

RPP Kurtilas Lengkap Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari Pembelajaran 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan      :  SD Nusa
Kelas / semester          :  I/ I
Tema                           : 3 (Kegiatanku)
Sub Tema                    : 1 ( Kegiatan Pagi Hari )
Pembelajaran               : 1 ( Bahasa Indonesia, PPKn,SBdP )
Alokasi waktu             : 1 Hari (5JP x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan.



 4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar.


3.7.1 Membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar

3.7.2 Menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam yang tepat sesuai gambar
4.7.1 Menyalin kosakata tentang kegiatan pagi hari

4.7.2 Menunjukan kosakata tentang kegiatan pagi hari
PPKn
1.1Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara “Garuda Pancasila”.

2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan seharihari.

3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.


4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda sila Pancasila.

1.1.1 Berperilaku syukur



2.1.1 Menunjukkan sikap rukun



3.1.1 Mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila


4.1.1 Melafalkan bunyi sila-sila Pancasila
SBdP

3.2 Memahami elemen musik melalui lagu.
4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.


3.2.1 Membedakan panjang pendek bunyi
4.2.1 Memeragakan panjang pendek bunyi dengan suara atau alat bantu



C.    PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)
1.      Religius
2.      Cermat
3.      Percaya Diri
4.      Nasionalis
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan diberikan kebiasaan berdoa siswa dapat berperilaku syukur dengan tepat.
2.      Dengan diberikan gambar contoh kegiatan pagi siswa dapat membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan benar.
(R Kognitif)
3.      Dengan diberikan gambar contoh kegiatan pagi siswa dapat menulis kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
(R Psikomotorik)
4.      Dengan diberikan potongan kalimat tentang kegiatan siswa dapat membaca kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan benar. (R.Kognitif)
5.      Dengan diberikan gambar contoh kegiatan pagi siswa dapat menunjukkan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan benar.
(R Kognitif)
6.      Dengan diberikan potongan kalimat tentang kegiatan siswa dapat menunjukan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan benar. (R.Kognitif)
7.      Dengan diberikan teks tentang kegiatan pagi hari siswa dapat menunjukan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai bagian dari peristiwa siang dan malam dengan benar. (R.Kognitif)
8.      Dengan diberikan teks tentang kegiatan pagi hari siswa dapat menemukan kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai dari peristiwa siang dan malam dengan benar
(R.Kogntif)

9.      Dengan diberikan potongan kosakata siswa dapat melengkapi kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai dari peristiwa siang dan malam harr dengan tepat.
(R. Psikomotorik)
10.  Dengan diberikan teks tentang kegiatan pagi hari siswa dapat menyalin kosakata tentang kegiatan pagi hari sebagai dari peristiwa siang dan malam dengan tepat.
(R. Psikomotorik)
11.  Dengan diberikan teks tentang Pancasila  siswa dapat mengidentifikasi bunyi sila-sila Pancasila dengan benar( R. Kognitif )
12.  Dengan diberikan teks tentang Pancsila siswa dapat menyebutkan bunyi sila-sila Pancasila ( R. Kogntif )
13.  Dengan diberikan gambar simbol-simbol pada tameng garuda Pancasila siswa dapat memberikan contoh rumusan bunyi sila-sila Pancasila dengan benar (R. Kognitif )
14.  Dengan diberikan kartu kata tentang kalimat-kalimat sila-sila Pancasila siswa dapat melengkapi rumusan bunyi sila-sila Pancasila dengan benar (R. Kognitif )
15.  Dengan diberikan teks Pancasila siswa dapat melafalkan bunyi sila-sila Pancsila dengan tepat .(R.Psikomotorik)
16.  Dengan diberikan contoh penerapan sila pertama Pancasila pada kartu kata siswa dapat menceritakan pengalaman penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar
.(R. Afektif)
17.  Dengan diberikan syair lagu “Bangun Tidur” siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar (R. Kognitif )
18.  Dengan diberikan syair lagu “Bangun Tidur” siswa dapat memeragakan panjang pendek bunyi dengan benar (R. Psikomotorik )
E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kosakata tentang kegiatan pagi.
2.      Bunyi sila-sila Pancsila.
3.      Panjang Pendek Bunyi



F.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Model                                :Discovery Learning
Pendekatan                        : Saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
Metode                              : Tanya  jawab, diskusi, demontrasi, penugasan, dan ceramah

1.      Stimulasi/pemberian rangsangan
2.      Identifikasi masalah
3.      Pengumpulan data
4.      Pengolahan data
5.      Verifikasi/pembuktian
6.      Menarik kesimpulan
H.    MEDIA
1.    Teks kegiatan pagi
2.    Gambar Garuda Pancasila
3.    Gambar tameng Garuda Pancasila
4.    Teks Pancasila
5.    Teks syair lagu “Bangun Tidur”
I.       SUMBERBELAJAR
1.      Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 3 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
2.      Permendikbud No. 24 tahun 2016.
3.      Lampiran ke-2 Permendikbud No. 24  tahun 2016.
4.      Sumber internet yang relevan.
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris di depan kelas
2.      Siswa menyanyikan lagu “Indonesia Raya
3.      Semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
4.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. (Religius: beriman dan bertaqwa)
5.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)

Pendahuluan
6.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu “Pergi Belajar”. (Melatih sikap kerjasama siswa)
7.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
8.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
a.      Stimulasi/pemberian rangsangan
1.      Siswa mengamati gambar dan suasana pagi yang ditunjukkan oleh guru (mengamati)
 





2.      Siswa diminta mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait gambar yang mereka amati. Guru memancing sikap kritis siswa dengan mengajukan pertanyaan “adakah yang ingin kamu ketahui dari gambar yang kamu amati?” Siapa yang mau mengajukan pertanyaan? (mengamati, menanya)
b.      Identifikasi masalah
3.      Siswa mendiskusikan kegiatan-kegiatan di pagi hari baik di rumah maupun di sekolah. (Menalar)
c.       Pengumpulan data
4.      Siswa untuk meperhatikan cerita dari buku Siswa Tema 3 Subtema 1 Hal.3 (Mengamati)
5.      Siswa diminta menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan pagi hari. Guru menuliskan kata yang disebutkan siswa di papan tulis agar dapat di baca oleh siswa lainnya. Setelah tidak ada lagi siswa yang menyebutkan, guru dapat menambahkan kosa katanya jika diperlukan, dengan cara memberikan pertanyaan yang memancing ingatan siswa. (Mencoba, Menalar)
d.      Pengolahan data
6.      Siswa diminta menyelesaikan lembar kerja tentang pengenalan kosa kata yang berhubungan dengan kegiatan pagi hari.(Mencoba, Menalar)
 










7.      Kemudian Siswa melanjutkan diskusi berkaitan dengan kegiatan pagi hari di sekolah. Salah satu rutininitas di sekolah di pagi hari adalah upacara.
 






8.      Saat pelaksanaan upacara biasanya ada kegiatan pembacaan teks Pancasilasiswa ditunjukan gambar tameng Garuda Pacasila (Mengamat)
 







9.      Lalu guru menggali pengetahuan siswa tentang teks pancasila dengan bertanya dan memberi kesempatan bagi yang sudah hafal untuk melafalkannya di depan temantemannya.(Mencoba)
10.  Untuk memperkuat pengetahuan siswa tentang bunyi sila-sila Pancasila guru mendemonsrasikan pembacaan teks Pancasila dengan lafal dan intonasi yang benar.
11.  Siswa ditunjukan poster bertuliskan teks Pancasila dan sekali lagisiswa melafalkannya bersama-sama atau bergantian. (Mengamati, Mencoba,Literasi)
12.  Siswa menyeselesaikan tugas tentang melengkapi tugas untuk melengkapi kosakata tentang sila Pancasila (Mencoba)
e.        Verifikasi/pembuktian
13.  Setelah siswa melafalkan bunyi teks sila- sila Pancasila dan melengkapi kosakata, siswa melakukan permainan menyusun kata-kata menjadi bunyi teks Pancasila. (Mencoba, Menalar)
 



14.  Siswa mencermati apa saja kegiatan pagi hari di rumah lewat lagu “Bangun Tidur”. (Mengamati, Menanya)
 








15.  Selain mencermati kegiatan pagi  siswa mencermati perbedaan panjang pendek bunyi pada lagu tersebut. Siswa ditunjukan bagian syair lagu mana yang dibunyikan pendek dan mana yang dibunyikan panjang.(Mencoba, Menalar)
16.  Guru juga memberi contoh jika lagu tersebut dinyanyikan tanpa ada perbedaan panjang pendek bunyi. Siswa diminta membedakan rasa saat mendengarkannya. (Mengamati)
17.  Dengan menggunakan alat bantu seperti peluit, marakas, dan atau tamborin guru melatih siswa memeragakan bunyi pendek dan bunyi panjang dalam sebuah lagu. (Mencoba, Menalar)
f.        Menarik kesimpulan
18.  Siswa memeragakan panjang dan pendek bunyi lagu di depan kelas (Mengomunikasikan)
35 Menit X  30 JP
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15    menit

K.    PEMBELAJARAN REMEDIAL
1.      Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang belum mampu memahami kosakata tentang kegiatan pagi.
2.      Guru memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai bunyi sila-sila Pancasila.
3.      Guru membimbing siswa yang belum mampu memperagakan panjang pendek suara .
L.     PEMBELAJARAN PENGAYAAN
1.      Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang sudah mampu memahami kosakata tentang kegiatan pagi.
2.      Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang sudah mampu mengenai bunyi sila-sila Pancasila.
3.      Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang sudah mampu memperagakan panjang pendek suara .
M.   PENILAIAN
1.         Teknik Penilaian
1)        Tes:
Pengetahuan Bahasa Indonesia, PPKn, dan SBDPdengan tes tertulis.
2)        Non Tes :
a.       Sikap Spiritual : bersyukur
b.      Sikap Sosial : kerja sama
c.       Keterampilan
2.         Jenis Penilaian
1)        Tes                  : Tertulis (soal)
2)        Non tes           :Kinerja, Pengamatan
3.         Bentuk Penilaian
a.       Pengetahuan                             : Essay (Uraian) berupa melengkapi kosakata
b.      Sikap dan Keterampilan           : Rating scale dengan Rubrik, Pengamatan sikap
4.         Instrumen Penilaian
a.       Tes                    : Soal
b.      Non Tes            : Rating scale dengan Rubrik
                                                                                        Semarang,                      2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah,

.................................................
Guru Kelas





No comments:

Post a Comment