Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Monday, 4 June 2018

RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Kurtilas Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku Pembelajaran 2 Problem Based Learning PBL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan           : SD…………
Kelas/ semester                  : I / I
Tema                                  : I. Diriku
Subtema                             : 2. Tubuhku
Pembelajaran                    : 2. Bahasa Indonesia, PJOK
Alokasi waktu                   : 1  Hari (5JP x 35 menit)

A.  KOMPETENSI INTI (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.4  Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.

4.4  Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya  menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis.

3.4.1 Menyebutkan kosa kata tentang panca indera dan kegunaannya





4.4.1 Menceritakan kegunaan bagian-bagian anggota tubuh

PJOK
3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara
menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.

4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.


3.8.1 Menyebutkan nama anggota tubuh
3.8.2Menyebutkan bagian anggota tubuh dan kegunaannya


C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan bermain “Guru berkata”, siswa dapat menyebutkan nama anggota tubuh dengan benar.
2.      Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan bagian anggota tubuh dan kegunaannya dengan benar.
3.      Melalui penugasan, siswa dapat menjodohkan gambar panca indera dan bacaannya dengan benar.
4.      Melalui tanya jawab dengan guru, siswa dapat menceritakan kegunaan bagian-bagian anggota tubuh dengan tepat.
5.      Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan bagian anggota tubuh dengan benar.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
1.      Anggota tubuh (buku siswa halaman 45)
2.      Gambar penggunaan anggota tubuh (buku siswa halaman 46)
3.      Panca Indera (buku siswa halaman 47-48)
E.  MEDIA,  ALAT, DAN SUMBER BELAJAR
1.        Media Pembelajaran
Gambar anggiota tubuh lengkap, gambar panca indra, tabel nama-nama anggota tubuh
2.        Alat /bahan Pembelajaran
Alat tulis
3.        Sumber Belajar
Buku Guru : Andrifiana, Yusfina, dkk. 2017. Buku Guru Tema 1 Diriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Buku Siswa : Andrifiana, Yusfina, dkk. 2017. Buku Guru Tema 1 Diriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
F.   PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                : Problem Based Learning
METODE              : diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Pra Kegiatan
1.    Siswa berbaris di luar kelas. Siswa secara bergiliran memimpin berbaris. (berani, tanggung jawab)
2.    Siswa melafalkan Pancasila bersama-sama dipimpin oleh seorang siswa. (nasionalis)
3.    Siswa masuk ke kelas scara urut dan tertib. (disiplin)
4.    Siswa menyalami guru di depan kelas. (santun, hormat)
Kegiatan Awal
1.      Guru mengkondisikan kelas
2.      Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar siswa
3.      Guru mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan  keyakinan masing-masing (religius)
4.      Guru melakukan presensi kehadiran siswa
5.      Guru menyiapkan sumber dan  media pembelajaran
6.      Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa untuk berdiri dan bermain “guru berkata”
7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit (06.45-07.00)






20 menit
Inti
Orientasi peserta didik pada masalah
1.      Siswa melakukan  permainan “guru berkata” yang dikaitkan dengan materi anggota tubuh. (mencoba)
2.      Siswa memperhatikan contoh gerakan yang dilakukan guru (mengamati)
3.      Siswa menanya tentang gerakan yang dilakukan guru (menanya)
4.      Siswa menirukan ucapan dan gerakan guru tentang anggota tubuh (mengumpulkan informasi)
5.      siswa mengamati gambar pancaindra yang ditempel oleh guru di papan tulis lengkap dengan nama dan fungsinya. (mengamati)
6.      Siswa melakukan tanya jawab dengan guru mengenai pancaindra dan fungsinya. (menanya, mengumpulkan informasi)
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
7.      Siswa membentuk beberapa kelompok, kemudian berdiskui tentang nama dan bagian-bagian anggota tubuh, pancaindra serta kegunaannya  (mengumpulkan informasi dan menalar)
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
8.      Siswa menunjukkan anggota tubuh yang diketahui dan menceritakan kegunaannya kepada teman satu kelompoknya secara bergantian.
9.      Guru berkeliling, melakukan bimbingan dan mengoreksi siswa yang sedang memeragakan.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
10.  Siswa melakukan peragaan menunjuk anggota tubuh dan fungsinya kembali tanpa bimbingan guru.
11.  Perwakilan setiap kelompok maju ke depan untuk menunjukkan anggota tubuh dan menceritakan fungsinya.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
12.  siswa dibantu oleh guru menganalisis anggota tubuh, pancaindra dan fungsinya yang telah dilakukan.
135 menit



Penutup
1.      Guru bersama siswa merefleksi kegiatan pembelajaran
2.      Siswa merangkum hasil pembelajaran
3.      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
4.      Siswa mengerjakan evaluasi
5.      Guru memberikan pengayaan dan remidial
6.      Guru memberikan pesan untuk mempelajari materi berikutnya/yang akan datang
7.      Guru bersama siswa menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa.
8.      Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam
20 Menit




H.   PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.     Tes
b.     Non tes
Penilaian Keterampilan
-          Unjuk kerja (kerja kelompok bercerita tetang bagian-bagian tubuh dan kegunaanya)
-          Unjuk kerja (mengikuti permainan “guru berkata”)
2.      Jenis penilaian
Tes tertulis, penilaian sikap, unjuk kerja
3.      Bentuk penilaian
Tes            : ts tertulis
Non tes     : observasi selama kegiatan pembelajaran
4.      Instrumen Penilaian
Tes            : pilihan ganda
Non tes     :
-          Rubrik bercerita tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya
-          Rubrik permainan “guru berkata”
I.       PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
1.      Remidial     : bagi siswa yang masih belum dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik, akan diberikan tambahan jam untuk pendalaman materi.
2.      Pengayaan  : bagi siswa yang sudah dapat memahami materi dengan baik diberi soal tambahan.
Semarang, 6 Maret 2018
Mengetahui,
Kepala SD…………….                                                                                  Guru Kelas I



No comments:

Post a Comment