RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
Kelas/Semester : I / 1
Tema/Subtema : Kegemaranku / Gemat
Pembelajaran ke- : 1
Alokasi Waktu : 1 hari (5 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.11
Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan
dengan tujuan untuk kesenangan.
|
3.11.1 Mengidentifikasi ungkapan kasih sayang dalam
sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan
3.11.2
Menunjukkan contoh ungkapan rasa hormat kepada orang tua dalam kegiatan
sehari-hari di rumah
|
4.11Melisankan
puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat
kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan
diri.
|
4.11.1
Mengekspresikan kembali ungkapan sayang
atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar
|
SBDP
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3 Memahami gerak anggota tubuh melalui tari
|
3.3.1
Menyebutkan contoh gerak cepat dalam sebuah gerak tari
3.3.2
Menyebutkan contoh gerak lambat dalam sebuah gerak tari
|
4.3Meragakan
gerak anggota tubuh melalui tari
|
4.3.1
Memeragakan gerak cepat anggota tubuh dalam suatu gerak tari
4.3.2
Memeragakan gerak lambat anggota
tubuh dalam suatu gerak tari
|
PPKN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang
dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
1.2.1
Mempraktikan Berdoa sesudah dan sebelum melakukan kegiatan
|
2.2
Melaksanakan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
2.2.1
Menunjukkan perilaku percaya diri
|
3.2
Memahami aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.1
Menunjukkan informasi tentang hal-hal
yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah
3.2.2
Menunjukkan contoh hal-hal yang harus adik lakukan untuk menggapai cita-cita
di rumah
|
4.2
Melakukan kegiatan sesuai aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
4.2.1
Menceritakan hal-hal yang harus adik lakukan untuk menggapai cita-cita di
rumah
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dihadapkan
dengan syair lagu kasih ibu, siswa dapatmengidentifikasi ungkapan kasih sayang
dengan tepat.
2. Dihadapkan
dengan syair lagu kasih ibu, siswa dapat menunjukkan ungkapan rasa hormat kepada ibu dengan tepat.
3. Dihadapkan
dengan syair lagu kasih ibu, siswa mampu mengekspresikan kembali ungkapan
sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar
dengan tepat.
4. Dihadapkan
dengan video gerakan makhluk hidup, siswa dapat menyebutkan contoh gerak cepat
dalam sebuah gerak tarian dengan tepat.
5. Dihadapkan
dengan video gerakan makhluk hidup, siswa dapat menyebutkan contoh gerak lambat
dalam sebuah gerak tarian dengan tepat.
6. Dihadapkan
dengan video gerakan makhluk hidup, siswa mampumemeragakan gerak cepat anggota
tubuh dalam suatu gerak taridengan tepat.
7. Dihadapkan
dengan video gerakan makhluk hidup, siswa mampumemeragakan gerak lambat anggota
tubuh dalam suatu gerak taridengan tepat.
8. Melalui
pembiasaan doa saat awal pembelajaran, siswa mampumempraktikan berdoa
sesudah melakukan kegiatan dengan baik.
9. Melalui
pembiasaan doa saat akhir pembelajaran, siswa mampumempraktikan berdoa
setelah melakukan kegiatan dengan baik.
10. Melalui
presentasi hasil diskusi,
siswa mampumenunjukkan perilaku percaya diri
dengan baik.
11. Dihadapkan
dengan teks bacaan adik suka menari, siswa dapat menunjukkan informasi tentang
hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungan dengan adik di rumah
dengan tepat.
12. Dihadapkan
dengan teks bacaan adik suka menari, siswa dapat menunjukkan contoh hal-hal yang harus adik lakukan di
rumah untuk
menggapai cita-cita dengan tepat.
13. Dihadapkan
dengan teks bacaan adik suka menari, siswa dapat menceritakan hal-hal yang harus adik lakukan untuk
menggapai cita-cita di rumah dengan tepat.
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Nasionalis, religius, integritas, mandiri, Percaya diri, berani, disiplin, dan bekerja sama
D.
Materi
Pembelajaran
1. Syair
Lagu Kasih Ibu
2. Ungkapan-ungkapan
sayang dalam puisi kasih ibu
3. Contoh-contoh
ungkapan hormat kepada ibu dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4. -berdoa
sebelum dan setelah melakukan kegiatan
5. -hal-hal
baik yang dilakukan kakak kepada adik
6. -hal-hal
yang dilakukan untuk menggapai cita-cita
7. Contoh
Gerak lambat dan cepat dalam tari
E.
Metode
Pembelajaran
1. Model
pembelajaran : Demonstrasi
2. Pendekatan
Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
F.
Media
Pembelajaran
1. Teks
syair “Kasih Ibu”
2. Video
lagu “Kasih Ibu”
3. Video
gerak tari hewan dan tumbuhan
G.
Sumber
Belajar
1. Adellina,
Novillia.dkk. 2017.Buku
Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Adellina,
Novillia,dkk. 2017.Buku
Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pra
Kegiatan
|
1.
Siswa
berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.
Siswa
masuk ke dalam kelas urut sesuai barisan. (Disiplin)
3.
Siswa
menyalami guru di depan kelas. (santun)
4.
Siswa
bersama guru membaca Asmaul Husna bersama-sama (religius)
5.
Guru
memberikan kepada siswa untuk membaca buku bacaan yang tersedia di pojok baca (literasi membaca)
6.
Guru
menyiapkan media dan alat pembelajaran
|
15
menit
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan membuka pembelajaran
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (religius)
3.
Guru
melakaukan pengondisian awal siswa (presensi kehadiran siswa, menanyakan
piket, mengatur tempat duduk)(disiplin)
4.
Guru
mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan
pelajaran yang akan disampaikan,.
5.
Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “Kasih Ibu”(menggerakan anggota tubuh)
6.
Guru
memberikan motivasi dengan, siapa yang sangat menyayangi ibunya?
7.
Guru
menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
8.
Guru
menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan hari
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa
diminta mengamati video lagu kasih ibu . (mengamati)
2.
Siswa
dengan bimbingan guru, menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut
berdasarkan lagu yang dinyanyikan. (menanya)
3.
Siswa
menyanyikan lagu kasih ibu secara bersama-sama. (mengolah informasi)
4.
Setelah
menghafal lirik lagu, siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu “Kasih Ibu”
dan mengulaginya beberapa kali. (mengumpulkan informasi)
5.
Siswa
menyanyikan kembali lagu kasih ibu secara bersama-sama beserta ekspresinya. (mengolah
informasi)
6.
Guru
memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
Tahukah kamu lagu tersebut?
Lagu tersebut bercerita tentang apa?
Ada kata ungkapan sayang apa saja yang ada pada
syair lagu kasih ibu tersebut?
7.
Siswa
mengamati syair lagu “Kasih Ibu” dan memberi tanda check list (V) untuk
kalimat yang sesuai dan tanda silang (X) untuk kalimat yang tidak sesuai
dengan syair lagu. (mengamati, menalar) (mandiri)
8.
Siswa
mengutarakan pendapat jawab-jawabannya dari pertanyaan-pertanyaan guru.
(mengkomunikasikan)
9.
Guru
memberikan penguatan terhadap jawaban siswa, dilanjutkan memberi pancingan
partisipasi aktif siswa tentang bagaimana sikap hormat siswa kepada ibu,
dengan pertanyaan :
10.
Siapa
yang menyayangi ibu?
11.
Untuk
membalas kebaikan ibu apa yang harus kita lakukan?
12.
Siswa
mengutarakan pendapat jawab-jawabannya dari pertanyaan-pertanyaan guru.
(mengkomunikasikan)
13.
Guru
memberikan penguatan terhadap jawaban siswa,
14.
Siswa
mencatat sikap kasih dari ibu dan sikap hormat kepada ibu yang berasal dari
pendapat siswa tersebut. (mengumpulkan informasi)
1. Informasi
kompetensi
15.
Siswa
mengamati teks cerita lani yang suka menari. (mengamati)
16.
Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai 2 jenis gerakan dalam tari (mengumpulkan
informasi)
2. Sajian
gambaran umum materi bahan ajar
17.
Siswa
mengamati video Lani yang sedang menari menirukan gerakan hewan dan tumbuhan(mengamati)
18.
Siswa
dengan bimbingan guru, menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut
berdasarkan lagu yang dinyanyikan. (menanya).
19.
Siswa
bersama-sama memperagakan gerakan tarian seperti video pembelajaran yang
diberikan oleh guru. (mengolah informasi)
20.
Guru
membagikan LKPD kepada siswa.
3. Membagi
tugas pembahasan materi untuk tiap kelompok
21.
Siswa
membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 2 sampai 3 anak.
22.
Siswa
bersama kelompoknya berdiskusi tentang bagaimana gerakan daun berguguran dan
gerakan burung terbang.(mengumpulkan informasi)(kerja sama)
23.
Siswa
mendengarkan instruksi guru bahwa setiap siswa dalam kelompok diskusi harus
memberikan ususlan gerakan-gerakan daun berguguran dan burung terbang. (mengamati)
24.
Siswa
berkesempatan untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum diketahui. (menanya)
25.
Siswa
berdiskusi dengan didampingi guru.
26.
Siswa
menentukan gerakan, kemudian berlatih bersama. (menalar)
4. Mendemonsrasikan
·
Siswa
bersama kelompoknya memeragakan gerakan yang telah mereka sepakati dan telah
latihan bersama. (mengkomunikasikan)
·
Siswa
bersama guru mengapresiasi kelompok yang menampilkan hasil gerakannya di
depan kelas
5. Diskusi
kelas
27.
Siswa
dengan bimbingan guru mengidentifikasi gerakan lambat dan gerakan cepat
dengan bertanya jawab. (menanya, mengumpulkan informasi) (integritas
28.
Siswa
mengisi tabel gerak cepat atau lambat. (mengolah informasi informasi)
29.
Siswa
dengan bimbingan guru membahas jawaban-jawaban siswa. (mengolah informasi)
30.
Guru
memberi penghargaan kepada kelompok dengan penampil terkompak
31.
Siswa
membaca teks cerita adik suka menari(mengumpulkan informasi)
32.
Siswa
dengan bimbingan guru, menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut
tentang sikap kakak di dalam cerita (menanya)
33.
Guru
memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
34.
Apa
sebaiknya yang harus dilakukan kakak untuk mendukung adiknya?
35.
Apa
yang harus dilakukan adik bila ingin meraih cita-citanya?
36.
Guru
membagikan LKPD kepada siswa.
37.
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangku tentang apa yang harus dilakukan jika
adiknya suka menari dan apa yang harus dilakukan adiknya untuk mencapai
cita-citanyasebanyak masing-masing 5 nomer. Nomor 1 telah diberikan sebagai
contoh. Minta siswa untuk menebalkan jawaban nomor 1 dan menuliskan pendapat
mereka sendiri di nomor 2, 3, 4, dan 5.(mengumpulkan informasi)
38.
Perwakilan
beberapa siswa diminta menceritakan hasi pemikirannya (mengkomunikasikan)
39.
Guru
memberikan apresiasi kepada siswa yang menceritakan hasil diskusinya
40.
Siswa
dibimbing guru bersama-sama membahas jawaban siswa. (mengumpulkan informasi)
|
120menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan
guru menyimpulkan materi pelajaran
2.
Guru melakukan umpan
balik kepada siswa dengan memberi kesempatan mengajukkan pertanyaan jika ada
hal-hal yang belum diketahui.
3.
Guru melakukan tindak
lanjut (pengayaan dan remidial).
4.
Guru memberikan tugas
kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
5.
Guru mengajak siswa
menyanyikan lagu daerah
6.
Guru
mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
7.
Guru
memberikan salam penutup.
|
30
menit
|
I.
Penilaian
1. Sikap
spiritual
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Pengamatan
c.
Bentuk : Jurnal sikap
spiritual
2. Sikap
sosial
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Pengamatan
c.
Bentuk : Jurnal sikap
sosial
3. Pengetahuan
a.
Teknik : Tes
b.
Jenis : Tes tertulis
c.
Bentuk : Pilihan ganda, isian singkat
4. Keterampilan
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Unjuk Kerja
c.
Bentuk : Rubrik dengan rating scale
Mengetahui
Kepala
__________________________
|
Semarang,.............................
Guru Kelas I
(.............................................)
|
No comments:
Post a Comment