Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5 Examples non Examples


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       :SDN NUSA
Kelas / Semester           :I (Satu) / 1
Tema                             :2. Kegemaranku
Sub Tema                      :3. Gemar menggambar
Pembelajaran               :5
Alokasi Waktu              :1 x Pertemuan (5 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamatimendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasaingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yangmencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

Mapel/ Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.2   Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara  meletakkan buku,jarak  antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan.

4.2   Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis  permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.

3.2.1 Membandingkan cara duduk yang baik.
3.2.2 Membandingkan cara memegang pensil yang benar.



4.2.1 Memperagakan cara duduk yang baik.
4.2.2Memperagakan cara memegang pensil yang benar.

Matematika
3.6  Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.

4.6  Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret

3.6.1 Menentukan nama nama bangun ruang

4.6.1 Mengelompokan  benda bentuk bangun ruang di sekitar kelas.

C.    TUJUAN PEMBALAJARAN
1.      Melalui gambar tentang posisi duduk, siswa dapat membandingkan cara duduk yang baik.
2.      Melalui gambar contoh memegang pensil, siswa dapat membandingkan cara memegang pensil yang benar.
3.      Melalui gambar tentang posisi duduk, siswa mampumemperagakan cara duduk yang baik.
4.      Melalui gambar contoh memegang pensil, siswa mampumemperagakan cara memegang pensil yang benar.
5.      Melalui benda benda sekitar, siswa dapat menentukan nama nama bangun ruang dengan benar.
6.      Melalui gambar bangun ruang, siswa mampu mengelompokkan benda bentuk bangun ruang di sekitar kelas.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1.      Menyusun cara duduk yang baik
2.      Cara memegang pensil yang benar
3.      Benda sekitar berbentuk bangun ruang


E.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model              : Examples Non Examples
1.      Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.      Guru menunjukkan gambar pada siswa
3.      Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4.      Siswaberdiskusi secara kelompok
5.      Menuliskan hasil diskusi pada kertas/ buku
6.      Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
7.      Guru memberi penguatan pada hasil diskusi siswa
8.      Kesimpulan

Metode            : Diskusi, Penugasan, Tanya Jawab

F.     MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.      Gambar cara posisi duduk
2.      Gambar cara memegang pensil
3.      Berbagai benda berbentuk bangun ruang
4.      Gambar bangun ruang

G.    SUMBER BELAJAR
1.      Adellina ,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Guru: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta: KEMENDIKBUD.
2.      Adellina ,Novilia, Yun Kusumawati, dan Lubna Assagaf.2017.Buku Siswa: Kegemaranku, Buku Tematik TerpaduKurikulum 2013.Jakarta: KEMENDIKBUD.

H.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
DeskripsiKegiatanPembelajaran
Alokasiwaktu
Pendahuluan
1.   Guru mengucapkan salam.
2.   Guru meminta salah satu siswa memimpin doa.(religius)
3.   Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. (Nasionalis)
4.   Guru melakukan presensi.
5.   Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran.
6.   Apersepsi dengan dengan bertanya
Ada apa saja di kelas ini ?”.
“Untuk apakah fungsi kursi ??”.
7.   Guru memberikan motivasi dengan menyanyikan lagunaik delman.
8.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
15 Menit
KegiatanInti
1.        Guru menunjukkangambar cara duduk dan cara memegang pensil.
2.        Siswa mengamati gambar. (Mengamati)
3.        Guru bertanya pada siswa,”Siapa yang tahu gambar apa ini?”
4.        Siswa menjawab pertanyaan guru
5.        Siswa bertanya tentang gambar gambar tersebut. (menanya)
6.        Siswa bekelompok, masing masing kelompok 3-4 siswa
7.        Siswa mendiskusikan tentang cara cara duduk yang baik dan cara memegang pensil yang benar.(menalar)
8.        Setiap siswa menuliskan hasil diskusi kelompoknya pada buku
9.        Sebelum siswa menulis, guru mengingatkan siswa cara memegang pensil yang benar dan meminta siswa mengarahkan teman sekelompoknya cara memegang pensil yang benar.(mencoba)
10.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, disertai dengan memperagakan cara duduk dan memegang pensil yang benar.(mengomunikasikan)
11.    Kelompok lain menilai dan mengarahkan jika ada kelompok yang kurang tepat.
12.    Guru memberi penguatan pada hasil diskusi siswa
13.    Guru bertanya pada siswa,” anak anak, tadi kita sudah belajar tentang cara memegang pensil yang benar. Siapa yang tahu bentuk pensil ?” (siswa masih berkelompok)
14.    Siswa menjawab pertanyaan guru. misalnya,” panjang pak/ lancip pak,dll.” Guru mengoreksijawaban siswa.
15.    Guru menunjukkan gambar – gambar bangun ruang.
16.    Siswa mengamati gambar bangun ruang.(Mengamati)
17.    Siswa bersama kelompoknya diminta mengelompokkan benda benda sekitar yang berbentuk bangun ruang.(menalar)
18.    Setiap kelompok menuliskan hasil diskusi pada lembar jawab yang sudah tersedia. Pada saat menulis, siswa diingatkan untuk duduk dengan posisi yang baik.(mencoba)
19.    Siswa mempresentasikan hasil diskusinya, guru memberikan penguatan.(Mengomunikasikan)
140Menit
Penutup
1.   Guru bersama dengan siswa menyimpulkan/ringkasan hasil pembelajaran.
2.   siswa mengerjakan evaluasi.
3.   Guru melakukan refleksi hasil pembelajaran dan evaluasi.
4.   Guru memberikan tindak lanjut (pengayaan dan remedial).
5.   Guru memberi pesan untuk belajar materi selanjutnya.
6.   siswa memimpin doa bersama.
20    Menit



I. PENILAIAN
1.      Teknik penilaian                : tes, non tes
a.       Tes                               : tes hasil belajar
b.      Non tes                        : unjuk kerja
2.      Prosedur penilaian             : tes akhir
a.       Tes awal                      : tidak ada
b.      Tes proses                    : memberikan komentar
c.       Tes akhir                      : evaluasi
3.      Jenis penilaian                   : tertulis,pengamatan
a.       Tertulis                        : lembar hasil belajar
b.      Pengamatan                 : lembar rubrik pengamatan
c.       Bentuk tes                   : uraian singkat, rubrik

No comments:

Post a Comment