Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 9 June 2018

RPP Kurtilas Terbaru Tema 2 Kegemmaranku Subtema 1 Gemar Berolahraga Pembelajaran 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan
:
SD Nusa Bangsa
Kelas / semester
:
I / I
Tema
:
2. Kegemaranku
Sub Tema
:
1. Gemar Berolahraga
Pembelajaran
:
4 (Bahasa Indonesia, PJOK, SBdP)
Alokasi waktu
:
1 hari (5X35 Menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

Mapel/Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah memelihara kesehatan.

3.5.1 mengidentifikasi kalimat yang sesuai dengan teks bacaan
3.5.2 mengidentifikasi kata yang sesuai dengan gambar

4.5.1 membaca nyaring teks bacaan

PJOK
3.2 Memahami gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2 Mempraktikkan gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.2.1 menjelaskan prosedur gerakan bermain simpai



4.2.1 mempraktikkan gerakan bermain simpai
 SBdP
3.2 Mengenal elemen music melalui lagu.

4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.

3.2.1 mengidentifikasi alat-alat yang mengeluarkan bunyi
4.2.1 menirukan bunyi lonceng dan peluit

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan teks bacaan berjudul “Olahraga” siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang sesuai dengan teks bacaan dengan tepat
2.      Dengan menggunakan gambar tentang olahraga siswa dapat mengidentifikasi kata yang sesuai dengan gambar dengan tepat
3.      Dengan teks bacaan berjudul “Olahraga” siswa dapat membaca nyaring teks bacaan dengan baik
4.      Dengan penjelasan guru tentang prosedur gerakan bermain simpai siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan bermain simpai dengan tepat
5.      Dengan menggunakan simpai siswa dapat mempraktikkan gerakan bermain simpai dengan baik
6.      Dengan pemberian contoh alat-alat yang dapat mengeluarkan bunyi siswa dapat mengidentifikasi alat-alat yang mengeluarkan bunyi dengan tepat
7.      Dengan menggunakan benda konkret yaitu lonceng dan peluit siswa dapat menirukan bunyi lonceng dan peluit dengan baik
D.    KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1.      Mandiri
2.      Religius
3.      Gotong Royong
4.      Integritas
5.      Nasionalis

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kegemaran olahraga
2.      Bermain simpai
3.      Alat-alat yang mengeluarkan bunyi

F.     METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                : Think Pair Share
METODE              : Pengamatan, tanya jawab, ceramah

G.    MEDIA PEMBELAJARAN
Media  
-          teks bacaan berjudul “Olahraga”
-          simpai
-          lonceng, peluit
-          gambar lonceng, kentongan, bedug dan gong

H.    SUMBER BELAJAR
Buku Guru : Adellina, Novilia .dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Buku Siswa : Adellina, Novilia dkk. 2016.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemarankuku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi  Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Guru mengajak salah satu siswa untuk memimpin doa
3.    Presensi untuk mengetahui kehadiran siswa
4.    Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran
5.    Guru memberikan apersepsi berupa pertanyaan anak-anak, masih ingat apa yang harus kita lakukan sebelum berolahraga?
6.    Guru memberikan motivasi dengan memberikan pernyataan bahwa pemanasan sangat penting dilakukan sebelum berolahraga
7.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
15 menit
Inti
1.         Siswa membaca nyaring teks “Olahraga”.
2.         Guru memberi kesempatan dan waktu pada siswa yang ingin bertanya dan mengutarakan pendapatnya mengenai teks (menanya)
a.      Think
3.         Guru memberikan pertanyaan kepada siswa “Perlukah melakukan olahraga secara rutin? Kenapa?” (menanya)
4.         Siswa berpikir secara individual untuk menjawab pertanyaan guru. (menalar)
b.      Pair
5.         Siswa mengerjakan LKPD secara berpasangan (menalar)
6.         Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKPD
c.       Share
7.         Siswa maju ke depan untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan bimbingan guru (mengkomunikasikan)
8.         Siswa mengerjakan latihan di buku siswa dengan mengidentifikasi kata yang sesuai dengan gambar (menalar)
9.         Siswa menyimak penjelasan guru mengenai manfaat olahraga bagi tubuh (mengamati)
10.     Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai prosedur gerakan bermain simpai (menanya)
11.     Siswa mempraktikkan gerakan bermain Simpai dibimbing oleh guru (mencoba)
12.     Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai alat-alat apa saja yang mengeluarkan bunyi (menanya)
13.     Guru menunjukan lonceng dan peluit sebagai contoh benda yang mengeluarkan bunyi
14.     Siswa mengamati gambar lonceng, kentongan,bedug dan gong pada buku siswa (mengamati)
15.     Siswa mengerjakan LKPD berupa mengidentifikasi alat-alat yang dapat mengeluarkan bunyi (mencoba)
16.     Siswa menirukan bunyi dari lonceng, kentongan, peluit, bedug dan gong sesuai dengn instruksi guru (mencoba)
130 menit
Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.      Siswa mengerjakan evaluasi
3.      Guru memberikan tindak lanjut
4.      Guru memberi pesan materi selanjutnya
5.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
20 menit

J.      PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.        
Tes

Pengetahuan (Bahasa Indonesia, PJOK, SBdP)
b.       
Nontes

Penilaian Keterampilan


·         Bahasa Indonesia  :  menceritakan kegunaan alat olahraga


·         PJOK: mampu mempraktekkan bermain simpai


·         SBdP : menirukan bunyi lonceng, peluit, bedug, gong, dll
2.      Bentuk Penilaian
Tes                   : isian singkat
Nontes             : skala penilaian dengan rubrik, skala sikap

3.      Instrumen Penilaian
Tes                   : soal pilihan ganda dan isian singkat
Nontes             : ratimg scale disertai rubrik

4.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

, …. Maret 2018
Mengetahui,
Kepala SD NUSA BANGSA



……………………..

Guru Kelas





No comments:

Post a Comment