Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 8 June 2018

RPP Kelas 1 Tema 2 Kegemaranku Subtema 1 Gemar Berolahraga Pembelajaran 1 model Inquiry Based Learning


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan
:
SD Purwoyoso 2
Kelas / semester
:
I / I
Tema
:
2. Kegemaranku
Sub Tema
:
1. Gemar Berolahraga
Pembelajaran
:
1 (Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP)
Alokasi waktu
:
1 hari (5X35 Menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

 
Indikator
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.


4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah memelihara kesehatan.

3.5.1 Mengidentifikasi kosakata tentang bermain atau berolahraga
3.5.2 Menyebutkan kosakata tentang bermain atau berolahraga



4.5.1 Menceritakan kosakata tentang olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah

2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah


3.2 Mengidentifikasi aturan  yang berlaku dalam kehidupan sehari- hari di rumah.


4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

1.2.1 Menunjukkan perilaku bersyukur.



2.2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab ketika bermain atau berolahraga

3.2.1 Menyebutkan hal-hal yang boleh dilakukan atau tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga

4.2.1 Memperagakan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga
SBdP
3.2 Mengenal elemen musik melalui lagu.




4.2 Menirukan elemen musik melalui lagu.

3.2.1 Menemu kenali bunyi alam dan bunyi buatan saat bermain dan berolahraga


4.2.1 Mempraktikkan bunyi alam dan bunyi buatan saat bermain dan berolahraga

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar permainan dan olahraga, siswa dapat memahami kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat.
2.      Dengan menirukan kata-kata yang dibacakan oleh guru, siswa dapat menambah kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat dan percaya diri.
3.      Melalui kegiatan membaca dan mengajak teman memeragakan, siswa dapat menggunakan kosakata tentang olahraga sebagai cara memelihara kesehatan dengan tepat
4.      Melalui penampilan bintang kelas, siswa dapat menceritakan kosakata tentang cara memelihara kesehatan dengan tepat
5.      Melalui teks cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
6.      Melalui pembiasaan patuh aturan agama, perilaku syukur siswa akan membudaya
7.      Dengan keteladanan melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari hari,  sikap tanggung jawab siswa akan membudaya.
8.      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan benar.
9.      Melalui penampilan bintang kelas, siswa dapat memperagakan aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
10.  Melalui daftar centang bergambar, siswa dapat mendemonstrasikan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga dengan tepat.
11.  Melalui teks cerita, siswa dapat mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan benar.
12.  Melalui alat peraga peluit, siswa dapat membedakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan tepat.
13.  Melalui diskusi kelompok tentang bunyi, siswa dapat mempraktikkan bunyi alam dan bunyi buatan dengan benar.
14.  Melalui penampilan bintang kelas, siswa dapat memperagakan bunyi alam dan bunyi buatan dengan benar.

D.    PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK)
1.      Percaya Diri
2.      Berani
3.      Disiplin
4.      Bekerjasama

E.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Kosakata (buku siswa halaman 2-7)
2.      Aturan Bermain atau Berolahraga (buku siswa halaman 8-9)
3.      bunyi alam dan bunyi buatan (buku siswa halaman 10-13)

F.     METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                : Inquiry Based Learning
METODE              : diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah

G.    MEDIA PEMBELAJARAN
Media  
-          Kartu  kosakata
-          Gambar jenis permainan dan olahraga
-          Gambar sikap yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di rumah.
-          Gambar jenis-jenis sumber bunyi alam dan buatan.

Alat Pembelajaran
-          LCD
-          Laptop
-          Speaker
-          Peluit

H.    SUMBER BELAJAR
-          Adellina Novilia.dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
-          Adellina Novilia.dkk 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi  Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Kegiatan Pra Pembelajaran
1.      Guru memberi salam dan menanyakan kabar siswa
2.      Siswa diajak berdoa bersama-sama menurut agama dan keyakinan masing-masing. (Integritas : membiasakan sikap santun, religius dan hormat)
3.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Nasionalis)
4.      Guru mengomunikasikan kehadiran siswa

15 menit
(06.45-07.00)
5.      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
-          Anak-anak, Siapa yang suka bermain?
-          Apa nama permainan yang sering kalian mainkan?
Kemudian mengingatkan siswa tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan.
6.      Guru memberikan motivasi dengan memberikan permainan tepuk semangat.
7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
8.      Guru menyampaikan urutan kegiatan yang akan dilakukan siswa
15 menit
(07.00-07.15)
Inti
a.       Observasi/Mengamati
1.      Siswa memperhatikan teks yang diberikan oleh guru. (Kegiatan literasi)
2.      Siswa mengamati gambar tentang permainan dan olahraga yang menyenangkan (Mandiri: menumbuhkan sikap sportif) (mengamati)
3.      Siswa mengidentifikasi nama permainan dan olahraga yang cocok dengan gambar. (menalar)
40 menit
(07.15-07.55)
b.      Mengajukan pertanyaan
4.      Siswa melakukan tanya jawab dengan guru berkaitan dengan gambar permainan dan olahraga. (Mandiri : menumbuhkan rasa ingin tahu) (menanya)
25 menit
(07.55-08.20)
c.       Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban/ mengasosiasi atau melakukan penalaran
5.      Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
6.      Siswa mencocokkan nama permainan dan olahraga dengan gambar permainan dan olahraga. (mencoba)
25 menit
(08.20-08.45)
d.   Mengumpulkan data yang terkait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan/memprediksi dugaan
7.      Siswa mengidentifikasi kata-kata tentang jenis permainan dan olahraga. (mengamati)
8.      Siswa melakukan tanya jawab tentang kata-kata jenis permainan dan olahraga. (menanya)
9.      Siswa mendiskusikan kata-kata tentang jenis permainan dan olahraga. (menalar)
10.  Siswa menyampaikan kata-kata jenis permainan dan olahraga di depan kelompok lain. (mengomunikasikan)
11.  Siswa mengidentifikasi gambar kegiatan yang mematuhi aturan dan yang tidak mematuhi aturan. (mengamati)
12.  Siswa membuat gambar J pada gambar anak yang mematuhi aturan. (mencoba)
13.  Siswa membuat gambar L pada gambar anak yang tidak mematuhi aturan. (mencoba)
14.  Siswa menyimak gambar-gambar dengan teliti. (mengamati)
15.  Siswa mengidentifikasi sikap yang terdapat dalam gambar.(menalar)
16.  Siswa mengamati peluit yang dibunyikan oleh guru untuk memberikan informasi jika waktu mengidentifikasi telah usai. (mengamati)
17.  Siswa menyampaikan pendapatnya mengenai  gambar-gambar yang telah diidentifikasi, berkaitan dengan sikap anak-anak di dalam gambar. (mengomunikasikan)
18.  Siswa melakukan tanya jawab dengan guru berkaitan dengan peluit. (menanya)
19.  Siswa menirukan bunyi benda yang terdapat pada gambar. (mencoba)
20.  Siswa mengidentifikasi gambar dengan mencantumkan tanda centang untuk bunyi-bunyian alam dan tanda silang untuk bunyi-bunyian buatan. (menalar)
21.  Siswa menyampaikan hasil diskusi tentang bunyi alam dan bunyi buatan. (mengomunikasikan)
50 menit
(09.00-09.50)
e.       Merumuskan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data yang telah diolah atau dianalisis, mempresentasikan atau menyajikan hasil temuannya.
22.  Siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran secara berkelompok. (menalar)
23.  Siswa secara perwakilan menyampaikan hasil kesimpulan kegiatan pembelajaran. (mengomunikasikan)
24.  Siswa diminta mengungkapkan untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamanya selama menyelesaikan pembelajaran
25 menit
(09.50-10.15)
Penutup
1.      Siswa bersama guru membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran
2.      Guru memberikan umpan balik dan penghargaan terhadap proses dan hasil pembelajaran
3.      Siswa mengerjakan evaluasi tertulis
4.      Guru memberikan  tindak lanjut kepada siswa (pembelajaran remidial/pengayaan)
5.      Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
15 menit
(10.15-10.30)

J.      PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.        
Tes

Pengetahuan (Bahasa Indonesia, PPKn, SBdP)
b.       
Nontes

1)       
Penilaian sikap


·         Spiritual   : bersyukur, berdoa


·         Sosial       : disiplin, santun, teliti

2)       
Penilaian Keterampilan


·        Bahasa Indonesia: Menambah kosakata tentang cara memelihara kesehatan, Menceritakan kosakata tentang cara memelihara kesehatan


·        PPKn : Memperagakan aturan yang berlaku saat bermain atau berolahraga, Mendemonstrasikan hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bermain atau berolahraga


·        SBdP : Mempraktikkan bunyi alam dan bunyi buatan, Memperagakan bunyi alam dan bunyi buatan



2.      Bentuk Penilaian
Tes                   : tertulis
Nontes             : unjuk kerja

3.      Instrumen Penilaian
Tes                   : soal pilihan ganda dan isian singkat
Nontes             : ratimg scale disertai rubrik

4.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

......................., …. Maret 2018
Mengetahui,
Kepala SD Purwoyoso 2



……………………..

Guru Kelas




1 comment:

  1. Ada full persion nya kah pak guru ganteng? Beserta penilaian dan lks nya

    ReplyDelete