Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Wednesday 6 June 2018

RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 1 Diriku Subtema 2 Tubuhku Pembelajaran 4 Model Problem Based Learning


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : SDN NUSA BANGSA
Kelas / Semester        : I / I
Tema                          : 1. Diriku
Sub Tema                   : 2. Tubuhku
Pembelajaran            : 4
Alokasi waktu            : 1 Hari (5JP x 35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
PJOK
3.8  Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
3.8.1 Mengidentifikasi bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain

4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian.
4.8.1 Menceritakan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
3.1.1 Mengidentifikasi kegiatan persiapan membaca permulaan yang baik dan benar

4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.
4.1.1 Memperagakan kegiatan persiapan membaca permulaan yang baik dan benar
SBdP
3.3 Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.


3.    3.3.1 Mengidentifikasi gerak anggota tubuh melalui tari kreasi

4.3 Memeragakan gerak anggota tubuh melalui tari
4.3.1 Mempraktikan gerak anggota tubuh melalui tari kreasi

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Melalui  gambar  bagian  tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh , siswa dapat mengidentifikasi bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
2.      Melalui  video  bagian  tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh , siswa dapat menceritakan bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
3.      Melalui pengamatan gambar tentang persiapan membaca , siswa dapat mengidentifikasi cara dan persiapan membaca permulaan yang baik dan benar dengan tepat.
4.      Melalui pengamatan peragaan guru, siswa dapat memperagakan kegiatan persiapan dan cara membaca permulaan yang baik dan benar dengan tepat.
5.      Melalui video gerakan tari siswa mampu  mengidentifikasi gerak  anggota tubuh melalui tari  kreasi
6.      Melalui kerja kelompok dan iringan music siswa mampu mempraktikan gerak anggota tubuh melalui tari kreasi

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain
2.      Perisapan membaca buku yang benar
3.      Tari kreasi
E.     PENDEKATAN, MODEL, DAN METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                : Problem Based Learning
METODE              : Diskusi, tanya jawab,penugasan, ceramah
PPK                       : Disiplin, santu, religius, nasionalis, kreatif, komunikatif

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Pra Kegiatan
1.    Siswa berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.    Siswa masuk ke dalam kelas secara urut (disiplin)
3.    Siswa menyalami guru di depan kelas (santun)
Siswa membaca surat-surat pendek bersama-sama (religius)
06.45-07.00 WIB
Kegiatan Awal
1.   Guru mengucapkan salam untuk membuka kegiatan pembelajaran(religius)
2.    Guru meminta  salah satu siswa untuk memimpin doa (religius)
3.    Guru mengajak siswa, bersama-sama untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya (nasionalis)
4.    Guru mengabsen kehadiran siswa
5.    Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
·         sebutkan anggota badan yang tampak dan tidak tampak dari luar?
·         sebutkan bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian?
·         mengapa ada bagian tubuh yang tertutup oleh pakaian?
6.    Guru membangkitkan motivasi siswa dengan mengajak siswa untuk tepuk semangat
7.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
10 menit
Kegiatan Inti
Orientasi perserta didik pada masalah
1.    Siswa mengamati gambar tentang bagian tubuh manusia yang tampak dan tidak tampak dari luar (mengamati)
2.    Siswa mencoba mengamati anggota badannya yang tampak dari luar (Anggota tubuh yang tidak tertutup baju, misal kepala dan betis kaki) (mencoba)
3.    Siswa menyebutkan bagian-bagian tubuh yang tertutup dan tidak tertutup (mengkomunikasikan)
4.    Siswa yang lain mendengarkan jawaban teman lainnya dan diperbolehkan memeberikan tanggapan
Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
5.    Siswa mengamati ilustrasi gambar tentang bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh orang lain serta apa alasannya. (mengamati)
6.    Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa.
7.    Siswa di setiap kelompok untuk saling berbagi informasi atau cerita tentang pengalaman masing-masing berkaitan dengan bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh (menalar)
8.    Siswa menyimpulkan tentang pengalamannya tentang bagian-bagian tubuh yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh (mengasosiasi)
9.    Perwakilan siswa dari setiap kelompok untuk ke depan kelas dan menceritakan hasil berbagi cerita dengan kelompok masing-masing (mengkomunikasikan)
10.Setelah selesai, siswa diminta untuk menjaga tubuh mereka. Tubuh adalah karunia Tuhan yang harus kita syukuri (bersyukur)
11.Siswa kembali ke tempat duduk masing-masing.
Membimbing penyelidikan individu
12.Siswa diminta untuk menutup buku siswa dan membuka halaman demi halaman Buku Siswa yang dipegang oleh siswa dari halaman depan. Guru mengamati cara mereka memegang dan membuka halaman buku (mengamati)
13. Siswa membuka halaman 60 dan diminta menjelaskan gambar yang ada pada halaman itu (mencoba)
14.Siswa mendiskusikan dengan teman sebangkunya tentang pentingnya memegang dan membuka halaman buku sesuai aturan (menalar) (Komunikatif)
15. Siswa memperhatikan penjelasan dari guru bahwa gambar tersebut menunjukkan cara memegang dan membalik halaman buku yang tepat. Termasuk penyebab mengapa perlu untuk memegang dan membalik halaman buku dengan tepat.Guru juga menjelaskan bahwa saat membaca, posisi cahaya dan banyaknya cahaya juga penting agar kesehatan mata tetap terjaga. (mengamati)
16.Siswa diminta mendemonstrasikan cara memegang buku dan membalik halamannya. (mengkomunikasikan)
17.Siswa diminta untuk menerapkan posisi tubuh saat duduk yang tepat serta mengatur posisi antara mata dan buku dengan benar (mengasosiasi)
18.Siswa menyimpulkan kegiatan yang tepat sebelum membaca dan posisi tubuh saat duduk serta posisi mata dengan  buku yang benar (mengasosiasi)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
19. Siswa dalam kelas dibagi menjadi 7 kelompok
20. Siswa diminta berdiri dan guru memutarkan sebuah musik. pada kegiatan ini siswa akan mempraktikkan gerak dasar menari hasil kreasi siswa secara bebas (mengamati)
21. Siswa diminta  menggerakkan anggota tubuh, yaitu kepala, badan, tangan, dan kaki sesuai dengan irama lagu yang sedang didengarkan. (mencoba)
22.Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa berkreasi membuat gerakan sendiri. Instruksi gerak dasar sebagai berikut: (menalar)
·         Sikap berdiri, pandangan ke depan
·         Kedua tangan di pinggang
·         Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk
·         Gerak kepala tengok kanan dan kiri
 22.Siswa diperbolehkan bebas menciptakan/ mengkreasikan gerakan masing-masing asal sesuai dengan irama lagu/hitungan yang ada di alat musik/musik yang sedang didengarkan (mengasosiasi) (kreatif)
23. Siswa menampilkan hasil kreasi gerak dasar tari secara berkelompok di depan kelas (mengkomunikasikan)
24. Guru memberikan apresiasi dan evaluasi terhadap gerak dasar tari kreasi siswa
150 Menit
Penutup
1.    Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran.
2.    Guru bersama siswa melakukan refleksi
3.    Siswa mengerjakan evaluasi
4.    Guru melakukan tindak lanjut dengan mengadakan pengayaan dan remidial
5.    Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
15    menit

E.     Penilaian
1.         TeknikPenilaian
1)        Tes:
Pengetahuan:. Tes tulis
2)        Non tes
a.    Sikap
a)        Spiritual                 : Bersyukur
b)        Sosial                     : Percaya diri, patuh
b.    Keterampilan
a)        Bahasa Indonesia   :  Memperagakan kegiatan persiapan membaca permulaan yang baik dan benar
b)        SBdP                     : Mempraktikan gerakan tari
c)        PJOK                     : Menunu

2.         Bentuk Penilaian
1)        Tes                  : Tertulis
2)        Non tes           :, Unjuk Kerja,
3.         Instrumen Penilaian
1)        Tes                  : Soal (pilihan ganda)
2)        Non tes           : Rubrik
4.         Pembelajaran remedial dan pengayaan
Remidial             : Bagi siswa yang belum tuntas pada materi yang diajarkan dengan       memberikan tambahan jam untuk pemahaman materi.
Pengayaan        : Bagi siswa yang sudah tuntas diberi soal tambahan.

F.   Media, Alat dan Sumber
1.    Media    : gambar anggota tubuh lengkap, kartu nama-nama anggota tubuh, gambar potongan-potongan bagian tubuh
2.    Alat        : lem, gunting, krayon, pensil
3.    Sumber  :
-          Buku Guru : Andrifiana, Yusfina, dkk. 2016. Buku Guru Tema 1 Diriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Buku Siswa : Andrifiana, Yusfina, dkk. 2016. Buku Guru Tema 1 Diriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
-          Permendikbud No. 103 tahun 2014
-          Lampiran ke-2 Permendikbud No. 57 tahun 2014
-          Sumber internet yang relevan

                                                                                        Semarang, …………2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah,



……………………………………………

Guru Kelas



 .........................................................

No comments:

Post a Comment