Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 9 June 2018

Pendidikan Sepanjang Hayat: bagian 3 Semakin maju suatu masyarakat semakin beragam jenis sumber kehidupan


Saat ini kita menganggap wajar jika anak mempunyai sumber kehidupan yang berbeda dengan orang tuanya. Anak petani tidak menjadi petani tetapi berdagang periuk belanga. Juga wajar sekali anak seorang pengusaha batik menjadi guru. Singkatnya, jenis pekerjaan yang menjadi sumber-sumber kehidupan seorang anak tidak selalu sama dengan jenis pekerjaan orang tuanya. Si petani tak tahu apa-apa tentang perdagangan gerabah, apalagi mendidik tentang masalah gerabah. Anaknya tahu pergerabahan dari sumber lain, bukan dari orang tuanya. Demikian pula antara si pengusaha batik dan anaknya yang menjadi  guru. Dalam kehidupan masyarakat dapat kita amati bahwa orang tua tidak lagi mampu mempersiapkan seluruh kebutuhan hari depan anak dengan mendidiknya di rumah. Dalam kenyataannya bahkan orang tua tidak lagi bekerja bebas di lingkungan rumahnya sehingga anak dapat mengikutinya untuk  mengamati  dan belajar. Orang tua bekerja dengan ketentuan yang ketat dan anak akan terpisah dari orang tuanya, mungkin terpisah dari ayahnya, mungkin juga terpisah dari ibunya.
Adalah wajar untuk masyarakat maju seorang ayah pergi ke kantor, ibunya ke tempat kerja lainnya dan anaknya dididik orang lain di lembaga penitipan anak.

    Lembaga pendidikan pra sekolah atau sekolah. Dari sini dapat disimpulkan bahwa:
1.         Sumber kehidupan adalah beragam pada masyarakat yang tidak tradisional. Dalam suatu kelurahan, kita temui guru, dokter, pedagang batik, pemborong masakan, penyanyi dan lain-lain.
2.         Setelah dewasa, anak tidak selalu mempunyai sumber kehidupan yang sama dengan orang tuanya.
3.         Anak tidak belajar untuk bekal kehidupannya melulu dari orang tuanya saja. Dari orang lain mereka belajar lewat lembaga pendidikan yang disebut sekolah, atau mungkin kursus, penyuluhan, latihan dan lain-lain.
4.         Apa yang harus dipelajari oleh seseorang untuk dapat hidup tidak sesederhana seperti di dalam masyarakat yang tradisional. Untuk itu orang tua memerlukan orang lain atau lembaga pendidikan untuk membantu mempersiapkan anaknya menyongsong hari depan.

No comments:

Post a Comment