RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan
|
:
|
SD N HARAPAN BANGSA
|
Kelas / semester
|
:
|
I / I
|
Tema
|
:
|
1. Diriku
|
Sub Tema
|
:
|
4. Aku Istimewa
|
Pembelajaran
|
:
|
4 (PJOK, Bahasa Indonesia, SBdP)
|
Alokasi waktu
|
:
|
1 hari (5X35 Menit) di peer teaching 30 menit
|
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR &
INDIKATOR
Mapel/Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
PJOK
3.4 Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri,
jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan
tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri,
jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan
tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
|
3.4.1 Mengidentifikasi sikap berjalan lentur dan seimbang
3.4.2 Menjelaskan sikap berjalan lentur dan seimbang
4.4.1 Mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang
|
Bahasa Indonesia
3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah atau bahasa daerah.
4.3 Melafalkan bunyi vocal dan konsonan dalam kata bahasa
Indonesia atau bahasa daerah.
|
3.3.1 Mengidentifikasi lafal
3.3.2 Menyebutkan lafal
3.3.3 Mengelompokkan lafal
4.3.1 Memperagakan permainan lafal
4.3.2 Menghitung lafal dalam permainan
|
SBdP
3.4 Mengenal bahan alam dalam berkarya.
4.4 Membuat karya dari bahan alam
|
3.4.1 Menjelaskan macam-macam makanan pokok
3.4.2 Menyebutkan bahan prakarya dari makanan pokok
4.4.1 Membuat prakarya gantungan kunci boneka dari kulit
jagung
4.4.2 Mendemonstrasikan prakarya gantungan kunci boneka dari
kulit jagung
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati gambar
sikap berjalan lentur dan seimbang, siswa dapat mengidentifikasi sikap berjalan
lentur dan seimbang dengan tepat.
2.
Melalui peragaan sikap berjalan lentur dan
seimbang, siswa dapat menjelaskan sikap berjalan lentur dan seimbang dengan
benar.
3.
Melalui permainan menelusuri jejak, siswa
dapat mempraktikkan sikap berjalan lentur dan seimbang dengan tepat.
4.
Melalui permainan sambung kata, siswa
dapat mengidentifikasi dengan benar.
5.
Melalui tanya jawab dengan guru, siswa
dapat menyebutkan lafal dengan tepat.
6.
Melalui tabel kelompok lafal, siswa dapat mengelompokkan
lafal dengan benar.
7.
Melalui permainan kata, siswa dapat memperagakan
permainan lafal dengan benar.
8.
Melalui tabel perhitungan lafal, siswa dapat
menghitung lafal dalam permainan dengan benar.
9.
Dengan mengamati gambar makanan pokok, siswa
dapat menjelaskan macam-macam makanan pokok dengan tepat.
10. Melalui
tabel makanan pokok, siswa dapat menyebutkan bahan prakarya dari makanan pokok
dengan benar.
11. Melalui
peragaan produk, siswa dapat membuat prakarya gantungan kunci boneka dari kulit
jagung dengan benar.
12. Melalui
persentasi kelompok, siswa dapat mendemonstrasikan prakarya gantungan kunci
boneka dari kulit jagung dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Menelusuri Jejak (buku siswa
halaman 131)
2.
Permainan kata (buku siswa
halaman 132)
3.
Gantungan kunci boneka dari
kulit jagung(buku siswa halaman 133-134)
E. METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN :
Scientific
MODEL :Project Based Learning
METODE :diskusi,
tanya jawab, penugasan, ceramah
F. MEDIA PEMBELAJARAN
Media
-
Gambar permainan
tradisional
-
Daftar cek
proyek
-
Jadwal aktivitas
proyek
-
PPt Sambung kata
Alat Pembelajaran
-
LCD, laptop
-
gunting
-
tali rafia
-
Kulit jagung,
lem tembak, spidol, gantungan untuk mengaitkan kunci
G. SUMBER BELAJAR
-
Hendrifiana Yusfina.dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku, Jakarta
: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
-
Hendrifiana Yusfina.dkk 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Diriku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
-
Permendikbud No. 20-24 tahun 2016
-
Panduan penilaian Kurikulum 2013 2016
H.
Karakter Yang Diharapkan
Religius,
Nasionalis, Mandiri, Integritas, Peduli Lingkungan dan Kebersihan, Cinta Tanah
Air, Disiplin, Tanggung Jawab
I. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Pra Kegiatan
1.
Siswa berbaris dengan rapi sebelum
masuk kelas
2.
Siswa menyalami guru satu per satu
3. Guru
meminta siswa untuk mengamati keadaan di sekeliling mereka, jika ada sampah
atau kertas yang tertinggal siswa diminta untuk memungutinya dan membuangnya
ke tempat sampah. (karakter integritas
nilai peduli lingkungan dan kebersihan)
4. Siswa
diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pembelajaran mulai (karakter
nasionalis nilai cinta
tanah air)
Kegiatan Awal
1.
memberi salam dan menanyakan
kabar siswa
2.
Guru menunjuk salah satu siswa
yang datang paling awal untuk memimpin doa (karakter religius nilai kedisiplinan)
3.
Guru mengomunikasikan
kehadiran siswa
4.
Guru melakukan apersepsi
dengan bertanya
-Anak-anak, Siapa yang suka
bermain?
-Apa nama permainan yang
sering kalian mainkan?
5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
6.
Guru menyampaikan urutan
kegiatan yang akan dilakukan siswa
|
06.45-07.00
(15 menit)
|
Inti
|
a.
Penentuan
pertanyaan mendasar (Start with the
Essential Question)
1.
Siswa
menyimak gambar-gambar permainan tradisonal (mengamati)
2.
Siswa
diminta menyebutkan nama permainan yang ada pada gambar. (mengamati)
3.
Siswa
berdiskusi dengan teman terdekat tentang permainan yang sering dilakukan (menanya)
4.
Siswa
melakukan tanya jawab dengan guru. Guru menanyakan:
a)
Apakah
anak-anak pernah bermain menelusuri jejak atau permainan kata?
b)
Bagimanakah
kondisi anak-anak selesai bermain?
c)
Coba, apa
saja nama makanan pokok yang ada di sekitarmu?
d)
Apa yang
terjadi dengan bahan/bagian makanan yang tidak digunakan? (menanya)
|
30 menit
|
b.
Mendesain
perencanaan proyek (Design a Plan for
the Project)
5.
Siswa menyimak
penjelasan guru tentang proyek yang akan dilakukan (mengamati)
6.
Siswa
membuat daftar cek tentang proyek yang akan dilalui meliputi (permainan
kosakata, dan gantungan kunci kulit jagung)(mencoba)
|
20 menit
|
|
c.
Menyusun
jadwal (Create a Schedule)
7.
Siswa
menyimak petunjuk kerja dalam menjalankan proyek. (mengamati)
8.
Siswa
menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek(menalar)
|
15 menit
|
|
d.
Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor
the Students and the Progress of the Project)
9. Siswa menyimak contoh sikap berjalan lentur dan
seimbang(mengamati)
10. Siswa melakukan tanya jawab berkaitan dengan sikap
berjalan lentur dan seimbang(menanya)
11. Siswa melakukan Proyek 1: Permainan Menelusuri jejak
(LKPD 1)
12. Siswa mengitari lapangan dengan memperhatikan sikap
berjalan lentur dan seimbang sebagai bagian dari pemanasan, setiap anak yang
sampai garis akhir harus berteriak “MAJU” (mencoba)
13. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok
14. Setiap kelompok menelusuri jejak sesuai dengan rute
masing-masing. (mencoba)
15. Kelompok yang pertama melewati garis akhir harus
berteriak “MAJU”, Kelompok yang kedua melewati garis akhir harus berteriak
“MALU”. (mengomunikasikan)
16. Siswa diajak kembali ke kelas.
17. Siswa menyimak penjelasan guru tentang hubungan
permainan menelusuri jejak dengan permainan sambung kata (mengamati)
18. Siswa dibagi menjadi dua kelompok.
19. Siswa melakukan permainan sambung kata. (mencoba)
20. Siswa menghitung jumlah kata yang diperoleh setiap
kelompok sebagai skor.(menalar)
21. Siswa mengemukakan hasil perhitungan. (mengomunikasikan)
22. 3 (mengamati)
23. Siswa untuk membuat gantungan kunci dari boneka
kulit jagung.(mencoba)
24. Siswa berkreasi sesuai dengan imajinasi dan
kreativitas.
25. Siswa mendemonstrasikan hasil gantungan kunci yang
telah dibuat. (mengomunikasikan)
|
35
menit
|
|
e.
Menguji hasil (Assess the Outcome)
26. Siswa mendemonstrasikan hasil gantungan kunci yang
telah dibuat. (mengomunikasikan)
27.
Kelompok lain
diberikan kesempatan untuk bertanya kepada kelompok demonstran.
|
25
menit
|
|
f.
Mengevaluasi pengalaman (Evaluate the Experience)
28. Siswa melakukan refleksi terhadap aktivitas dan
hasil proyek yang sudah dijalankan.
29. Siswa diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamanya
selama menyelesaikan proyek.(mengomunikasikan)
|
15 menit
|
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat
kesimpulan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran
2.
Guru memberikan umpan balik dan
penghargaan terhadap proses dan hasil pembelajaran
3.
Siswa mengerjakan evaluasi
tertulis secara individu (karakter mandiri nilai tanggung jawab)
4.
Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa (pembelajaran
remidial/pengayaan)
5.
Siswa berdoa menurut agama
dan keyakinan masing-masing
|
20 menit
|
J.
PENILAIAN
1.
Teknik Penilaian
a.
|
Tes
|
|
Pengetahuan (PJOK,
Bahasa Indonesia, dan SBdP)
|
||
b.
|
Nontes
|
|
1)
|
Penilaian
sikap
|
|
·
Spiritual : bersyukur, berdoa
|
||
·
Sosial : disiplin, santun, teliti
|
||
2)
|
Penilaian Keterampilan
|
|
·
Bahasa
Indonesia : Memperagakan permainan lafal
|
||
·
SBdP : Mempraktikkan prakarya gantungan kunci
boneka dari kulit jagung
|
2.
Bentuk Penilaian
Tes :
tertulis
Nontes : unjuk kerja
3.
Instrumen Penilaian
Tes :
soal pilihan ganda dan isian singkat
Nontes : ratimg scale disertai rubrik
4. Pembelajaran
Remidial dan Pengayaan
Semarang, …. Agustus 2017
|
|
Mengetahui,
Kepala SD N HARAPAN BANGSA
……………………..
|
Guru Kelas
|
No comments:
Post a Comment