Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2 Gemar Menggambar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan          :  _________________________________
Kelas / Semester              :  I (Satu) / 1
Tema                                : 2. Kegemaranku
Subtema                           : 3. Gemar Menggambar
Pembelajaran                  :  2
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (5 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
KompetensiDasar (KD)
IndikatorPencapaianKompetensi
3.2 Mengemukakankegiatanpersiapanmenulispermulaan (caraduduk, caramemegangpensil, caramenggerakkanpensil, carameletakkanbuku, jarakantaramatadanbuku, pemilihantempatdengancahaya yang terang) yang benarsecaralisan.

3.2.1 Menunjukkangambarcaramemegangpensil yang tepatsaatmenulis.
                                                            
3.2.2  Menunjukkangambarcarameletakkanbuku yang tepatsaatmenulis.

4.2 Mempraktikkankegiatanpersiapanmenulispermulaan (caraduduk, caramemegangpensil, carameletakkanbuku, jarakantaramatadanbuku, gerakantanganatas-bawah, kiri-kanan, latihanpelenturangerakantangandengangerakanmenulis di udara/pasir/ meja, melemaskanjaridenganmewarnai, menjiplak, menggambar, membuatgaristegak, miring, lurus, danlengkung, menjiplakberbagaibentukgambar, lingkaran, danbentukhuruf di tempatbercahayaterang) denganbenar.
4.2.1  Mendemonstrasikancaramemegangpensilsaatmenulis.

4.2.2  Mendemonstrasikancarameletakkanbuku yang tepatsaatmenulis.

4.2.3 Membuatberbagaimacambentukgaris.



        
         PJOK
KompetensiDasar (KD)
IndikatorPencapaianKompetensi
3.2 Memahamigerakdasar non-lokomotorsesuaidengankonseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungandalamberbagaibentukpermainansederhanadanatautradisional.
3.2.1 Menyebutkanprosedurgerakanmenariktanpaberpindahtempat.
4.2 Mempraktikkangerakdasar non lokomotorsesuaidengankonseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungandalamberbagaibentukpermainansederhanadanatautradisional.
4.2.1 Mempraktikkanprosedurgerakanmenariktanpaberpindahtempat.

C.          TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui kegiatan berdoa bersama siswa mampu membiasakan sikap religius
2.      Denganmemperhatikancontohdari guru, siswadapatmenjelaskanprosedurgerakanmenariktanpaberpindahtempat.
3.      Denganarahandari guru, siswadapatmempraktikkanprosedurgerakanmenariktanpaberpindahtempat.
4.      Dengankegiatanpersiapanmenulis, siswadapatmenunjukkangambarcaramemegangpensilyang tepatsaatmenulisdengandisiplin.
5.      Dengankegiatanmencocokkangambarpersiapanmenulis, siswadapatmenunjukkangambarcarameletakkanbuku yang tepatsaatmenulis.
6.      Dengankegiatanpersiapanmenulis, siswadapatmembuatberbagaimacambentukgaris.
7.      Dengankegiatanmembuatgaris, siswadapatmendemonstrasikancaramemegangpensilsaatmenulisdengantepat.
8.      Dengankegiatanmembuatgaris, siswadapatmendemonstrasikancarameletakkanbuku yang tepatsaatmenulisdengandisiplin.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.                  Gerakanmenariktanpaberpindahtempat (bukusiswahalaman 115 dan 116)
2.      Cara memegang pensil dan meletakkan buku saat menulis (buku siswa halaman 117 dan 118)


E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Tematik dan Saintifik
¡  Model              :  Problem Based Learning
¡  Metode            :  Simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
1)   Bukusiswa
2)   Gambargerakmenariktanpaberpindahtempat
3)   Gambarposisibukusaatakanmenulis
4)   Gambarcaramemegangpensil yang tepatuntukmenulis

G.    SUMBER BELAJAR
Adellina, Novilia.dkk. 2016.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Adellina, Novilia.dkk. 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
Pendahuluan
Kegiatan Pra Pemblajaran
1)      Siswa berbaris di depan kelas (Karakter : Disiplin)
2)      Siswa secara urut memasuki kelas(Karakter :Disiplin)
3)      Siswa menyalami guru di depan kelas (Karakter :Santun)
4)      Siswa menyanyikan lagu indonesia raya (PPK:Nasionalis)
5)      Siswa menyimak buku yang diceritakan guru (Literasi)

Jam 06.45-07.00
15 menit
Kegiatan Awal
6)      Guru menyapasiswadanmengondisikankelas agar siapuntukbelajar.
7)      Seorangsiswadimintauntukmemimpindoa. (Integritas : membiasakansikapsantun, religiusdanhormat)
8)      Guru mengingatkansiswatentangpelajaransebelumnyadanmengaitkandenganpelajaran yang akandisampaikan.
9)      Guru menjelaskankegiatan yang akandilakukandantujuankegiatanbelajar.

10 menit
Inti
1)       Guru mengajaksiswamenujuhalamansekolah, kemudiansiswadimintamengamatigambargerakanmenariktanpaberpindahtempat yang akandipelajarihariini. (mengamati)
2)       Guru memberikesempatankepadasiswauntukmenanyakanhal-hal yang ingindiketahuiberdasarkangambar yang sudahditampilkan. (menanya)
3)       Siswamenyimakpenjelasan guru karenamerekaakanmelakukanlatihangerakanmenariktanpaberpindahtempat.
4)       Sebelummemulailatihansiswa berbaris danmelakukangerakanpemanasanmengikutiinstruksi guru.(karakter : disiplin)
5)       Setelahpemanasan, guru menjelaskanapamanfaatmelakukangerakanmenarik. Lalu guru mencontohkanbagaimanamelakukangerakansikapmenariksebagaiberikut.
a)      Guru dapatmemintasalahsatusiswamajukedepanuntukmenjadipasangandalammempraktikkan.(Karakter : percaya diri)
b)      Guru dansiswa yang bersediamajukedepanmengambil aba-aba untukmulaimelakukangerakanmenarik.
c)      Membuka kaki cukuplebar, kaki kiriberada di depandan kaki kananberada di belakang, bungkukkansedikitbadan. Lalutangankanankeduanyaberpegangansepertiberjabattangan.
d)     Masihdalamposisiberpegangantangan, lakukangerakansalingtarik.
e)      Usahakantidakberpindahtempat.
f)       Yang memilikikeseimbangandankekuatantubuhlebihstabilakanbertahantanpaberpindahtempat.
6)       Siswamencobamelakukangerakan yang sudahdicontohkandengancaraberpasangan. (mencoba) (Karakter bekerjasama)  (PPK :gotong royong)
7)       Secaraberpasangan, siswamajudanmempraktikkangerakanmenariktanpaberpindahtempat. (mengkomunikasikan). (Karakter :percaya diri)
8)      Setelahsemuaselesaimelakukanpraktik, siswadiminta menyebutkan prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempatdenganbenar. (menalar)
(PPK : Mandiri)
35 menit x  30 JP

Fase 1: Orientasipesertadidikkepadamasalah
10)   Siswadimintamengamatigambarcarameletakkanbukudanmemegangpensilsaatakanmenulis. (mengamati)(PPK : Mandiri)
Fase 2: Mengorganisasikanpesertadidik
11)   Guru mengingatkansiswaperalatanapasaja yang diperlukansaatakanmenulis.
Fase 3: Membimbingpenyelidikanindividudankelompok
12)   Siswadibimbingoleh guru caramemegangpensildanmeletakkanbukudenganbenar.(mencoba)
13)   Siswamencobamemegangpensildanmeletakkanbukudenganbenar. (mencoba)
Fase 4: Mengembangkandanmenyajikanhasilkarya
14)   Setelahposisibukutepatdanpensildipegangdenganbaik, siswadimintamembuatgarislurus di buku. (mengkomunikasikan)(PPK : Mandiri)
15)   Setelahsiswadapatmembuatgarislurusdenganbaik, guru memintasiswamenjelaskansecarasingkatcaramemegangpensildanmeletakkanbuku yang tepatsaatakanmenulis. (mengkomunikasikan)(Karakter : percayadiri)
Fase 5: Menganalisisdanmengevaluasi proses pemecahanmasalah
16)   Guru memandudanmengingatkanjikamasihadasiswa yang belumtepatdalammemegangpensildanmeletakkanbuku.
17)   Siswabersama guru melakukanrefleksi.


Penutup
1)       Siswabersama guru membuatsimpulanterhadapkegiatan yang sudahdilaksanakanselamasatupembelajaran
2)       Guru memberikanumpanbalikterhadap proses danhasilpembelajaran
3)       Siswamengerjakanevaluasitertulis
4)       Gurumemberikantindaklanjut (remidial/pengayaan)
5)       Guru menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnyayaitupembelajaran 3
18)  Siswaberdoamenurut agama dankeyakinanmasing-masing(Integritas : membiasakansikapsantun, religiusdanhormat)
15 menit

I.       PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      TeknikPenilaian
a.       Tes
Pengetahuan PJOK danBahasa Indonesia
b.      Nontes
-          Penilaianketerampilan
Ø  PJOK : mempraktikkan prosedurgerakan menarik tanpa berpindah tempat
Ø  Bahasa Indonesia: mendemonstrasikan cara memegang pensil dancarameletakkanbukusaat menulis.
2.      JenisPenilaian
Tes                   : tertulis
Nontes             : observasiataupengamatan
3.      BentukPenilaian
Tes                   : pilihanganda
Nontes             : rubrik
4.      PembelajaranRemidialdanPengayaan
Semarang,5 Maret 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas
                                                                                                           


No comments:

Post a Comment