Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 9 June 2018

RPP Kurtilas Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 Problem Based Learning


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan
:
SD NUSA BANGSA
Kelas / semester
:
I / I
Tema
:
2. Kegemaranku
Sub Tema
:
1. Gemar Berolahraga
Pembelajaran
:
2 (Bahasa Indonesia, PJOK)
Alokasi waktu
:
1 hari (5X35 Menit)

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
                                                
Mapel/Kompetensi Dasar
Indikator
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah.

3.5.1 Menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan olahraga sesuai teks bacaan
3.5.2 Memasangkan gambar tentang olahraga dengan kosa kata
4.5.1 Membaca kata yang berhubungan dengan olahraga
PJOK
3.2 Memahami gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.2 Mempraktikkan gerak dasar non lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.

3.2.1 menyebutkan prosedur gerakan
menekuk tanpa berpindah tempat



4.2.1 Mempraktikkan gerakan pemanasan
4.2.2 Mempraktikkan gerakan menekuk badan tanpa berpindah tempat

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan menyimak cerita tentang olahraga siswa dapat menyebutkan kosakata yang berhubungan dengan olahraga sesuai teks bacaan dengan baik
2.      Dengan latihan dan bimbingan guru, siswa dapat memasangkan gambar tentang olahraga dengan kosa kata dengan benar
3.      Dengan dipandu guru, siswa dapat membaca kata yang berhubungan olahraga dengan tepat
4.      Dengan bimbingan guru mengenai gerakan menekuk tanpa berpindah tempat, siswa dapat menyebutkan prosedur gerakan menekuk tanpa berpindah tempat dengan tepat
5.      Dengan pemberian contoh pemanasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerakan pemanasan dengan benar
6.      Dengan pemberian contoh gerakan menekuk dari guru siswa dapat mempraktikkan gerakan menekuk badan tanpa berpindah tempat dengan benar

D.    KARAKTER YANG DIHARAPKAN
1.      Religius
2.      Nasionalis
3.      Gotong royong
4.      Mandiri
5.      Integritas

E.     MATERI PEMBELAJARAN
           1.            Olahraga dan kesehatan
           2.            Prosedur gerakan menekuk tanpa berpindah tempat
           3.            Gerakan Pemanasan

F.     METODE PEMBELAJARAN
PENDEKATAN   : Scientific
MODEL                : Problem Based Learning
METODE              : Tanya Jawab, Penugasan, Ceramah

G.    MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
Media  
Teks tentang olahraga “Pemanasan”
Teks “Beni Lupa Pemanasan”

Sumber Belajar
Adellina, Novilia .dkk 2016. Buku Guru SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Buku Siswa : Adellina, Novilia dkk. 2016.Buku Siswa SD/MI Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kegemaranku, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi  Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Kegiatan Pra Pembelajaran
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Membaca doa bersama (guru mengamati siswa menggunakan rubrik)
3.      Guru melakukan presensi siswa
4.      Guru mengkondisikan siswa untuk menyiapkan perlengkapan untuk pembelajaran yang akan dilaksanakan dan duduk dengan tenang sesuai dengan kelompoknya
5.      Guru menyiapkan media pembelajaran dan sumber belajar
15 menit
6.      Guru memberikan apersepsi berupa pertanyaan
-          Anak-anak, siapa yang gemar berolahraga?
-          Olahraga apa yang sering kalian lakukan?
7.      Guru memberikan motivasi dengan mengajak siswa untuk melakukan gerakan-gerakan kecil yang berhubungan dengan pemanasan menggunakan musik. (gerakan baby shark)
8.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
9.      Guru menyampaikan urutan kegiatan yang akan dilakukan siswa
15 menit
Inti
a.      Orientasi Peserta Didik pada masalah
1.      Siswa menyimak cerita pada buku siswa tentang olahraga yang dibacakan oleh guru. (mengamati)
2.      Siswa membaca nyaring kosakata yang berkaitan dengan olahraga dan permainan (mencoba)
3.      Siswa bertanya mengenai kosakata yang belum dipahami (menanya)
4.      Siswa mendengarkan cerita berjudul “Beni Lupa Pemanasan” (mengamati)
5.      Guru memeriksa pemahaman siswa terhadap teks dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan:
>Apa yang dilakukan sebelum berolahraga?
> Apakah manfaat pemanasan?
>Apa yang akan terjadi bila tidak melakukan pemanasan?
b. Mengorganisasikan siswa untuk belajar
6.      Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai pentingnya pemanasan (mengamati)
7.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. (menanya)
8.      Siswa mengerjakan LKPD secara individu (menalar)
c.    Membimbing Penyelidikan Individu dan Kelompok
9.      Guru membimbing siswa untuk mengerjakan lembar kerja
d.      Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
10.  Siswa maju ke depan untuk menyampaikan hasil kerjanya dengan bimbingan guru (mengkomunikasikan)
e.       Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
11.  Guru memberikan penguatan dan mengoreksi jawaban siswa
12.  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai gerakan menekuk tanpa berpindah tempat (mengamati)
13.  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa prosedur cara melakukan gerakan menekuk badan (menanya)
14.  siswa berdiri mempraktikkan gerakan pemanasan (mencoba)
15.  Siswa melakukan gerakan menekuk badan (mencoba)
130 menit
Penutup
1.      Siswa bersama guru membuat kesimpulan terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu pembelajaran
2.      Guru memberikan umpan balik dan penghargaan terhadap proses dan hasil pembelajaran
3.      Siswa mengerjakan evaluasi tertulis
4.      Guru memberikan  tindak lanjut kepada siswa (pembelajaran remidial/pengayaan)
5.      Siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
20 menit

I.       PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.        
Tes

Pengetahuan (Bahasa Indonesia, PJOK)
b.       
Nontes

1)       
Penilaian sikap


·         Spiritual   : bersyukur, berdoa


·         Sosial       : disiplin, santun, teliti

2)       
Penilaian Keterampilan


·         Bahasa Indonesia : Membaca nyaring kosa kata


·         PJOK : mempraktikkan kegiatan pemanasan dan menekuk tubuh
2.      Bentuk Penilaian
Tes                   : tertulis
Nontes             : unjuk kerja, pengamatan

3.      Instrumen Penilaian
Tes                   : soal pilihan ganda dan isian singkat
Nontes             : ratimg scale disertai rubrik

4.      Pembelajaran Remidial dan Pengayaan


, …. Maret 2018
Mengetahui,
Kepala SD NUSA BANGSA



……………………..

Guru Kelas I






No comments:

Post a Comment