Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Sunday 15 July 2018

5 alasan pentingnya mengantarkan anak dihari pertama sekolahnya

Hai Selamat Datang Sobat SD Nusa. Bapak/Ibu Guru serta teman-teman Guru Muda Indonesia. Selamat Membaca Tulisan-tulisan kami ya! Mencari RPP Tematik SD?, kunjungi menu "RPP Tematik SD" pilih RPP sesuai tingkatan kelas, Tema dan Pembelajaranya

5 Alasan mengantar anak di hari pertama sekolah itu penting




Tahun Ajarann baru telah tiba, untuk anak yang memasuki jenjang pendidikan yang baru, seperti dari TK ke SD, SD ke SMP. Seberapa perlu mereka diantar orang tuanya di hari pertama masuk Sekolah?
Mengantar anak saat hari pertama sekolah memang perlu tetapi bukan sebuah keharusan. Ketika orang tua hendak mengantar anak di hari pertama sekolah, tidak perlu sampai ditunggu seharian. Mengantarkan anak sampai ke kelasnya dan menungguinya sebentar sampai pelajaran dimulai itu saja sudah cukup.

Lalu apa alasan perlunya mengantar anak di hari pertama sekolah?

Berikut penjelasanyanya

  1. Mengantar anak di hari pertama sekolah sebagai bentuk pentingnya komunikasi fisik dan psikis orang tua terhadap anak.  Dimulai dari menyiapkan sarapan anak, menyiapkan segala perlengkapan sampai mengantarkan si anak sampai di sekolah. 
  2. Mengantar anak di hari pertama sekolah bisa dijadikan orang tua sebagai momen saat anak akan  mulai belajar di  tempat baru. Orang tua dapat memastikan bahwa sekolah barunya adalah teman yang aman dan nyaman untuk belajar sang anak.
  3. Mengantar anak di hari pertamanya dapat memberinya motivasi untuk percaya diri dan berperilaku  yang baik di sekolah barunya. Orang tua saat mengantar dapat memberikan pesan-pesan dan nilai-nilai yang harus dipegang anak di tempat barunya.
  4. Seorang anak membutuhkan kepercayaan dan kepercayaan dimulai dari sebuah perhatian kecil dari kedua orang tua. Perhatian kecil yang terus menerus  tentu akan membesar dan bermakna bagi seorang bahkan menentukan jalan hidup anak dimasa depan.
  5. Hari pertama sekolah adalah waktu yang tepat untuk membangun komunikasi antara sekolah dengan orang tua. Membangun wadah komunikasi guru dengan orang tua dapat dimulai saat hari pertama sekolah, agar pembelajaran yang akan dilakukan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Suka dengan tulisan kami?
jangan lupa untuk share ya, agar kami bisa terus membagikan tulisan-tulisan yang bermanfaat untuk pembaca

Apabila kalian  belum gabung grub fb SD NUSA ayo gabung untuk mendapatkan informasi tentang pendidikan di sekolah dasar yang lebih update.

No comments:

Post a Comment