RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :SDN NUSA
Kelas / Semester :I (Satu) / 1
Tema :2. Kegemaranku
Sub Tema :3. Gemar menggambar
Pembelajaran :5
Alokasi Waktu :1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamatimendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasaingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
Mapel/ Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bahasa
Indonesia
3.2
Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara
memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku,jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat
dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.
4.2
Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang
pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan
atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan
menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak,
menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak
berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya
terang) dengan benar.
|
3.2.1 Membandingkan cara duduk yang baik.
3.2.2 Membandingkan cara memegang pensil yang
benar.
4.2.1 Memperagakan cara duduk yang baik.
4.2.2Memperagakan
cara memegang pensil yang benar.
|
Matematika
3.6
Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai
benda konkret.
4.6
Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat
tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret
|
3.6.1 Menentukan nama nama bangun ruang
4.6.1
Mengelompokan benda bentuk bangun
ruang di sekitar kelas.
|
C.
TUJUAN PEMBALAJARAN
1.
Melalui gambar tentang
posisi duduk, siswa dapat membandingkan cara duduk yang baik.
2.
Melalui gambar contoh
memegang pensil, siswa dapat membandingkan cara memegang pensil yang benar.
3.
Melalui gambar tentang
posisi duduk, siswa mampumemperagakan cara duduk yang baik.
4.
Melalui gambar contoh
memegang pensil, siswa mampumemperagakan cara memegang pensil yang benar.
5.
Melalui benda benda
sekitar, siswa dapat menentukan nama nama bangun ruang dengan benar.
6.
Melalui gambar bangun
ruang, siswa mampu mengelompokkan benda bentuk bangun ruang di sekitar kelas.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Menyusun cara duduk
yang baik
2.
Cara memegang pensil
yang benar
3.
Benda sekitar berbentuk
bangun ruang
E.
MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model :
Examples Non Examples
1.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.
Guru menunjukkan
gambar pada siswa
3.
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk
memperhatikan/menganalisa gambar
4.
Siswaberdiskusi secara kelompok
5.
Menuliskan hasil
diskusi pada kertas/ buku
6.
Tiap kelompok mempresentasikan
hasil diskusinya
7.
Guru memberi penguatan
pada hasil diskusi siswa
8.
Kesimpulan
Metode :
Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab
F.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Gambar cara posisi
duduk
2.
Gambar cara memegang
pensil
3.
Berbagai benda
berbentuk bangun ruang
4.
Gambar bangun ruang
G.
SUMBER BELAJAR
1.
Adellina
,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Guru: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta:
KEMENDIKBUD.
2.
Adellina
,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Siswa: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta:
KEMENDIKBUD.
H.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
DeskripsiKegiatanPembelajaran
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengucapkan salam.
2. Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.(religius)
3. Menyanyikan
Lagu Indonesia Raya. (Nasionalis)
4. Guru melakukan presensi.
5. Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran.
6. Apersepsi dengan dengan bertanya
“Ada apa saja di kelas ini ?”.
“Untuk apakah fungsi kursi ??”.
7. Guru memberikan motivasi dengan menyanyikan lagunaik
delman.
8. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
15 Menit
|
KegiatanInti
|
1.
Guru menunjukkangambar cara duduk dan cara memegang pensil.
2.
Siswa
mengamati gambar. (Mengamati)
3.
Guru
bertanya pada siswa,”Siapa yang tahu gambar apa ini?”
4.
Siswa
menjawab pertanyaan guru
5.
Siswa
bertanya tentang gambar gambar tersebut. (menanya)
6.
Siswa
bekelompok, masing masing kelompok 3-4 siswa
7.
Siswa mendiskusikan
tentang cara cara duduk yang baik dan cara memegang pensil yang benar.(menalar)
8.
Setiap
siswa menuliskan hasil diskusi kelompoknya pada buku
9.
Sebelum
siswa menulis, guru mengingatkan siswa cara memegang pensil yang benar dan
meminta siswa mengarahkan teman sekelompoknya cara memegang pensil yang
benar.(mencoba)
10. Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, disertai dengan memperagakan cara
duduk dan memegang pensil yang benar.(mengomunikasikan)
11. Kelompok
lain menilai dan mengarahkan jika ada kelompok yang kurang tepat.
12. Guru memberi penguatan pada hasil diskusi siswa
13. Guru
bertanya pada siswa,” anak anak, tadi kita sudah belajar tentang cara
memegang pensil yang benar. Siapa yang tahu bentuk pensil ?” (siswa masih
berkelompok)
14. Siswa
menjawab pertanyaan guru. misalnya,” panjang pak/ lancip pak,dll.” Guru mengoreksijawaban
siswa.
15. Guru
menunjukkan gambar – gambar bangun ruang.
16. Siswa
mengamati gambar bangun ruang.(Mengamati)
17. Siswa
bersama kelompoknya diminta mengelompokkan benda benda sekitar yang berbentuk
bangun ruang.(menalar)
18. Setiap
kelompok menuliskan hasil diskusi pada lembar jawab yang sudah tersedia. Pada
saat menulis, siswa diingatkan untuk duduk dengan posisi yang baik.(mencoba)
19. Siswa
mempresentasikan hasil diskusinya, guru memberikan penguatan.(Mengomunikasikan)
|
140Menit
|
Penutup
|
1. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan/ringkasan
hasil pembelajaran.
2. siswa mengerjakan evaluasi.
3. Guru melakukan refleksi hasil pembelajaran dan
evaluasi.
4. Guru memberikan tindak lanjut (pengayaan dan
remedial).
5. Guru memberi pesan untuk belajar materi selanjutnya.
6. siswa memimpin doa bersama.
|
20 Menit
|
I. PENILAIAN
1.
Teknik penilaian : tes, non tes
a.
Tes : tes hasil
belajar
b.
Non tes : unjuk kerja
2.
Prosedur penilaian : tes akhir
a.
Tes awal : tidak ada
b.
Tes proses : memberikan komentar
c.
Tes akhir : evaluasi
3.
Jenis penilaian : tertulis,pengamatan
a.
Tertulis : lembar hasil belajar
b.
Pengamatan : lembar rubrik pengamatan
c.
Bentuk tes : uraian singkat, rubrik
No comments:
Post a Comment