Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Model Demonstrasi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       :
Kelas/Semester           : I / 1
Tema/Subtema           : Kegemaranku / Gemat
Pembelajaran ke-       : 1
Alokasi Waktu           : 1 hari (5 JP)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.11 Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan.
3.11.1  Mengidentifikasi ungkapan kasih sayang dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan

3.11.2 Menunjukkan contoh ungkapan rasa hormat kepada orang tua dalam kegiatan sehari-hari di rumah
4.11Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
4.11.1 Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar


SBDP
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3  Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
3.3.1 Menyebutkan contoh gerak cepat dalam sebuah gerak tari
3.3.2 Menyebutkan contoh gerak lambat dalam sebuah gerak tari
4.3Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari
4.3.1 Memeragakan gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari

4.3.2    Memeragakan gerak lambat anggota tubuh dalam suatu gerak tari

PPKN
Kompetensi Dasar
Indikator
1.2  Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
1.2.1 Mempraktikan Berdoa sesudah dan sebelum melakukan kegiatan

2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri

3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.1    Menunjukkan informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah

3.2.2 Menunjukkan contoh hal-hal yang harus adik lakukan untuk menggapai cita-cita di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.1 Menceritakan hal-hal yang harus adik lakukan untuk menggapai cita-cita di rumah



C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dihadapkan dengan syair lagu kasih ibu, siswa dapatmengidentifikasi ungkapan kasih sayang dengan tepat.
2.      Dihadapkan dengan syair lagu kasih ibu, siswa dapat menunjukkan ungkapan rasa  hormat kepada ibu dengan tepat.
3.      Dihadapkan dengan syair lagu kasih ibu, siswa mampu mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar dengan tepat.
4.      Dihadapkan dengan video gerakan makhluk hidup, siswa dapat menyebutkan contoh gerak cepat dalam sebuah gerak tarian dengan tepat.
5.      Dihadapkan dengan video gerakan makhluk hidup, siswa dapat menyebutkan contoh gerak lambat dalam sebuah gerak tarian dengan tepat.
6.      Dihadapkan dengan video gerakan makhluk hidup, siswa mampumemeragakan gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak taridengan tepat.
7.      Dihadapkan dengan video gerakan makhluk hidup, siswa mampumemeragakan gerak lambat anggota tubuh dalam suatu gerak taridengan tepat.
8.      Melalui pembiasaan doa saat awal pembelajaran, siswa mampumempraktikan berdoa sesudah melakukan kegiatan dengan baik.
9.      Melalui pembiasaan doa saat akhir pembelajaran, siswa mampumempraktikan berdoa setelah melakukan kegiatan dengan baik.
10.  Melalui presentasi hasil diskusi, siswa mampumenunjukkan perilaku percaya diri dengan baik.
11.  Dihadapkan dengan teks bacaan adik suka menari, siswa dapat menunjukkan informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah dengan tepat.
12.  Dihadapkan dengan teks bacaan adik suka menari, siswa dapat menunjukkan contoh hal-hal yang harus adik lakukan di rumah untuk menggapai cita-cita dengan tepat.
13.  Dihadapkan dengan teks bacaan adik suka menari, siswa dapat menceritakan hal-hal yang harus adik lakukan untuk menggapai cita-cita di rumah dengan tepat.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Nasionalis, religius, integritas, mandiri, Percaya diri, berani, disiplin, dan bekerja sama

D.    Materi Pembelajaran
1.      Syair Lagu Kasih Ibu
2.      Ungkapan-ungkapan sayang dalam puisi kasih ibu
3.      Contoh-contoh ungkapan hormat kepada ibu dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.      -berdoa sebelum dan setelah melakukan kegiatan
5.      -hal-hal baik yang dilakukan kakak kepada adik
6.      -hal-hal yang dilakukan untuk menggapai cita-cita
7.      Contoh Gerak lambat dan cepat dalam tari

E.     Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran                      : Demonstrasi
2.      Pendekatan Pembelajaran             : Pendekatan Saintifik

F.     Media Pembelajaran
1.      Teks syair “Kasih Ibu”
2.      Video lagu “Kasih Ibu”
3.      Video gerak tari hewan dan tumbuhan

G.    Sumber Belajar
1.      Adellina, Novillia.dkk. 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Adellina, Novillia,dkk. 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.      Siswa masuk ke dalam kelas urut sesuai barisan. (Disiplin)
3.      Siswa menyalami guru di depan kelas. (santun)
4.      Siswa bersama guru membaca Asmaul Husna bersama-sama (religius)
5.      Guru memberikan kepada siswa untuk membaca buku bacaan yang tersedia di pojok baca (literasi membaca)
6.      Guru menyiapkan media dan alat pembelajaran
15 menit
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan membuka pembelajaran
2.      Guru mengajak siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (religius)
3.      Guru melakaukan pengondisian awal siswa (presensi kehadiran siswa, menanyakan piket, mengatur tempat duduk)(disiplin)
4.      Guru mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan,.
5.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Kasih Ibu”(menggerakan anggota tubuh)
6.      Guru memberikan motivasi dengan, siapa yang sangat menyayangi ibunya?
7.      Guru menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
8.      Guru menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan hari
15 menit
Kegiatan Inti
1.         Siswa diminta mengamati video lagu kasih ibu . (mengamati)
2.      Siswa dengan bimbingan guru, menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut berdasarkan lagu yang dinyanyikan. (menanya)
3.      Siswa menyanyikan lagu kasih ibu secara bersama-sama. (mengolah informasi)
4.      Setelah menghafal lirik lagu, siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu “Kasih Ibu” dan mengulaginya beberapa kali. (mengumpulkan informasi)
5.      Siswa menyanyikan kembali lagu kasih ibu secara bersama-sama beserta ekspresinya. (mengolah informasi)
6.      Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
Tahukah kamu lagu tersebut?
Lagu tersebut bercerita tentang apa?
Ada kata ungkapan sayang apa saja yang ada pada syair lagu kasih ibu tersebut?
7.      Siswa mengamati syair lagu “Kasih Ibu” dan memberi tanda check list (V) untuk kalimat yang sesuai dan tanda silang (X) untuk kalimat yang tidak sesuai dengan syair lagu. (mengamati, menalar) (mandiri)
8.      Siswa mengutarakan pendapat jawab-jawabannya dari pertanyaan-pertanyaan guru. (mengkomunikasikan)
9.      Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa, dilanjutkan memberi pancingan partisipasi aktif siswa tentang bagaimana sikap hormat siswa kepada ibu, dengan pertanyaan :
10.  Siapa yang menyayangi ibu?
11.  Untuk membalas kebaikan ibu apa yang harus kita lakukan?
12.  Siswa mengutarakan pendapat jawab-jawabannya dari pertanyaan-pertanyaan guru. (mengkomunikasikan)
13.  Guru memberikan penguatan terhadap jawaban siswa,
14.  Siswa mencatat sikap kasih dari ibu dan sikap hormat kepada ibu yang berasal dari pendapat siswa tersebut. (mengumpulkan informasi)

1.      Informasi kompetensi
15.  Siswa mengamati teks cerita lani yang suka menari. (mengamati)
16.  Siswa menyimak penjelasan guru mengenai 2 jenis gerakan dalam tari (mengumpulkan informasi)

2.      Sajian gambaran umum materi bahan ajar
17.  Siswa mengamati video Lani yang sedang menari menirukan gerakan hewan dan tumbuhan(mengamati)
18.  Siswa dengan bimbingan guru, menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut berdasarkan lagu yang dinyanyikan. (menanya).
19.  Siswa bersama-sama memperagakan gerakan tarian seperti video pembelajaran yang diberikan oleh guru. (mengolah informasi)
20.  Guru membagikan LKPD kepada siswa.

3.      Membagi tugas pembahasan materi untuk tiap kelompok
21.  Siswa membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 2 sampai 3 anak.
22.  Siswa bersama kelompoknya berdiskusi tentang bagaimana gerakan daun berguguran dan gerakan burung terbang.(mengumpulkan informasi)(kerja sama)
23.  Siswa mendengarkan instruksi guru bahwa setiap siswa dalam kelompok diskusi harus memberikan ususlan gerakan-gerakan daun berguguran dan burung terbang. (mengamati)
24.  Siswa berkesempatan untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui. (menanya)
25.  Siswa berdiskusi dengan didampingi guru.
26.  Siswa menentukan gerakan, kemudian berlatih bersama. (menalar)

4.      Mendemonsrasikan
·         Siswa bersama kelompoknya memeragakan gerakan yang telah mereka sepakati dan telah latihan bersama. (mengkomunikasikan)
·         Siswa bersama guru mengapresiasi kelompok yang menampilkan hasil gerakannya di depan kelas

5.      Diskusi kelas
27.  Siswa dengan bimbingan guru mengidentifikasi gerakan lambat dan gerakan cepat dengan bertanya jawab. (menanya, mengumpulkan informasi) (integritas
28.  Siswa mengisi tabel gerak cepat atau lambat. (mengolah informasi informasi)
29.  Siswa dengan bimbingan guru membahas jawaban-jawaban siswa. (mengolah informasi)
30.  Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan penampil terkompak
31.  Siswa membaca teks cerita adik suka menari(mengumpulkan informasi)
32.  Siswa dengan bimbingan guru, menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut tentang sikap kakak di dalam cerita (menanya)
33.  Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
34.  Apa sebaiknya yang harus dilakukan kakak untuk mendukung adiknya?
35.  Apa yang harus dilakukan adik bila ingin meraih cita-citanya?
36.  Guru membagikan LKPD kepada siswa.
37.  Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang apa yang harus dilakukan jika adiknya suka menari dan apa yang harus dilakukan adiknya untuk mencapai cita-citanyasebanyak masing-masing 5 nomer. Nomor 1 telah diberikan sebagai contoh. Minta siswa untuk menebalkan jawaban nomor 1 dan menuliskan pendapat mereka sendiri di nomor 2, 3, 4, dan 5.(mengumpulkan informasi)
38.  Perwakilan beberapa siswa diminta menceritakan hasi pemikirannya (mengkomunikasikan)
39.  Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang menceritakan hasil diskusinya
40.  Siswa dibimbing guru bersama-sama membahas jawaban siswa. (mengumpulkan informasi)
120menit
Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran
2.      Guru melakukan umpan balik kepada siswa dengan memberi kesempatan mengajukkan pertanyaan jika ada hal-hal yang belum diketahui.
3.      Guru melakukan tindak lanjut (pengayaan dan remidial).
4.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
5.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu daerah
6.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
7.      Guru memberikan salam penutup.
30 menit

I.       Penilaian
1.      Sikap spiritual
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Pengamatan
c.       Bentuk      : Jurnal sikap spiritual
2.      Sikap sosial
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Pengamatan
c.       Bentuk      : Jurnal sikap sosial
3.      Pengetahuan
a.       Teknik       : Tes
b.      Jenis          : Tes tertulis
c.       Bentuk      : Pilihan ganda, isian singkat
4.      Keterampilan
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Unjuk Kerja
c.       Bentuk      : Rubrik dengan rating scale


Mengetahui
Kepala




__________________________


Semarang,.............................
Guru Kelas I




(.............................................)


No comments:

Post a Comment