RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN PELITA BANGSA
Kelas / semester :
I
/ 1 (satu)
Tema : 1. Diriku
Sub Tema : 1. Aku
dan Teman Baru
Pembelajaran : 4
Alokasi
waktu : 1 Hari (6JP x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
dan INDIKATOR
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
PJOK
3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional
|
3.1.1
Mengidentifikasi
gerak lokomotor pada aktivitas berjalan
|
4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan
keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan
atau tradisional
|
4.1.1
Memperagakan gerak
lokomotor pada aktivitas berjalan
|
Bahasa
Indonesia
3.3
Mengenal
lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah
|
3.3.1
Mengidentifikasi huruf pertama nama sendiri dan nama-nama
teman sekelas.
|
4.3
Melafalkan
bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
|
4.3.1
Melafalkan
huruf pertama dari nama nama teman-teman di kelas
|
SBdP
3.2 Mengenal
elemen musik melalui lagu.
|
3.2.1
Mengidentifikasi warna suara
manusia
|
4.2 Menirukan
elemen musik melalui lagu.
|
4.2.1
Membedakan warna suara
|
Karakter:
Toleransi, Rasa Ingin Tahu, Bersahabat/Komunikatif, Cinta
Damai
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi gerak
lokomotor pada aktivitas berjalan dengan tepat
2.
Melalui contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan
berjalan lurus satu arah dengan baik dan benar
3. Melalui contoh dari
guru, siswa dapat mempraktikkan jalan berpasangan sambil bergandengan tangan
dengan baik dan benar
4. Melalui contoh dari
guru, siswa dapat mempraktikkan jalan berpasangan bergandengan tangan sambil
melompat dengan baik dan benar
5. Melalui media kartu
huruf, siswa dapat mengidentifikasi huruf vocal dan konsonan dengan tepat
6. Melalui permainan gerak
lokomotor sederhana, siswa dapat mengenali huruf pertama nama sendiri dengan
tepat.
7. Melalui permainan gerak
lokomotor sederhana, siswa dapat melafalkan huruf pertama dari nama-nama teman di
kelasnya dengan tepat.
8. Melalui penjelasan
dari guru, siswa dapat mengidentifikasi warna suara dengan tepat
9. Melalui permainan tebak suara, siswa dapat menebak suara teman
atau suara suatu benda
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Gerak dasar lokomotor dalam aktivitas berjalan
2. Huruf vocal dan konsonan
3. Warna suara
E. MODEL/ PENDEKATAN/ METODE
Model :
Think Pair Share (TPS)
Pendekatan :
Saintifik
Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Permainan,
Penugasan
F. MEDIA PEMBELAJARAN
1. Media
Pembelajaran
a. Kartu huruf dari a-z
b. Media grafis gerak lokomotor dalam
aktivitas berjalan
c. Media grafis tentang petunjuk melakukan permainan tebak warna suara
d. LCD
e. Buku
Siswa
2. Alat/Bahan
pembelajaran
Tali, peluit, kain untuk menutup mata siswa saat
bermain tebak suara.
G. SUMBER BELAJAR
1.
Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Hendrifiana, Yustina.dkk 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Diriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Langkah
pembelajaran Model TPS
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Pada awal
pelajaran, guru memberi salam dan mengucapkan
selamat datang kepada siswa.
2.
Berdoa dan dilanjutkan
menyanyikan lagu Indonesia Raya. (membiasakan
sikap religius dan nasionalis siswa).
3.
Siswa melakukan presensi sebelum
memulai menerima pelajaran.
4.
Guru menyapa
beberapa siswa dan menanyakan namanya.
5.
Guru memberikan apersepsi dengan
menyajikan gambar terkait materi pembelajaran yang akan diajarkan.
6.
Guru membangkitkan motivasi
belajar siswa dengan menyanyikan lagu “ABC”
7.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 enit
|
Inti
|
|
1. Siswa mengamati gambar gerak
lokomotor yang ditayangkan oleh guru. (mengamati)
2. Siswa bertanya mengenai gambar
yang ditayangkan oleh guru. (menanya)
3. Siswa menyimak penjelaskan guru
mengenai aturan permainan gerak lokomotor sederhana seperti berjalan lurus ke
satu arah, gerakan berjalan melompat, gerakan berjalan lurus sambil melompat
secara bergandengan. (mengamati)
4. Siswa memperhatikan contoh
gerak lokomotor yang di contohkan oleh guru (mengamati)
5. Siswa menyimak penjelasan guru
tentang huruf vocal dan konsonan (mengamati)
6.
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang warna suara (mengamati)
|
120 menit
|
|
7. Siswa diajak keluar kelas oleh
guru untuk berbaris dengan rapi sesuai urutan tinggi badan (mengumpulkan
informasi).
8. Siswa di kelompokkan secara
berpasangan
9. Siswa melakukan gerak lokomotor
berjalan satu arah sesuai arahan guru (mengolah informasi)
10. Siswa melakukan gerak lokomotor
berjalan lurus dengan bergandengan tangan (mengolah informasi)
11. Siswa melakukan gerak lokomotor
berjalan lurus dengan bergandengan tangan sambil melompat (mengolah
informasi)
12. Secara berpasangan, siswa
mencari kartu huruf sesuai dengan huruf pertama namanya masing-masing. (mengumpulkan
informasi/ eksperimen)
13. Pasangan yang tidak mendapatkan
kartu huruf harus menyebutkan huruf pertama dari nama masing-masing. (mengkomunikasikan)
14. Siswa mengerjakan LKPD terkait
kegiatan lomba
15. Guru menyampaikan bahwa siswa
akan bermain tebak suara.
16. Siswa dibentuk kelompok dengan
anggota sebanyak 8 orang dan membentuk lingkaran di depan kelas
17. Setiap siswa di setiap kelompok
secara bergiliran memakai penutup mata dan berdiri di tengah lingkaran
kelompok. (mengolah informasi)
18. Siswa
yang ditutup matanya menebak warna suara temannya. (mengolah informasi)
|
||
|
19. Siswa menceritakan pengalaman
saat mengikuti kegiatan (mengkomunikasikan)
20. Siswa mengerjakan LKPD secara
berkelompok
21. Siswa
mempresentasikan hasil diskusinya
|
||
Penutup
|
|
1. Siswa
dan guru melakukan refleksi
2. Siswa
mengerjakan tugas evaluasi.
3. Siswa
berdoa sebelum pulang.
4. Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
5. Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada
guru
saat pulang.
|
45 menit
|
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
Teknik Penilaian
a.
Tes
PJOK, Bahasa Indonesia,
SBdP
b.
Non Tes
·
Penilaian Sikap
Spiritual :
Bersyukur
Sosial : kerjasama, santun, disiplin
dan tertib
·
Penilaian Keterampilan
PJOK
: mempraktikkan
gerak dasar lokomotor dalam
permaianan sederhana
Bahasa
Indonesia : melafalkan huruf vokal dan konsonan
SBdP : menebak warna suara
teman/benda melalui
permainan sederhana
2.
Jenis Penilaian
a.
Tes : Tulis
b.
Non Tes : Pengamatan, Unjuk Kerja
3.
Bentuk Penilaian
a.
Tes :
Pilihan ganda
b.
Nontes : Rubrik
Semarang,
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
No comments:
Post a Comment