Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 8 June 2018

RPP Kelas 1 Kurtilas Tema 1 Diriku Subtema 4 AKu Istimewa Pembelajaran 4 PJOK Bahasa Indonesia SBdP model Project Based Learning


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan
:
SD N HARAPAN BANGSA
Kelas / semester
:
I / I
Tema
:
1. Diriku
Sub Tema
:
4. Aku Istimewa
Pembelajaran
:
4 (PJOK, Bahasa Indonesia, SBdP)
Alokasi waktu
:
1 hari (5X35 Menit) di peer teaching 30 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
Mapel/Kompetensi Dasar
Indikator
PJOK
3.4 Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.

3.4.1 Mengidentifikasi sikap berjalan lentur dan seimbang
3.4.2 Menjelaskan sikap berjalan lentur dan seimbang




4.4.1 Mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang
Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan  dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah atau bahasa daerah.
4.3 Melafalkan bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

3.3.1 Mengidentifikasi lafal
3.3.2 Menyebutkan lafal
3.3.3 Mengelompokkan lafal


4.3.1 Memperagakan permainan lafal
4.3.2 Menghitung lafal dalam permainan
SBdP
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya.



4.4 Membuat karya dari bahan alam

3.4.1 Menjelaskan macam-macam makanan pokok
3.4.2 Menyebutkan bahan prakarya dari makanan pokok

4.4.1 Membuat prakarya gantungan kunci boneka dari kulit jagung
4.4.2 Mendemonstrasikan prakarya gantungan kunci boneka dari kulit jagung




C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar sikap berjalan lentur dan seimbang, siswa dapat mengidentifikasi sikap berjalan lentur dan seimbang dengan tepat.
2.      Melalui peragaan sikap berjalan lentur dan seimbang, siswa dapat menjelaskan sikap berjalan lentur dan seimbang dengan benar.
3.      Melalui permainan menelusuri jejak, siswa dapat mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang dengan tepat.
4.      Melalui permainan sambung kata, siswa dapat mengidentifikasi  dengan benar.
5.      Melalui tanya jawab dengan guru, siswa dapat menyebutkan lafal dengan tepat.
6.      Melalui tabel kelompok lafal, siswa dapat mengelompokkan lafal dengan benar.
7.      Melalui permainan kata, siswa dapat memperagakan permainan lafal dengan benar.
8.      Melalui tabel perhitungan lafal, siswa dapat menghitung lafal dalam permainan dengan benar.
9.      Dengan mengamati gambar makanan pokok, siswa dapat menjelaskan macam-macam makanan pokok dengan tepat.
10.  Melalui tabel makanan pokok, siswa dapat menyebutkan bahan prakarya dari makanan pokok dengan benar.
11.  Melalui peragaan produk, siswa dapat membuat prakarya gantungan kunci boneka dari kulit jagung dengan benar.
12.  Melalui persentasi kelompok, siswa dapat mendemonstrasikan prakarya gantungan kunci boneka dari kulit jagung dengan tepat.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Menelusuri Jejak (buku siswa halaman 131)
2.      Permainan kata (buku siswa halaman 132)
3.      Gantungan kunci boneka dari kulit jagung(buku siswa halaman 133-134)

E.     METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                :Project Based Learning
METODE              :diskusi, tanya jawab, penugasan, ceramah

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
Media
-          Gambar permainan tradisional
-          Daftar cek proyek
-          Jadwal aktivitas proyek
-          PPt Sambung kata
Alat Pembelajaran
-          LCD, laptop
-          gunting
-          tali rafia
-          Kulit jagung, lem tembak, spidol, gantungan untuk mengaitkan kunci

G.    SUMBER BELAJAR
-          Hendrifiana Yusfina.dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
-          Hendrifiana Yusfina.dkk 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
-          Permendikbud No. 20-24 tahun 2016
-          Panduan penilaian Kurikulum 2013 2016

H.    Karakter Yang Diharapkan
Religius, Nasionalis, Mandiri, Integritas, Peduli Lingkungan dan Kebersihan, Cinta Tanah Air, Disiplin, Tanggung Jawab











I.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi  Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris dengan rapi sebelum masuk kelas
2.      Siswa menyalami guru satu per satu
3.      Guru meminta siswa untuk mengamati keadaan di sekeliling mereka, jika ada sampah atau kertas yang tertinggal siswa diminta untuk memungutinya dan membuangnya ke tempat sampah. (karakter integritas nilai peduli lingkungan dan kebersihan)
4.      Siswa diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran mulai (karakter nasionalis nilai cinta tanah air)

Kegiatan Awal

1.      memberi salam dan menanyakan kabar siswa
2.      Guru menunjuk salah satu siswa yang datang paling awal untuk memimpin doa (karakter religius nilai kedisiplinan)
3.      Guru mengomunikasikan kehadiran siswa
4.      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
-Anak-anak, Siapa yang suka bermain?
-Apa nama permainan yang sering kalian mainkan?
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
6.      Guru menyampaikan urutan kegiatan yang akan dilakukan siswa
06.45-07.00
(15 menit)
Inti
a.       Penentuan pertanyaan mendasar (Start with the Essential Question)
1.      Siswa menyimak gambar-gambar permainan tradisonal (mengamati)
2.      Siswa diminta menyebutkan nama permainan yang ada pada gambar. (mengamati)
3.      Siswa berdiskusi dengan teman terdekat tentang permainan yang sering dilakukan (menanya)
4.      Siswa melakukan tanya jawab dengan guru. Guru menanyakan:
a)      Apakah anak-anak pernah bermain menelusuri jejak atau permainan kata?
b)      Bagimanakah kondisi anak-anak selesai bermain?
c)      Coba, apa saja nama makanan pokok yang ada di sekitarmu?
d)     Apa yang terjadi dengan bahan/bagian makanan yang tidak digunakan? (menanya)
30 menit
b.      Mendesain perencanaan proyek (Design a Plan for the Project)
5.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang proyek yang akan dilakukan (mengamati)
6.      Siswa membuat daftar cek tentang proyek yang akan dilalui meliputi (permainan kosakata, dan gantungan kunci kulit jagung)(mencoba)
20 menit
c.       Menyusun jadwal (Create a Schedule)
7.      Siswa menyimak petunjuk kerja dalam menjalankan proyek. (mengamati)
8.      Siswa menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek(menalar)
15 menit
d.      Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
9.      Siswa menyimak contoh sikap berjalan lentur dan seimbang(mengamati)
10.  Siswa melakukan tanya jawab berkaitan dengan sikap berjalan lentur dan seimbang(menanya)
11.  Siswa melakukan Proyek 1: Permainan Menelusuri jejak (LKPD 1)
12.  Siswa mengitari lapangan dengan memperhatikan sikap berjalan lentur dan seimbang sebagai bagian dari pemanasan, setiap anak yang sampai garis akhir harus berteriak “MAJU” (mencoba)
13.  Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
14.  Setiap kelompok menelusuri jejak sesuai dengan rute masing-masing. (mencoba)
15.  Kelompok yang pertama melewati garis akhir harus berteriak “MAJU”, Kelompok yang kedua melewati garis akhir harus berteriak “MALU”. (mengomunikasikan)
16.  Siswa diajak kembali ke kelas.
17.  Siswa menyimak penjelasan guru tentang hubungan permainan menelusuri jejak dengan permainan sambung kata (mengamati)
18.  Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
19.  Siswa melakukan permainan sambung kata. (mencoba)
20.  Siswa menghitung jumlah kata yang diperoleh setiap kelompok sebagai skor.(menalar)
21.  Siswa mengemukakan hasil perhitungan. (mengomunikasikan)
22.  3 (mengamati)
23.  Siswa untuk membuat gantungan kunci dari boneka kulit jagung.(mencoba)
24.  Siswa berkreasi sesuai dengan imajinasi dan kreativitas.
25.  Siswa mendemonstrasikan hasil gantungan kunci yang telah dibuat. (mengomunikasikan)
35    menit
e.       Menguji hasil (Assess the Outcome)
26.  Siswa mendemonstrasikan hasil gantungan kunci yang telah dibuat. (mengomunikasikan)
27.   Kelompok lain diberikan kesempatan untuk bertanya kepada kelompok demonstran.
25    menit
f.       Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience)
28.  Siswa melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan.
29.  Siswa diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamanya selama menyelesaikan proyek.(mengomunikasikan)
15 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran
2.      Guru memberikan umpan balik dan penghargaan terhadap proses dan hasil pembelajaran
3.      Siswa mengerjakan evaluasi tertulis secara individu (karakter mandiri nilai tanggung jawab)
4.      Guru memberikan  tindak lanjut kepada siswa (pembelajaran remidial/pengayaan)
5.      Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
20 menit








J.      PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.        
Tes

Pengetahuan (PJOK, Bahasa Indonesia, dan SBdP)
b.       
Nontes

1)       
Penilaian sikap


·         Spiritual   : bersyukur, berdoa


·         Sosial       : disiplin, santun, teliti

2)       
Penilaian Keterampilan





·         Bahasa Indonesia : Memperagakan permainan lafal


·         SBdP    : Mempraktikkan prakarya gantungan kunci boneka dari kulit jagung
2.      Bentuk Penilaian
Tes                   : tertulis
Nontes             : unjuk kerja
3.      Instrumen Penilaian
Tes                   : soal pilihan ganda dan isian singkat
Nontes             : ratimg scale disertai rubrik
4.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan


Semarang, …. Agustus 2017
Mengetahui,
Kepala SD N HARAPAN BANGSA



……………………..

Guru Kelas





No comments:

Post a Comment