Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 9 June 2018

Pendidikan sepanjang hayat: bagian 2 Masyarakat tradisional tidak banyak mengalami perubahan


Jika kita perhatikan, apa yang dipelajari anak didik dalam masyarakat tradisional hampir sama bagi semua anak sesuai dengan tugasnya di kemudian hari. Anak laki-laki belajar apa yang perlu dikuasai orang laki-laki lewat pengalaman terhadap ayahnya, dilatih ayahnya dan mencoba atas prakarsa sendiri keterampilan-keterampilan anak laki-laki lainnya yang  lebih dewasa. Dengan proses yang sesederhana itu telah dapat dikuasai hal-hal yang perlu bagi seorang laki—laki karena apa yang dilakukan oleh orang laki-laki dewasa dari generasi yang satu ke generasi berikutnya adalah sama.
Demikian pula halnya ddengan anak perempuan. Ia belajar secara alami tentang tugasnya di masa dewasa lewat ibunya dan anak wanita yang lebih tua lainnya, karena tugas itu sama dari generasi ke generasi.
Anak dalam masyarakat yang tradisional tidak membutuhkan kemampuan yang lain dari yang telah ada, karena tidak ada tuntutan untuk itu. A[a yang berlaku pada orang tuanya akan terjadi pada dirinya pula. Hidup demikian cukup memadai, dianggap enak, mentenramkana, karena tidak ada hal-hal yang asing yang perlu dihadapi, tidak ada hal-hal baru yang menantang. Dalam masyarakat tradisional hampir tidak ada perubahan dalam tata kehidupannya sehingga setelah dewasa pennguasaan terhadap apa yang perlu dikuasai oleh orang dewasa dapat dikatakan tuntas selesai dipelajari lewat proses pendidikan yang sederhana.
Pada tingkat perkembangan tertentu, anak didik diinisiasi dengan suatu upacara adat yang menandai ia telah meningggalkan masa kanak-kanaknya dan menjadi orang dewasa.

No comments:

Post a Comment