Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 PBL Probem Based Learning


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       : SDNPurwoyoso 02
Kelas/Semester            : I/1
Tema                           : Kegemaranku/Gemar Bernyanyi dan Menari
Pembelajaran ke          :  3
Alokasi                        : 5 x 35 menit (1 kali pertemuan)

A.Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

PPKn
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.2.Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah
2.2. Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
1.2.1.Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah makan.


2.2.1. Disiplin dalam  melaksanakan peraturan ketika makan bersama
3.2.1. Menyebutkanaturan yang berlaku ketika makan bersama

4.2.2. Menceritakanpengalaman saat makan bersama kakak/adik



Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan.
4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99.
3.4.1. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99




4.4.1 Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11 Mencermati puisi anak/ syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan
4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri.
3.11.1. Mengidentifikasi ungkapan sayang dalam syair lagu yang diperdengarkan dengan tepat.



4.11.1. Menceritakan kembali ungkapan sayang dalam syair lagu yang telah didengarkan dengan tepat.

Karakter siswa yang diharapkan:  Nasionalis, Religius,Kerjasama, Tanggung Jawab, Percaya diri  Mandiri, Kerapian

C.Tujuan Pembelajaran

1.      Setelah diberi gambar aturan dalam makan, siswa mampu membiasakan diri berdoa sebelum makan dengan baik.
2.      Setelah diberi gambar aturan dalam makan, siswa mampu membiasakan diri berdoa sesudah makan dengan baik.
3.      Setelah diberi gambar aturan dalam makan, siswa mampu membiasakan diri bersikap disiplin dalam melaksanakan peraturan di rumah ketika makan bersama dengan baik.
4.      melalui gambar aturan saat makan, siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku di rumah ketika makan bersama dengan lancar.
5.      Setelah mengamati cerita pengalaman saat makan, siswa dapat menceritakan pengalaman saat makan bersama adik dengan lancar.
6.      Setelah mengamati isi lagu Ayo Makan Bersama, siswa dapat menyebutkan sikap yang baik terhadap kakak/adik dengan tepat
7.      Setelah mengamati syair tentang kakak dan adik, siswa mampu menceritakan kembali ungkapan sayang dalam syair lagu yang telah diperdengarkan dengan tepat.
8.      Melalui bermain peran, siswa dapat mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan dengan baik.
9.      Setelah di beri permasalahan sehari-hari tentang pengurangan, siswa mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan baik.

D.Materi Pembelajaran.
1.      Peraturan makan bersama keluarga.
2.      Bersikap sopan terhadap kakak/adik.
3.      Pengurangan dalam kehidupan sehari-hari.

E. Model, Metode dan Pendekatan

Metode Pembelajaran         : Problem Based Learning
Pendekatan Pembelajaran  : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan
                                           data, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan)
Model Pembelajaran           : Tanya jawab, penugasan, diskusi dan ceramah

F. Media Belajar
a.       Video lagu Ayo Makan Bersama.
b.      Benda-benda konkret di lingkungan sekitar yang menunjukkan pengurangan bilangan (1-10).

G. Sumber belajar
a.       Adellina, Novilia, dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.      Adellina, Novilia, dkk 2016. Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah-Langkah Model Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu


Pra Kegiatan
1.      Siswa berbaris diluar kelas, Ketua memimpin baris-baris (Disiplin)
2.      Siswa masuk ke dalam kelas secara urut (Disiplin)
3.      Siswa membaca asmaul husna (Religius)
15 menit
(06.45-07.00)
Pendahuluan

Pendahuluan
1.      Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa. (Religius)
2.      Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang hari itu datang paling awal (Religius)
3.      Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat (Nasionalisme.)
4.      Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas (Kerapian)
5.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
6.      Pembiasaan membaca 15 menit . Guru membacakan cerita berjudul Bangau dan Rubah Makan Bersama(Kegitan Literasi Dasar)
7.    Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan Ayo Makan Bersama
30 menit
(07.00)
Kegiatan Inti
a. Orietasi siswa pada masalah
1.      Siswa menyimak lagu Ayo Makan Bersama (mengamati)
2.      Siswa bertanya tentang syair lagu tersebut melalui bimbingan guru (menanya)
3.      Siswa mengidentifikasi aturan ketika makan bersama yang ada pada lagu (mencoba)
4.      Siswa dibantu oleh guru, bertanya tentang pesan yang terkandung dalam lagu (menanya)
-          Dalam lagu tersebut ada pesan untuk siapa?
-          Siapa yang memberi pesan?
-          Mengapa kakak harus menasehati adik?
70 menit
(07.30)
b. Mengorganisasikan siswa untuk belajar
5. Siswa di berikan gambar perbuatan yang boleh dilakukan saat makan dan tidak boleh dilakukan saat makan.
6. Siswa dapat menyebutkan aturan yang berlaku di rumah ketika makan bersama (menalar)
7. Siswa maju untuk menceritakan pengalaman saat makan bersama kakak/adik (mengkomunikasikan)
c. Membimbing pengalaman individual dan kelompok
8. Siswa mengidentifikasi ungkapan sikap yang baik terhadap kakak/adik berdasarkan lagu (mencoba)
9. Siswa dibimbing untuk mengekspresikan ungkapan sikap yang baik terhadap kakak/adik (mengkomunikasikan)
10. Siswa berkelompok dengan teman sebangku untuk mengerjakan LKPD(menalar)
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil kerja sama
11. Siswa maju untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka (mengkomunikasikan)

e. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
12. Siswa yang lain dibantu oleh guru merefleksi kelompok yang maju

a.       Orientasi siswa pada masalah
13. Guru memberikanpermasalahan pengurangan dalam bentuk cerita :
Setelah selesai makan, adik dan kakak mewarnai sebuah gambar. Kakak memiliki 7 pensil warna. Adik pinjam 3 pensil warna. Berapakah sisa pensil warna kakak?


b.      Mengorganisasikan siswa untuk belajar
14. Siswa mengamati benda konkrit yang disediakan guru (mengamati)
15. Siswa dibagi menjadi kelompok kecil dengan teman sebangku
16. Menyelesaikannya persoalan matematika yang diberikan oleh guru secara bersama-sama (mencoba)

c.       Membimbing pengalaman individual dan kelompok
17. Siswa mengerjakan LKPD 3 (menalar)


d.      Mengembangkan dan menyajikan hasil kerja sama
18. Siswa maju untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka (mengkomunikasikan)

e.       Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
19. Siswa yang lain dibantu oleh guru merefleksi kelompok yang maju

Penutup

1.      Siswa bersama dengan guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.      Guru memberikan soal evaluasi kepada siswa.
3.      Guru memberikan tindak lanjut/pekerjaan rumah kepada siswa.
4.      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.  
5.      Guru memberi salam dan menyampaikan pesan moral.
20 menit



I. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a)      Teknik       : Non tes
b)      Jenis           : Pengamatan
c)      Bentuk       : Jurnal pengamatan
2.      Sikap
a)      Teknik       : Non tes
b)      Jenis           : Pengamatan
c)      Bentuk       :Jurnal pengamatan
3.      Pengetahuan
a)      Teknik       : Tes
b)      Jenis           : Tes tertulis
c)      Bentuk       : Pilihan Ganda dan Isian singkat
4.      Ketrampilan
a)      Teknik       : Non tes
b)      Jenis           : Unjuk Kerja
c)      Bentuk       : Rubik

                                                                                       Semarang,                    2018
               Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas
              


                                                     
       

No comments:

Post a Comment