Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2 TPS Think Pair Share


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       :
Kelas/Semester           : I / 2
Tema/Subtema            : Kegemaranku / Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran ke-       : 2
Alokasi Waktu           : 1 hari (5 JP)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar
Indikator
3.2 Memahami gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
3.2.1 menjelaskan prosedur gerakan meliukkan badan

4.2 Mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2.1 mempraktikkan prosedur gerakan meliukkan badan



Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.11 Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
3.11.1 Menemukan ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang diperdengarkan

3.11.2 Melengkapi kalimat ungkapan sayang atau persahabatan dari pilihan kata yang sudah disediakan
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
4.11.1   Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar

4.11.2 Membuat kartu ucapan kepada teman dan anggota keluarga


C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dihadapkan dengan gambar meliukan badan, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan meliukkan badan dengan tepat.
2.      Dihadapkan dengan video lagu Hey Yamko Rambe Yamko, siswa mampu mempraktikkan prosedur gerakan meliukkan badan dengan tepat.
3.      Dihadapkan dengan teks puisi sahabat, siswa dapat menemukan ungkapan persahabatan dalam sebuah puisi dengan tepat.
4.      Dihadapkan dengan teks puisi sahabat, siswa dapat melengkapi kalimat ungkapan persahabatan dari pilihan kata yang sudah disediakan dengan tepat.
5.      Dihadapkan dengan teks puisi sahabat, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapanpersahabatan dengan tepat.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Nasionalis, religius, integritas, mandiri, Percaya diri, berani, disiplin, dan bekerja sama

D.    Materi Pembelajaran
1.      Syair Puisi sahabat
2.      Ungkapan-ungkapan persahabatan dalam
3.      Langkah-langkah membuat kartu ucapan
4.      Lirik Lagu Yanko Rambe Yamko
5.      Prosedur gerak meliukkan badan

E.     Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran                      : TPS
2.      Pendekatan Pembelajaran             : Pendekatan Saintifik

F.     Media Pembelajaran
1.      Video Lagu ”Yamko Rambe Yamko”
2.      Gambar kartu ucapan

G.    Sumber Belajar
1.      Adellina, Novillia.dkk. 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Adellina, Novillia,dkk. 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.      Siswa masuk ke dalam kelas urut sesuai barisan. (Disiplin)
3.      Siswa menyalami guru di depan kelas. (santun)
4.      Siswa bersama guru membaca Asmaul Husna bersama-sama (religius)
5.      Guru memberikan kepada siswa untuk membaca buku bacaan yang tersedia di pojok baca (literasi membaca)
6.      Guru menyiapkan media dan alat pembelajaran
15 menit
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan membuka pembelajaran
2.      Guru mengajak siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (religius)
3.      Guru melakaukan pengondisian awal siswa (presensi kehadiran siswa, menanyakan piket, mengatur tempat duduk)(disiplin)
4.      Guru mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan,.
5.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” sambil menggerakkan anggota badanGuru
6.      memberikan motivasi dengan, siapa yang spernah berlibur ke puncak gunung?
7.      Guru menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
8.      Guru menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan hari
15 menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mengamati gambar seorang anak yang melakukan gerakan meliukkan tubuh (mengamati)
2.      Siswa mendengarkan dan menyimak teks yang dibacakan guru (mengamati)
3.      Guru memancing keaktifan siswa dengan pertanyaan :
Apa yang dilakukan oleh soeorang anak tersebur?
Apa nama gerakan dilakukan oleh soeorang anak tersebur?
4.      Siswa menyampaikan pendapat mengenai jawaban pertanyaan dari guru. (mengolah informasi)
5.      Siswa menyerap informasi yang disampaikan guru melalui teks dan gambar.(mengumpulkan informasi)
6.      Setelah menyimak penjelasan guru dan mengamati gambar gerakan meliukkan tubuh, siswa mempraktikkan gerakan bersama-sama.(mengkomunikasikan)
7.      Siswa mengamati video lagu yamko rambe yamko. (mengamati)
8.      Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang ingin diketahui berdasarkan teks yang dibacakan dan gambar yang diamati.( menanya)
9.      Siswa meliukkan tubuh sambil menyanyi lagu Hey Yamko Rambe Yamko. Gerakan dapat disesuaikan dengan irama lagu.(mengkomunikasikan)
10.  Siswa mencatat langkah gerak meliukan tubuh sesuai dengan penguatan materi dari guru


Fase 1 :Think
11.  Siswa mendengarkan dan menyimak pembacaan puisitentang  “Sahabat” yang dibacakan guru (mengamati)
12.  Siswa menyampaikan beberapa pertanyaan mengenai puisi sahabat. (menanya)
13.  Guru memancing keaktifan siswa dengan pertanyaan :
Ungkapan rasa sayang/persahabatan apa yang terdapat pada teks puisi sahabat?
14.  Siswa menyampaikan pendapat jawabannya dari pertanyaan guru. (mengkomunikasikan)
15.  Siswa mengamati penjelasan guru mengenai cara melengkapi kalimat dari pilihan kata yang sudah disediakan. (Mengamati)
Fase 2 : Pair
16.  Siswa dengan bimbingan guru membentuk kelompok, Setiap kelompok terdiri dari 2 anak berpasangan.
17.  Guru membagikan LKPD kepada siswa.
18.  Siswa bersama teman kelompoknya berdiskusi tentang LKPD yang di bagikan guru berupa menuliskan kata ungkapan persahabatan yang terdapat dalam teks puisi sahabat, melengkapi kalimat rumpang. (mengumpulkan informasi)(kerja sama)
19.  Guru berkeliling membimbing kelompok diskusi
Fase 3: Share
20.  Setelah selesai, 2 perwakilan kelompok maju ke depan, yang perwakilan pertama mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok tentang menulis ungkapan persahabatan dan kalimat rumpang, perwakilan kedua membacakan pusisi dengan. (mengkomunikasikan)
21.  Siswa dari kelompok lain menanggapi presentasi siswa. (integritas)
22.  Guru memberikan reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
23.  Guru memberi penguatan materi kepada siswa.
24.  Siswa mengamati gambar kartu ucapan yang ditampilkan guru. (mengamati)
25.  Siswa mencermati penjelasan guru mengenai langkah-langkah membuat kartu ucapan. (mengumpulka informasi)
26.  Siswa menulis sebuah kartu ucapan untuk teman sebelah sesuai kreasi masing-masing. (mengolah informasi)(mandiri)
27.  Beberapa siswa menampilkan dan mempresentasikan kartu ucapan yang dibuatnya. (mengkomunikasikan) (integritas)
28.  Guru memberikan reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
29.  Guru memberi penguatan materi kepada siswa.
120menit
Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pelajaran
2.      Guru melakukan umpan balik kepada siswa dengan memberi kesempatan mengajukkan pertanyaan jika ada hal-hal yang belum diketahui.
3.      Guru melakukan tindak lanjut (pengayaan dan remidial).
4.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
5.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu daerah
6.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
7.      Guru memberikan salam penutup.
30 menit


I.       Penilaian
1.      Sikap spiritual
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Pengamatan
c.       Bentuk      : Jurnal sikap spiritual
2.      Sikap sosial
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Pengamatan
c.       Bentuk      : Jurnal sikap sosial
3.      Pengetahuan
a.       Teknik       : Tes
b.      Jenis          : Tes tertulis
c.       Bentuk      : Pilihan ganda, isian singkat
4.      Keterampilan
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Unjuk Kerja
c.       Bentuk      : Rubrik dengan rating scale


Mengetahui
Kepala




__________________________


Semarang,.............................
Guru Kelas I




(ARDY FEBRIYANTO, S.Pd.)


No comments:

Post a Comment