Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Thursday 12 July 2018

Karya Inovasi Pembelajaran Miniatur Dekorasi dari Korek Api

Lihat RPP Tematik SD, kunjungi menu "RPP Tematik" pilih RPP sesuai tingkatan kelas, Tema dan Pembelajaranya

A. Judul
Penerapan konsep sederhana yang akan diterapkan di SD ini berjudul “Pembuatan Miniatur Rumah Dengan Memanfaatkan Batang Korek Api”.

B. Rencana Teoritis
Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Bisa dari bahan yang baru ataupun bahan dari barang bekas. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai.
Dalam pembuatan kerajinan tangan, diperlukan adanya ide dan kreatifitas. Kreativitas sendiri memiliki pengertian penemuan atau asal usul setiap hal baru (produk, solusi, karya seni, karya sastra, lelucon, inovasi, dll) yang memiliki nilai. Dari definisi diatas, arti kreativitas menekankan pada dua hal utama, yaitu “baru” dan “nilai”. Kata “baru” berarti hal yang belum ada sebelumnya atau inovatif dari sudut pandang individu, komunitas atau masyarakat di wilayah tertentu. Kata “nilai” berarti manfaat yang dirasakan oleh individu, komunitas atau masyarakat.
Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, teknologi semakin berkembang dan potensi – potensi anak menjadi begitu beragam, maka penulis berfikir untuk memberikan sebuah solusi untuk mengembangkan dan memelatih siswa dalam berkreativitas, sehingga potensi siswa dapat berkembang secara baik, yaitu dengan cara “PEMBUATAN MINIATUR RUMAH DENGAN MEMANFAATKAN BATANG  LIDI KOREK API”
Penulis yakin bahwa pembuatan miniatur rumah dengan memanfaatkan lidi batang korek api ini akan menumbuhkan dan mengembangkan kreativitas seorang anak. Pembuatannya dan pemeliharannya tidaklah sulit, dan modal yang diperlukan relatif murah.
Penulis memilih siswa kelas III SD untuk mempraktekan pembuatan frame foto dengan memanfaatkan stick ice cream. Jika dalam sebuah kelas terdapat 36 siswa, maka dapat dibagi menjadi 6 kelompok, jadi masing-masing kelompok terdiri dari 6 siswa. Dan masing-masing kelompok diwajibkan untuk membuat satu buah miniatur rumah dengan memanfaatkan Batang lidi korek api. Namun sebelumnya peserta didik diberi pengarahan atau gambaran umum oleh guru sebelum hari  pelaksanaan kegiatan. Guru membagi tutorial kertas yang berisi langkah-langkah pembuatan, daftar alat dan bahan kepada peserta didik, hal ini bertujuan agar siswa membacanya dirumah sehingga siswa memiliki gambaran apa saja yang akan mereka persiapkan terlebih dahulu dan perkiraan biaya yang dikeluarkan untuk membeli alat dan bahan tersebut.
Berikut akan dijelaskan apa saja peralatan dan bahan yang akan digunakan, kendala apa saja yang mungkin dihadapi dan menyelesaiannya  dan bagi mana proses pembuatannya, yaitu :
1. Bahan
Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan frame ini meliputi :
1.1 Batang lidi korek api
miniatur dari lidi korek api

Batang lidi korek Api  merupakan bahan utama dari pembuatan miniatur ini. Lidi  yang digunakan bisa yang sudah terpakai maupun yang baru dengan membelinya di toko – toko yang menyediakannya.

1.2 Lem Castol
lem perekat miniatur lidi korek api

Lem castol digunakan untuk merekatkan stick yang satu dengan lainnya. Alternatif yang bisa digunakan selain lem castol yaitu lem uhu, alteco, atau lem lainnya yang memungkinkan dapat merekatkan stick tersebut.

1.3 Kertas cover bufalo
Kertas cover sampul

Kertas cover bufalo digunakan hanya sebagai alasnya  saja. Penggunaannya relatif sedikit. Warna dari cover bufalo  yang hijau dapat disesuaikan dengan warna tanahmya.

1.4 Styrofoam
styrofoam

Sama seperti Kertas bufalo, styrofoam ini ini hanya digunakan sebagai landasan saja. Jumlah yang digunakan juga tidak banyak. Styrofoam digunakan sebagai landasan agar alas lebih berkesan tebal.

2. Peralatan
Dalam hal ini peralatan yang digunakan haruslah dalam kondisi yang baik agar tidak menimbulkan kerusakan, adapun peralatan yang digunakan dalam pembuatan   miniatur rumah  dengan menngunakan Batang Lidi Korek Api ini diantaranya yaitu :

2.1 Gunting
gunting menggunting kertas

Gunting digunakan untuk memotong kertas yang akan di bentuk sesuai yang kita inginkan. Bisa juga digunakan untuk memotong batang lidi korek api.

2.2 Cutter
alat memotong lidi korek api


Cutter ini digunakan untuk memotong styrofoam menjadi bentuk yang diinginkan.


2.3 Penggaris

Penggaris digunakan untuk mengukur batang korek api maupun styrofoams sesuai bentuk yang telah dirancang sebelumnya.



C. Pelaksanaan Praktis dan Pemeliharaan

C.1 Pelaksanaan
a. Adapun langkah – langkah atau pelaksanaan pembuatan frame foto ini adalah sebagai berikut:
1. Buat rancangan bentuk yang kita inginkan.
2. Kemudian Batang lidi korek api di susun sedemikian rupa.
3. Lalu di lem dengan menggunakan lem.
4.  Rapatkan Batang Korek Api dengan rapi.
5. Kemudian bentuk seperti rancangan yang kita inginkan.
6. Lalu letakkan pada alas yang telah kita buat tadi yang berasal dari styrofoam yang dilapisi dengan kertas cover.
7. Kemudian hias miniatur rumah dari  Batang Korek Api menggunakan batu dan rumput rumputan  seperti yang kita inginkan.
8. Setelah miniatur tersebut di hias, siap untuk dikemas atau dikumpulkan


Langkah-langkah dalam ga mbar:

Kerajinan miniatur lidi korek api
Langkah 1


Kerajinan miniatur lidi korek api
Langkah 2

Kerajinan miniatur lidi korek api

Langkah 3

Kerajinan miniatur lidi korek api
Langkah 4

Kerajinan miniatur lidi korek api
Langkah Akhir

C.2 Pemeliharaan

Adapun untuk pemeliharaan  miniatur dari batang lidi korek api ini ini yaitu dengan cara:
1. Memeriksa semua tempelan (lidi korek api), jika ada tempelan yang lemnya sudah mulai tidak rapat kita bisa mengoleskan lem kembali.
2. Jika kotor bisa membersihkannya dengan cara mengelapnya pada bagian yang kotor dengan menggunakan kain kering, namun harus dengan perlahan, kemudian periksa kembali tempelan (lidi korek api).
3. Simpan ditempat yang kering dan tidak berdebu agar  kebersihan tetap terjaga.
4. Bisa juga diberi hiasan ataupun dekorasi lain agar lebih terlihat indah.

D. Waktu Keberhasilan
Pembuatan miniatur rumah dengan memanfaatkan Batang lidi korek api ini tidak memerlukan waktu yang cukup lama, pada awal mula pembuatan itu memerlukan waktu  2-3. Tetapi apabila kita sudah terampil dan terbiasa, pembuatan miniatur rumah dengan memanfaatkan batang lidi korek api ini hanya memerlukan waktu 1- 2 jam dalam proses pembuatannya.

E. Kendala dan Cara Mengatasi
E.1. Kendala
Adapun kendala dalam pembuatannya antara lain yaitu :
1. Sulitnya menemukan ide untuk membuat bentuk seperti apa yang diinginkan.
2. Sulitnya menempelkan batang lidi yang berukuruan kecil

E.2. Cara mengatasinya
Cara mengatasi berbagai kendala di atas ialah dengan cara :
1. Mencari informasi dari  media sosial seperti majalah, atau internet guna menemukan sebuah ide, atau meminta pendapat dengan orang yang menurut kita dia merupakan orang yang kreatif.
2. Untuk menempelkan Batang lidi korek Api yang berukuran kecil bisa menggunakan alat semacam pinset atau penjepit lain yang berukuran kecil. Untuk memudahkan proses pemegangan Batang lidi yang berukuran kecil.

F. Manfaat Bagi Peserta Didik
Adapun manfaat yang dapat diperoleh oleh siswa melalui kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1. Siswa dapat mengembangkan potensi-potensi kreatifitasnya.
2. Siswa akan termotivasi dalam menemukan ide dan berfikir kreatif.
3. Pengetahuan siswa jadi bertambah.
4. Siswa akan dapat mengenal sisten ekonomi yaitu, bagaimana memproduksi sebuah barang, transaksi jual beli, dan hukum penawaran dan pembelian dalam suatu perekonomian.
5. Siswa dituntut untuk berhitung, sehingga dapat memperlancar ilmu matematika yang dimiliki oleh siswa tersebut.
6. Menambah pengalaman siswa.
7. Menumbuhkan jiwa wirausaha dari dalam diri siswa.
8. Siswa dapat memperoleh keuntungan dari penjualan hasil kerajinannya tersebut.

No comments:

Post a Comment