Kelas Nusa

Kelas Nusa
Kelas Nusa : Kita Semua adalah Inspirasi

Monday 9 July 2018

Higher Order Thinking Skills HOTS Cognitive Levels

Higher Order Thingking Skills dan Level kognitif

Higher Order Thingking Skills
HOTS

Higher Order Thingking Skills
Apa itu HOTS





Apa itu HOTS

Hots atau Higher Order Thingking Skills adalah kemampuan beripikir pada tahapan tingkat tinggi 
Keterampilan mental ini awalnya ditentukan berdasarkan Taksonomi Bloom yang mengategorikan berbagai tingkat pemikiran, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. 

Konsep Benjamin S. Bloom dkk. dalam buku Taxonomy of Educational Objectives (1956) itu, sejatinya merupakan tujuan-tujuan pembelajaran yang terbagi dalam tiga ranah.

Ketiga ranah tersebut adalah 

1. Kognitif, merupakan keterampilan mental (seputar pengetahuan); 
2. Afektif, sisi emosi (seputar sikap dan perasaan); dan 
3. Psikomotorik, yang berhubungan dengan kemampuan fisik (keterampilan).

Taksonomi untuk menentukan tujuan belajar ini bisa disebut sebagai "tujuan akhir dari sebuah proses pembelajaran". Setelah menjalani proses pembelajaran tertentu, siswa diharapkan dapat mengadopsi keterampilan, pengetahuan, atau sikap yang baru.

Tingkatan keterampilan berpikir yang dibagi menjadi tingkat rendah dan tinggi, merupakan bagian dari salah satu ranah yang dikemukakan Bloom, yaitu ranah kognitif. Dua ranah lainnya, afektif dan psikomotorik, punya tingkatannya tersendiri.

Ranah kognitif ini kemudian direvisi oleh Lorin Anderson, David Krathwohl, dkk. pada 2001. Urutannya diubah menjadi (1) mengingat (remember); (2) memahami (understand); (3) mengaplikasikan (apply); (4) menganalisis (analyze); (5) mengevaluasi (evaluate); dan (6) mencipta (create).

Tingkatan 1 hingga 3, sesuai konsep awalnya, dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat rendah (LOTS). Sedangkan butir 4 sampai 6 dikategorikan sebagai kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS).

                         

Namun, HOTS tidaklah sama dengan isitilah hal-hal yang sulit yang menguras kemampuan berpikir. Hots merupakan proses bernalar yang membutukan kemampuan berpikir yang baik.
Mari kita perhatikan taksonomi bloom berikut yang sudah ada kategori HOTS dan LOTS nya


Level Kognitif Taksonomi Bloom HOTS dan LOTS
Jika kita melihat bersama bahwa proses berpikir manusia paling rendah adalah mengingat, sehingga dalam kegiatan pembelajaran misalnya apabila guru hanya berperan sebagai penyampai materi terutama melalui ceramah maka kemampuan siswanya yang dikembangkan hanya pada level Lower atau LOTS yakni mengingat dan memahami saja. Oleh karena itu Guru perlu melakukan berbagai strategi pembelajaran yang sampai pada tahapan berpikir tingkat tinggi atau HOTS yakni pada tahapan menganalisi, mengevaluasi dirinya dan mencipta untuk tahapan puncaknya.



Level Kognitif C3 HOTS
Level Kognitif tingkat tinggi


Demikian pembahasan HOTS atau Higher Order Thingking Skills dari kami, kami sangat senang apabila Bapak/Ibu teman-teman berkenan untuk memberikan dukungan kepada kami agar kami terus membagikan informasi yang bermanfaat caranya tentu saja sharing tulisan ini dengan klik menu dibawah atau share secara langsung di media sosial. Apa bila ada saran dan masukan kami juga cukup senang. Silahkan tulis komentar kolom komentar dibawah ini.

kunjungi juga postingan kami yang lain : Strategi Literasi dalam Pembelajaran






No comments:

Post a Comment