Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 9 June 2018

RPP Lengkap Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Gemar Berolahraga Pembelajaran 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       : SDN NUSA  BANSGA
Kelas/Semester           : I / I
Tema/Subtema           : Kegemaranku / Gemar Berolahraga
Pembelajaran ke-       : 5
Alokasi Waktu           : 1 hari (5 JP)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator
3.5Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
3.5.1Menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan
3.5.2  Menyusun kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan

4.5Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
4.5.1Melafalkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan dengan tepat     
4.5.2 Menceritakan gambar olahraga tentang berbagai macam jenis olahraga yang dapat memelihara kesehatan tubuh


Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4  Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang meibatkan bilangan cacah  sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
3.4.1 Menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan bantuan benda konkret berupa gambardengan teknik tanpa menyimpan.


4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.

4.4.1 Melafalkan operasi penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10

4.4.2 Menghitung operasi penjumlahan sesuai dengan gambar kehidupan sehari-hari yang disajikan


C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah menyimak kosakata ragam jenis olahraga, siswa dapat menunjukkan gambar tentang berbagai jenis olahraga kegemaran dengan tepat
2.      Melalui gambar ragam jenis olahraga, siswa dapat menyusun kosakata tentang cara memelihara dengan tepat
3.      Melalui gambar ragam jenis olahraga, siwa dapat melafalkan kosakata tentang berbagai jenis olahraga kegemaran dengan benar.
4.      Dihadapkan dengan gambar ragam jenis olahraga kegemaran, siswa mampu menceritakan gambar jenis olahraga yang dapat menjaga kesehatan tubuh dengan benar.
5.      Setelah menghitung jumlah pemain pada gambar olahraga, siswa dapat menjumlahkan dua bilangan yang hasil maksimalnya kurang dari 10 dengan benar.
6.      Melalui gambar ragam jenis olahraga, siswa dapat melafalkan operasi penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10dengan benar.
7.      Setelah menyimakcerita tentang ragam jenis olahraga, siswa dapat menghitungoperasi penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya kurang dari 10 yang berkaitan dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Nasionalis, religius, integritas, mandiri, Percaya diri, berani, disiplin, dan bekerja sama


D.    Materi Pembelajaran
1.      Teks manfaat berbagai jenis olahraga kegemaran sebagai cara untuk memelihara kesehatan
2.      Cara menyusun kosakata tentang cara memelihara kesehatan
3.      Bilangan 1-10
4.      Penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10
5.      Melafalkan operasi penjulmahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10

E.     Metode Pembelajaran
1.      Model pembelajaran                :Problem Based Learning
2.      Pendekatan Pembelajaran       : Pendekatan Saintifik

F.     Media Pembelajaran
Gambar jenis-jenis olahraga
Kartu kata
Kartu Angka

G.    Sumber Belajar
1.      Adellina, Novillia.dkk. 2017.Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2.      Adellina, Novillia,dkk. 2017.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.      Siswa masuk ke dalam kelas urut sesuai barisan. (Disiplin)
3.      Siswa menyalami guru di depan kelas. (santun)
4.      Siswa bersama guru membaca Asmaul Husna bersama-sama (religius)
5.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca buku bacaan yang tersedia di pojok baca (literasi membaca)
6.      Guru menyiapkan media dan alat pembelajaran

(15 menit)
06.45-07.00
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan membuka pembelajaran
2.      Guru mengajak siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (religius)
3.      Guru melakaukan pengondisian awal siswa (presensi kehadiran siswa, menanyakan piket, mengatur tempat duduk)(disiplin)
4.      Guru mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang akan disampaikan,.
5.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Kalau kau suka hati”(menggerakan anggota tubuh)
6.      Guru memberikan motivasi dengan, siapa yang suka menggerakan tubuh dan berolahraga?
7.      Guru menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
8.      Guru menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan hari
15 menit
(07.00)
Kegiatan Inti
Fase 1: Orientasi Masalah
1.      Siswa mengamati gambar berbagai jenis olahraga kegemaran yang disajikan guru(mengamati)
2.      Siswa dengan bimbingan guru menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut dari hasil pengamatan gambar. (menanya)
3.      Siswa membaca nyaring teks bacaan Olahraga Kegemaran secara bergantian(mengumpulkan informasi)
4.      Guru memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
» Siapakah yang menyukai olahraga renang?
 » Olahraga apakah yang disukai Lani?
» Apa yang sering mereka lakukan bersama-sama
5.      Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. (Mengolah informasi)
6.      Siswa mengamati gambar ragam jenis olahraga yang ditampilkan guru (mengamati)
7.      Siswa dibimbing guru menyebutkan nama jenis olahraga yang ada pada gambar tersebut (Mengolah informasi)
8.      Siswa mengamati gambar sepak bola yang ditampilkan guru (mengamati)
9.      Siswa memperhatikan cerita guru tentang kegemaran guru berolahraga sepak bola. (mengumpulkan informasi)
10.  Siswa dengan bimbingan guru menyusun kosakata yang sesuai dengan nama gambar ragam jenis olahraga tersebut. (mengolah informasi)
Fase 2: Mengorganisasikan Peserta Didik
11.  Siswa dengan bimbingan guru membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2 sampai 3 anak.
12.  Guru membagikan LKPD kepada siswa.
Fase 3: Membimbing secara individu dan kelompok
13.  Siswa bersama teman kelompoknyaberdiskusi tentang LKPD yang di bagikan guru berupa memasangkangambar jenis olahraga olahraga kegemaran dengan kosakata jenis olahraga olahraga kegemaran (mengumpulkan informasi)(kerja sama)
14.  Siswa diminta memilih dan menceritakan tentang 1 di antara gambar-gambar yang telah disediakan guru tersebut pada kotak yang sudah disediakan. (mengolah informasi) (mandiri)
15.  Guru berkeliling membimbing tiap kelompok siswa berdiskusi.
Fase 4: Mengembangkan dan mempresentasikan hasil kerja
16.  Setelah selesai, 2 perwakilan kelompok maju ke depan, yang perwakilan pertama mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok tentang memasangkan gambar dengan kosakata yang tepat, perwakilan kedua menceritakan tentang gambar jenis olahraga yang sudah dipilihnya. (mengkomunikasikan)
Fase 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
17.  Siswa dari kelompok lain menanggapi presentasi siswa. (integritas)
18.  Guru reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
19.  Guru memberi penguatan materi kepada siswa
Fase 1: Orientasi Masalah
20.  Guru menanyakan kembali tentang jenis-jenis olahraga kemudian mengaitkannya dengan olahraga basket.
21.  Siswa mengamati gambar pada teks Basketdi buku siswa halaman (mengamati)
22.  Siswa dengan bimbingan guru menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut dari hasil pengamatan gambar.(menanya)
Fase 2: Mengorganisasikan Peserta Didik
23.  Siswa dan guru bersama-sama mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tersebut(mengumpulkan informasi)
24.  Siswa membaca teks Basket pada buku siswa halaman(mengumpulkan informasi)
25.  Dengan bimbingan guru siswa menghitung jumlah pemain dalam pertandingan basket yang ada pada gambar. Setelah itu, dilanjutkan dengan menuliskan kalimat matematika sesuai dengan jumlah pemain yang terdapat pada gambar teks “Basket”(mengumpulkan infomasi)
Fase 3: Membimbing secara individu dan kelompok
26.  Siswa menyimak penjelasan guru tentang menghitung penjumlahan dan menuliskan kalimat matematikanya. (mengumpulkan informasi)
27.  Siswa memperhatikan instruksi guru dalam berdiskusi mengerjakan LKPD (mengamati).(gotong royong)
28.  Siswa bersama kelompoknya berdiskusi mengerjakan lembar LKPD yaitu menghitung benda pada gambar dan menuliskan kalimat matematikanya dengan bantuan bola mainan.(mengolah informasi)
Fase 4: Mengembangkan dan mempresentasikan hasil kerja
29.  Siswa menuliskan hasil diskusinya dan mempresentasikannya di depan kelas (mengkomunikasikan) (mandiri)
30.  Kelompok lain menanggapi siswa yang sedang tampil
Fase 5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
31.  Guru reward kepada siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
32.  Siswa bersama guru merefleksi dan mengevaluasi hasil diskusi siswa yang dipresentasikan(menalar)(integritas)
120menit
Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi dan membuat ringkasan pelajaran
2.      Guru melakukan umpan balik kepada siswa dengan memberi kesempatan mengajukkan pertanyaan jika ada hal-hal yang belum diketahui.
3.      Guru melakukan tindak lanjut (pengayaan dan remidial).
4.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
5.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu daerah
6.      Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
7.      Guru memberikan salam penutup.
30 menit












I.       Penilaian
1.      Sikap spiritual
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Pengamatan
c.       Bentuk      : Jurnal sikap spiritual
2.      Sikap sosial
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Pengamatan
c.       Bentuk      : Jurnal sikap sosial
3.      Pengetahuan
a.       Teknik       : Tes
b.      Jenis          : Tes tertulis
c.       Bentuk      : Pilihan ganda, isian singkat
4.      Keterampilan
a.       Teknik       : Non Tes
b.      Jenis          : Unjuk Kerja
c.       Bentuk      : Rubrik dengan rating scale






Mengetahui
Kepala








,.............................
Guru Kelas I







No comments:

Post a Comment