Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 30 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Lengkap Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Subtema 1 Kegiatan Pagi Hari Pembelajaran 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan      :  SD Nusa
Kelas / semester          :  I/ I
Tema                           : 3 (Kegiatanku)
Sub Tema                    : 1 ( Kegiatan Pagi Hari )
Pembelajaran               : 3  ( Bahasa Indonesia, PPKn,, Matematika )
Alokasi waktu             : 1 Hari (5JP x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.7 Menentukankosakata yangberkaitan dengan peristiwasiang dan malam melalui
teks pendek (gambar,tulisan, dan/atau syair
lagu) dan/ataueksplorasilingkungan.


4.7 Menyampaikan penjelasandengan kosakata BahasaIndonesia dan dibantudengan bahasa daerahmengenai peristiwa siangdan malam dalam teks tulisdan gambar.


3.7.1 Mengidentifikasi kosakata terkait kegiatan pagi hari melalui teks pendek
3.7.2 Menunjukan kosa kata terkait kegiatan pagi hari melalui gambar


4.7.1 Menuliskan kosa kataterkait kegiatan pagi hari

4.7.2  Melengkapi kosa kata terkait kegiatan pagi hari.



PPKn
1.2menunjukkan  sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari

2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

3.1 Mengenal simbol sila-silaPancasila dalam lambangnegara “Garuda Pancasila”.



4.1 Menceritakan simbol
-simbol sila Pancasila padaLambang Garuda silaPancasila.





1.2.1 Tidak mengeluh

2.2.1 Perhatian kepada orang lain

3.1.1 Mengidentifikasi simbol sila-sila Pancasila pada lambang negara
3.1.2 Memberikan contoh penerapan simbol sila-sila Pancasila.

4.1.1 Menentukan simbol yang tepat dari sila-sila Pancasila

Matematika
3.1 Menjelaskan maknabilangan cacah sampaidengan 99 sebagai banyakanggota suatu kumpulanobjek.
3.2 Menjelaskan bilangansampai dua angka dan nilaitempat penyusun lambangbilangan menggunakankumpulan benda konkretserta cara membacanya.
4.1 Menyajikan bilangan cacahsampai dengan 99 yangbersesuaian dengan banyakanggota kumpulan objekyang disajikan.
4.2 Menuliskan lambangbilangan sampai dua angkayang menyatakan banyakanggota suatu kumpulanobjek dengan ide nilaitempat.


3.1.1 membilang 11 sampai dengan 20 secara urut

3.2.1 menyebutkan bilangan yang bersesuai-an dengan banyak benda

4.1.1 menuliskan nama bilangan bersesuaian dengan banyak benda


4.2.1 menuliskan lambang bilangan ber-sesuaian dengan banyak benda


C.    PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)
1.      Religius
2.      Nasionalisme
3.      Cermat
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan diberikan teks kecil siswa dapat mengidentifikasi kosakata terkait kegiatan pagi hari dengan benar.
2.      Dengan diberikan teka-teki kata siswa dapat mengidentifikasi kosa kata terkait kegiatan pagi dengan benar.
3.      Dengan diberikan teka-teki kata siswa dapat menemukan kosa kata terkait kegiatan pagi dengan tepat.
4.      Dengan diberikan teka-teki kata siswa dapat menemukan kosa kata terkait kegiatan pagi dengan tepat.
5.      Dengan diberikan gambar lambang negara Garuda Pancasila siswa dapat mengidentifikasi simbol sila-sila Pancasila dengan benar.
6.      Dengan diberikan gambar Garuda Pancasila siswa dapat memberikan contoh penerapan simbol sila-sila Pancasila dengan benar.
7.      Dengan diberikan permainan kartu siswa dapat menentukan simbol dari sila-sila Pancasila dengan benar.
8.      Dengan diberikan gambar sayap Garuda Pancasila siswa dapat membilang 11 sampai dengan 20 secara urut.
9.      Dengan menghitung sayap Garuda Pancasila, siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan banyak benda dengan tepat.
10.  Dengan diberikan lembar latihan soal, siswa dapat menuliskan nama bilangan bersesuaian dengan banyak benda dengan tepat.
10. Dengan diberikan lembar latihan soal, siswa dapat menuliskan lambang bilangan yangbersesuaian dengan banyak benda dengan tepat.
E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kosakata tentang kegiatan pagi
2.      Sila-sila pancasila
3.      Membilang bilangn 11 sampai 20
F.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
Model                    : Make A Match
Pendekatan            : Saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
Metode                  :Tanya  jawab, diskusi, demontrasi, penugasan, dan ceramah






G.    SINTAKS PEMBELAJARAN
1.      Guru menyiapkan topik
2.      Setiap siswa mendapat kartu
3.      Siswa memikirkan jawaban
4.      Siswa mencari kartu pasangan
5.      Siswa mencocokkan kartu
6.      Kesimpulan
H.    MEDIA
1.      Teks bacaan
2.      Gambar Garuda Pancasila
3.      Kartu simbol Pancasila dan sila-sila
I.       SUMBERBELAJAR
1.      Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 3 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
2.      Permendikbud No. 24 tahun 2016.
3.      Lampiran ke-2 Permendikbud No. 24  tahun 2016.
4.      Sumber internet yang relevan.
J.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pra Pembelajaran
1.      Siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
2.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. (Religius: beriman dan bertaqwa)
3.      Siswa diprensensi sesuai dengan nama dan urutan nomor absen. (Mandiri : kedisiplinan siswa)

Pendahuluan
4.      Mengajak berdinamika dengan tepuk pintar . (Melatih sikap kerjasama siswa)
5.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
a.      Guru menyiapkan topik
1.      Siswa membacawacana sederhana yang berhubungan dengankegiatan pagi hari di sekolah (upacara bendera), dengan lafal dan intonasiyang benar.(Mengamati).
2.      Beberapa siswa membaca wacana tersebutbergantian. Kemudian siswamembaca bersama-sama(Mencoba).
3.      Siswa melafalkan setiap kata yang ada dalamwacana tersebut dengan bimbingan guru(Mencoba).
4.      Diberikan teka teki, siswa mencari kosa kata melalui kegiatan teka-teki mencari kata terkait kegiatan pagi hari dengan tepat(Menalar).
5.      Siswa menulis kosa kata dari hasil pencarian dalam teka teki (Mencoba).
6.      Siswa menyebutkan kosa kata yang telah ditulis untuk dibahas dengan siswa lain (Mengkomunikasikan).
7.      Siswa mengingat tentang bunyiteks Pancasila dan meminta seluruh kelasmelafalkan Pancasila sambil berdiridengan penuh semangat(Menalar).
b.      Setiap siswa mendapat kartu
8.      Siswa dibagi beberapa kelompok, masing-masing kelompok 2 orang.
9.      Masing-masing kelompok diberi 1 set kartu bergambarsimbol dan bunyi sila Pancasila pada kartuyang berbeda.
c.       Siswa memikirkan jawaban
10.  Siswa memikirkan jawaban yang tepat untuk memasangkan simbol dan sila pada Pancasila (Mencoba).
d.      Siswa mencari kartu pasangan
11.  Siswa bermain memasangkankartu bunyi sila Pancasila dan lambangnya sebelum batas waktu yang diberikan oleh guru (Mencoba)
12.  Guru meminta kembali gambar simbol dan sila Pancasila kemudian mengulangi kegiatan memasangkan simbol dan sila Pancasila
e.       Siswa mencocokkan kartu
13.  Siswa menunjukkan hasil memasangkan gambar simbol dan sila Pancasila (Mengkomunikasikan)
14.  Siswa diminta kembali mengamati gambar Garuda Pancasila dan menghitung sayap pada burung garuda dan membilang secara urut (Menalar)
15.  Siswa mengamati gambar Garuda Pancasila, dan kembali menghitung sayap Garuda,  siswa dapat menyebutkan bilangan yang bersesuaian dengan banyak benda dengan tepat(Mencoba, Menalar)
16.  Siswa menuliskan nama bilangan dan lambang bilangan dalam lembar latihan soal setelah membilang sayap garuda (Mencoba, Menalar).
f.        Kesimpulan
17.  Siswa dan guru bersama membahas hasil menuliskan nama bilangan dan lambang bilangan (Mengkomunikasikan).
35 Menit X  30 JP
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit
E.     PEMBELAJARAN REMEDIAL
1.      Guru memberikan bimbingan bagi siswa
2.      Guru memberikan penjelasan lebih lanjut
3.      Guru memberikan penjelasan lebih lanjut
F.     PEMBELAJARAN PENGAYAAN
1.      Guru memberikan latihan lanjutan
2.      Guru memberikan latihan lanjutan
3.       




G.    PENILAIAN
1.         Teknik Penilaian
1)        Tes:
Pengetahuan Bahasa Indonessia dengan tes tertulis.
2)        Non Tes :
a.       Sikap Spiritual : bersyukur
b.      Sikap Sosial : kerja sama
c.       Keterampilan
2.         Jenis Penilaian
1)        Tes                                             : Tertulis (soal)
2)        Non tes                                      :Kinerja, Pengamatan
3.         Bentuk Penilaian
a.       Pengetahuan                             : Essay (Uraian) berupa melengkapi kosakata
b.      Sikap dan Keterampilan           : Rating scale dengan Rubrik, Pengamatan sikap
4.         Instrumen Penilaian
a.       Tes                                            : Soal
b.      Non Tes                                    : Rating scale dengan Rubrik

                                                                                        Semarang,                      2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah,


.................................................
Guru Kelas



    

No comments:

Post a Comment