RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : _________________________________
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema :
2. Kegemaranku
Subtema :
3. Gemar Menggambar
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
KompetensiDasar
(KD)
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
3.2 Mengemukakankegiatanpersiapanmenulispermulaan
(caraduduk, caramemegangpensil, caramenggerakkanpensil, carameletakkanbuku,
jarakantaramatadanbuku, pemilihantempatdengancahaya yang terang) yang
benarsecaralisan.
|
3.2.1 Menunjukkangambarcaramemegangpensil yang
tepatsaatmenulis.
3.2.2
Menunjukkangambarcarameletakkanbuku yang tepatsaatmenulis.
|
4.2
Mempraktikkankegiatanpersiapanmenulispermulaan (caraduduk,
caramemegangpensil, carameletakkanbuku, jarakantaramatadanbuku,
gerakantanganatas-bawah, kiri-kanan,
latihanpelenturangerakantangandengangerakanmenulis di udara/pasir/ meja,
melemaskanjaridenganmewarnai, menjiplak, menggambar, membuatgaristegak,
miring, lurus, danlengkung, menjiplakberbagaibentukgambar, lingkaran,
danbentukhuruf di tempatbercahayaterang) denganbenar.
|
4.2.1
Mendemonstrasikancaramemegangpensilsaatmenulis.
4.2.2
Mendemonstrasikancarameletakkanbuku yang tepatsaatmenulis.
4.2.3 Membuatberbagaimacambentukgaris.
|
PJOK
KompetensiDasar
(KD)
|
IndikatorPencapaianKompetensi
|
3.2 Memahamigerakdasar non-lokomotorsesuaidengankonseptubuh, ruang, usaha,
danketerhubungandalamberbagaibentukpermainansederhanadanatautradisional.
|
3.2.1
Menyebutkanprosedurgerakanmenariktanpaberpindahtempat.
|
4.2 Mempraktikkangerakdasar non lokomotorsesuaidengankonseptubuh,
ruang, usaha, danketerhubungandalamberbagaibentukpermainansederhanadanatautradisional.
|
4.2.1
Mempraktikkanprosedurgerakanmenariktanpaberpindahtempat.
|
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui kegiatan berdoa bersama siswa mampu membiasakan
sikap religius
2.
Denganmemperhatikancontohdari
guru, siswadapatmenjelaskanprosedurgerakanmenariktanpaberpindahtempat.
3.
Denganarahandari
guru, siswadapatmempraktikkanprosedurgerakanmenariktanpaberpindahtempat.
4.
Dengankegiatanpersiapanmenulis,
siswadapatmenunjukkangambarcaramemegangpensilyang tepatsaatmenulisdengandisiplin.
5.
Dengankegiatanmencocokkangambarpersiapanmenulis,
siswadapatmenunjukkangambarcarameletakkanbuku yang tepatsaatmenulis.
6.
Dengankegiatanpersiapanmenulis,
siswadapatmembuatberbagaimacambentukgaris.
7.
Dengankegiatanmembuatgaris,
siswadapatmendemonstrasikancaramemegangpensilsaatmenulisdengantepat.
8.
Dengankegiatanmembuatgaris,
siswadapatmendemonstrasikancarameletakkanbuku yang
tepatsaatmenulisdengandisiplin.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Gerakanmenariktanpaberpindahtempat (bukusiswahalaman 115 dan 116)
2. Cara memegang pensil dan meletakkan buku saat menulis (buku siswa halaman 117 dan 118)
E.
METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan :
Tematik dan Saintifik
¡
Model : Problem Based Learning
¡
Metode : Simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan
ceramah
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
1) Bukusiswa
2) Gambargerakmenariktanpaberpindahtempat
3) Gambarposisibukusaatakanmenulis
4) Gambarcaramemegangpensil yang tepatuntukmenulis
G.
SUMBER BELAJAR
Adellina, Novilia.dkk. 2016.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Tema Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Adellina, Novilia.dkk. 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum
2013 Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahuluan
|
Kegiatan
Pra Pemblajaran
1)
Siswa berbaris di depan kelas (Karakter : Disiplin)
2)
Siswa secara urut memasuki kelas(Karakter :Disiplin)
3)
Siswa menyalami guru di depan kelas (Karakter :Santun)
4)
Siswa menyanyikan lagu indonesia raya
(PPK:Nasionalis)
5)
Siswa menyimak buku yang diceritakan
guru (Literasi)
|
Jam 06.45-07.00
15 menit
|
Kegiatan
Awal
6) Guru menyapasiswadanmengondisikankelas agar
siapuntukbelajar.
7) Seorangsiswadimintauntukmemimpindoa. (Integritas :
membiasakansikapsantun, religiusdanhormat)
8) Guru mengingatkansiswatentangpelajaransebelumnyadanmengaitkandenganpelajaran
yang akandisampaikan.
9) Guru menjelaskankegiatan yang
akandilakukandantujuankegiatanbelajar.
|
10 menit
|
|
Inti
|
1) Guru
mengajaksiswamenujuhalamansekolah, kemudiansiswadimintamengamatigambargerakanmenariktanpaberpindahtempat
yang akandipelajarihariini. (mengamati)
2) Guru
memberikesempatankepadasiswauntukmenanyakanhal-hal yang
ingindiketahuiberdasarkangambar yang sudahditampilkan. (menanya)
3) Siswamenyimakpenjelasan
guru karenamerekaakanmelakukanlatihangerakanmenariktanpaberpindahtempat.
4) Sebelummemulailatihansiswa berbaris danmelakukangerakanpemanasanmengikutiinstruksi
guru.(karakter : disiplin)
5) Setelahpemanasan,
guru menjelaskanapamanfaatmelakukangerakanmenarik. Lalu guru
mencontohkanbagaimanamelakukangerakansikapmenariksebagaiberikut.
a) Guru
dapatmemintasalahsatusiswamajukedepanuntukmenjadipasangandalammempraktikkan.(Karakter : percaya diri)
b) Guru
dansiswa yang bersediamajukedepanmengambil aba-aba
untukmulaimelakukangerakanmenarik.
c) Membuka
kaki cukuplebar, kaki kiriberada di depandan kaki kananberada di belakang,
bungkukkansedikitbadan.
Lalutangankanankeduanyaberpegangansepertiberjabattangan.
d) Masihdalamposisiberpegangantangan,
lakukangerakansalingtarik.
e) Usahakantidakberpindahtempat.
f) Yang
memilikikeseimbangandankekuatantubuhlebihstabilakanbertahantanpaberpindahtempat.
6)
Siswamencobamelakukangerakan yang
sudahdicontohkandengancaraberpasangan. (mencoba) (Karakter
bekerjasama) (PPK :gotong royong)
7)
Secaraberpasangan,
siswamajudanmempraktikkangerakanmenariktanpaberpindahtempat. (mengkomunikasikan). (Karakter :percaya diri)
8) Setelahsemuaselesaimelakukanpraktik, siswadiminta menyebutkan prosedur gerakan menarik tanpa berpindah tempatdenganbenar. (menalar)
(PPK : Mandiri)
|
35 menit x 30 JP
|
|
Fase 1: Orientasipesertadidikkepadamasalah
10)
Siswadimintamengamatigambarcarameletakkanbukudanmemegangpensilsaatakanmenulis.
(mengamati)(PPK : Mandiri)
Fase 2: Mengorganisasikanpesertadidik
11)
Guru
mengingatkansiswaperalatanapasaja yang diperlukansaatakanmenulis.
Fase 3: Membimbingpenyelidikanindividudankelompok
12)
Siswadibimbingoleh guru caramemegangpensildanmeletakkanbukudenganbenar.(mencoba)
13)
Siswamencobamemegangpensildanmeletakkanbukudenganbenar.
(mencoba)
Fase 4: Mengembangkandanmenyajikanhasilkarya
14) Setelahposisibukutepatdanpensildipegangdenganbaik,
siswadimintamembuatgarislurus di buku. (mengkomunikasikan)(PPK : Mandiri)
15) Setelahsiswadapatmembuatgarislurusdenganbaik,
guru memintasiswamenjelaskansecarasingkatcaramemegangpensildanmeletakkanbuku
yang tepatsaatakanmenulis. (mengkomunikasikan)(Karakter
: percayadiri)
Fase
5: Menganalisisdanmengevaluasi proses pemecahanmasalah
16) Guru
memandudanmengingatkanjikamasihadasiswa yang
belumtepatdalammemegangpensildanmeletakkanbuku.
17) Siswabersama guru melakukanrefleksi.
|
|
Penutup
|
1)
Siswabersama guru membuatsimpulanterhadapkegiatan
yang sudahdilaksanakanselamasatupembelajaran
2)
Guru memberikanumpanbalikterhadap
proses danhasilpembelajaran
3)
Siswamengerjakanevaluasitertulis
4)
Gurumemberikantindaklanjut
(remidial/pengayaan)
5)
Guru menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnyayaitupembelajaran
3
18) Siswaberdoamenurut agama dankeyakinanmasing-masing(Integritas :
membiasakansikapsantun, religiusdanhormat)
|
15 menit
|
I. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.
TeknikPenilaian
a.
Tes
Pengetahuan PJOK
danBahasa Indonesia
b.
Nontes
-
Penilaianketerampilan
Ø PJOK : mempraktikkan
prosedurgerakan menarik tanpa berpindah tempat
Ø Bahasa Indonesia: mendemonstrasikan
cara memegang pensil dancarameletakkanbukusaat menulis.
2.
JenisPenilaian
Tes :
tertulis
Nontes : observasiataupengamatan
3.
BentukPenilaian
Tes :
pilihanganda
Nontes : rubrik
4.
PembelajaranRemidialdanPengayaan
Semarang,5
Maret 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
No comments:
Post a Comment