RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
Kelas/Semester : I / 2
Tema/Subtema : Kegemaranku / Gemar Bernyanyi dan
Menari
Pembelajaran ke- : 2
Alokasi Waktu : 1 hari (5 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.2 Memahami gerak dasar non-lokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
3.2.1
menjelaskan prosedur gerakan meliukkan badan
|
4.2 Mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor
sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. |
4.2.1
mempraktikkan prosedur gerakan meliukkan badan
|
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.11
Mengenal puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan
dengan tujuan untuk kesenangan
|
3.11.1
Menemukan ungkapan sayang atau persahabatan dalam sebuah puisi/syair lagu yang
diperdengarkan
3.11.2
Melengkapi kalimat ungkapan sayang atau persahabatan dari pilihan kata yang
sudah disediakan
|
4.11
Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan,
hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk
ungkapan diri.
|
4.11.1 Mengekspresikan kembali ungkapan sayang atau persahabatan dalam
sebuah puisi/syair lagu yang telah didengar
4.11.2 Membuat kartu ucapan
kepada teman dan anggota keluarga
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dihadapkan
dengan gambar meliukan badan, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan
meliukkan badan dengan tepat.
2. Dihadapkan
dengan video lagu Hey Yamko Rambe Yamko, siswa mampu mempraktikkan prosedur
gerakan meliukkan badan dengan tepat.
3. Dihadapkan
dengan teks puisi sahabat, siswa dapat menemukan ungkapan persahabatan dalam
sebuah puisi dengan tepat.
4. Dihadapkan
dengan teks puisi sahabat, siswa dapat melengkapi kalimat ungkapan persahabatan
dari pilihan kata yang sudah disediakan dengan tepat.
5. Dihadapkan
dengan teks puisi sahabat, siswa dapat mengekspresikan kembali ungkapanpersahabatan
dengan tepat.
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Nasionalis, religius, integritas, mandiri, Percaya diri, berani, disiplin, dan bekerja sama
D.
Materi
Pembelajaran
1. Syair
Puisi sahabat
2. Ungkapan-ungkapan
persahabatan dalam
3. Langkah-langkah
membuat kartu ucapan
4. Lirik
Lagu Yanko Rambe Yamko
5. Prosedur
gerak meliukkan badan
E.
Metode
Pembelajaran
1. Model
pembelajaran : TPS
2. Pendekatan
Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
F.
Media
Pembelajaran
1. Video
Lagu ”Yamko Rambe Yamko”
2. Gambar
kartu ucapan
G.
Sumber
Belajar
1. Adellina,
Novillia.dkk. 2017.Buku
Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Adellina,
Novillia,dkk. 2017.Buku
Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pra
Kegiatan
|
1.
Siswa
berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.
Siswa
masuk ke dalam kelas urut sesuai barisan. (Disiplin)
3.
Siswa
menyalami guru di depan kelas. (santun)
4.
Siswa
bersama guru membaca Asmaul Husna bersama-sama (religius)
5.
Guru
memberikan kepada siswa untuk membaca buku bacaan yang tersedia di pojok baca (literasi membaca)
6.
Guru
menyiapkan media dan alat pembelajaran
|
15
menit
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan membuka pembelajaran
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (religius)
3.
Guru
melakaukan pengondisian awal siswa (presensi kehadiran siswa, menanyakan
piket, mengatur tempat duduk)(disiplin)
4.
Guru
mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan
pelajaran yang akan disampaikan,.
5.
Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “Naik-naik ke Puncak Gunung” sambil
menggerakkan anggota badanGuru
6.
memberikan
motivasi dengan, siapa yang spernah berlibur ke puncak gunung?
7.
Guru
menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
8.
Guru
menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan hari
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Siswa
mengamati gambar seorang anak yang melakukan gerakan meliukkan tubuh (mengamati)
2.
Siswa
mendengarkan dan menyimak teks yang dibacakan guru (mengamati)
3.
Guru
memancing keaktifan siswa dengan pertanyaan :
Apa
yang dilakukan oleh soeorang anak tersebur?
Apa
nama gerakan dilakukan oleh soeorang anak tersebur?
4.
Siswa
menyampaikan pendapat mengenai jawaban pertanyaan dari guru. (mengolah
informasi)
5. Siswa menyerap
informasi yang disampaikan guru melalui teks dan gambar.(mengumpulkan informasi)
6.
Setelah
menyimak penjelasan guru dan mengamati gambar gerakan meliukkan tubuh, siswa
mempraktikkan gerakan bersama-sama.(mengkomunikasikan)
7.
Siswa
mengamati video lagu yamko rambe yamko. (mengamati)
8.
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang ingin diketahui
berdasarkan teks yang dibacakan dan gambar yang diamati.( menanya)
9.
Siswa
meliukkan tubuh sambil menyanyi lagu Hey Yamko Rambe Yamko. Gerakan dapat
disesuaikan dengan irama lagu.(mengkomunikasikan)
10.
Siswa
mencatat langkah gerak meliukan tubuh sesuai dengan penguatan materi dari
guru
Fase
1 :Think
11.
Siswa
mendengarkan dan menyimak pembacaan puisitentang “Sahabat” yang dibacakan guru (mengamati)
12.
Siswa
menyampaikan beberapa pertanyaan mengenai puisi sahabat. (menanya)
13.
Guru
memancing keaktifan siswa dengan pertanyaan :
Ungkapan
rasa sayang/persahabatan apa yang terdapat pada teks puisi sahabat?
14.
Siswa
menyampaikan pendapat jawabannya dari pertanyaan guru. (mengkomunikasikan)
15.
Siswa
mengamati penjelasan guru mengenai cara melengkapi kalimat dari pilihan kata
yang sudah disediakan. (Mengamati)
Fase
2 : Pair
16.
Siswa
dengan bimbingan guru membentuk kelompok, Setiap kelompok terdiri dari 2 anak
berpasangan.
17.
Guru
membagikan LKPD kepada siswa.
18.
Siswa
bersama teman kelompoknya berdiskusi tentang LKPD yang di bagikan guru berupa
menuliskan kata ungkapan persahabatan yang terdapat dalam teks puisi sahabat,
melengkapi kalimat rumpang. (mengumpulkan
informasi)(kerja sama)
19.
Guru
berkeliling membimbing kelompok diskusi
Fase
3: Share
20.
Setelah
selesai, 2 perwakilan kelompok maju ke depan, yang perwakilan pertama
mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok tentang menulis ungkapan
persahabatan dan kalimat rumpang, perwakilan kedua membacakan pusisi dengan. (mengkomunikasikan)
21.
Siswa
dari kelompok lain menanggapi presentasi siswa. (integritas)
22.
Guru
memberikan reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya
23.
Guru
memberi penguatan materi kepada siswa.
24.
Siswa
mengamati gambar kartu ucapan yang ditampilkan guru. (mengamati)
25.
Siswa
mencermati penjelasan guru mengenai langkah-langkah membuat kartu ucapan.
(mengumpulka informasi)
26.
Siswa
menulis sebuah kartu ucapan untuk teman sebelah sesuai kreasi masing-masing. (mengolah informasi)(mandiri)
27.
Beberapa
siswa menampilkan dan mempresentasikan kartu ucapan yang dibuatnya.
(mengkomunikasikan) (integritas)
28.
Guru
memberikan reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya
29.
Guru
memberi penguatan materi kepada siswa.
|
120menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan
guru menyimpulkan materi pelajaran
2.
Guru melakukan umpan
balik kepada siswa dengan memberi kesempatan mengajukkan pertanyaan jika ada
hal-hal yang belum diketahui.
3.
Guru melakukan tindak
lanjut (pengayaan dan remidial).
4.
Guru memberikan tugas
kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
5.
Guru mengajak siswa
menyanyikan lagu daerah
6.
Guru
mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
7.
Guru
memberikan salam penutup.
|
30
menit
|
I.
Penilaian
1. Sikap
spiritual
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Pengamatan
c.
Bentuk : Jurnal sikap
spiritual
2. Sikap
sosial
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Pengamatan
c.
Bentuk : Jurnal sikap
sosial
3. Pengetahuan
a.
Teknik : Tes
b.
Jenis : Tes tertulis
c.
Bentuk : Pilihan ganda, isian singkat
4. Keterampilan
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Unjuk Kerja
c.
Bentuk : Rubrik dengan rating scale
Mengetahui
Kepala
__________________________
|
|
Semarang,.............................
Guru Kelas I
(ARDY FEBRIYANTO, S.Pd.)
|
No comments:
Post a Comment