RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       :
Kelas/Semester           : I / 2
Tema/Subtema            : Kegemaranku / Gemar Bernyanyi dan
Menari
Pembelajaran ke-       : 2
Alokasi Waktu           : 1 hari (5 JP)
A.   
Kompetensi
Inti
1.      Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.    
Kompetensi
Dasar dan Indikator
PJOK
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
3.2 Memahami gerak dasar non-lokomotor sesuai
  dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam 
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.  | 
  
   
3.2.1
  menjelaskan prosedur gerakan meliukkan badan 
 | 
 
| 
   
4.2 Mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor
  sesuai dengan konsep 
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.  | 
  
   
4.2.1
  mempraktikkan prosedur gerakan meliukkan badan 
 | 
 
Bahasa
Indonesia
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
 
| 
   
3.11
  Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
  hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan
  dengan tujuan untuk kesenangan 
 | 
  
   
3.11.1
  Menemukan ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang
  diperdengarkan 
3.11.2
  Melengkapi kalimat ungkapan sayang atau persahabatan dari pilihan kata yang
  sudah disediakan 
 | 
 
| 
   
4.11
  Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
  hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk
  ungkapan diri. 
 | 
  
   
4.11.1   Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam
  sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar  
4.11.2 Membuat kartu ucapan
  kepada teman dan anggota keluarga 
 | 
 
C.   
Tujuan
Pembelajaran
1.      Dihadapkan
dengan gambar meliukan badan, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan
meliukkan badan dengan tepat.
2.      Dihadapkan
dengan video lagu Hey Yamko Rambe Yamko, siswa mampu mempraktikkan prosedur
gerakan meliukkan badan dengan tepat.
3.      Dihadapkan
dengan teks puisi sahabat, siswa dapat menemukan ungkapan persahabatan dalam
sebuah puisi dengan tepat.
4.      Dihadapkan
dengan teks puisi sahabat, siswa dapat melengkapi kalimat ungkapan persahabatan
dari pilihan kata yang sudah disediakan dengan tepat.
5.      Dihadapkan
dengan teks puisi sahabat, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapanpersahabatan
dengan tepat.
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Nasionalis, religius, integritas, mandiri, Percaya diri, berani, disiplin, dan bekerja sama
D.   
Materi
Pembelajaran
1.      Syair
Puisi sahabat
2.      Ungkapan-ungkapan
persahabatan dalam 
3.      Langkah-langkah
membuat kartu ucapan
4.      Lirik
Lagu Yanko Rambe Yamko
5.      Prosedur
gerak meliukkan badan
E.    
Metode
Pembelajaran
1.      Model
pembelajaran                      : TPS
2.      Pendekatan
Pembelajaran             : Pendekatan Saintifik
F.    
Media
Pembelajaran
1.      Video
Lagu ”Yamko Rambe Yamko”
2.      Gambar
kartu ucapan
G.   
Sumber
Belajar
1.      Adellina,
Novillia.dkk. 2017.Buku
Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Adellina,
Novillia,dkk. 2017.Buku
Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H.   
Langkah-langkah
Pembelajaran
| 
    
Kegiatan 
 | 
   
    
Deskripsi
   Kegiatan 
 | 
   
    
Alokasi
   Waktu 
 | 
  
| 
   
Pra
  Kegiatan  
 | 
  
   
1.     
  Siswa
  berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin) 
2.     
  Siswa
  masuk ke dalam kelas urut sesuai barisan. (Disiplin) 
3.     
  Siswa
  menyalami guru di depan kelas. (santun) 
4.     
  Siswa
  bersama guru membaca Asmaul Husna bersama-sama (religius) 
5.     
  Guru
  memberikan kepada siswa untuk membaca buku bacaan yang tersedia di pojok baca (literasi membaca) 
6.     
  Guru
  menyiapkan media dan alat pembelajaran 
 | 
  
   
15
  menit 
 | 
 
| 
   
Pendahuluan 
 | 
  
   
1.     
  Guru
  mengucapkan salam dan membuka pembelajaran 
2.     
  Guru
  mengajak siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (religius) 
3.     
  Guru
  melakaukan pengondisian awal siswa (presensi kehadiran siswa, menanyakan
  piket, mengatur tempat duduk)(disiplin) 
4.     
  Guru
  mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan
  pelajaran yang akan disampaikan,. 
5.     
  Guru
  mengajak siswa menyanyikan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” sambil
  menggerakkan anggota badanGuru 
6.     
  memberikan
  motivasi dengan, siapa yang spernah berlibur ke puncak gunung? 
7.     
  Guru
  menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari 
8.     
  Guru
  menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan hari 
 | 
  
   
15
  menit 
 | 
 
| 
   
Kegiatan
  Inti 
 | 
  
   
1.     
  Siswa
  mengamati gambar seorang anak yang melakukan gerakan meliukkan tubuh (mengamati) 
2.     
  Siswa
  mendengarkan dan menyimak teks yang dibacakan guru (mengamati) 
3.     
  Guru
  memancing keaktifan siswa dengan pertanyaan : 
Apa
  yang dilakukan oleh soeorang anak tersebur? 
Apa
  nama gerakan dilakukan oleh soeorang anak tersebur? 
4.     
  Siswa
  menyampaikan pendapat mengenai jawaban pertanyaan dari guru. (mengolah
  informasi) 
5.      Siswa menyerap
  informasi yang disampaikan guru melalui teks dan gambar.(mengumpulkan informasi) 
6.     
  Setelah
  menyimak penjelasan guru dan mengamati gambar gerakan meliukkan tubuh, siswa
  mempraktikkan gerakan bersama-sama.(mengkomunikasikan) 
7.     
  Siswa
  mengamati video lagu yamko rambe yamko. (mengamati) 
8.     
  Guru
  memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang ingin diketahui
  berdasarkan teks yang dibacakan dan gambar yang diamati.( menanya) 
9.     
  Siswa
  meliukkan tubuh sambil menyanyi lagu Hey Yamko Rambe Yamko. Gerakan dapat
  disesuaikan dengan irama lagu.(mengkomunikasikan) 
10. 
  Siswa
  mencatat langkah gerak meliukan tubuh sesuai dengan penguatan materi dari
  guru 
Fase
  1 :Think 
11. 
  Siswa
  mendengarkan dan menyimak pembacaan puisitentang  “Sahabat” yang dibacakan guru (mengamati) 
12. 
  Siswa
  menyampaikan beberapa pertanyaan mengenai puisi sahabat. (menanya) 
13. 
  Guru
  memancing keaktifan siswa dengan pertanyaan : 
Ungkapan
  rasa sayang/persahabatan apa yang terdapat pada teks puisi sahabat? 
14. 
  Siswa
  menyampaikan pendapat jawabannya dari pertanyaan guru. (mengkomunikasikan) 
15. 
  Siswa
  mengamati penjelasan guru mengenai cara melengkapi kalimat dari pilihan kata
  yang sudah disediakan. (Mengamati) 
Fase
  2 : Pair 
16. 
  Siswa
  dengan bimbingan guru membentuk kelompok, Setiap kelompok terdiri dari 2 anak
  berpasangan. 
17. 
  Guru
  membagikan LKPD kepada siswa. 
18. 
  Siswa
  bersama teman kelompoknya berdiskusi tentang LKPD yang di bagikan guru berupa
  menuliskan kata ungkapan persahabatan yang terdapat dalam teks puisi sahabat,
  melengkapi kalimat rumpang. (mengumpulkan
  informasi)(kerja sama) 
19. 
  Guru
  berkeliling membimbing kelompok diskusi 
Fase
  3: Share 
20. 
  Setelah
  selesai, 2 perwakilan kelompok maju ke depan, yang perwakilan pertama
  mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok tentang menulis ungkapan
  persahabatan dan kalimat rumpang, perwakilan kedua membacakan pusisi dengan. (mengkomunikasikan) 
21. 
  Siswa
  dari kelompok lain menanggapi presentasi siswa. (integritas) 
22. 
  Guru
  memberikan reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi
  kelompoknya 
23. 
  Guru
  memberi penguatan materi kepada siswa. 
24. 
  Siswa
  mengamati gambar kartu ucapan yang ditampilkan guru. (mengamati) 
25. 
  Siswa
  mencermati penjelasan guru mengenai langkah-langkah membuat kartu ucapan.
  (mengumpulka informasi) 
26. 
  Siswa
  menulis sebuah kartu ucapan untuk teman sebelah sesuai kreasi masing-masing. (mengolah informasi)(mandiri) 
27. 
  Beberapa
  siswa menampilkan dan mempresentasikan kartu ucapan yang dibuatnya.
  (mengkomunikasikan) (integritas) 
28. 
  Guru
  memberikan reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi
  kelompoknya 
29. 
  Guru
  memberi penguatan materi kepada siswa. 
 | 
  
   
120menit 
 | 
 
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
1.     
  Siswa dengan bimbingan
  guru menyimpulkan materi pelajaran 
2.     
  Guru melakukan umpan
  balik kepada siswa dengan memberi kesempatan mengajukkan pertanyaan jika ada
  hal-hal yang belum diketahui. 
3.     
  Guru melakukan tindak
  lanjut (pengayaan dan remidial). 
4.     
  Guru memberikan tugas
  kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya. 
5.     
  Guru mengajak siswa
  menyanyikan lagu daerah 
6.     
  Guru
  mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran 
7.     
  Guru
  memberikan salam penutup. 
 | 
  
   
30
  menit 
 | 
 
I.      
Penilaian
1.      Sikap
spiritual
a.      
Teknik       : Non Tes
b.     
Jenis          : Pengamatan
c.      
Bentuk      : Jurnal sikap
spiritual
2.      Sikap
sosial
a.      
Teknik       : Non Tes
b.     
Jenis          : Pengamatan
c.      
Bentuk      : Jurnal sikap
sosial
3.      Pengetahuan
a.      
Teknik       : Tes
b.     
Jenis          : Tes tertulis
c.      
Bentuk      : Pilihan ganda, isian singkat
4.      Keterampilan
a.      
Teknik       : Non Tes
b.     
Jenis          : Unjuk Kerja
c.      
Bentuk      : Rubrik dengan rating scale
| 
   
Mengetahui  
Kepala 
__________________________ 
 | 
  
   | 
  
   
Semarang,............................. 
Guru Kelas I 
(ARDY FEBRIYANTO, S.Pd.) 
 | 
 
No comments:
Post a Comment