RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDN NUSA BANSGA
Kelas/Semester : I / I
Tema/Subtema : Kegemaranku / Gemar Berolahraga
Pembelajaran ke- : 5
Alokasi Waktu : 1 hari (5 JP)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.5Mengenal kosakata tentang cara
memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan
sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.5.1Menunjukkan
gambar tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara
kesehatan
3.5.2 Menyusun kosakata tentang berbagai jenis
olahraga sebagai cara untuk memelihara kesehatan
|
4.5Mengemukakan penjelasan
tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia
yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.
|
4.5.1Melafalkan
kosakata tentang berbagai jenis olahraga sebagai cara untuk memelihara
kesehatan dengan tepat
4.5.2 Menceritakan gambar olahraga tentang berbagai macam jenis olahraga yang
dapat memelihara kesehatan tubuh
|
Matematika
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang meibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
|
3.4.1
Menghitung penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya 10 dengan bantuan
benda konkret berupa gambardengan teknik tanpa menyimpan.
|
4.4
Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan
dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
|
4.4.1
Melafalkan operasi penjumlahan bilangan yang hasilnya kurang dari 10
4.4.2
Menghitung operasi penjumlahan sesuai dengan gambar kehidupan sehari-hari
yang disajikan
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
menyimak kosakata ragam jenis olahraga, siswa dapat menunjukkan gambar tentang
berbagai jenis olahraga kegemaran dengan tepat
2. Melalui
gambar ragam jenis olahraga, siswa dapat menyusun kosakata tentang cara
memelihara dengan tepat
3. Melalui
gambar ragam jenis olahraga, siwa dapat melafalkan kosakata tentang berbagai
jenis olahraga kegemaran dengan benar.
4. Dihadapkan
dengan gambar ragam jenis olahraga kegemaran, siswa mampu menceritakan gambar
jenis olahraga yang dapat menjaga kesehatan tubuh dengan benar.
5. Setelah
menghitung jumlah pemain pada gambar olahraga, siswa dapat menjumlahkan dua
bilangan yang hasil maksimalnya kurang dari 10 dengan benar.
6. Melalui
gambar ragam jenis olahraga, siswa dapat melafalkan operasi penjumlahan
bilangan yang hasilnya kurang dari 10dengan benar.
7. Setelah
menyimakcerita tentang ragam jenis olahraga, siswa dapat menghitungoperasi
penjumlahan dua bilangan yang hasil maksimalnya kurang dari 10 yang berkaitan
dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Nasionalis, religius, integritas, mandiri, Percaya diri, berani, disiplin, dan bekerja sama
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Teks manfaat berbagai jenis olahraga
kegemaran sebagai cara untuk memelihara kesehatan
2. Cara
menyusun kosakata tentang cara memelihara kesehatan
3.
Bilangan 1-10
4. Penjumlahan
dua bilangan yang hasil maksimalnya 10
5.
Melafalkan operasi penjulmahan bilangan
yang hasilnya kurang dari 10
E.
Metode
Pembelajaran
1. Model
pembelajaran :Problem Based Learning
2. Pendekatan
Pembelajaran : Pendekatan Saintifik
F.
Media
Pembelajaran
Gambar jenis-jenis olahraga
Kartu kata
Kartu Angka
G.
Sumber
Belajar
1. Adellina,
Novillia.dkk. 2017.Buku
Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
2. Adellina,
Novillia,dkk. 2017.Buku
Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku,
Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pra
Kegiatan
|
1.
Siswa
berbaris di luar kelas, ketua kelas memimpin baris-berbaris (disiplin)
2.
Siswa
masuk ke dalam kelas urut sesuai barisan. (Disiplin)
3.
Siswa
menyalami guru di depan kelas. (santun)
4.
Siswa
bersama guru membaca Asmaul Husna bersama-sama (religius)
5.
Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca buku bacaan yang tersedia di
pojok baca (literasi membaca)
6.
Guru
menyiapkan media dan alat pembelajaran
|
(15
menit)
06.45-07.00
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
mengucapkan salam dan membuka pembelajaran
2.
Guru
mengajak siswa berdo’a menurut Agama dan keyakinan masing-masing (religius)
3.
Guru
melakaukan pengondisian awal siswa (presensi kehadiran siswa, menanyakan
piket, mengatur tempat duduk)(disiplin)
4.
Guru
mengingatkan kembali tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan
pelajaran yang akan disampaikan,.
5.
Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “Kalau kau suka hati”(menggerakan anggota
tubuh)
6.
Guru
memberikan motivasi dengan, siapa yang suka menggerakan tubuh dan
berolahraga?
7.
Guru
menyampaikan tema, subtema dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
8.
Guru
menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan hari
|
15
menit
(07.00)
|
Kegiatan
Inti
|
Fase
1: Orientasi Masalah
1.
Siswa
mengamati gambar berbagai jenis olahraga kegemaran yang disajikan guru(mengamati)
2. Siswa dengan bimbingan
guru menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut dari hasil
pengamatan gambar. (menanya)
3.
Siswa
membaca nyaring teks bacaan Olahraga Kegemaran secara bergantian(mengumpulkan
informasi)
4.
Guru
memancing partisipasi aktif siswa dengan pertanyaan:
» Siapakah
yang menyukai olahraga renang?
» Olahraga apakah yang disukai Lani?
»
Apa yang sering mereka lakukan bersama-sama
5.
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut. (Mengolah
informasi)
6.
Siswa
mengamati gambar ragam jenis olahraga yang ditampilkan guru (mengamati)
7.
Siswa
dibimbing guru menyebutkan nama jenis olahraga yang ada pada gambar tersebut (Mengolah informasi)
8.
Siswa mengamati
gambar sepak bola yang ditampilkan guru (mengamati)
9. Siswa memperhatikan
cerita guru tentang kegemaran guru berolahraga sepak bola. (mengumpulkan informasi)
10. Siswa dengan bimbingan
guru menyusun kosakata yang sesuai dengan nama gambar ragam jenis olahraga
tersebut. (mengolah informasi)
Fase
2: Mengorganisasikan Peserta Didik
11.
Siswa
dengan bimbingan guru membentuk kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 2
sampai 3 anak.
12.
Guru
membagikan LKPD kepada siswa.
Fase
3: Membimbing secara individu dan kelompok
13. Siswa bersama teman
kelompoknyaberdiskusi tentang LKPD yang di bagikan guru berupa memasangkangambar
jenis olahraga olahraga kegemaran dengan kosakata jenis olahraga olahraga
kegemaran (mengumpulkan informasi)(kerja sama)
14. Siswa diminta memilih dan
menceritakan tentang 1 di antara gambar-gambar yang telah disediakan guru
tersebut pada kotak yang sudah disediakan. (mengolah informasi) (mandiri)
15. Guru berkeliling
membimbing tiap kelompok siswa berdiskusi.
Fase
4: Mengembangkan dan mempresentasikan hasil kerja
16. Setelah selesai, 2
perwakilan kelompok maju ke depan, yang perwakilan pertama mempresentasikan
jawaban hasil diskusi kelompok tentang memasangkan gambar dengan kosakata
yang tepat, perwakilan kedua menceritakan tentang gambar jenis olahraga yang
sudah dipilihnya. (mengkomunikasikan)
Fase
5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
17. Siswa dari kelompok
lain menanggapi presentasi siswa. (integritas)
18. Guru reward kepada
siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
19. Guru memberi penguatan
materi kepada siswa
Fase
1: Orientasi Masalah
20. Guru menanyakan kembali
tentang jenis-jenis olahraga kemudian mengaitkannya dengan olahraga basket.
21. Siswa mengamati gambar
pada teks Basketdi buku siswa halaman (mengamati)
22. Siswa dengan bimbingan
guru menanyakan hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut dari hasil
pengamatan gambar.(menanya)
Fase
2: Mengorganisasikan Peserta Didik
23. Siswa dan guru
bersama-sama mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tersebut(mengumpulkan
informasi)
24. Siswa membaca teks
Basket pada buku siswa halaman(mengumpulkan informasi)
25. Dengan bimbingan guru siswa
menghitung jumlah pemain dalam pertandingan basket yang ada pada gambar.
Setelah itu, dilanjutkan dengan menuliskan kalimat matematika sesuai dengan
jumlah pemain yang terdapat pada gambar teks “Basket”(mengumpulkan infomasi)
Fase
3: Membimbing secara individu dan kelompok
26. Siswa menyimak
penjelasan guru tentang menghitung penjumlahan dan menuliskan kalimat
matematikanya. (mengumpulkan informasi)
27. Siswa memperhatikan
instruksi guru dalam berdiskusi mengerjakan LKPD (mengamati).(gotong royong)
28. Siswa bersama
kelompoknya berdiskusi mengerjakan lembar LKPD yaitu menghitung benda pada
gambar dan menuliskan kalimat matematikanya dengan bantuan bola mainan.(mengolah
informasi)
Fase
4: Mengembangkan dan mempresentasikan hasil kerja
29. Siswa menuliskan hasil
diskusinya dan mempresentasikannya di depan kelas (mengkomunikasikan) (mandiri)
30. Kelompok lain
menanggapi siswa yang sedang tampil
Fase
5: Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
31. Guru reward kepada
siswa yang maju mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
32. Siswa bersama guru
merefleksi dan mengevaluasi hasil diskusi siswa yang dipresentasikan(menalar)(integritas)
|
120menit
|
Penutup
|
2.
Guru melakukan umpan
balik kepada siswa dengan memberi kesempatan mengajukkan pertanyaan jika ada
hal-hal yang belum diketahui.
3.
Guru melakukan tindak
lanjut (pengayaan dan remidial).
4.
Guru memberikan tugas
kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
5.
Guru mengajak siswa
menyanyikan lagu daerah
6.
Guru
mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran
7.
Guru
memberikan salam penutup.
|
30
menit
|
I.
Penilaian
1. Sikap
spiritual
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Pengamatan
c.
Bentuk : Jurnal sikap
spiritual
2. Sikap
sosial
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Pengamatan
c.
Bentuk : Jurnal sikap
sosial
3. Pengetahuan
a.
Teknik : Tes
b.
Jenis : Tes tertulis
c.
Bentuk : Pilihan ganda, isian singkat
4. Keterampilan
a.
Teknik : Non Tes
b.
Jenis : Unjuk Kerja
c.
Bentuk : Rubrik dengan rating scale
Mengetahui
Kepala
|
|
,.............................
Guru Kelas I
|
No comments:
Post a Comment