Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Friday 29 June 2018

RPP Kurtilas Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Gemar Membaca


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : SDN Nusa
Kelas / Semester           : I (Satu) / 1
Tema                             : 2. Kegemaranku
Sub Tema                      : 4. Gemar Membaca
Pembelajaran               : 2
Alokasi Waktu              : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)


A.    KOMPETENSI INTI

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

Mapel/ Kompetensi Dasar
Indikator
1. PJOK
3.2 Memahamigerakdasar non-lokomotorsesuaidengankonseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungandalamberbagaibentukpermainansederhanadanatautradisional.
4.2 Mempraktikkangerakdasar non-lokomotorsesuaidengankonseptubuh, ruang, usaha, danketerhubungandalamberbagaibentukpermainansederhanadanatautradisional.




3.2.1 Menyusunkembali prosedurgerakanmendorongtanpaberpindahtempat


4.2.1 mempraktikkan prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat
2. Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskankegiatanpersiapanmembacapermulaan (caradudukwajardanbaik, jarakantaramatadanbuku, caramemegangbuku, caramembalikhalamanbuku, gerakanmatadarikirikekanan, memilihtempatdengancahaya yang
terang, danetikamembacabuku) dengancara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar.

3.1.1 Menunjukkangambartentangjarak yang tepatantaramatadanobjekbacaan.





4.1.1Mendemonstrasikan jarak membaca yang tepat antara mata dan objek bacaan


C.    TUJUAN PEMBALAJARAN

1.      Melaluigambartentanggerakanmendorongtanpaberpindahtempat, siswadapatmenyusun kembaliprosedurgerakanmendorongtanpaberpindahtempatdenganbenar.
2.      Melaluicontohgerakanmendorongtanpaberpindahtempat, siswadapatmempraktikkanprosedurgerakanmendorongtanpaberpindahtempatdengantepat.
3.      Melalui gambar jarak membaca yang baik, siswadapatmenunjukkangambartentangjarak yang tepatantaramatadanobjekbacaandenganbenar.
4.      Melaluigambarjarakmembaca yang tepatantaramatadanobjekbacaan, siswadapatmendemonstrasikanjarakmembaca yang tepatantaramatadanobjekbacaandengankonsisten.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
1. Gerakanmendorongtanpaberpindahtempat
2. Jarak yang tepatantaramatadanobjekbacaan

E.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Model Pembelajaran         : Think Pair Share ( TPS )
2.      Pendekatan                       : Saintifik ( mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan )
3.      MetodePembelajaran        : Demonstrasi, tanyajawab, penugasan, danceramah

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Teksceritasingkatdisertaigambar
2.      Gambartentangjarak yang tepatantaramatadanobjekbacaan
3.      Gambargerakanmendorongtanpaberpindahtempat
4.      Video pembelajarantentanggerakanmendorongtanpaberpindahtempat

G.    SUMBER BELAJAR
1.      Nurhasanah.dkk.2017. Buku Guru SD/ MI TematikTerpaduKurikulum 2013 Kelas 1 TemaKegemaranku, Jakarta: KementrianPendidikandanKebudayaan
2.      Nurhasanah.dkk.2017. BukuSiswa SD/ MI TematikTerpaduKurikulum 2013 Kelas 1 TemaKegemaranku, Jakarta: KementrianPendidikandanKebudayaan

H.    LANGKAH PEMBELAJARAN
KegiatanPembelajaran
Langkah-langkahTPS
DeskripsiKegiatan
AlokasiWaktu
KegiatanPendahuluan




















1.      Guru mengucapkansalam
2.      Membacado’abersama
3.      Guru melakukanpresensisiswa
4.      Guru mengkondisikansiswauntukmenyiapkanperlengkapanuntukpembelajaran yang akandilaksanakan
5.      Guru menyiapkan media pembelajarandansumberbelajar
6.      Guru melakukanapersepsidenganmengajukanpertanyaan, “apakah kalian tau bagaimanageraktanpaberpindahtempatitu?”.
7.      Guru menyampaikantujuanpembelajaran.
20 Menit



KegiatanInti
TahapanThink
1.   Siswamengamatigambar yang ditampilkanoleh guru. (mengamati)
2.   Siswamenyimakpenjelasan guru tentanggerakanmendorongtanpaberpindahtempatdanjarak yang tepatantaramatadanobjekbacaansaatmembaca. (mengamati)
3.   Siswamengamati video pembelajarantentanggerakanmendorongtanpaberpindahtempat. (mengamati)
4.   Siswamelakukantanyajawabdengan guru tentangmateri yang disampaikan. (menanya)
5.   Siswamengamaticontohgerakanmendorongtanpaberpindahtempatyang dilakukanoleh guru dengansalahsatusiswa. (mengamati, mencoba)
130 Menit

TahapanPair
6.   Siswamelakukangerakan yang sudahdicontohkandengancaraberpasangansecarabergantian. (mencoba)
7.   Selanjutnyasiswadibagikanlembarkerjauntukmenunjukkangambartentangjarak yang tepatantaramatadanobjekbacaansaatmembaca. (menalar)
8.   Siswamengerjakanlembarkerjadengantemanpasangannya. (menalar)

TahapanShare
9.      Siswamenunjukkanhasilpekerjaannya di depankelas. (mengkomunikasikan)
10.  Setelahitusiswamempraktikkanposisimembacateks yang tepatsatu per satu di depankelas. (mengkomunikasikan)
11.  Guru memandudanmengingatkanjikamasihadasiswa yang belumtepatmelakukannya.
12.  Siswabersama guru merefleksipembelajaran.
KegiatanPenutup

1.    Siswadibantuoleh guru untukmenarikkesimpulantentangapa yang telahmerekalakukandanpelajari.
2.    Siswamengerjakanlembarevaluasi.
3.    Guru memberikantindaklanjut.
4.    Guru memberikanpenghargaankepadasiswadankelompok yang terlibataktifselamapembelajaran.
5.    Guru  menyampaikan materi pertemuan selanjutnya.
6.    Guru menutuppembelajarandengansalamdando’a
30 Menit

1. PenilaianPengetahuan (terlampir)
Teknik : Tes
Jenis    : TesTulis
Bentuk: PilihanGanda
2. PenilaianKeterampilan (terlampir)
Teknik : Non Tes
Jenis    : UnjukKerja
Bentuk            : Rubrik

No comments:

Post a Comment