Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Saturday 9 June 2018

Pengertian Bahasa oleh beberapa ahli


Kata "bahasa" memiliki paling kurang dua makna dasar: bahasa sebagai konsep umum, dan "sebuah bahasa" (sebuah sistem linguistik tertentu). Bila berbicara mengenai bahasa sebagai konsep umum, beberapa definisi berbeda dapat digunakan untuk menekankan aspek yang berbeda dari fenomena. Definisi tersebut juga memerlukan pendekatan dan pemahaman berbeda, dan mereka memberikan kajian teori linguistik yang berbeda dan terkadang bertentangan. (sumber: wikipedia indonesia)
1.      Bahasa  adalah suatu sistem  lambang baik lisan maupun tulisan pada hakikatnya suatu sistem lambang yang kompleks yang digunakan oleh masyarakat bahasa yang bersangkutan.
Sumber:           Buku Alternatif-alternatif pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia

2.      Bahasa menurut pandangan fungsional adalah wahana untuk menyatakan makna.
Sumber :          Buku Bahasa Indonesia 3
Oleh: Sabarti Akhadiah M.K., Maidar G. Arsjad, Sakura H Ridwan, Zulfahnur   Z.F, Mukti V.S.

3.      Bahasa menurut pandangan interaksional adalah wahana realisasi hubungan antar pribadi dan untuk mewujudkan transaksi sosial diantara pemakainya bahasa merupakan alat untuk menciptakan dan melestarikan hubungan sosial.
Sumber :          Buku Bahasa Indonesia 3
Oleh: Sabarti Akhadiah M.K., Maidar G. Arsjad, Sakura H Ridwan, Zulfahnur Z.F, Mukti V.S.

4.      Bahasa adalah lambang bunyi yang arbitrer, yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat  untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengindentifikasikan diri, percakapan (perkataan) yang baik, tingkah laku yang baik, Sopan Santun (budi pekertinya)
Sumber :          Kamus Besar Bahasa Indonesia
                        Oleh : Drs. Suharso dan Dra. Ana

5.      Bahasa adalah  sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks intersubjektif.
Sumber :          Adam bills

6.      Bahasa pada dasarnya adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onomata (nama benda/sesuatu) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut.
Oleh :              Plato

7.      Bahasa merupakan bentuk pemikiran yang dapat dipahami berhubungan dengan realitas dan memiliki bentuk dan struktur yang logis.
Oleh :              Witt Genstein

8.      Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.
Oleh :              Sudaryono

No comments:

Post a Comment