RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN Nusa
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema : 2. Kegemaranku
Sub Tema : 4. Gemar Membaca
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR
Mapel/ Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1. PJOK
3.2 Memahamigerakdasar non-lokomotorsesuaidengankonseptubuh, ruang,
usaha,
danketerhubungandalamberbagaibentukpermainansederhanadanatautradisional.
4.2 Mempraktikkangerakdasar non-lokomotorsesuaidengankonseptubuh,
ruang, usaha,
danketerhubungandalamberbagaibentukpermainansederhanadanatautradisional.
|
3.2.1 Menyusunkembali prosedurgerakanmendorongtanpaberpindahtempat
4.2.1 mempraktikkan
prosedur gerakan mendorong tanpa berpindah tempat
|
2. Bahasa Indonesia
3.1 Menjelaskankegiatanpersiapanmembacapermulaan
(caradudukwajardanbaik, jarakantaramatadanbuku, caramemegangbuku,
caramembalikhalamanbuku, gerakanmatadarikirikekanan,
memilihtempatdengancahaya yang
terang, danetikamembacabuku) dengancara yang benar.
4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar
dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik
halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya
yang terang) dengan benar.
|
3.1.1 Menunjukkangambartentangjarak yang
tepatantaramatadanobjekbacaan.
4.1.1Mendemonstrasikan
jarak membaca yang tepat antara mata dan objek bacaan
|
C.
TUJUAN PEMBALAJARAN
1.
Melaluigambartentanggerakanmendorongtanpaberpindahtempat,
siswadapatmenyusun
kembaliprosedurgerakanmendorongtanpaberpindahtempatdenganbenar.
2.
Melaluicontohgerakanmendorongtanpaberpindahtempat,
siswadapatmempraktikkanprosedurgerakanmendorongtanpaberpindahtempatdengantepat.
3.
Melalui gambar jarak membaca yang baik, siswadapatmenunjukkangambartentangjarak yang
tepatantaramatadanobjekbacaandenganbenar.
4.
Melaluigambarjarakmembaca yang tepatantaramatadanobjekbacaan,
siswadapatmendemonstrasikanjarakmembaca yang
tepatantaramatadanobjekbacaandengankonsisten.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Gerakanmendorongtanpaberpindahtempat
2. Jarak yang tepatantaramatadanobjekbacaan
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Model Pembelajaran :
Think Pair Share ( TPS )
2.
Pendekatan :
Saintifik ( mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan )
3.
MetodePembelajaran :
Demonstrasi, tanyajawab, penugasan, danceramah
F.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Teksceritasingkatdisertaigambar
2.
Gambartentangjarak yang tepatantaramatadanobjekbacaan
3.
Gambargerakanmendorongtanpaberpindahtempat
4.
Video
pembelajarantentanggerakanmendorongtanpaberpindahtempat
G.
SUMBER BELAJAR
1.
Nurhasanah.dkk.2017. Buku Guru SD/ MI TematikTerpaduKurikulum 2013 Kelas 1 TemaKegemaranku,
Jakarta: KementrianPendidikandanKebudayaan
2.
Nurhasanah.dkk.2017. BukuSiswa SD/ MI TematikTerpaduKurikulum 2013 Kelas 1 TemaKegemaranku,
Jakarta: KementrianPendidikandanKebudayaan
H.
LANGKAH PEMBELAJARAN
KegiatanPembelajaran
|
Langkah-langkahTPS
|
DeskripsiKegiatan
|
AlokasiWaktu
|
KegiatanPendahuluan
|
|
1. Guru mengucapkansalam
2. Membacado’abersama
3. Guru melakukanpresensisiswa
4. Guru mengkondisikansiswauntukmenyiapkanperlengkapanuntukpembelajaran
yang akandilaksanakan
5. Guru menyiapkan media
pembelajarandansumberbelajar
6. Guru
melakukanapersepsidenganmengajukanpertanyaan, “apakah kalian tau
bagaimanageraktanpaberpindahtempatitu?”.
7. Guru menyampaikantujuanpembelajaran.
|
20 Menit
|
KegiatanInti
|
TahapanThink
|
1. Siswamengamatigambar yang ditampilkanoleh
guru. (mengamati)
2. Siswamenyimakpenjelasan guru
tentanggerakanmendorongtanpaberpindahtempatdanjarak yang
tepatantaramatadanobjekbacaansaatmembaca. (mengamati)
3. Siswamengamati video
pembelajarantentanggerakanmendorongtanpaberpindahtempat. (mengamati)
4. Siswamelakukantanyajawabdengan guru
tentangmateri yang disampaikan. (menanya)
5. Siswamengamaticontohgerakanmendorongtanpaberpindahtempatyang
dilakukanoleh guru dengansalahsatusiswa. (mengamati, mencoba)
|
130
Menit
|
|
TahapanPair
|
6. Siswamelakukangerakan yang
sudahdicontohkandengancaraberpasangansecarabergantian. (mencoba)
7. Selanjutnyasiswadibagikanlembarkerjauntukmenunjukkangambartentangjarak
yang tepatantaramatadanobjekbacaansaatmembaca. (menalar)
8. Siswamengerjakanlembarkerjadengantemanpasangannya.
(menalar)
|
|
|
TahapanShare
|
9. Siswamenunjukkanhasilpekerjaannya di
depankelas. (mengkomunikasikan)
10. Setelahitusiswamempraktikkanposisimembacateks
yang tepatsatu per satu di depankelas. (mengkomunikasikan)
11. Guru memandudanmengingatkanjikamasihadasiswa
yang belumtepatmelakukannya.
12. Siswabersama guru merefleksipembelajaran.
|
|
KegiatanPenutup
|
|
1.
Siswadibantuoleh guru untukmenarikkesimpulantentangapa yang
telahmerekalakukandanpelajari.
2.
Siswamengerjakanlembarevaluasi.
3.
Guru memberikantindaklanjut.
4.
Guru memberikanpenghargaankepadasiswadankelompok yang
terlibataktifselamapembelajaran.
5.
Guru
menyampaikan materi pertemuan selanjutnya.
6.
Guru menutuppembelajarandengansalamdando’a
|
30
Menit
|
1. PenilaianPengetahuan (terlampir)
Teknik : Tes
Jenis : TesTulis
Bentuk: PilihanGanda
2. PenilaianKeterampilan (terlampir)
Teknik : Non Tes
Jenis : UnjukKerja
Bentuk : Rubrik
No comments:
Post a Comment