Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Monday 9 July 2018

Strategi Literasi dalam Pembelajaran

Strategi Literasi dalam Pembelajaran


Hay Sobat SD Nusa, Bapak/Ibu Guru sekalian serta teman-teman Guru Muda Indonesia
Kali ini kami akan membagikan materi pembahasan tentang Strategi Literasi dalam Pembelajaran. 
Tulisan ini bersumber pustaka dari informasi dengan judul yang sama yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kita langsung saja yuk pada pembahasan materinya
Kita awali yang pertama adalah, apa yang sudah kalian ketahui tentang literasi?

Literasi memiliki pengertian yang cukup sederhana lho, literasi adalah kemampuan mengolah dan memahami informasi saat membaca dan menulis. Pada intinya kita bisa melihat secara wujud tindakannya adalah orang yang belajar, betul tidak? Iya kan, nah tetapi dalam proses literasi tersebutlah ada serangkaian proses menerima informasi memahami dan mengolahnya sehingga bermanfaat bagi individu tersebut untuk perkembangan kemampuan dirinya terlebih lagi dapat diterapkan dalam kehidupannya menghasilkan sebuah karya tentunya.

Saat ini gerakan-gerakan literasi lahir diseluruh lapisan masyaakat dalam dunia pendidikan pada khususnya. Anak-anak usia sekolah memang saat ini dinilai menurun tingkat kemampuannya mencari informasi karena tehnik pembelajaran yang dilakukan guru terlalu sederhana. Nah oleh karena para guru saat ini dibekali dengan senjata kurikulum 2013 tematik saintifik guru dapat mengemas pembelajaran dengan lebih komplek mengerahkan seluruh kemampuan siswanya baik itu sikap, pengetahuan maupun keterampilannya tentu saja dengan dasar memberikan pengetahuan literasi yang baik kepada siswanya.

Setiap manusia terlahir untuk belajar. Karena kehidupan terus berkembang oleh karena itu manusia akan selalu belajar untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada. Jangan sampai sekolah yang seharusnya menjadi tempat segala pemikiran-pemikiran baru tercurahkan justru menjadi tempat berhentinya ide dan kreatifitas siswa karena guru yang tidak memberikan pengalaman belajar yang kompleks hanya sebatas menyampaikan informasi kemudian berlatih soal dan dinilai begitu sederhana sehingga pembelajaran tidak dapat membekas.

Literasi dalam Pembelajaran dapat dibudayakan, Nah ini pentingnya pada pembahasan kali ini. Literasi tidak sekedar tindakan didalam kelas misalnya dalam wujud kegiatan pembelajaran yang kemudian dinilai tingkat kemampuan literasi siswanya. Tidaklah seperti itu, literasi juga harus diwujudkan dalam budaya sekolah. Berarti peran sosok utama kepala Sekolah harus kuat disini kepala sekolah harus mampu menciptakan budaya literasi disekolahnya. Alangkah indahnya kita membayangkan jika saja setiap sekolah di tingkat sekolah dasar pada khususnya disediakan buku bacaan yang berlimpah buku ensiklopedia buku cerita wahh saya sangat suka buku ensiklopedia sejak kecil saya membaca itu. Kepala sekolah dengan kemampuan manajerialnya harus mampu menyediakan buku bacaan untuk siswa yang berlimpah disekolahnya harus ada yang baru terus setiap tahunnya setiap bulannya kalau perlu wah itu baik sekali sirkulasinya pasti anak kan terus ingin tahu ingin membaca buku-buku yang ada. Kalau saja budaya literasi sekolah sudah tercipta dengan baik guru di kelas pun akan lebih mudah dalam meningkatkan kemampuan saintifik siswanya, lho apa hubungannya, begini Siswa terbiasa membaca siswa terbiasa menemukan informasi sehingga setiap guru melemparkan suatu permasalahan maka dengan cepat siswa mencari informasinya berdasarkan pengalaman literasinya bisa dari buku, majalah atau media informasi yang lain bahakan internet misalnya

Begitulah Strategi Literasi dalam Pembelajaran yang begitu penting. Setiap guru sebaiknya memahami bahwa siswanya sangat haus akan pengetahuan. Sangat kejam apabila guru hanya menyuguhkan informasi yang didapat pada pengalaman hidupnya saja. Guru harus memahami bahwa kemampuan dirinya terbatas bahkan semakin lama juga menurun, oleh sebab itu yang penting diajarkan adalah bukan bagaimana siswa memahami dari guru sebanyak-banyaknya tetapi ajarkan siswa bagaimana mencari suatu pengetahuan yang baik, ajarkan bagaimana seharusnya mereka belajar untuk bekal hidupnya kelak.

Demikianlah yang dapat sedikit saya bagikan, segala kekurangan saya mohon maaf
Kami sangat senag apabila Bapak/Ibu teman-teman semua berkenan untuk memberikan sharing dengan cara klik tombol share dibawah ini, dan apabila ada saran dan masukan silahkan dapat dituliskan melalui komen dibawah. Terimakasih, semoga kami dapat terus membagikan informasi-informasi yang bermanfaat untuk kalian

Kami sudah membuat tulisan tentang contoh kegiatan Literasi yang dapat dilakukan di Sekolah, silahkan klik halaman berikut: Contoh Kegiatan Literasi Sekolah
diterbitkan oleh: Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Satgas Gerakan Literasi Sekolah
  

No comments:

Post a Comment